Friday, 21 October 2011

(GOVLOG-UMUM) Budaya Buruk Orang Indonesia

Photobucket
salah 1 budaya buruk Indonesia : BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!

Wah, serem banget ye judul tulisan gue kali ini. Cuman ye mau gimane... Disini gue kepengen ngasi fakta bahwa orang Indonesia kebanyakan memiliki budaya buruk ketimbang budaya baiknye. Ngenes? Emang!

Sebelomnye, mari kita menelusuri tentang pengertian budaya...

Menurut om wikipedia, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam buku Komunikasi Lintas Budaya yang gue pelajari, Budaya terbagi menjadi 2 : Budaya Material dan Budaya Non Material. Ih apaan tuh?

Budaya material adalah objek material yang dihasilkan dan digunakan manusia, terdiri dari peralatan sederhana, alat-alat senjata, tarian, pakaian, dll. Sedangkan budaya non material itu rujukan perilaku kelompok masyarakat.

Nah, budaya non material ini, dibagi kembali menjadi Nilai, Norma, Kepercayaan, dan Bahasa.

Photobucket
jangan ikuti adegan ini!
"Trus pin, apa hubungannye sama budaya buruk orang Indonesia dengan yang lo jelasin diatas?"

Ada! Budaya buruk orang kita kan termasuk dalam budaya non material, khususnye di dalam Norma, yang terbagi lagi menjadi : Tata cara, kebiasaan, tata kelakuan, dan adat istiadat.

Nah, budaya buruk yang akan kite bahas ini termasuk ke dalam golongan KEBIASAAN. Ada banyak bener dah kebiasaan orang kite, khususnye yang buruk-buruk. Hihihi. Apa aje yak kira-kira?  


1. Telat!

Photobucket

Ini sih udeh kagak usah dijelasin lebih panjang lagi, ye! Emang udeh kebiasaan kite buat telat dalam hal apapun. Yang pelajar, telat dateng ke sekolah. Yang mahasiswa, telat kasi tugas ke dosen. Yang pacaran, cowonya suka telat. Dan laen sebagainye.

Pernah suatu hari, gue janjian sama gebetan. Dia sih bilangnye cinte mati sama gue. Cuman tetep aje kalo cinte mati, kenape kalo janjian telat? Sampe 1 jam lagi! Yang ada gue ilfil parah! Males deh pacarin cowo yang suka telat! MySpace

2. Gak disiplin!

Photobucket

Banyak bener deh orang Indonesia yang gak taat peraturan alias gak disiplin!

Contoh : Trotoar yang dijadikan usaha penjual kaki lima, nyebrang jalan gak pake jembatan/zebra cross, corat coret di segala tempat, bis dan angkot yang suka ngetem & bikin macet jalanan, pegawai negeri yang pulang saat masih jam kantor, ngerokok di tempat umum, maenin  handphone buat buka Facebook dan Twitter atau BBMan/SMSan ketika jam pelajaran,  beuh banyak benerrrrrr! MySpace

3. Tukang nyontek dan plagiat!

Photobucket

Sape sih orang Indonesia yang gak pernah nyontek? Kayaknye kagak ada, ye! Hehehe. Mulai dari pelajar hingga para entertainer, banyak tuh yang suka nyontek (huh, gak kreatip!).

Photobucket
buset :o


Photobucket
cape deeeeh !

4. Serba Sembarangan!

Photobucket
serba sembarangan!

Buang sampah... sembarangan
Ngeludah... sembarangan
Ngomong ... sembarangan
Kencing... sembarangan
Buang ingus... sembarangan

Cape deh!

Photobucket
meludah terlalu kuat tuh maksudnye gimane dah?

5. Kebanyakan Ngomong dan Basa-Basi !

Ngomong dan basa basi sih, gak masalah, ye! Cuman, seringkali orang Indonesia gak tau waktu dan tempat buat ngomong. Contohnye, yang pacaran biasanye telponan di tengah malem sampe gak tau deh tuh berape jam telponannye. Lalu kalo ketemu sama orang dan kagak basa-basi, eh disangka sombong. Padahal bisa aje kite kagak basa-basi sama orang laen pas di jalan karena kite emang kaga ngeliat dan ngedenger dia! Cape deh! MySpace

Photobucket
banyak ngomong!

