Gue Cinta Musik Indie Indonesia, Kalo Elo ?


Photobucket

Assalammualaikum, guys! Wats ap coy! Gimane nih ospek atau MOS nye? Lancar kah? Asikkah? Kampret kah? Kesian deh lo!  Huahaha #DigamparRameRame . Kayak gue dong nih, idup makmur tiap sekolah bahkan pas kuliah, gak pernah sama sekali ngerasain sama yang namanye ospek atau MOS. Huehaheha. Horrraaaayyy! #PelukJustinBieber

Entah kesurupan bidadari ape, tiba-tiba gue kepengen ngebahas soal lagu dan band-band indie. Mungkin sebagian kalian masih bingung kali ye sama yang namanye indie.

Emang indie itu ape pin? Tempat lahirnye Shah Rukh Khan ye pin? Atau nama presenter CERIWIS Trans TV dulu pin?MySpace

Bukan coy. Harap bedakan INDIE dengan INDIA dan INDI BARENDS. Mereka gak ada sangkut pautnye kok.

Photobucket

Nih gan, ane kasi tau yak. Indie itu biasanya disebut juga dengan Media Independen, yaitu media yang dibuat secara swadaya oleh individu atau kelompok kecil (disebut pula sebagai media alternatif). Media independen ini gak hanya untuk band-band aja kok, namun ada juga dalam bentuk film dan media cetak, bahkan fashion.

Pina, gue kagak ngerti. Kasi contohnye dong pin!

Hm, jadi gini coy. Media independen atau indie ini merupakan lawan dari media maisntream. Contoh media mainstream tuh (dalam bidang musik) kayak band-band yang ada di tipi tuh, kayak Unyu, KenjenBen, Wali, Nidji, dan lainnye (yang masuk dalam perusahaan label rekaman besar kayak Sony BMG, etc). Nah kalo band indie misalnye kayak Mocca, Goodnight Electric, Monkey To Millionaire, dan lainnya, biasanye bisa kita dengerin dari media tertentu (misal, internet, karena biasanye band-band indie memperkenalkan karya mereka lebih kedalam internet, yang juga sebagai media baru pada era ini). Biasanya, band Indie ini juga berada dibawah label rekaman indie, seperti FFWD yang pernah melabeli band Mocca, Blossom Records (BangkuTaman, The Strawberry’s Pop), dan lainnya (cek sini).

Pina, gue masih bingung. Indie sama mainstream bedanya ape dah?MySpace

Kalo mainstream, biasanye tuh karya dibikin sesuai dengan permintaan pasar. Contoh, warga Indonesia demen banget sama lagu-lagu sedih dan melayu, lalu otomatis pihak label rekaman besar seperti Sony BMG (misalnya) menggawangi penyanyi-penyanyi untuk menghasilkan lagu sesuai dengan selera warga kebanyakan. Mainstream juga lebih mencari keuntungan dan memiliki struktur tetap. Berbeda dengan media indie, yang biasanya menghasilkan karya untuk mengekspresikan diri, memiliki lebih banyak keunikan, lebih beragam genrenya, struktur manajemennya tidak tetap, etc.

Kini, kita bisa melihat berbagai penyanyi yang lalu lalang di dalam TV. So, what do you think? Kalo menurut gue sih, 70% membosankan. Palingan gak jauh-jauh dari kesedihan, kegalauan, trus ada melayu nya gitu #ieeewh. Malesin deh. Malah menurut gue, kualitas penyanyi kita kayaknye makin bobrok. Hanya beberapa penyanyi dan band yang memiliki musikalitas tinggi (sebut saja seperti Agnes Monica, Sherina, Rossa, Nidji, Vidi Aldiano, Afgan, dll) #MenurutGue.

