Thursday, 31 March 2011

Goodbye March, Goodbye My Lovely !

Photobucket
HATIKU HANCUR! HATIKU HANCUR PADAMUUU!!!
Jika diijinkan, boleh kan gue sedikit curcol disini? *gak dikit juga sih, panjang lebar banget, disarankan untuk menyiapkan selusin tissu kalo mau baca tulisan ini*

Entah kenapa, gue masih keinget sama salah 1 orang terdekat gue. Bukan, bukan pacar pastinya. Mantan? Oh No, gak mungkin banget. Gue masih keinget sama...

Almarhumah tante gue, Tante Rahma, yang pernah gue ceritain disini.

Photobucket
Teraktiran  pertama dan terakhir yang pernah gue kasi ke beliau :'(

Iya, dia baru aja meninggal beberapa minggu lalu, tepatnya hari Selasa tanggal 15 Maret 2011. Beliau adalah tante terdeket, tinggal persis di sebelah kiri rumah gue. Beliau udeh kayak nyokap gue sendiri deh, wong tiap gue punya masalah curcolnya ke dia, kok! Nyokap gue? Hm... ya gitu deh MySpace

Selain asik diajak curhat, beliau juga asik banget buat dijadiin temen untuk bertukar pikiran. Enak deh pokonya, dia segala tau. Beliau pinter bangetttt, walau cuma jebolan SMA. Gimana gak pinter, tontonannya aja news, trus rajin baca. Kalo dia abis baca sesuatu yang asik, pasti dia bakal share ke gue sambil nunjukin bukunya. Selain itu, dia juga pengen banyak tau. Walaupun doski gaptek, tapi doski berusaha banget buat belajar maen internet, ya sekedar nyari tips-tips sehat di google. Setiap gue nanya tips buat ilangin jerawat, misalnya, dia langsung sigap bantu saran dan siapin bahan. Perhatian abis!

Photobucket
miss this momenttttt!!!

Tapi sekarang... Tante gue yang ceriwis itu....

Gue gak menyangka, sangat tidak menyangka, kalo ORANG YANG SUPER DUPER PERHATIAN DENGAN KESEHATAN malah cepet menghadap ke pangkuan Illahi. Gimana nggak, guys, asal kalian tau aja, tante gue tuh ye, kalo makan kebanyakan syarat, seperti :

1. Makan makanan yang dimasak sendiri.
2. Makanan tidak boleh dikasi penyedap rasa/mecin.
3. Tiap hari harus makan sayur dan buah (gak cuma dia, tapi seluruh anggota keluarganya WAJIB makan makanan yang udah dikasi).
4. Anti menerima makanan/minuman dari orang non-muslim (bukan maksud SARA nih ya). Maksudnya gini, tau kan kalo umat Islam mengharamkan daging babi? Nah, kan kebanyakan yang non-muslim makan babi ya, coba deh pikirin kalo tiba-tiba mereka (orang yang non-muslim) ngasi makanan hasil masakan mereka ke tante gue, dan masaknya pake penggorengan/panci yang abis dipake buat masak babi? Nah, menurut tante gue, itu jatohnya udah haram, karena makanannya dimasak dengan peralatan dapur yang dipakai buat masak babi. Nah loh, kan dicuci? Iya dicuci, tapi menurut dia, benda yang abis dipakai untuk benda ‘najis’ harus dicuci dengan tanah 7 kali sesuai dengan hukum Islam yang berlaku (dalam ilmu Fiqh). GILA, AMPE SEGITUNYA! Gak kayak gue dan keluarga lainnya, kalo dapet makanan dari tetangga yang non-muslim, ya diterima ajalah, asal lauknya bukan lauk yang diharamkan. Dengan kata lain, kita gak sekritis dengan apa yang dipikirin sama tante gue. Buset dah, ampe segitunya, ya? Ya kalo gue pribadi sih, asal baca bismillah aja deh hehehe MySpace

Tapi ternyata, menjaga makanan saja tidak cukup menjamin untuk selalu sehat dan panjang umur.

