Saturday, 2 July 2011

Balada Senam Pete En dan Kuli Ah

Photobucket

Malem ini adalah Sabtu malem. Malem penuh kehinaan bagi kita para Fakir Asmara. Malem dimana gue selalu nulis di blog ini. Malem dimana gue dan rakyat yang miskin cinta lainnya merayakan kegalauan secara massal...

Tapi, apa iye yang udeh berpacar gak bakal bisa ngegalau pada malem ini ? Gue rasa bisa tuh. Ati-ati aje buat kalian (yang tlah berpacar) yang melakukan LDR (Long Distance Relationship) atau yang udah janji mau jalan eh kagak jadi. Ati-ati aje... mungkin pasangan kalian.... ah ya sudahlah.... MySpace

Coba dipikirin bae-bae lagi. Inget duit bakal pulsa yang udeh kalian keluarin. Inget... Gak sedikit kan? Coba inget duit bulanan kalian... cuman dikasi berape. Inget... Inget.... Pacaran hanya membuang uang kalian aje... HUAHAHAHAHA #KetawaSetan

Gue rasa, malem ini juga bakal menjadi malem puncak paling galau bagi kalian yang kagak lulus SNMPTN (baca : Senam Pete En atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi). Pasti kalian lagi nangis di pojokan jamban sambil mikirin nasip. Udeh fakir asmara, gak dapet PTN pula. Nasib ente jelek banget sih. HUAHAHAHA #KetawaSetanTingkatJahannam MySpace

Well, udahlah. Jangan berkecil hati. PTN bukanlah jalan satu-satunya untuk menuju gerbang kesuksesan. Gak masuk PTN juga kagak bakal bikin lo masuk Neraka. Jadi sarjana juga kagak seratus persen bikin lo sukses. Penentu kesuksesan mah ada ditangan lo sendiri. Seberapa jauh sih usaha lo buat dapetin cita-cita lo? *wih kata-kata lu pin sok iye beud dechhh*

SUPINCE, LO PERNAH IKUT SENAM PETE EN KAGAK?

Kagak. Gue kagak pernah ikutan senam pete en, apalagi senam ibu-ibu hamil atau senam eskaje. Gue cuman pernah ngikutin sama yang namanya SIMAK UI, ntu doang (dan itu pun gagal. Gue GAGAL dapetin Ilmu Komunikasi nya! MySpace -> dari awal emang udeh niat pengen masuk Ilkom). Kenapose? Soalnya gue cuman diijinin kuliah di PTN hanya di UI doang, yang merupakan satu-satunya PTN favorit deket Jakarta (kalo PTN lainnya yang ada di Jakarta mah, gak tau deh gue kagak minat). Gue sih pengen banget ikutan senam pete en, apalagi dapetin Ilmu Komunikasi di Unpad. Sayang, gue gak boleh menimba ilmu hingga ke luar kota. Gue gak boleh ngekos, soalnya nyokap ngeri gue masukin cowo ke dalem kamar kosan dan gue tiba-tiba melendung. GILA SUMPEH LO MAK, PIKIRAN LO LEBAY ABIIITTCH! MySpace

Photobucket
salah 1 view keren di UI. kampus ini memang memiliki beberapa spot yang oke punya buat foto-foto.

Kalo inget jaman gue kelas 3 SMA, gue jadi pengen urut dada (baca : sabar). Soalnya, jadwal gue bener-bener padet banget. Mulai kelas 3, gue udeh disibukkan dengan yang namanya pendalaman materi dan bimbingan belajar. Pulang sekolah jam 3, langsung ke bimbel sampe jam 9, lalu sampe rumah jam 10 malem. Capeee banget (dan sayangnya gak bikin gue kurus, entahlah aneh banget). Dimana-mana gue belajarrrr ampe mencret dah tuh di idung sama di kuping. Tapi tetep aje, namanye juga kagak jodoh sama UI, ya buat apalah ditangisin. Gue juga bersukur sekarang kuliah di Ilmu komunikasi jurusan Advertising Universitas Tarumanagara. Udah gedungnya keren, dosennya baek, dari rumah tinggal ngesot, dll. Gue lebih ngambil hikmahnya aje sih, gak bisa dibayangin kalo gue masuk UI, pulang pergi naek kereta berdesakan, ke kampus udeh pake minyak nyongnyong, sampe di dalem kereta berdesakan bau keti, dan nyampe kampus gue udeh lusuh plus super bau keti orang yang nempel di badan gue. HihMySpace