Photobucket
kata mereka tentang band/lagu indie

Untuk mengurangi kejenuhan gue dengan lagu-lagu bangsa sendiri, akhirnya sejak tahun 2006 gue mulai mengenal apa itu lagu-lagu indie. Itu juga kagak sengaja loh nemu lagu-lagunye di winamp warnet. Lagu indie yang pertama kali gue dengerin adalah lagunya Mocca yang berjudul I think I’m in Love. Sejak saat itu gue sangat getol dengerin lagu Mocca hingga sekarang.

Gak cuman Mocca doang sih, masih banyak bang-band indie favorit gue laennya yang punya lagu-lagu keren. Seperti :

1. Hollywood Nobody

Photobucket

Band indie yang berdiri sejak tahun 2005 di Bandung ini menurut gue punya musikalitas tinggi banget. Genre yang mereka usung adalah Bossa Nova and Jazz. Kalo dengerin lagu-lagu mereka, gue suka merasa sedang berada di dalem cafe muahal geto deh. Huehaheha MySpace

Lagu HN fav gue yaitu KISS THE PAIN AWAY, lagu yang membuat HN menang di dalem L.A Lights Indiefest 2006 dan masuk ke dalam album kompilasi. So, cekidots jilat nih pidionye :




2. Cigarettes Nations

Photobucket

Berdasarkan info dari blog band ini, Cigarettes Nations merupakan  alter ego dari band Apples in The Wonderland . Awalnya, band side-project ini cuma sebuah eksperimen main-main yg ditujukan sebagai manifestasi alter-ego mereka. Just like Dr Jeckyll and Hyde... Atau Superman and Clark Kent... atau Batman and Bruce Wayne. Untuk info lebih jelas, silahkan liat postingan disini .

Gue kenal band ini dari taun 2007, ketika lagu mereka yang berjudul Downtown Dogz masuk dalem kompilasi L.A Light Indiefest 2007. Lirik lagu Downtown Dogz terbilang unik dan tentunye kagak bikin gue galau. Ada pula lagu mereka yang lain yang berjudul Rainbowarriors dan Game Over yang gak kalah unik. Ya pokonye donlot aje dah di internet huahahaha MySpace

Cekidots their video :


3. Naif

 Photobucket


Hare gene kagak tau Naif? Mustahil banget yak kayanye. Hehehe. Yup, sebenernye Naif tuh band indie loh, soalnye mereka berada di dalem label rekaman sendiri, yaitu Electrified Records. Soal genre lagu sih, mereka bilang kagak musingin, terserah mereka aje, ngalir gitu. So, liat aje tuh karyanye mereka, kagak monoton kan genre nya? Ada yang pop, retro, comedy, dan lainnya.

Alasan gue demen sama Naif pun, selain musiknye yang asek gela, juga dibarengi oleh vokalisnye yang sekarang udeh berubah 180 derajat. Ntu tuh, si om pit alias David Bayu. Dari yang mulai gembrot ampe sixpack gela. Anjrot, ngeces dah nih iler gue kalo liat die buka baju pas nyanyi hahaha MySpace


Photobucket

Lagu Naif yang gue suka antara laen : Karena Kamu Cuma Satu (Planet Cinta), Cuek (Planet Cinta),  Aku Rela (NAIF), Pujaan Hati (Retropolis), Dimana Aku Disini (Televisi), dan masih banyak lainnye!

Salah 1 lagu Naif fav gue :




Lets see : http://naifband.com

4. Goodnight Electric

Photobucket

Gue demen banget dah sama lagu-lagu mereka! Bener-bener bikin semangat abis! Trus unik banget genrenye yang mengambil tema electro. Wihiii!

Lagu GE fav gue : A.S.T.U.R.O.B.O.T, Am I Robot? , VS, and Interval.


5. The Kucruts

Photobucket

Band yang satu ini kebetulan punya vokalis yang juga alumni dari SMA gue dulu, SMAN 1 Jakarta (Boedoet). Vokalisnye bernama Heri Purnomo atau biasa dipanggil Omo. Lucu banget loh orangnye, imut-imut gitu, hihihi (liat yang mukanya paling imut di foto atas). Doski juga pernah maen beberapa sinetron, seperti Doo Bee Doo, Ronaldowati, Putri Duyung & 100 Kebaikan, Ronaldowati Babak 2, Persada Langit Biru, Bintang Untuk Baim,etc.