Trus kadang nemu juga orang yang telponan di dalem bis sambil curcol gitu (mane cowo pula, najong deh! ngomongnye kayak lagi khutbah Jum'at aje!). Dan ada juga orang yang telponan sambil mengendarai motor dan akhirnya.... ketabrak mobil/kereta deh tuh (yak, ini terjadi sama almarhum temen gue -___-) MySpace


6. Males Ngantri!

Photobucket
gencet-gencetan dah tuh!

Ah, udeh jadi kebiasaan deh kalo ada pembagian zakat, daging qurban, atau sembako, pasti orang-orang yang kepengen dapetin ntu kagak mau ngantri! Semuanye berdesakanlah, dorong-doronganlah, dll.

Kalo naek busway juga gitu tuh! Yang cowo malah terkadang suka kesempetan kayanye, lagi pepet-pepetan di antrian, eh grepe-grepe cewe. HIIIIHHH MySpace

7. Lebih suka maen pake otot, bukan pake otak!

Photobucket
dari yang pejabat ampe pelajar, sama-sama pake otot!

Hahaha! Tiap taon pasti kan ye nongton berita yang berisi tentang perkelahian antar kampung lah, perkelahian antar pelajar lah, perkelahian artis A dan B, bahkan sampe pejabat negara di Senayan juga adu otot! Hahaha! Wakil rakyat kok malah kagak bisa dicontoh? Cape deh! MySpace

8. KORUPSI!

Photobucket

Indonesia adalah negara terkorup ke-6 di dunia dan ke-4 di Asia. Keren? Tentu aje kagak!

Korupsi kayaknye udeh jadi kebiasaan deh dimari, tanpa mengenal batasan tertentu. Yang wakil rakyat, korupsiin duit negara buat memperkaya dirinye sendiri. Yang rakyat jelata, korupsiin duit arisan, sembako warga satu RT, dll.

Korupsi pun gak cuman diliat dari duit, namun juga diliat dari waktu. Misalnye, dosen dateng telat, eh udeh gitu ngajarnye cuman sebentar! Rugi tuh yang ada mahasiswanye! MySpace

9. Konsumtif

Menurut Suara Merdeka , Indonesia merupakan negara terkonsumtif kedua di dunia, setelah Singapur. Wow! MySpace

Ada gadget baru, beliiii (walopun ngutang). Ada ini itu, serba dibeli! Trus ye, kebanyakan orang sini tuh ape-ape bangga pake produk luar negeri, padahal mah pake kartu kredit aje belinye!

Photobucket
belanjalah sesuai kebutuhanmu

Pemicu orang-orang kite jadi konsumtif, diantaranye : banyak mall (di Jakarta aje mall nye ada ratusan bo!), banyak produk KW-an yang menggiurkan, media massa yang selalu menampilkan artis dengan barang-barang branded (ya secara ye kan artis suka dijadiin role model sama kite), online shop yang selalu bikin kite ngiler, anggapan kalo gak pake produk X maka gak GAUL, dsb.

***

Nah, maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa, nyok ah kite buang-buang jauh semua kebiasaan buruk ini! Kagak bae! Gimane mau maju coba negara kite! Ye, gak?

Btw, gue sama temen-temen kelompok mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya, sempet bikin pidio tentang Budaya Buruk ini, buat nilai tugas sih hehe. Nih videonye, cekibrotssss :




Kata mereka :


Photobucket
Photobucket
Photobucket

Photobucket
Photobucket



Kalo menurut elo?





