Wednesday, 11 January 2012

‘Memperkosa’ Ketenaran Arief ‘Poconggg’

Add captionPocong Baru Gede (PBG). Disebut juga dengan Pocabil (Pocong Labil) :p

Indonesia emang budaya latahnye akut banget. Satu orang beli BB, jutaan orang langsung ngikutin (ah iya gue juga sih akhirnye). Satu orang beli fixie, eh ribuan ababil ikutan beli biar kagak ketinggalan jaman (ah iye gue juga punya sih, tapi bukan buat sok gaul kok :p ). Produser satu keluarin boyband, eh produser laen juga ngeluarin boyband yang malah kebanyakan jelmaan semua. HAHAHA!
 
Yang menarik, ternyata ketenaran seseorang juga bisa ‘diperkosa’ oleh sekelompok orang yang emang bisa liat keadaan pasar. Tau sendiri kan, kalo yang namanye Arief Muhammad alias @poconggg , tingkat ketenarannye udeh ajib bener di kalangan dunia maya maupun nyata. Gara-gara doi, banyak akun twitter anonim yang kebanyakan mengusung tweet komedi daripada ilmu pengetahuan. Dengan ribuan atau jutaan followers, mereka, para anonim yang mungkin terinspirasi oleh Arief, juga berlomba-lomba untuk beriklan di tweet-tweetnye. Tak hanya mereka, para blogger dan ababil, atau yah bisa dibilang para penggemar Arief, semakin banyak yang memiliki gaya bahasa yang sama. Untuk beberapa jargonpun selalu mereka ucapkan ketika akan mengisi status social media. Apakah mereka salah? Gak juga. Hanya saja, jika mereka terlihat seperti si Pocong persis, entah dari segi lawakan, tulisan, dan sebagainye, hati gue cukup ngenes juga. Ya boleh dibilang sengenes ketika gue ngeliat banyak anak muda yang jadi Radityadika wanna be hingga mereka mengalami krisis identitas. Be your self aje, kale




Kembali ke masalah ‘perkosaan’, secara gak sengaja gue menemukan banyak banget buku komedi di Gramedia yang tiba-tiba serentak mengusung tema setan permen sugus itu. Walau isinye beda, namun ujung-ujungnye juga punya tema sama, kan, yaitu KOMEDI plus dengan cover yang ... uh, beberapa ada yang PERSIS dari segi gambar dan font ,serta ada yang berbeda. Namun tetep aje walopun beda, mereka mengusung tema POCONG dan dengan membawa nama suatu artis atau film yang lagi/pernah naek daun. Kalo kata salah satu temen mah, mereka kepengen bukunye laris tapi dengan membawa nama-nama orang yang udeh tenar duluan (numpang tenar – sebut aje gitu).

Photobucket
cover buku PJP edisi awal yang dibuat oleh Yulian

Photobucket
serba POCONG

Photobucket
TUYUL JUGA MAU TENAR!

Photobucket
CIYE YANG PENGEN TENAR =)))

Selain yang berbau pocong, hantu lainnye yang gak mau KALAH EKSIS pun kian marak. Kite bisa liat nih, ada 2 buku yang berbau hantu jenaka lainnye yang ternyata punya akun twitter dan buku komedi. Isinye sih emang kocak, tapi kalo boleh jujur... Hm...

Photobucket
Ini kunti atau Syahrini ?

sepocong? maksudnye pegimane?


Kalo boleh jujur, ya nih hantu emang keliatan banget ikut-ikutannye. Gak cuman itu, bahkan dari segi gaya ‘goresan’ pada gambar itu... ada yang ngikutin gaya goresan si Yulian banget, desainer cover buku Pocong Juga Poconggg edisi pertama. Ih. Gue sih kalo jadi Yulian, bisa sakit ati banget ada yang ngikutin gambarnye gitu, hingga persis! Pelanggaran hak cipta, tuh!

Photobucket
ide cover ini sama persis dengan PJP !

Karena masalah plagiat cover dan tren ikut-ikutan, akhirnye ya... sori banget, gue jadi gak minat buat beli tuh buku. Paling cuman baca dikit di Gramedia. Emang sih menghibur, tapi tetep aje gue gak mau nusuk si Yulian dan Poconggg. Kalo gue beli buku MEREKA, kan so pasti gue mendukung ke-plagiat-an dan ke-ikut-ikut-an mereka. Hih, ogah banget! Makanye, sekarang mah gue udeh mulai selektif beli buku komedi. Soalnye banyak banget buku komedi yang BIASA AJE dan cenderung GAGAL karena tuh buku kagak ada CIRI KHAS. Dulu banyak yang Radityadika Wanna Be, eh sekarang pada Poconggg Wanna Be. Yaudahlah yah, mending gue beli buku yang berbobot macem buku konspirasi atau buku travelling yang bisa membuat pengetahuan soal komunikasi lintas budaya makin bertambah. Ye, gak?