Lagu The Kucruts fav gue yaitu..... CINTA WARIA !!! Asli nih lagu kocak banget hahaha MySpace



Si Bang Omo juga sempet bikin lagu yang berjudul Menikah Karna Kecelakaan, yang sumpah liriknye ngenes abis hahaha MySpace


Info lebih lanjut, klik http://www.myspace.com/thekucruts

6. C.U.T.S (Caustics. Ultraist. Totally. Slice)


Photobucket

Nah, ini die nih band indie yang salah satu lagunye gue jadiin sebagai link blog ini. Yak, BERINGAS ! Ada yang tau lagunye? Kalo belom, nih liat aje pidionye :


Gile kan, lagunye sangar abis kan? HUAHAHAHA. Sumpah nih lagu gue banget dah! Love this song very much! For futher info, cek http://www.myspace.com/cutsberingas and their fan page http://www.facebook.com/Caustics.Ultraist.Totally.Slice?sk=info

7. dan tentunya : Mocca

Photobucket


Sungguh keterlaluan banget deh kalian kalo kagak tau sama Band Mocca ! Soalnye, mereka adalah band indie senior yang udeh bener-bener terkenal banget di jagat hiburan indie. Meski gak terlalu terkenal di Indonesia, nyatanya mereka masih bisa tenar di negara tetangga. Yup, Mocca malah tenar banget di Singapur, Malaysia, bahkan KOREA! Lagu-lagu Mocca pun udeh banyak dijadiin jingle buat beberapa iklan di Korea loh! Salut! Mereka pun gak pernah tuh koar-koar mau go Internasional, adem ayem aje. Beda banget sama artis yang itu tuh yang suka koar-koar *gak sebut merk entar dilempar jamban lagi gue hahaha*

Sayangnye, Mocca mau vakum ampe gak tau kapan guys! Tuh besok, hari Jum’at tanggal 15 Juli, mereka bikin LAST SHOW nya di Senayan. Gak sabar pengen nonton, meski buat beli tiketnye gue musti acak-acak jamban dulu. Hahaha MySpace

Lagu Mocca fav gue : The Object Of My Affection, Let Me Go, Telephone, Me & My Boyfriend, etc.

Masih banyak banget sih band-band dan lagu-lagu indie yang gue demen. So, apakah kalian demen dengan musik indie? Sapose yang kalian favoritkan? Share dong kalo tau band indie yang unik. Hehehe MySpace


MAJU TERUS MUSIK INDIE INDONESIA ! MySpace


Gambar dan Referensi




58 comments:

  1. Oh ternyata selama ini band Naif itu indie toh. /manggut2/

    The Kucruts, is LOLable LOL

    ReplyDelete
  2. Ka Pin.. Keren nih.. Referensi baru, Jadi orang-orang ngga mendayu-dayu melulu.. Efek Rumah Kaca, Pure Saturday, The Trees And The Wild juga oke lhoo..

    ReplyDelete
  3. The Kucruts gokil, btw gak salah baca kak pina alumni boedoet ??? angkatan tahun berapa kak ??
    tetap --> STRIGHT ANSWER & NODOFF HARDCORE INDONESIA

    ReplyDelete
  4. kalo gue sukanya:
    1. Sweet As Revenge
    2. Goodnight Electric
    3. The Upstair
    4. Closehead
    dan beberapa band indie lainnya yang pastinya menomor satukan idealis diatas realistis !