Sumber gambar :


31 comments:

  1. Iya, emang ini kebiasaan buruk... gue juga nyadar loh kak, terkadang ada aja keburukan yang kita buat... Next time, kurangi terus deh kadar sifat buruk nya...
    Rajin2 introspeksi diri,... Betulkan kak pina?
    :)

    ReplyDelete
  2. wah ngerokoknya untung g beneran tuh *kayaknya haha

    nice kak :)
    menyadarkan ;)

    ReplyDelete
  3. kalo menurut pandangan gw sih ya, budaya itu susah ilang karena emng udah dibangun dari jaman bahela, dari jaman kerajaan kerajaan dimane rakyat cuman nurutin dan "nyadong" dari yang diatas, dari budaya kecil itu sekarang malah berkembang menjadi budaya konsumtif, cenderung terima jadi, jalan pintas, dsb lah.

    harusnya mulai diri kita harus ngerubah semua itu, ayo dari diri kita sendiri, ini bukan sesuatu tentang apa yang kamu dapat tapi proses dari semua itu...

    kritik saja buat rakyat dan pemerintah
    "kalau rakyat butuh ikan jgn beri ikan tapi beri pancing"

    berpikir kreatif salah satu jalan buat keluar dari kemiskinan dan kesusahan :P

    nice post kak pin :)
    maaf ngomen kepanjangan hehehehehe

    ReplyDelete
  4. Buat gw itu jadi hal miris dan perlu ada tindak lanjut dengan berbagi pengetahuan terutama untuk orang sekitar kita apalagi aset anak2 ..penting banget ...

    buat plagiat juga, yang lebih parah di ranah digital platform indonesia
    ada beberapa blog SUPER COPAS dan bangga bahwa copas is not crime | eksistensi kebablasan kalo menurut gw.

    selebihnya gw mingkem karena udah alot untuk dijelasin.

    posting yang menggugah

    GOOD

    ReplyDelete
  5. wow..seperti komplit bin lengkap sudah dikupas tuntas "budaya" buruk orang Indonesia...jadi solusinya gimana?

    start from family...
    itu mutlak... (ya ga sih?)

    ReplyDelete
  6. udah mendarah daging kayaknya susah buat lepasnya kak pina. tapi kayaknya tradisi telat itu lebih tepat dibilang 'ngaret' kak, soalnya kan kalo telat itu siapa tau emang dia beneran telat karna hal penting atau gimana, tapi kalo ngaret kan emang 'sengaja telat' #dor #iyagasih XD

    ReplyDelete
  7. Ya Allah ..
    jelek amat ya orang Indonesia.
    Tapi emang begitu sih ..
    haha !

    ReplyDelete
  8. Nah, hal-hal itulah yang sering saya keluhin. =_=
    Apalagi yang ga disiplin tuh kak, masa di bis AC ngerokok? Masa disampingnya ada anak bayi eh nyantai aja ngerokok. =_=

    Anyway saya tambahin, budaya buruk masyarakat Indonesia itu menggosip dan menuduh kak. Beraninya ngomong dibelakang mulu dan ga mau membuktikan, kalau ada bukti eh ga mau percanya. Benga pangkat 7 deh. :D

    ReplyDelete
  9. Fakta yang paling dominan di Indonesia adalah budaya 'Telat', negara lain pun sempat memuji budaya Indonesia yang satu ini, very good but .... ? -______-"

    ReplyDelete
  10. yang miris banget dan bikin sebel itu TELAT. Kadang2 kalau ada rapat atau pertemuan himpunan, sengaja datang tepat waktu karena sudah diwanti2 buat tepat waktu eh yg lainnya tetap aja gak tepat waktu, ujung2nya semuanya jadi ikut2an malas datang cepet. Beruntun dah tuh budaya buruknya.

    Semua berawal dari malas, malas bikin gak tepat waktu, malas bikin buang sampah sembarang, malas bikin kita pengen cepat kaya = KORUPSI, dll -_-,

    semoga kita bisa menjadi generasi yang lebih baik, aamiin

    ReplyDelete
  11. bener banget nih, harus ada pembiasaan sejak kecil kayaknya biar budaya-budaya buruk ini gak diteruskan ke generasi selanjutnya..

