Saturday, 6 February 2010

Mengenang Sahabatku, Alm Yelly :)



Hari pertama MOS, tepatnya di hari senin, 17 Juli 2006...
Pagi-pagi sekali aku datang ke SMAN 1 Jakarta. Aku duduk di depan kelas. Suasana disana msh sangat sepi. Lalu datanglah seorang gadis cantik berbaju kotak-kotak datang menghampiriku..

"Kelas X-4 jg yaa?" Tanya gadis itu
"Iya.. lo?"
"Iya sama.. Gw yeli, lo?"
"Vhyna.. Ehmm, Yeli? Pacarnya Bayu yaa?"
"Iya kok tau?"
"Iya, gw punya kenalan namanya Bayu, dia tetanggaan sama rumah tante gw di Ilhami Village. Kemaren si Bayu bilang, ktnya cewenya msk Budut, namanya Yeli... Dari SMP Islamik yaa?"

Yeli mengganggukkan kepalanya. Kami pun menjadi cepat akrab...
Di dalam kelas, kami berkenalan dengan Dina dan Ade. Kami berempat pun menjadi sangat akrab. Waktu MOS, aku msh inget kalo kita berempat tuh sering ke kantin bareng buat nyari makan. Ya, kami seperti genk dadakan hahahahaaa...
Setelah MOS usai, terjadilah pembagian kelas lagi. Adek dapet kelas X1, Dina X4, dan fortunely aku dan Yeli sekelas lagi. Aku msh inget disaat aku lg menghapus papan, Yeli datang dan menghampiriku..

"Hai Vhyna, kita sekelas lg yaa? Duduk dmn, vhyn?" tanya Yeli.
"Gw duduk di nomer 3, yel.. hehehe. Untung yaa kita sekelas lg.."
"Iya vhyn, Hmm, duduk sm siapa?"
"Blm dapet, Yel.."
"Wah, duduk sm gw aja yaa?"
"Wah iyaaa yel, silahkan.."

Yaa, selain sekelas kami pun menjadi chairmate..
Kami menjadi semakin akrab. Aku msh inget ketika Yeli bercanda denganku saat melihat seorang laki-laki bule yg duduk bersebrangan dgn kami..

"Vhyn, cowo yg itu lucu yaa. Bule-bule gt. Candid yuuk vhyn.. hehehee.."
"Wah iyaa yel, tp gw ga berani ahh, yel. Hehehehe. Namanya sapa sih yel? Kok bs yaa ada bule nyasar di kelas kita hehehee.."
"Tadi sihh pas absen klo ga salah namanya Muhammad Ikhzaruddin. Wah bearti dia muslim tuh vhyn.. Lucu yaa diaa.."

Hahahaha, kami sering ngobrolin si Bule Ikhzar, maaf yaa zhar, namanya jg msh bocah hahaha ^^v

Selain gosipin cowo-cowo di kelas, kami juga sering berbagi cerita soal asmara. Yap, tapi kebetulan dulu aku msh jomblo sehingga aku tak byk bercerita soal itu. Yeli yg saat itu sudah mempunya cowo, sangatlah sering bercerita tentang cowonya itu.. Huaaa bikin iri bgt si Yeli. Hahahaha

Baru juga dua hari kita sekelas, ehh besoknya Yeli udah jarang msk skolah. Mana gak ada kabar lg? Tiap di smsin gak pernah dibales. Ampuunn dahh, kan bete juga klo gak ada temen sebangku. Huh..

Aku jd negative thinking. Wah jangan-jangan Yeli doyan madol nih? Hmm... *maaf yaa yel hihihi*

Aku mulai curiga, karena Yeli sudah terlalu sering absen di sekolah, sampai Guru-guruku suka marah sama anak yg satu ini. Absen kan mempengaruhi nilai juga, kalo absennya banyak yaa terancam ga naek kelas.. Haduuhh kemana nihh si Yeli??

Lalu Yeli pun masuk kembali. Aku mencoba bertanya soal ke-absenannya itu..

"Maaf yaa Vhyn, gw sering ga masuk sekolah.."
"Iya yel, gapapa. Tapi emanknya kenapa?"
"Iya vhyn, gw sakit.."
"Sakit apa yel? Kok gak pernah ngabarin?"
"Hmm.. sakit paru-paru vhyn.."

Yaa, aku mulai terdiam. Emank apa yang terjadi dengan paru-parunya? Hm...hm...