    ReplyDelete
  5. keren pin... baru tau gue.. hehe



    nice post :)

    ReplyDelete
  6. 1 lagi , MORFEM. band ciamik side project nya Jimi Multhazam

    ReplyDelete
  7. Diantara pilihan di atas, paling suka Mocca. :D
    Ngenes juga sama musik indonesia skarang -__-
    malah ada tuh yg plagiat lagu lar negeri, vicky shu *sebut merek*

    ReplyDelete
  8. mocca emang keren bangeet! aku juga ngefans banget sama mocca hihi :D

    ReplyDelete
  9. wahh, baru tau naif masuk nya band indie. cuman tau mocca. keren abis lagu2nya hehehe.. nice articlee, lam kenal ^^

    ReplyDelete
  10. artikelnya mendidik pin. *jempol* klo ane "Asking for help" (hardcore electro) *headbang*

    ReplyDelete
  11. klo gue sukanya lebih yg agak ngerock sih kayak rocket rocker,pee wee gaskins(walaupun cuman suka beberapa lagu doang) sama killing me inside mbak kancut hihi ^^

    ReplyDelete
  12. keren nih artikelnya, emang sih band mainstream jaman sekarang kaga mendidik, putus cinta mulu isinye..

    btw, gue dari bali, band indie disini banyak yang keren keren, contohnya nih Ice Cream Attack, King Of Panda, Mom Called Killer, dll.

    cekidot :D

    ReplyDelete
  13. wah,banyak juga ya band indi ya...^^

    ReplyDelete
  14. Setuju! Gue sebenernya suka kesian sama org ga tau musik indie, kesian dicekokin mulu lagu yang.... yah you know me so well-lah.

    Gue sih paling suka mocca sama naif. Goodnight electric sama efek rumah kaca juga sering gue denger.

    ReplyDelete
  15. setuju banget nih, gue juga tergila gila sama band indie. jagoan gue nih:
    1. goodnight electric
    2. the s.i.g.i.t
    3. the brandals atau sekarang disebut brndls
    4.efek rumah kaca
    5. gugun blues shelter

    tuh yang nomer 5 asik bener musiknya

    ReplyDelete
  16. Ooh... aku baru tau, semejak musik indo makin ga karuan, jd males dah ngedengerinnya. jadinya lebih sering denger lagu luar.
    tapi mocca.... tetap dihatiku!

    ReplyDelete
  17. nice inpoh mama!! mnambah wawasan kita supaya tahu ada genre musik lain yg lebih berkualitas dan bermutuh tinggi, ktimbang lagu skg yg kagak bener, bikin ane muntah!!

    ReplyDelete
  18. Aku juga suka banget sama band Indie, sekarang lagi keranjingan sama Endah N Rhesa sama Bonita,, lagian sampe aku bingung, ngapain juga tuh orang2 pada masih dengerin lagu2 melayu, membosankan banget dah!

    Sekarang lagu2 indie udah mulai mudah dicari seh ya di toko music, pingin film2 indie juga seterkenal musicnya seh, biar gak pocong2an lagi dah bioskop kita :D

    ReplyDelete
  19. wueeh, ada testi gue soal The S.I.G.I.T , tp yg Efek Rumah Kacanya kagak di masupin. hahahaa. keren nih klo ngomongin soal indie-indie acha acha nehi nehi begini., gue suka,.. jempol

    ReplyDelete
  20. hmmmm... diantara band-band diatas yg disebut aku suka sama Mocca sama C.U.T.S

    nih ni band indie yg aku suka:
    - Thirteen
    - Mobil Derek
    - Beside
    - Homogenic
    - Cemetery Dance Club

    masih banyak lagi deh... yaaa, pokonya MAJU TERUS MUSIK INDIE!!!!
    hehehheehe

    ReplyDelete
  21. uhh saya juga bakalan ngeposting tentang band indi nie ka hhe

    ReplyDelete
  22. gue sih suka efek rumah kaca!!!
    ada jg nih band indie yg menurut gue keren lagunya, J-LITA jdul lagunya laba-laba.. kalo kak pin mau tau, tanya ke mbah google :D

    ReplyDelete
  23. Mantap postingannya pin..setuju, yang utama buat para band indie adalah menghibur dan benar2 berseni bukan memikirkan popularitas yang menghasilkan uang. kalopun kedepannya mereka menjadi populer, itu semua murni karena seni mereka.