Diusianya yang menginjak 46 tahun, tepatnya 17 Maret 2011 (2 hari setelah meninggal), beliau akhirnya menghadap Illahi karena sakit paru-paru. Entah apa nama penyakitnya. Yang jelas, dia sakit dari bulan November MySpace

Awalnya, dia ngerasa sulit bernafas dan nyeri di bagian perut. Setelah 2 kali ke puskesmas, dia dinyatakan sakit maag akut. Lalu, nyokap dan gue segera mengantarnya ke dokter ahli, dan hasilnya gak jauh beda. Gak lama, beliau di rontgen dan dinyatakan kalo terdapat sebuah batu di empedunya yang menyumbat saluran pernafasan (kalo gak salah). Gak hanya itu, di lambungnya ternyata ada beberapa liter cairan yang turut menghambat sistem kerja paru-paru sehingga setiap seminggu 2 kali, paru-paru beliau harus disedot alat oleh dokter *masih bingung, itu kok cairan dari lambung bisa naek ke paru-paru ya? MySpace*

Photobucket
Ah so sorry gak sempet jenguk tanteeeeeeee :'(

Setelah di rontgen, beliau di opname selama 2 bulan di Rumah Sakit Atmajaya. Setelah merasa cukup boring dengan suasana RS, beliau pulang. Namun sebelom pulang, pas gue lagi jenguk doski, eh gue malah dibilangin begini, “Vin, maapin Tante Rahma ya. Kayanya tante gak punya umur. Kayanya tante mau mati, napas aja udah susah gini. Gak heran kalo Irwan mati, karena tante pun turut ngerasain penderitaan seperti dia. Bilang ya ke mama kamu, maap kalo selama ini tante punya salah dan udeh slalu ngerepotin...” *dengan suara pelan*. Gue sih cuma bisa jawab, “Apaan sih! Udehlah tante pasti sembuuuuhhh!” And then she said again, “Penyakit tante kalo bisa sembuh berarti ini mujizat banget. Paru-paru tante tinggal satu....”

Gue kaget banget. Paru-parunya tinggal satu? Oh Noooooooooo!

“Tante tuh mau napas susah banget. Mau solat susah. Makanya, kamu, mumpung masih sehat, solatnya yang rajin, soalnya kalo udeh sakit parah begini, mau solat susah!” sambungnya.

“Nisa, kalo mama udah gak ada, solatnya jangan bolong-bolong, ya! Jangan suka bawa-bawa cowo ke rumah!” nasehatnya ke si bungsu, Anissa.

“Vina, kamu jangan sampe deh kayak tante begini. Kesiksa banget. Makanya Vin, jangan suka mandi malem-malem deh...”

Ya, itu nasehat terakhirnya... Tiga minggu sebelom meninggal... MySpace

3 hari sebelom meninggal, tepatnya di malam minggu yang super duper galau... Si Nissa nelpon gue sambil nangis dan nyuruh gue untuk ke rumahnya. Ternyata di rumahnya, dia lagi ngejagain si Tante, kakak dan ayahnya lagi pergi beli oksigen. Pantesan si Nissa nangis, ternyata nyokapnya tuh udah sekarat kagak bisa napas. Gue cuma bisa di samping baringannya sambil berdoa. Untung aja si Om dan anaknya cepet balik, segera memberikan oksigen ke si Tante. Dan di malam hari itu juga, si Tante langsung dilarikan kembali ke RS Atmajaya... Trus selanjutnya... *speechless*

Photobucket
Telah menyatu dengan tanah....
Photobucket
praying ...

Nah, sebelom Almarhumah meninggal, kita sekeluarga udah dikasi banyak firasat nih...

1. Bokap : diimpiin si Tante yang tiba-tiba minta maap.
2. Nyokap : nasi di rumah selama seminggu cepet basi, baru se-jam masak nasi eh langsung udeh basi gitu. Kata nyokap, itu tandanya keluarga kita ada yang mau meninggal.
3. Gue : mimpi si Tante *lupa mimpi apa*
4. Sepupu gue (anak si Tante) : waktu nyokapnya sekarat di rumah sabtu itu, tiba-tiba bau melati di penjuru rumah, katanya sih itu pertanda.... ya you know lah.
5. Om gue (suami si Tante) : sebelom istrinya meninggal, doski suka manggung sana-sini dan gak tau kenapa selama beberapa kali berturut-turut, dia selalu nyanyi, "Baru sekarang oh aku rasakan. Ditinggal Istri rasanya kesepian...." (lagu dangdut). HeheheMySpace

Dan udah beberapa hari ini, gue ngerasa kesepian banget. Pengen curhat, tapi sama siapa. Liat celana pada bolong, biasanya kalo bolong begitu minta jahitinnya sama si Tante, soalnya dia tukang jahit. Tapi sekarang sama siapa, SIAPA? Kalo lagi ada duit, gue suka minta bikinin kue bolu sama doski. Aduuuhhh, seriusan gue kangen banget sama si tanteeeeeeee MySpace

Buat Tante, semoga kamu bahagia ya di surga. Yakin banget kamu masuk surga. Kamu aja meninggalnya senyum dan wangi. Gak heran, karena kamu adalah salah 1 isteri yang solehah, berbakti pada suami, bertutur kata dan berperilaku baik, serta.... ya gitu deh *spechless lagi*


Udah ah, gue jadi tambah nangis nih. Mapp ya curcol. Maap ya tulisannya panjang. Huwaaaaaa MySpace



28 comments:

  1. Pertamax nggak ya,

    RIP...

    turut berduka cita, mari berdo'a...!
    semoga amal dan ibadah tantenya pina di terima disisinya, amin...