Photobucket
kampusku tercintrong :3
Btw, banyak banget yak orang yang berbondong-bondong pengen masuk PTN, walaupun hanya untuk mengejar jurusan yang kagak jelas (asal pilih jurusan, gak sesuai dengan standar kemampuan dan potensi yang ada, yang penting dapet PTN). Ya emang sih, dari segi kualitas pengajaran masih bagusan PTN (namun hanya PTN tertentu aje ah kayaknye, yang udeh punya “nama” seperti UI, UGM, Unpad, ITB, IPB, dll). Dari segi uang juga katanye murah, itu pun kalo dapet diskonan (tergantung juga ah, temen gue sastra Jawa di UI persemester katanye 5 jutaan, beda dikit sama Ilmu Komunikasi di Untar). Halah mak, tapi cobalah tengok sedikit PTS yang ada disekitar kalian. Masih banyak kok PTS yang bagus (ya tapi ati-ati aje kalo di Jakarta mah PTS nya mah mahal-mahal, namun udah punya “nama” juga, seperti Trisakti, Untar, UPH, Binus, LSPR, dll. Tapi PTS di luar kota juga banyak yang bagus-bagus dan terjangkau kok).


Ngomong-ngomong soal kuliah.... Kuliah itu gak boleh maen-maen loh. Di bangku kuliah, lo harus mendalami ilmu yang emang bener-bener lo pengen kuasai. Dan dalem ilmu itu, seharusnya lo liat, apakah bisa memberikan peluang kerja di era kayak gini? Percuma kuliah PTN fav kalo jurusannya pun sebenernya gak memiliki banyak peluang kerja untuk sekarang. Ya toh dipikirin lagi MySpace

Lagian di jaman kayak gini mah, gak cuman perlu ijazah doang. Percuma punya ijazah kalo gak ada skill. Percuma juga kalo elo nya juga kagak kreatip. Dan paling super percuma, kalo elo gak punya banyak temen. Ya, temen alias koneksi adalah hal yang juga penting loh.

Photobucket
ditengah kampus Untar

Di era internet kayak gini mah, nyari koneksi sebenernye gampang loh. Sayangnya, hal ini suka disalah gunakan sama ABG-ABG sekitar kita. Nyari koneksi sih buat dijadiin pacar. Ya emang sih gak masalah, namun kalo cuman dipake buat nyari pacar, sayang banget loh. Coba deh belajar nyari temen yang memiliki bermacem-macem profesi. Gue pun gak malu-malu untuk kenalan sama orang yang memiliki profesi mulai dari hanya blogger, pekerja kantor, guru, crew TV, dosen, penulis buku, IT, consultant, artis, dll (NB : kalo mau kenalan juga ada taktiknya loh. Jangan terlalu over pas awal perkenalan. Yang penting jaga komunikasi aja secara intens). Ini untuk wanti-wanti aje, mungkin suatu hari nanti gue butuh mereka buat minta job, maybe? Huahahaha. Tapi Alhamdulillah, udah terbukti kok. Sekarang ini gue malah dapet job gara-gara direkomen sama salah 1 temen blogger. Uangnya lumayan lagi buat beli PS3 and Ipad mah. Huahaha *nah makanya hayo rajin-rajin ngeblog nanti tak kasi job juga deh* MySpace

Photobucket
pemadangan kayak gini mah udeh biasa di kampus gue
Kembali kepada persoalan kuliah. Nah, kalo lo dikasi kesempatan buat kuliah, apalagi di kampus yang udeh punya nama, ya toh bersyukur ya nak. Kuliah tuh mahal loh, buku nya apalagi. Gue kadang suka ngenes aje ngeliat di kampus, temen gue bukannya belajar bener eh malah leha-leha. Misalnya, ada tugas, bikinnya ngasal. Ada mata kuliah, eh titip absen. Bukannya masuk kelas eh malah ngerokok di tangga darurat. Idih, madesu abis. Banyak tuh mahasiswa/i yang kayak gitu. Muak ngeliatnye. Padahal, kuliah juga demi masa depan dia juga. Demi mengejar Indeks Prestasi (IP), yang gak boleh sembarangan, minimal 3 (untung IP gue selalu diatas 3 #sombong).

