Saturday, 27 March 2010

Keganjalan Panasonic Gobel Award 2010

Indonesia oh Indonesia, kapan ya kira-kira bangsa ini menjadi bangsa yang jujur? Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme beredar dimana-mana. Tidak pejabat tidak warganya, banyak sekali yang suka berlaku curang. Lantas, mau dibawa kemana bangsa ini?

Semalam, sebuah ajang penganugerahan bergengsi digelar dan disiarkan langsung oleh MNC group (RCTI, TPI, dan Global). Entah mengapa ya, mengapa hanya di ketiga channel tersebut PGA disiarkan. Disaat saya menontonnya, entah mengapa saya cukup kaget dengan hasil pemenang yang diumumkan dan rasa-rasanya terdapat banyak keganjalan. Berikut ini hasil pemenang dari PGA 2010:


Pemenang Panasonic Gobel Award 2010 Kategori Individu

1. Aktor Favorit- Dude Herlino
2. Aktris Favorit- Nikita Willy
3. Presenter Kuis/Game Show Favorit : Choky Sitohang
4. Presenter Infotainment Favorit- Feni Rose.
5. Presenter Acara Musik Favorit- Olga Syahputra
6. Presenter Berita Favorit- Putra Nababan
7. Presenter Talk Show Favorit- Andy F. Noya
8. Presenter Talent Show Favorit- Okky Lukman
9. Presenter Olahraga Favorit- Darius Sinathrya
10. Presenter Reality Show - Uya Kuya
11. Pelawak Favorit- Olga Syahputra

Daftar Pemenang Panasonic Gobel Award 2010 Kategori Program Acara.

1. Program Musik Favorit- Dahsyat
2. Program Anak Favorit- Idola Cilik
3. Program Pencarian Bakat Favorit- The Master
4. Program Acara Favorit- Djarum ISL
5. Program Infotainment Favorit- Silet
6. Talk Show Berita Favorit- Debat
7. Talk Show Infotainment Favorit- Bukan Empat Mata
8. Program Komedi Favorit- Opera Van Java
9. Program Feature Favorit- Griya Unik
10. Program Berita Favorit- Seputar Indonesia
11. Drama Seri Favorit- Cinta Fitri
12. Program Kuis Dan Game Show - Gong show

Lihat deh, masa yang menang rata-rata artis/programnya dari RCTI? Secara logika, sepertinya ini sungguh tidak adil, karena masih banyak artis/program yang lebih layak menjadi pemenang.
Misalnya, Program Berita Favorit. Kalau menurut saya, dibandingkan Seputar Indonesia lebih bagusan berita-berita yang ada di TV One or Metro TV, apalagi itu kan channel berita yang emang benar-benar tidak diragukan lagi. Sedangkan Putra Nababan selaku pemenang Presenter Berita Favorit, ya maklum aja kali ya kan dia udah pernah mewawancarai orang nomor satu di dunia, yaitu Barrack Obama. Lalu kenapa di Program Infotainment Favorit, Insert tidak masuk nominasi, padahal tahun lalu program itu masuk nominasi (dan menurut survey ratingnya tinggi!). Ada juga pelawak favorit yang dimenangkan oleh Olga Syahputra, meskipun menurut survey saya pemirsa lebih memilih Sule untuk menjadi pemenangnya.

Adapun keganjalan lain yaitu ketika artis/program acara Transcorp yang menang namun tidak disebutkan di depan panggung. Kemenangan tersebut malah disebutkan didalam sebuah tulisan sebelum jeda iklan. Saya rasa ini benar-benar suatu diskriminatif, mentang-mentang PGA disiarkannya di RCTI and The Gank dan tidak disiarkan di Trans TV atau channel TV lainnya.

Berikut ini tweet yang saya kutip dari twitter seorang petinggi Trans, Pak Wishnutama:

“Panasonic awards sebaiknya diganti jadi RCTI awards saja. Prog2 Transcorp yg menang termasuk prog2 andalan tv lain diumumkan pada saat iklan”

Di salah 1 blog pun saya melihat banyak orang yang berdiskusi soal ini. Banyak sekali orang yang berpikiran negatif tentang PGA semalam. Bahkan ada beberapa orang yang sampai mengeluarkan kata-kata kebun binatang dan alat reproduksi manusia saking kecewanya.