    ReplyDelete
  12. Sumpah.. gue paling sebel sama orang yang udah ngeludah sembarangan !!!! :(

    ReplyDelete
  13. oh my god! kalo diperhatikan orang-orang di indonesia itu, sifat buruknya selalu itu, itu dan itu..walaupun gue yang sering telat juga hahaha, nice info :)

    ReplyDelete
  14. oh my god! kalo diperhatikan orang-orang di indonesia itu, sifat buruknya selalu itu, itu dan itu..walaupun gue yang sering telat juga hahaha, nice info :)

    ReplyDelete
  15. paling sebel ama yg ngerokok di angkutan umum trs asepnyeeeee langsung nemplok ke muka ane huh!!!
    >,<

    ReplyDelete
  16. eh ini repost yah? setau gw ini udah pernah gw baca n videonya juga udah gw tonton.... :(
    #CMIIW

    kalo soal plagiat, indonesia emang rajanya, mamen. film john tucker must die dibikin versi FTVnya, Patah Hati? Cape deh. Ntu FTV yang maen ada Nagita Slavinanya... :( emang tuh yah, gak kreatif..

    ReplyDelete
  17. ini kenapa aku jadi agak kesindir ya --aa hahaha indonesia banget

    ReplyDelete
  18. juga suka menyalahkan orang lain dan nggak mau susah kak. meskipun nggak semua orang Indonesia kaya gitu dan masih ada sisi positifnya juga sih. tapi postingannya keren buat introspeksi diri :D

    Insya Allah nyoba mulai dari diri sendiri dulu deh ngilangin kebiasaan itu dikit-dikit :)

    ReplyDelete
  19. yesss, aku setuju bgt ka vin! haha aku jg msh buang sampah sembaarangan-_--

    ReplyDelete
  20. sebenarnya kalau mau berpikir realistis, semua yang disebutkan di atas itu merupakan sifat dasar manusia di negara mana pun.

    hanya yang membedakan ialah kuantitas orang yang melakukannya, selain itu negara kita terkesan terlalu "mengekspos" kekurangan kita.

    semoga sifat-sifat buruk seperti diatas bisa dikurangi dan indonesia menjadi negara yang lebih baik

    #prayforIndonesia

    ReplyDelete
  21. Umm... wahhh... banyak bener ya.. semoga tulisan ini bisa menyadarkan semua nya termasuk saya dan seluruh rakyat indonesia.

    ReplyDelete
  22. wah memang sudah budayanya seperti itu mau dirubah juga tidak bisa.

    salam kenal
    jimmy hartono
    http://telepongenggam-jimmy63.blogspot.com/
    kalau ada kesempatan mampir ya di blog aku

    ReplyDelete
  23. Hauhaah...gue masih termasuk ke dalam orang2 tsb :D
    Konsumtif...lumayan lah, ahahah...
    Ya..mudah2an aja lah gue bisa berubah sedikit2 :D

    ReplyDelete
  24. well, Indonesia pragmatis yah#ganti kewarganearaan


    Mari mulai dari diri kita sendiri untuk melakukan kebaikan2 yang kecil nilainya dimata orang lain, namun besar di mata Allah ;)

    ReplyDelete
  25. Indonesia. Indonesia...
    Klo ngeliat Indonesia seperti ini, sy kadang2 kasian. Smpe kapan yaaaa Indonesia menjadi lebih baik lagi???

    ReplyDelete
  26. Yang paling bikin kesel itu yang KORUPSI!

    ReplyDelete
  27. ''Indonesia merupakan negara terkonsumtif kedua di dunia, setelah Singapur.''
    Lah, pan di singapur jg nyang belanja org2 indo jg. berarti harusnya no 1 tuh. hhaa

    ReplyDelete
  28. Jempol buat postingan yang ini. Semoga bisa membuka mata para pembacanya.

    ReplyDelete
  29. Ya, betul semua apa yang anda uraikan adalah 100% sifat buruk orang Indonesia. Saya juga mengakui kebenarannya.

    ReplyDelete
  30. hahaha.. iya bener mbanya!!
    untung ga semuanya buruk ya.. mba izin copas ya, buat di share biar sadar : )

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*