Thursday, 11 February 2010

Facebook Tercoreng, What Do You Think?

Guys, 2 hari yang lalu ketika gue selesai mandi, nyokap gue teriak manggil-mangil nama gue. Gue kira ada apaan, secara kayaknya histeris banget (lebay!). Dan pas gue menghadap panggilannya, ternyata...
Mama: “Liat tuh di tipi. Ada cewe dibawa kabur sama temen pesbuknya! (sambil nunjuk ke arah tipi). Diperkosa juga. Kamu tuh yaa jangan kebanyakan maen pesbuk. Tiap hari pesbuk. Dimana-mana pesbuk. Nanti kalo kamu kayak dia gimana?”
Gue: “Iih amit-amit! Ntu kan dia, mah! Vina mah di pesbuk juga nggak macem-macem, berteman juga pilih-pilih. Vina juga nggak keganjenan yang demen ketemuan sama cowo-cowo nggak jelas. Iih apaan tuh, dia nya aja tuh yang ALAY, mau diajak kabur sama cowo nggak jelas. Sori aje deh mah, di pesbuk juga Vina kebanyakan berhubungan sama temen-temen yang udeh dikenal. Sama temen SMP, SMA, Kampus, ama bocah cilik fansnya om John....”
Mama: “Hati-hati loo, jangan cari cowok di pesbuk! Nanti lo kyk dia!!”

Ah mama, lebay amat sih lo! Gue juga masih punya harga diri lagi dan hati-hati banget untuk nyari cowo. Hahaha .
Sebelumnya, nyokap gue yang demen banget nonton reality show yang NGGAK JELAS di tipi alias KEBANYAKAN BOHONGnya (nggak usah nyebut merk ya), sempet histeris pas ngeliat di reality show itu ada klien yang nemuin cowonya selingkuh sama temen facebooknya. Lalu nyokap gue berujar...
“Ya Allah, facebook emang bisa bikin hubungan orang kacau yaa. Semoga laki gue nggak maenan facebook. Dasar facebook, isinya cuma cewe-cewe murahan!!!”
Di dalam hati gue berujar,”Ah sok tau lo mah! Nggak semua facebookers perek kale!”
Sebagai facebookers, gue ngerasa sakit ati karena walau bagaimanapun juga kan gue termasuk warga facebook tapi sori dori stoberi blackberry miyabi yeh gue bukan perek.
Lagian tergantung orangnya juga kan, kalo emang nggak bener yaa nggak bener aje, nggak usah bawa-bawa facebook. Facebook nggak salah, dia hanya benda maya. Yang salah adalah para penggunanya yang telah menyalahgunakan fungsi dasar facebook. Maderfaker laaah!!
Kini, nama facebook telah tercoreng gara-gara udah marak kasus kriminal yang berawal dari situs ini. Mulai dari kasus penipuan, pemerkosaan, pencemaran nama baik, dll. Selain kejahatan tersebut, facebook juga makin tercoreng namanya akibat ulah-ulah orang yang nggak berkepentingan yang sok kepengen eksis tapi dengan cara yang salah. Sebut saja mereka ALAY. Mereka yang sering mempertontonkan aksi yang norak bin katro, baik dari aksi foto yang kepengen muntah sampai aksi tulisan mereka yang bisa bikin kita jereng dan nama pengguna facebook yang terkesan UGLY banget, mengakibatkan para facebookers kini merasa jenuh karena kehadiran pendatang tersebut. Jenuh karena setiap melihat Friend Request isinya hanyalah orang-orang yang nggak jelas asal usulnya. Kancut!!!
Guys, plis banget gue minta jangan malu-maluin Indonesia, jangan bikin negara kita makin bobrok gara-gara perilaku kita. Nggak usah aneh-aneh yang nyeleneh. Normal-normal aja. Jadi diri lo sendiri. Nggak usah neko-neko, apa adanya aja. Gue nggak liat temen dari statusnya, yang terpenting adalah etika dalam berteman (baik dalam dunia nyata maupun dunia maya) slalu kita jaga. Ikutilah peraturan facebook yang telah ada, kan pas kita bikin facebook kita disuruh pasang nama asli, yaudah kita ikutin aja aturannya. Pakailah bahasa yang dimengerti khalayak umum, jangan pake bahasa sastra alay, pakailah bahasa indonesia walaupun cuma informal.
Mari kita manfaatkan jejaring sosial ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai facebook diharamkan oleh MUI. Kalo kata Om John Pantau “Jaga Perilaku Biar Nggak Malu” dan selalu “WASPADALAH, WASPADALAH!!”
Oke sekian tulisan gue kali ini. Mohon maaf jika ada kesalahan kata yang sekiranya menyinggung perasaan kalian. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*