Inget, kuliah juga ada enak ada gak enaknya. Enaknya, mungkin dari segi berbusana, enak tuh bisa pake baju bebas, jadwal kuliah nentuin sendiri, dll. Gak enaknya? Wih ini mah banyak banget. Mau lo kuliah di PTN sebagus apapun juga lo bakal nemu sama yang namanya ketidakcocokan dalam berteman. Beda sama SMA yang kerasa banget kesetiakawanannya, kalo udeh di kuliah mah temen = kompetitor dan bisa jadi musuh. Disini adu saling sikut bisa terjadi. Percuma punya sobat di kampus, kalo sobat lo nanti yang ada hanya bisa melambai-lambaikan tangan ke elo ketika dia lulus lebih dulu dari lo. Punya sobat kok gak kompak ye? Ya itulah kuliah. Dia juga gak rela kalo lulusnya barengan lamanya kayak elo. Buang-buang duit.

Yang namanya gokil-gokilan juga enakan sama temen-temen SMA.... Kayak kegokilan gue sama temen-temen dulu nih :


Belom lagi dengan seabrek-abrek tugas dari dosen yang sangat teramat buang-buang waktu/pikiran/tenaga/uang. Trus kalo dosennya gak masuk, ada kuliah pengganti lah, apalah, ribet. Yang namanya REMEDIAL juga kagak ada, kalo nilai lo jelek ya jelek aje, palingan ngulang di semester depan. Lalu, kalo ke kantin, biasanya makanan di kampus lebih mahal daripada makanan di kantin sekolah. Kayak gue nih, di Cantina (sebutan buat kantin di Untar), nasi goreng sepiring doang 17 rebo (tapi enak sih). Diluar kampus sih ada yang jual makanan, lebih murah dari Cantina, namun tidak dapat menyaingi harga murah kantin sekolah gue dulu.. *huhuhu jadi kangen makanan di kantin SMA dulu* MySpace

*menghela nafas dalem-dalem, keluar dari bawah*

Pokonya, inti tulisan ini adalah JANGAN SEDIH KARENA GAGAL SNMPTN ! Belajar mah bisa dimane aje coy, yang penting USAHA (usaha untuk belajar dengan giat, usaha untuk berfikir kreatif, usaha untuk menggali potensi/kelebihan yang lo miliki, dan usaha untuk nyari banyak koneksi) dan BERDOA. Lupakanlah itu si PTN kampret dan segeralah songsong hari esokmu itu dengan segala kekuatan, semangat, serta kerja kerasmu. Lets to be creative and say no to DRUGS! Salam olahraga!MySpace











49 comments:

  1. Waaa~ Bagus banget postingannya. Bermanfaat. Hahaha
    Thx yoo. Jadi ada sedikit gambaran tentang anak kuliahan... Tinggal nunggu setahun lg nih.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. keren....ditunggu job nya #Ngarep... -__-"

    ReplyDelete
  4. aaaaaah di paragraf paragraf awal bikin galau hahaha
    tapi tetep semangat!
    walaupun Ilkom unpad lewat senampe te en ga jebol, tetep semangat *curcol dikit boleh kan :P

    ReplyDelete
  5. asik ,gak galau pendidikan lagi deh kak, makasih ya pencerahannya :D
    semoga ketularan dapet jobnya deh wehehe

    ReplyDelete
  6. waduh. Hahaha untung saya bukan termasuk remaja galau karena senampeteen. :DDD

    ReplyDelete
  7. hahaha paragraf2 awal bikin galau abizzz :'(
    mau keluar sabtu malem eh malah hujan #nangiskoprol

    ReplyDelete
  8. Gue lulus Senampeteen! Kyaaaa XD


    eh, btw salah ketik, sabtu malam. Bukan malam sabtu

    ReplyDelete
  9. bener bangetz.. sukses itu bukan hanya kita keterima di PTN fav tapi gimana cara kita nyari duit yang banyak dengan cara yang halal dan bagaimana cara kita untuk bahagia nantinya.. :D

    ReplyDelete
  10. terlambat lo vin, harusnya nulis postingan ini 2 tahun yang laluuuuu T_______T
    hiks.
    gue udah enjoy ama kampus yang sekarang.
    tapi suka sedih kalo nyokap gue mulai ngomongin temen anaknya lah yang masuk PTN ini, sepupu gue lah masuk PTN itu.
    merasa gagal :(((((
    PTS bukan berarti madesu !