    ReplyDelete
  2. turut berduka pin ...
    semoga arwah tante lu diterima di sisi-Nya.

    dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan (termasuk lu) ...

    saya hanya bisa bantu doa ,,,

    ReplyDelete
  3. Aduh, gak tega gue liatnya vin >.<
    Gue turut berduka cita :(
    Umur emang rahasia Allah SWT vin. Kita boleh berusaha untuk sehat, tapi umur Allah yang pegang :')
    Sabar ya vin :)

    ReplyDelete
  4. yah kaka pina, sedih :O
    mudah-mudahan beliau diterima di sisi allah SWT ya kaka. hiks seneng nya ada tante di sebelah rumah yang baik gitu.

    ka pina jangan sediiiiiih

    ReplyDelete
  5. phin, turut berduka cita yaa smoga tante lo tenang di sana :)

    ReplyDelete
  6. turut berduka cita...
    itu tante yg lu traktir pake duit the promotor?

    eh saran gw kok kayaknya foto yg lg sakit itu dihapus aja ya..

    ReplyDelete
  7. turut berduka vin, yang sabar ya. semoga almarhumah tante lo diterima disisi-Nya yang paling baik. amin. :)

    ReplyDelete
  8. ah kapinaaaaa >< ceritanya sedih + bikin rada merinding bacanya. Jadi inget sm ibu T__T
    Turut berduka ya kak.
    tante yg tenang yah disana

    ReplyDelete
  9. Jadi gini pin, kata pak ustad orang yang baik itu rumahnya di surga cepet banget selesai dibangunnya, makanya orang baik itu cepet2 dipanggil buat nempatin rumahnya di surga..

    ReplyDelete
  10. Innalilahi wainna'ilaihi rojiun..

    Turut berduka cita yaa :(
    Allah pasti kangen banget sama tante lo makanya dia "pulang"
    Surga pasti buat tante lo..

    Semangat terus yaa vin :')

    ReplyDelete
  11. Turut berduka cita ya Vin, ditinggal tante tersayang.. biar sekarang nggak bisa curhat ma tante, tapi bisa curhat ke blog kaan..

    err.. emang bener kata tante kamu, kalo sesuatu yang najis tuh dibasuh sampe 7 kali dan dicampur tanah. Itu tuntunan wajib, atau ibadah kita bisa nggak diterima.

    ayooo belajar agama lagi lebih dalam yaa.. *sok nasehatin

    ReplyDelete
  12. turut beduka cita ya say... karena tante kamu orangnya baik, Insya Allah dimuluskan jalannya disana Amin... emang sedih ditinggal orang yang deket sama kita, kamu yang sabar ya say...

    ReplyDelete
  13. Allah lebih sayang sama Tante kamu Pin, makanya dia diambil lebih dulu...

    dia pasti bahagia di sana
    :D

    ReplyDelete
  14. makasih ya semuanya. jadi terharu sama perhatian kalian. i love you guys :*

    ReplyDelete
  15. RIP utk tante km
    following you now
    follow me back ya.thanks

    http://ribbonpolkastethoscope.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Ikut berkabung,moga di terima disisinya dan masuk ke dalam surganya

    ReplyDelete
  17. turut berduka, vin... semangat yah!!!

    ReplyDelete
  18. makasih uchie, grand, dan noeel. yup! gue akan terus semangat kok! :D

    ReplyDelete
  19. Turut berduka cita kak pin.

    Tapi apa hubungannya empedu sama pernapasan ya? o.O

    ReplyDelete
  20. hikkksss... sedih banget baca ceritanya...

    ReplyDelete
  21. Turut berduka cita ya pin.
    semoga amal dan ibadah auntie kamu diterima disisi Allah SWT.
    amin..
    yang tabah ya pin :)

    ReplyDelete
  22. gracias hulwana, aina, dan adhe :D

    ReplyDelete
  23. sering banget deh disebabkan paru-parunya sakit :( ini dampak dari perokok pasif bukan?

    apapun itu semoga beliau ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya yaa.. Amin..

    ReplyDelete
  24. amin ya robbal alamin. iya kak, perokok pasif juga kayanya. selain itu kondisi rumahnya yang terlalu lembab juga turut menjadi penyebab. makasih ya kak :D

    ReplyDelete
  25. taun ini beberapa kali berduka ya kawan.. tapi tetep tabah.. terus berdoa buat mereka yang kamu cintai.. :)

    ReplyDelete
  26. What heyday isn't today?

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*