    beduwey kasih jempol ah buat pina.. udah nempelin teh ocha di postingannya :p

    ReplyDelete
  24. waaaaah ntar nonton Mocca juga yaa.. :D

    let's have fun with themm!! XD


    nice post btw :p

    ReplyDelete
  25. Keren... Mau coba dengerin lagu indie ah, selain mocca... makasi infonya,jadi tau apa lagu yang mau didengerin. soalnye udah bosen tingkat sarjana sama lagu2 indonesia sekarang.. ^^

    ReplyDelete
  26. di semarang juga lumayan banyak band band indie yang cakep. lagu macem bossa nova dan rada soul asik gitudeh. btw sundul deh buat postingannya! up up :D

    ReplyDelete
  27. Wah lagunya bagus2 (ke mana aja gua selama ini ya?)...thx infonya, tar didengerin deh

    ReplyDelete
  28. dari semua yanglu tulis, gua sukanya C.U.T.S (Caustics. Ultraist. Totally. Slice)..

    lainnya, nggak ad disini..
    tau Klise Ruang Maya ga?
    itu band indie kota gua..
    gua suka mereka

    ReplyDelete
  29. gue suka Shnta Jojo.
    Masuk kan mereka?

    sumpah salut gue sama Sinjo. Cuma modal video lipsync gaje bisa tenar sampe segitunya. Ngiri gue...

    ReplyDelete
  30. ngebantu nih asik asik tambah koleksi lagu lagi aaaah, maklum kurang pengetahuan musik :(
    Mocca ai lop yuuuuu

    ReplyDelete
  31. Gue gak gitu kenal band indie lainnya yang lo sebutin kecuali Mocca dan Naif pin, wkwkwkw...
    EH..tapi lo wajib denger deh lagunya band Indie LUNNO - Angel of Mine, Gotrie - Stop, dan Brigade 07 - Pergilah. Mantep deh! :D

    ReplyDelete
  32. Mocca Fridi banget tuh
    apalagi yang "I Remember" jadi inget masa-masa SMK #hiks

    ReplyDelete
  33. wahhh postingannya asyikk nehh... nambah pengetahuan ttg dunia musik bkualitas... maju trus Pin.. :D

    ReplyDelete
  34. sumpah gw baru tau kalo naif band indie juga..

    btw gw suka lagu2nya mocca yang kata buat ost film Catatan Akhir Sekolah. klasik2 gitu kedengerennya

    ReplyDelete
  35. Wah kalo band indie mah udah pasti nyantol di kuping ane kak ncut.. Nih ye, playlist indie band yg ada.
    -Rocket Rockers
    -Closehead
    -KILLMS
    -Alone at last
    -Efek Rumah Kaca
    -Rosemary
    -Sweet As revenge
    -gecko
    -the banery
    -The Frustaters
    -Naif

    Buanyak lah pokoknye.
    Aheuy aheuy :D

    ReplyDelete
  36. gw ga pernah dengerin indie :D
    kebanyakan musik luar..
    nice info :D

    ReplyDelete
  37. Memang musik Indie nih penuh warna, waktu gue di Lampung dulu juga bagus2 lagunya, malah menurut gue, maaf2 nih, ngalahin band w**i, hihi..

    ReplyDelete
  38. mocca enak enak beneuuur dah..lezato punyaa :3

    sedih beratlah waktu tau mocca ngadain last shownya :'(

    ReplyDelete
  39. wah bisa jadi referensi buat saya nih..
    Saya memang suka denger banyak jenis musik. Kalo band indie yang saya suka sih baru semacam mocca, the trees and the wild, monkey to millionaire, funny little dream aja. Soalnya saya belom tahu band-band apa saja yang termasuk indie hehehe ;D

    Jenis musik dari musisi indie memang "beda" dan liriknya keren-keren juga.