Photobucket
bawa-bawa pocong lagi

So, abis ini bakal siape lagi nih yang bakal TENAR, lalu terbitin BUKU, dan di PLAGIAT/IKUTI oleh para pengikut jadi-jadiannye? Hahaha, nunggu waktu aje, deh!

Btw, so sorry kalo ada yang tersinggung dengan tulisan ini. Gak maksud buat nyinggungin juga, sih. Ya dijadiin pelajaran aje, deh!






Sumber Gambar :
http://www.shudaiajlani.com/2010/12/tentang-poconggg-avatar-twitter-blog.html
http://m.hai-online.com/Hai2/Movie/News/Poconggg-Siap-siap-Masuk-Bioskop
http://kuntisimilikiti.wordpress.com/2011/09/09/eloh-gue-end/
http://media.kompasiana.com/buku/2011/06/30/ngakak-baca-buku-laris-poconggg-juga-pocong/


83 comments:

  1. pertamax gan!


    KENAPA MESTI POCONG TAMPILAN PERTAMANYA? AAAAAAAAA *ganyante

    ReplyDelete
  2. ahhh bener banget kak hehehe. kalo band gak hanya boyband/girlband doang dulu-dulu juga gitu kok. 1 terkenal yang lain ikut-ikutan. :)

    ReplyDelete
  3. gagal pertamax qaqa ^^ kayak nya manfaatin nama pocong banget.. kasian pocong pocong diluar sana...

    ReplyDelete
  4. jadi trendsetter itu berat :'( *kokcurhat*

    ReplyDelete
  5. Banyak banget ya kak ckckck -,-

    ReplyDelete
  6. Memang semua orang tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya.. Huuuuuuufffft

    ReplyDelete
  7. Ah itu buku yang judulnya laskar pocong mirip banget. Waktu itu pas pertama2 poconggg ngeluarin buku kayaknya cuma ngeliat Sepocong Kisah Online di gramed. Sekarang tambah banyak banget banget -_-

    ReplyDelete
  8. kayaknya gue tau "Radityadika wanna be"-nya :D hahahahahahahh

    ReplyDelete
  9. Wow kaka wow. Kancut, eh tulisannya keren, Vin. Mantap. Iya, saya juga kadang aneh juga sih ngeliat buku-buku bertemakan pocong kayak gituan bertebaran di Gramedia, yang akhirnya menghilangkan niat beli bukunya (padahal niatnya emang cuma mau baca gratisan).

    Sekilas kita yang sudah pada kenal sama Si Arif a.k.a Poconggg pasti langsung meyimpulkan penulis kisah pocong selain Arifnya sebagai plagiat, peniru, poconggg wannabe, atau apalah namanya.

    Padahal nggak bisa langsung dilabel begitu saja sih menurut saya, barangkali ide mereka kebetulan sama (yang sangat-sangat umum terjadi), bahkan bisa jadi ide mereka malah sudah ada sebelum @poconggg menerobos jagad ketenaran (bahasanya loh), cuman karena si Arif tenar duluan, jadilah mereka kena cap plagiat.

    Kayak salah satu teman saya, blogger juga, dia suka bikin komikstrip, yang kebetulan tokohnya sebungkus pocong, dan setahu saya juga dia ngeblognya sebelum Arif setenar sekarang. Kalau kita baru buka blognya sekarang, muncullah lagi label plagiat itu ke dia.

    Cuma pemikiran pribadi, Kiss me if i'm wrong :*
    :kiss

    ReplyDelete
  10. raditya dika wanna be, pocong wanna be, mudah2an kancut keblenger wanna be deh besok :D

    ReplyDelete
  11. Hedeh..Endoneshaa.....Endonesha....
    Latah banget dah. Banyak yang kebelet pengen eksis pula. Alhamdulillah, gua nggak ngefollow pocong jadi gatau gosip-gosipnya yang beredar (ga peduli sih, ga ngefans :p) jadi idup gua tenang ga mengikuti gonjang-ganjing diatas wuakkakakwk.

    ReplyDelete
  12. *melambai ke pemirsa*
    iya sih kak, terinspirasi dan plagiat itu beda tipis kalo sekarang hahaha :D

    ReplyDelete
  13. bener banget ka vin,jd nya bosen kalo lg blogwalking ngebaca isi blognya yg gitu gitu ga ada ciri khasnya,stuju bgt de sm postingannya :D

    ReplyDelete
  14. pilem juga ada yang ngikutngikut gitu

    ReplyDelete
  15. kemarin sempet beli buku "Lo Gue End" tapi belum sempet baca udah di ilangin ama temen --"
    btw, serba pocong .. hiiiii

    ReplyDelete
  16. parah banget pin, walau banyak juga dari diri kita (secara ga sengaja) ikut-ikutan. tapi kalo suatu karya seseorang itu kan, berharga. butuh pengorbanan, waktu, dan segala macam hal.

    eniwey, kalo di komen ini lo jawab, knapa cover PJP berubah ya? bukan bikinan yulian lagi?