    ReplyDelete
  11. wah, jadi bingung nih mau masuk PTN apa PTS ??

    ReplyDelete
  12. siip dah posyingannya.jiyee...supin udah mulai gawe neeh...tapi tetep ye fakir asmaranye..hehe
    lanjutkan perjuanganmu anak muda ^_^

    ReplyDelete
  13. Keren mpok.
    lulus SNMPTN ntu semacem lulus RSBI ye? ko banyak banget gitu lo yang gagal. Giliranku 2 taon lagi nih. Seneng, tapi ya gimana. Galau dah T.T

    ReplyDelete
  14. postingan yang keren..
    kita emang harus lebih berusaha keras, kreatif dan pinter nyari peluang kalo mau bertahan di dunia yang keras ini #halah #PLAK
    jadi pengen mulai cari banyak koneksi(temen) lewat dunia maya.. kali aje ada yang kepincut, hahay.. :)
    terimakasih telah memberiku inspirasi..

    ReplyDelete
  15. ntar kalo saya lulus mau kuliah di kampusnya ki pina ahh haha

    ReplyDelete
  16. hihi
    infonya menarik Pin

    Pokoknya yang nentuin kesuksesan itu diri kita sendiri, enggak dari dimana kuiah kita dan yang terpenting, dimanapun kuliahnya minumnya teh botol so*sro #Halah #Plak!!
    :D

    Salam dari blogger Jogja :)

    ReplyDelete
  17. wah bwat yg gak lulus Senam Pete en bisa ikut Ujengkol sarigan masak (USM) yg lain ,semangat yahhh

    ReplyDelete
  18. nice post madam! saya sih lulus snmptn, tapi nggak jebol di pilihan 1. yaudahlah tetep semangat aja. :)

    ReplyDelete
  19. nggak pernah ikut SNMPTN, jadi nggak pernah ngerasa gagal.. trus juga dulu ikut ujian masuk, langsung ketrerima juga..

    ternyata pertimbangan milih kuliah banyak yah... salah satu yang utama dan terutama buat lo, masalah tempat ya??...

    besok usul deh, kalo bangun universitas deket2 rumah elo aja.. hahaha

    ReplyDelete
  20. kaka.. kasih aku job donk #ngemisngemis

    oalahh kuliah itu gaak gampang ya.. jadi gaak niat kuliah nie huahh =..=!

    ReplyDelete
  21. kak pinee, contact2 klo ada job. nghahaha =)

    ReplyDelete
  22. kak pina supinceeeeee....

    aku juga kagak pernah ikut senampeten!
    hahaha
    ayok toss! hehe

    iya bener tuh buat yang belum lulus di PTN, jangan kecewa. masih banyak jalan!

    ReplyDelete
  23. BENER tuh bagian pertemanannya, Gue punya masalah dengan pertemanan. Pas di depan ngakunya temen, di belakang saling sikut, mau ujian pada belajar bareng tapi ada yang ngga diajak. Kampret

    Kalo ada anak yang udah terlanjur Gaul banget di Jekarda mending pilih-pilih Jurusan deh kalo mau kuliah di Daerah..

    Soalnya anak daerah yg kurang gaul kadang nganggep negatif ke yang lain yang udah terlanjur gaul kaya supina..

    ReplyDelete
  24. *manggut2*
    Lumayan buat motivasi kalo gagal SNMPTN..
    Makasi tante :*

    ReplyDelete
  25. gue baru aja naik kelas ke kelas 3 SMA,artinya taun depan bakal kuliah,dan habis baca postingan tadi..jadi sedikit galau...ummm...errr..

    ReplyDelete
  26. gw gagal snmptn 3 tahun lalu dan akhirnya gw masuk politeknik aja deh...
    hahahaha....
    kalo dipikir2 ada bagusnya juga gw ga lulus snmptn, soalnya pas daftar gw milih jurusan PBI padahal ngga ada bakat ngajar orang samasekali..
    mending kayak sekarang kul di politeknik jurusan TI.
    udah hampir lulus lagi^^

    ReplyDelete
  27. thanks saran2nya pin. Keep writing!

