Fenomena Alay


Waktu gue msh SMP, kata alay diartikan sebagai cewe penggoda. Lalu pas si Titi Kamal nyanyi lagu Jablay dan meledak di pasaran, kata alay diganti oleh si Jablay (halah). Nah di kala gue SMA, akhirnya gue menemukan makna sesungguhnya tentang makhluk bernama ALAY. Setelah beberapa tahun gue melakukan observasi dan browsing tentang si alay, akhirnya gue memaknainya sebagai sekumpulan makhluk yang mempunyai bahasa tersendiri, dimana mereka menggunakan huruf-huruf rahasia yang sangat rumit serta gaya khas mereka yang terkesan mencemari pemandangan. Emang sih gue akui kaum alay kebanyakan berasal dari keluarga menengah kebawah, eits tapi bukan berarti orang tajir gak ada yang alay yee, tuh temen gue contohnya, tajir, cakep, pinter, tp klo nulis status... wah ngurut dada aje dah gue hahaha.

Ada yang bilang, kaum alay itu identik dengan baju-baju mereka yang murah dan murahan, yang nggak branded, dan asal mix-match. Hem, kalo kata gue sih yaa, maklumi aja lah kalo mereka punya barang2 murah, kan liat kondisi keuangan mereka juga. Tapi sangat disayangkan, terkadang bahkan sering gue ngeliat kaum alay tersebut menggunakan kostum yang tidak tepat pada tempatnya. Contohnya, di daerah rumah gue yg emang sih berada di perbatasan Jakarta Pusat-Jakarta Barat (kayak perkampungan tapi kota), haduh sumpah deh remaja2nya pada kebanyakan gaya bgt! Tuh cewe2nye, suka pamer motor ngiter-ngiter kampung pake hotpants and tanktop (mending kalo kulitnye mulus, putih bersih, nah ini ada yang budukan, item, betisnye gede, sok pake tanktop padahal mah perut buncit!). Masya Allah, gue aje yang punya motor jarang gue pake, mana pernah sih gue pake motor buat keliling kampung sambil pake baju sok sekseh gitu? Mana kadang si alay2 itu ngiter2 kampung pake motor boleh minjem bokin/tetangga/bahkan tukang ojek lage! (kayak tmen gue). Iih amit2 cabang2 deeh!


Nah dari sudut hair stylishnya nih: Kalo cowonya nih ya, rambutnya ada yang sok punk-rock (padahal gak pantes), ada juga yang sok emo (emoNYET), dan rambut cewenye yang sok di bonding dan extension plus warna (haduh udeh kyk artis nih org!). OMG, padahal gw lebih suka rambut asli mereka yang gak di apa-apain loh! Dan mirisnya, kebanyakan anak2 SMP yang begaya kayak gini! Kalo ke sekolah selalu pake baju ngetat, rok di miniin (sok seksi), dan plus bedak yg menor mampus! Hey guys, anak SMP udeh begaya kayak gitu noh, haddeh mau jadi apa tuh anak nanti? Yang cowonye juga tuh, sok THE UPSTAIRS bgt deh pake seragamnye! Yiaakks!

Seharusnya mereka (khususnya yang berada di menengah kebawah), menyadari dengan kondisi mereka sebenernya, gak usahlah mereka kebanyakan gaya. Hem mungkin mereka korban sinetron kali yee, secara sinetron Indonesia kan kebanyakan berbau HEDONISME semua (dan gue sangat mengutuk sinetron2 yang ada di Indonesia, sangat tidak mendidik!). Pakailah baju yang semestinya, sopan, dan enak dilihat, walopun baju yang dipakai bukanlah baju branded. Barang boleh beli murah, asal jangan keliatan murahan. Pinter2 lah mix-match kostum sesuai keadaan, jangan asal tabrak2 warna! Trus kalo rambut mau digayain, liatlah dari segi tampang dan lingkaran wajah, apa mereka cocok bikin rambut yg kayak artis gitu? Udeh gitu ada juga tuh cowo yang kalo pake celana di burut-burutin ampe kancut or kolornye keliatan, hey what the hell !!

Kalo dari segi tata bahasa.. ya you know lah! Dalam segi ini, gue rasa nggak cuma orang kalangan bawah aja, tapi orang tajirpun ada juga yang memakai tata bahasa kayangan ini. Mulai dari yg gEdHe-KeCiL, huruf angka (940L), dan bahasa sastra alay yang sangat rumit dan terkesan sok kece, seperti: aquwwh dcini neyhh, kmoo avva kbarrr? Cekalang akoo agy maem, aquuwhh kangeunt kamoh begetezz, dsb. OMG, nih orang tinggal di Indonesia kan? Kenapa gak pake bahasa Indonesia aje sih yang mudah dimengerti? Ya walaupun informal, setidaknya ketika mereka menulis, kata/kalimat yang dipakai dimengerti oleh semua kalangan. Sungguh miris binti tragis!

I think, kita jadi orang yang normal-normal aja lah. Kalo gak punya uang ya nggak usah bergaya apalagi ampe seronok gitu, gak usah ikut-ikutan sama anak-anak tajir yang punya ini-itu, kalo emang kita pengen tapi nggak punya money ya kumpulin aja duit, gak usah sok2an kaya klo sesungguhnya mah... (apalagi yang ampe ngutang2!! -> nyindir temennye si mami). Jujur ya, gue lebih suka ngeliat orang non tajir yang berpakaian sederhana tapi rapi dan sopan daripada non tajir tapi kebanyakan gaya!

Ya sudahlah, capek juga cerita-cerita tentang kaum alay, selalu terekam takkan pernah mati kayaknye hahaha....

Mohon maaf jika ada kesalahan kata. Sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik TYME. Amin. Thx for readers!

Written by: vhyna

3 comments:

  1. Ngakak sumpahh deh!! Di sekolah gue juga banyak yg kaya gitu. syukur Alhamdulillah, gue gak termasuk ke dalam kelompok Alay2 itu -_-
    Ada tambahan nih!
    Anak Alay itu mudah kesinggungan, contohnya temen2 gue yg di SMP dulu.
    Diliatin dikit, disangka gak seneng, terus langsung di labrak. maksudnya apaaaaa cobaa -_- Astagfirulloh

    ReplyDelete
  2. di zaman gw sebutannya buat jablay alias Bispak hahaha dulu bgt ya itu zaman :D

    ReplyDelete
  3. Sampe sekarang masih blm punah juga nih hahaha trus menjamur

    Nonton film comedy
    Download film comedy

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.