Komen pertama: “Lain X tahun depan Panasonic Award harus lebih netral, masa yang menyiarkan acara tersebut cuma RCTI, TPI, sama GLOBAL TV wah wah Group MNC semua tuh, dah jelas lah tu PANASONIC dikasih beriklan gratis sama Group MNC asal ada timbal baliknya yah timbal baliknya yang tadi disebut diatas pemenangnya sebagian besar dapat diberikan kepada RCTI semua. Klo netral mah semua stasiun tv menyiarkan acara tersebut!!!!! apaan RCTI film lama diputer-puter terus gk mo rugi apa dah gk punya modal”

Komen kedua: “Kaya'x MNC borong pulsa... Pantesan aja 90% programx jadi pemenang... Lainkali PGA ngga usah pake sistem polling lwt sms... Bisa dimanipulasi....”

Komen ketiga: “Yah itukan karena Panasonic dikasih beriklan gratis sama RCTI, dengan harapan pemenangnya sebagian besar dapat diberikan kepada RCTI semua. Lihat saja masa Presenter Musik kek Olga jadi Presenter Musik terbaik, Orang gk bisa ngomong aja jadi presenter musik terbaik, dasara MAHO. Trus sama Program Berita Terfavorit masa Seputar Indonesia, menurut gw Program Berita terfavorit ada di Metro TV”

Komen keempat: “najis banget deh...lebih baik, gak usah ada PGA segala deh buang buang waktu doang, toh semua pemenangnya udah ketauan(MNC). lagian kayaknya masih bagusan TRANS TV dibanding RCTI yang selalu lebay”

Komen kelima: “Ada usul dr orang paling bodoh sedunia, boleh gak Bos? Gimana polling-nya pake FACEBOOK misal 1 juta facebooker dukung artis ...., aktor ..., what ever lah...(Jadi bisa keliatan jumlah pendukung dan siapa yg ngedukungnya, gak kayk polling sms yang "mungkin" ketauan jumlah polling tapi gak tau siapa yang ngedukungnya)”


Reetwet dari followersnya Pak Wishnutama :

RT @vickyscahyadi @wishnutama setuju sekali pak. Mungkn RCTI ga mau kbobolan spti taun kmren yg lbh bnyk trma award Trans Tv. Kyk direkayasa jdina smlm

RT @daonny @wishnutama mungkin RCTI iri sama Transcorp sebab tahun lalu Trans dipuji scara LIVE ON AIR o/ pak Jusuf Kala sbg TV yg plng bnyk dpt award.

RT @sule_prikitw @wishnutama kacaaaaaaaau tuuuuh


Pokonya, PGA semalam = KACAU !
Yang lebih tua dan punya banyak modal bukan berarti PENGUASA!

Hey kalian, bangsa kita tuh tidak sebodoh yang kalian duga! Kami tlah mengerti dengan segala taktik kalian! Kami dapat memilih mana yang layak di tonton dan mana yang tidak layak! Mana yang bagus dan mana yang tidak!

Trans TV mengalah tapi bukan berarti KALAH!
RCTI menang bukan berarti JUARA di hati pemirsa!
So, what do you think?

NB: bukan maksud hati untuk menjelekkan atau membanggakan channel yang disebutkan ditulisan ini ya, tapi inilah aspirasi yang ingin saya sampaikan kepada kalian. Sekian dan trimakasih.

Daftar pustaka :
http://www.twitter.com/wishnutama
http://bocahiseng.blogspot.com/2010/03/daftar-pemenang-panasonic-gobel-award.html


3 comments:

  1. sistem penjuriannya masih pake poling sms sih, jadi hasilnya kurang subjektif..

    lagipula biasanya yang kirim sms pasti kan anak2 abg, ya udah pasti pilihannya yang lagi in saat ini, contohnya : dahsyat dan olga syahputra, idola cilik, choky sitohang..

    tapi jujur aja, gw sih ga mau protes soal hasilnya, karena gw sendiri ga kirim sms, kalo emang dukungan lebih banyak ke transcorp, kenapa pada ga kirim sms..

    mungkin taun depan akan lebih baik kalo ga pake poling sms..

    ReplyDelete
  2. ah ngapain juga gue sms buat sesuatu yg gak penting, buang-buang pulsa! toh semua orang tau mana yang lebih BERKUALITAS mana yang tidak. thx for comment :D

    ReplyDelete
  3. ga ngikutin acara kaya' gini karena menurut saya ga penting dan orang yang menang itu ga penting

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*