Lalu dia bercerita soal penyakitnya itu. Katanya dia juga sering sakit demam, sampe2 dia pernah sakit demam 2-3 bulan gak sembuh-sembuh ampe dirawat di rumah sakit dan terpaksa ijin gak masuk sekolah wkt dia msh SMP kelas 3. Tapi takjubnya, nilai UN SMPnya termasuk tinggi, yaitu sekitar 25,07, padahal kan dia udah lama gak sekolah, Ya Ampun aku aja yg gak pernah absen sekolah Nilai UNnya cuma 24,93. Hehehe kalah dehh sama Yeli ^^v

Yeli itu termasuk gadis narsis, soalnya kalo aku lg minjem HPnya pasti isinya foto dia semua ampe ribuan gtu. Huaaahahaa.. Tiap di kelas, dia ngajakin narsis mulu, tapi begonya aku ga pernah mo dipoto sm dia, padahal kan buat kenang-kenangan juga huhuhu *waktu itu aku blm doyan narsis sihh hehehe*

Tiba-tiba, dua minggu dia gak ada kabar krn gak masuk sekolah. Anak-anak sekelas juga bingung, kemana nih anak? Sampai suatu ketika wali kelas ku yg tercinta, Pak Handogo bercerita tentang Yeli...

"Anak-anakku sekalian. Mohon doanya yaa buat Yeli. Kalian tahu kenapa dia jarang masuk sekolah? Dia itu punya penyakit, nak.. Dia teserang kanker getah bening. Penyakit yang sangat ganas, apalagi dia udah stadium kesekian. Entah berapa lama lg beliau hidup, nak. Tolong doakan dia yaa. Maafin dia klo dia punya salah. Sekarang dia lg menjalani perawatan kemoterapi di Rumah Sakit Dharmais. Anak-anakku, tolong kalian jaga dia, jangan sakiti dia, berilah yg terbaik untuk dia. Kalo ada guru yang nanya kenapa dia sering absen, bilang saja yg sejujurnya. Semoga guru-guru pada mengerti dengan kondisi Yeli saat ini..."

DEG!



aku lgsg shock mendengarnya, kenapa yeli gak pernah cerita klo dia punya penyakit seperti itu? Aku pun langsung menangis, sekejer-kejernya. hiks hiks...

Beberapa hari kemudian, Yeli msk sekolah lagi. Badannya agak kurusan, tp pipinya jd tembem-an. Kulitnya agak menghitam, dan ada bekas kyk abis disuntik gt. Aku jd kasihan melihat kondisi Yeli saat itu, pasti dia ngerasain sakit bgt. Gak pernah bisa kubayangkan!

Aku menjadi tambah care dengan Yeli. Yeli minta anterin ke WC, aku temenin. Nitip jajanan di kantin, aku beliin. Mau ini, itu, aku iya-in. Huaaa Yelii.. Kenapa kamu gak bilang sihh.. huhuhu... Ktnya cuma paru-paru, ehh ternyata lebih dr itu. Ampuunn daahh...

Aku dan Yeli slalu bersama...
Kami pun barengan mengikuti eskul paduan suara, SUANSA. yaa, dia kan gak boleh capek. Pengennya sihh dia masuk taekwondo, tapi gak boleh sm mamanya. Akhirnya dipilihlah SUANSA soalnya latihannya di dalam kelas gak pake lari-lari, cuma nyanyi doank hehehe... *tapi cpek juga sih latihan nyanyi dari pagi ampe siang huaaaaa*

Tapi sayangnya, dia cm 1x dateng eskul, yaa apalagi klo bukan karna dia harus kemoterapi. Huhh.. dasar penyakit yg kejaaaamm!!

Ampe suatu ketika, Yeli koma di rumah sakit ampe 2 bulan. Ya Allah, ketika aku mencoba menjenguknya, tak henti-hentinya aku menangis. Kondisinya bikin aku prihatin bgt. Tp thx God, banyak orang yang sayang sm Yeli, sampe guru dan teman2 SMPnya ikut menjenguk, tak terkecuali, BAYU..