    ReplyDelete
  28. Malam minggu tuh waktunya kongkow bareng temen. Lupakan PTN, lupakan pacar! Hahaha

    ReplyDelete
  29. POSTINGANNYA KEREEEEEEENNNN >.<

    ReplyDelete
  30. bisa masuk PTN aja bangga, gua aja gua tolak keterima di PTN (Perguruan Tinggi Nelongso).

    ReplyDelete
  31. waaah kak pin, postingannya keren sekaliii :3

    ReplyDelete
  32. wah postingan lo bikin gue tambah lega ka pina :D
    gue yang gak masuk ke SMA favorit jadi sedikit terhibur :D
    keep blogging yoooo:)

    ReplyDelete
  33. kak Irvina kereeeen kampusnya XD post ini makin bikin dag-dig-dug. tahun depan giliran aku :O

    ReplyDelete
  34. wekekekekek.ikutan ketawa setan juga aaah ahahah #nelenlinggis

    ReplyDelete
  35. Wah..sama dong Pin, gue juga gak pernah tuh ikut SNMPTN :D
    Buat gue sih kuliah dimana aja sih sama aja, yang paling berpengaruh ya orangnya sendiri, mau kuliah dengan baik atau nggak.
    Percuma kampus keren dan tenaga pengajar keren tapi kalo otaknya emang mpot2an, ya sama aja boong :D
    Jadi dimana pun kuliahnya, ya jalani aja apa adanya.
    Kalo emang niat, pasti bagus deh hasilnya :)

    ReplyDelete
  36. ia bener bgt itu ka.pin :) PTN itu bukanlah segalanya :) ekekekek #sotoy

    ReplyDelete
  37. keinget banget SNMPTN 4 taon lalu. mahasiswa di satu ruang cuma ada berapa, yg ngawasin ada 6 orang depan belakang.... T_T #curcol

    ReplyDelete
  38. Hmm gue masih kelas 2 SMA, hahaha. SMA skrng di swasta mudah2an aja nnti bisa dapat PTN yaa ITB laah :D heheh , Aamiin.

    Hidup Pelajar *krik*

    ReplyDelete
  39. nah artikel penyemangat lagi nih. aseek. mau promoin boleh gak kak? (promoin artikel ini). soalnya banyak temenku gak masuk di SMA fav di kotaku hanya karna usaha penitipan anak, trus mereka drop spirit deh :(

    ReplyDelete
  40. asik ya dunia kuliah lu
    beda ma gua, FLAT

    ReplyDelete
  41. salam olahraga jugak!!!

    ehh,. baru nyadar nih kalo kamu ternyata postingnya emang pas malem minggu aja yahh.. hweehheehe #ketawasetan :p

    tulisannya keren supinn,. aku jg kadang ngerasa gitu, ngerasa nih kesempatan buat kuliah sering banget kusia-siain. sayangnya nyadarnya pas udah mau lulus #begoknyaaa

    ReplyDelete
  42. hihihi.... ga nyangka karna gw reviu blog lu, lu malah dapet job #sotoy.com

    :p

    ReplyDelete
  43. btw kampus mana ja sih ga jadi masalaaah.... asal niat kalian aja yang mau maju.

    ReplyDelete
  44. suka sangat sama nih posting. harus serius tuh yang udah punya kesempatan duduk dibangku kuliah.. biar gak nyesel dikemudian hari.

    ReplyDelete
  45. haduh bersyukur banget gue dapet ugm. bayaran semesteran kaga nyampe tiga juta, biaya hidup murah meriah cing, udeh gitu bebas bener dah mau ngapain aja, namanye juga anak kosan. lu bayangin aje ye sehari buat makan kaga nyampe dua puluh rebu. itungannye ye kalo elu sekali makan diatas dua belas rebu, ntu udeh dianggep mahal. sepuluh rebu aje udah dibilang mahal. enak bener dah kuliah di jogja #BukanPromosi

    ReplyDelete
  46. job nih, penting juga.

    tapi apalah kalau masuk ptn atau pts, tapi tidak tahu diri juga? hidup cuma sekali kan mbak? mumpung jadi mahasiswa, bisa belajar dari kesalahan minimal nyasar gedung dan belajar berorganisasi.

    cepat lulus ya mbak! :)

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*