    ReplyDelete
  40. Baru tau ternyata Naif itu indie :malus .

    musik indie memang bagus sih, aku juga suka beberapa :D . Sekarang sih lagi dengerin beberapa lagu TTATW :)

    ReplyDelete
  41. aku sukanya Endah N Rhesa kak. Udah lagunya keren, suami istri harmonis pula XD #dimasukinkejamban

    ReplyDelete
  42. lu kagak suka endah n rhesa pin?

    ReplyDelete
  43. Hi, Pin salam kenal, aku baru baca blog kamu, dan aku suka :)
    keep posting :)

    ReplyDelete
  44. Aku suka sama musik indie :) dan postingan ini bagus loh kak. kalo indie indonesia aku sukanya mocca.
    sebenenrya sih kalo indie di indonesia aku emg ga terlalu tau banyak.
    tapi menurutku musik indie indonesia punya kualitas yang lbh bagus dibandingkan dgn kebanyakan musik mainsteam indonesia :D

    ReplyDelete
  45. ka pina suka indie yah..
    aku juga loh ka apalagi lagu-lagu dan film-filmnya shah Rukh Khan
    aku suka ngikutin tarian dan goyangannya loh
    hahhahaha

    ReplyDelete
  46. just found ur blog, damn krezeee ;p i'm indie music lovers :) salam metal ;p

    xo
    dita

    ReplyDelete
  47. blog yang bagus kawan.... silahkan kunjungi blog saya.... dan jangan lupa follow y ...
    http://baronemo.blogspot.com

    tolong pajang banner NEWSCREAMO (my blog ^-^) saya di blog anda...
    dan saya akan mecantumkan link ke blog anda.... terimakasih ^-^

    ReplyDelete
  48. kalo mau yg easylistening langsung ae hajar The Trees And The Wild, gw jamin garansi kepincut dah ntu atu album "Rasuk"

    trus klo mo jabanin blues,langsung aja The S.I.G.I.T ama Gugun Blues Shelter. mantep bet dah pokoknya produk lokal kualitas internasional

    ReplyDelete
  49. musik foreign indie juga bagus...

    ReplyDelete
  50. visit http://vocalizm.wordpress.com ya

    thank you

    ReplyDelete
  51. Kalo aku suka banget sama ERK, Sore, Frau, Sarasvati, Mocca dan Tigapagi.. :)

    ReplyDelete
  52. keren nih psotingan, semoga aja anak indonesia makin ngerti apa tuh yang disebut musik. gak cuma melayu gaje mulu, ato boy/girl band lipsync . salut !

    -"Black Master" Shoe-

    ReplyDelete
  53. Adhitia sofyan keren jg tuh, cuma dia bukan band...

    ReplyDelete
  54. hi rame neh, ayoo join band musik online free promo video klip free submit http://radiour.com/

    ReplyDelete
  55. Baru tau the kucruts hahaha kocak juga ternyata, keren

    Nonton film action
    Download film action

    ReplyDelete
  56. silakan bos ku ^^
    Agen Sbobet
    Agen Resmi Sbobet
    Sabung Ayam
    Casino Online
    Berita Bola
    Berita Viral
    Brita Tranding

    Berikut HOT PROMO Yang Ada Di Grandm88 antara lain :

    Bonus CASHBACK Up To 15% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus ROLLINGAN 1% untuk permainan CASINO
    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SABUNG AYAM
    Bonus Referral 2.5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus Referral 2,5% untuk permainan SABUNG AYAM

    SITUS BETTING ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA
    WWW.CASHM88.ORG

    DENGAN 1 SITUS ANDA BISA BERMAIN DI SEMUA GAME KAMI
    SPORTBOOK/LIVECASINO/SABUNGAYAM

    Minimal DP & WD 50RB
    Proses DP & WD HANYA 2 MENIT

    AGEN BETTING ONLINE YANG SUDAH
    PASTI DAN JELAS TERPERCAYA.
    WWW.cashm88.org


    ( Via Live Chat ) Respon Cepat
    Costumer Service 24 Jam Online
    Wa : +6281294054219


    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.