Yaa, cowo itu. Yang Yeli bangga-banggakan ternyata udah bikin Yeli tambah sakit. Sebelum Yeli koma, yeli menangis dihadapanku, karna dia diselingkuhin sm Bayu. Mana ternyata si Bayu mupenk jg lg, Yeli jd ngerasa hampir dimanfaatin. Tiap malem Yeli slalu smsan sm aku, smsnya panjang bgt, dan klo kalian ngeliat smsnya pasti deh rasanya pengen ngegaplok si Bayu!! Dasar cowo laknaaaatt!!

Aku inget bgt waktu aku ikut pelantikan SUANSA, aku tak berhenti menangis gr2 keinget Yeli. Apalagi pas di POS CURHAT, temen2 aku pd curhat soal pelantikan yg emank bkn kita stress akut, tapi beda sm aku yg curhat dan menangis krn Yeli gak ikut pelantikan.. Hiks Hiks..

Lalu di bulan Desember, aku ikut pesantren kilat bareng temen-temen. Tapi sialnya, bukannya bener-bener ibadah, ehh akunya malah sakit tingkat tinggi, mna tempat kita nyantren serem bgt lg, ada yg kesurupan gt trs byk yg nemuin penampakan, ampun dah aku jd tambah stress. Trus pas malam jumatnya, kita kan lg berdoa gt, bener-bener khusyuk tuh, ditengah-tengah hujan badai dan petir yg bersahutan, ampun dahh itu bener-bener serem bgt ampe pas berdoa pun aku netesin air mata, inget keluarga dan Yeli. Yaa, aku berdoa utk Yeli juga. Lalu kepala aku tiba2 pusink, badan aku panas, perutku terserang mag akut. Aku pun beristirahat di dalam kamar. Entah kenapa aku inget Yeli trus. Badan aku semakin ga enak, aku ngerasa pengen mati. Mana kyk ada yg bisikin aku bilang..

"Kamu akan mati..."

Huaa aku serasa lg sakaratul maut, mana didalam kamar aku sdrian. Di dalem hati aku minta maaf sm orang-orang, walaupun mereka gak denger. Lalu aku pun terlelap tidur...

Besoknya, di hari Jumat yg cerah..
Aku kembali ke rumah setelah 5 hari 4 malam nyantren. Badanku terasa bener-bener gak enak. Pas nyampe rumah, aku lgsg tidur. Lalu tepat jam 12 siang, aku terbangun gara-gara dapet sms. Huhh, siapa sih yg smsin siang2 gini, lg enak2nya istirahat juga.. Dan....

Aku pun nangis kejer..
Itu sms dari keluarganya Yeli..

Yeli telah tiada.........
Innalillahi Wainna illaihi Rojiun..

Aku bener-bener shock, lalu aku segera memberikan kabar ini ke anak-anak 1 kelas. Ingin rasanya aku lgsg ke rumah sakit untuk melihat kondisinya, tp gak mungkin bgt, kondisi aku sdr aja bener-bener parah, lg demam tingkat tinggi. Aku jd gak bs tidur. Aku gak nyangka di hari Jumat yg cerah itu, sahabatku pergi meninggalkan kami semua..

Esoknya, aku, tiwi, diana, dan rekan-rekan lainnya melayat ke rumah yeli. Yaa, sekujur tubuh yeli telah kaku. Aku nangis. Inikah Yeli? Huaaa aku gak kuat, mataku bengkak abis-abisan. Huaaa Yeliiii!!!!!!!

Pas pemakaman, sialnya aku ga liat lgsg, soalnya aku dan Diana lg haid, kan ktnya pamali klo orang haid masuk ke dalam pemakaman. Huaaaa aku jd tambah ngejerit.. Yeliii, i miss youuu....

Itulah kisah akhir diantara kita..
Yeli, semoga kau tenang yaaaa..
huaa ga terasa udah 3 tahun kita gak bertemu..
I miss youu full, Yeli..
Hiks Hiks..

Maaf yaa belom sempet nyekar, tp kita bakalan nyekar kok yel. Huaaa Yelii, dirimu tak akan lekang oleh waktuu!!

Sekian dan trimakasih

6 comments:

  1. gw baca artikel ini ., jadi ke inget sama nyokap yg lagi sakit infeksi paru2.,doain nyokap gw cepet sembuh yah .,

    ReplyDelete
  2. sedih banget ya kalo orang yg kita kenal deket tiba2 ninggalin kita :'(

    ReplyDelete
  3. hikksssss jadii pengen nangisssss

    ReplyDelete
  4. sedih banget ya...
    namun dia kayaknya tegar saja menghadapinya..
    :)

    ReplyDelete
  5. saya teman smpnya, kebetulan saya sama kaya kamu teman sebangku pertamanya di smp. bedanya sama kamu, saya yang meminta duduk sebangku dengan dia. waktu itu yelly yang terlebih dahulu sudah duduk di kelas, saya hampiri dia "sebelah kamu kosong ga? aku duduk sini ya" sejak itu kita jadi dekat banget.



    rumah kami juga berdekatan, kami sering pulang sekolah jalan kaki karena ongkos ojeg kami pilih untuk beli gorengan dan es kelapa.

    saya ingat dulu kita pernah gila-gilaan nyamperin rumah alm taufik savalas, saat itu alm sedang ada wawancara dari infotainment, saya, yelly dan seorang teman lagi menunggu diluar rumah sambil bercanda dengan istri alm taufik. pokoknya saya ga menyangka gadis kecil dulu teman pertama saya saat smp yang terkesan lembut manis cantik dan lugu ini ternyata bisa "gila" juga. saking gilanya kami pernah bertamu kerumah adik tingkat dekat sekolah, padahal kami tidak saling kenal dengan adik tingkat itu tapi kami sok kenal saja dan masuk, bermain di kolam renang si adik tingkat bahkan sampai masuk ke dalam kamar dan ruangan rumahnya. untunglah adik tingkat itu baik hati :D



    saya berteman akrab dengan yelly hanya sampai kelas 2 pertengahan, bukannya tidak dekat lagi sih, hanya saja tak sedekat dulu. awal-awal smp yelly rambutnya hitam halus lurus panjang, sejak kelas 2 smp sepertinya dia memilih memotong pendek rambutnya.



    kami pun tak mengetahui penyakit yelly, seingat saya kelas 2 akhir dia sering absen. kabar sakitnya yelly terdengar saat di kelas 3. sering sekali dia absen, jika saya tidak salah pernah sampai berbulan absennya. waktu itu kami berkesempatan menjenguknya di rs dharmais, kami sempat bernyayi bersama. waktu itu lagu hebat dari tangga.



    "kau membuat ku merasa hebat karena ketulusan cinta mu, ku merasa teristimewa hanya karena karena cinta kau beri pada ku sepenuhnya membuat ku merasa berarti....."



    saya baru sadar, itu lagu menggabarkan isi hati kami para sahabat dan saya rasa keluarganya juga. karena meski dalam kondisi sakit parah yelly tetap bisa membuat keluarganya tegar.

    saat kelas 3 mendekati UAN yelly mulai aktif disekolah, saya kira penyakitnya sudah mengajaknya berdamai.

    makanya saat sma saya kaget kalo keadaannya memburuk lagi. terlebih kaget saat menerima sms dari kakaknya yang menyatakan yelly telah tiada di akhir penghujung tahun 2006 tepatnya bulan desember.



    saya dan beberapa teman smp berkesempatan sampai mengantar ke pusaran makamnya, sebelumnya dirumah duka saya melihat yelly seperti hanya tertidur pulas tanpa beban tak seperti saat beberapa waktu sebelum yelly berpulang saya sempat menjenguknya di dharmais dan melihat kondisi yelly sangat menyedihkan dengan banyak dipasangi alat-alat yang menyeramkan.



    yelly teman kecil yang cantik, pintar, baik hati, dan juga sama erornya sehingga asik diajak menggila. karena baiknya ini saya rasa Alloh menginginkannya segera bertemu Alloh di Surga.



    Benar, yelly ini anaknya sangat narsis suka sekali foto-foto hehehee tapi tak mengapa lah, toh dia memang anak yang cantik dan manis jadi tak merusak pemandangan untuk difoto hehehe :*



    kini sudah hampir 7 tahun dia tiada. betapa rindunya. tak tau sudah berapa kali memimpikan mu, sahabat. Rasanya kangen kangen kangeeeeeeeeeen.



    yelly, nanti kalo aku sudah menyusul mu, kita kaya dulu awal berkenalan ya yel, tapi kamu ya yang nyamperin aku (kan kamu duluan yang sudah berada di akhirat nanti pas kedatangan ku aku masih baru jadi belum menguasai medan hehehe) saat aku dateng nanti kamu samperin aku, bilang "laaat, sebelahku kosong, kita duduk sebelahan lagi ya"

    terimakasih cerita mu :D

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*