    ReplyDelete
  17. @ hanif : hahaha amin :p

    @ aditya : kalo keduluan ide, masa iya tuh cover ampe mirip sama PJP. tapi kalo buku yg emang cover bukunya ga mirip PJP, kesel aja gitu sampe bawa-bawa nama artis terkenal (syahrini or ayu tingting) dan film (3 idiots). tapi yang paling gue kesel sih yang covernya mirip bgt sama PJP. males! haha

    @ efnu : banyak!

    @ aulia : makanya, ih males kan

    @ anonim : sukuri apa yg adaaaa, hidup adalah ANU-gerah :)) #nyanyi

    @ ramy : yoi

    @ ratri : jieee :p

    @ aayik : banget!

    @ imam : bener!

    @ bhara : hahahaha lah kan tema tulisannya pocong!

    @ lain : hahaha asek :p

    @ funy : NAH! BETUL!

    @ utari : nah makanya, be your self! :D

    @ tahnia : iya ada, tp lupa judulnya euy, tau?

    @ dian : hihi udah beli lg aja

    @ reza : ngikutin dari segi omongan dan tulisan mungkin emang secara ga sadar pernah kita lakuin. tp lain halnya jika karya yang seperti BUKU ini nih, masa iya dimirip-miripin? soal penggantian cover, kurang tau, tanya yulian dong :p

    ReplyDelete
  18. Sepocong kisah kunti... maksudnya 'Sepotong' kisah kunti kali. Tapi kata-katanya di plesetin.

    Buku itu gue minjem punya temen gue dan ceritanya garing... garing nidji #eh.

    ReplyDelete
  19. nusuk banget tulisannya, tapi ya emang bener bgt, huehehe..

    Tenar bkn segala2nya, betul tidak?

    ReplyDelete
  20. Ih gila banget ya kak, segitu pengen tenarnya sampe jadi plagiat. Dimulai dari cover yg ngikutin ka jojon sampe isinya.

    ReplyDelete
  21. Hahaha. Barangkali pada ngedoain Syahrini jadi Kunti ya? Biar ada yang nemenin si @poconggg yang terlampau sering galau?
    Kalau Syahrini sih saya ikhlas, tapi kalau Ayu Ting-ting... Ah. JANGAN! JANGAN!

    Btw, Namanya Adityar. Pakai R -.-

    ReplyDelete
  22. skrg basecamp pocong bukan di kuburan,tapi di toko buku ;D

    ReplyDelete
  23. hahahahahahh :D kirain buat si...
    hmm, tapi emang bener, gue waktu itu jg pernah ke gramedia buat nyari buku MSS yg ternyata udah laris manis abis 3 lapis. disitu gue banyak tuh ngeliatin buku-buku sama kayak yg lu liat.

    ReplyDelete
  24. kok lo berani banget pin? kalo yang nulis buku buku lain itu baca gimana? :o

    ReplyDelete
  25. yaelah kapin.. namanya juga indonesia suka latah,,
    :D
    radityadika wannabe... pocong wannabe,,
    kalo kancutkeblenger wannabe,.. tren 2012 pertengahan tauunn :P
    hahahhaha

    ReplyDelete
  26. @adityar emang belum bisa dikatain plagiat. tapi mereka memanfaatkan aji mumpung ketenaran pocong. Tapi kalau masalah cover, itu namanya MENCONTEK! cz mirip banget hahaha

    ajib pin! :D

    ReplyDelete
  27. Buku komedi sekarang emang selain plagiat, ceritanya jadi terkesan maksa! -.-

    ReplyDelete
  28. yg aku tau cuma @poconggg doank -.- #ngakgaoolll ..
    yg laen'a baru liat :D

    ReplyDelete
  29. najis covernya palgiat abis
    sebelum sempat baca bukunya bikin illfeel duluan lihat covernya yg plagiat,
    ga ada kreativitasnya.

    kalo gue mending baca komik aja, harganya lebih murah, lebih menghibur.
    daripada baca novel garing kayak gini
    huahahahahha

    ReplyDelete
  30. emmm emg jd byk bgt c buku2 sejenis pocong dkk...gak jauh2 dr pocong n kunti...
    pdhal bkin buku komedi gak perlu bwa2 pocong n kunti ah hahahha....

    ReplyDelete
  31. Menurutku, yang bisa bikin kita bertahan lama dalam hal apapun adalah menjadi diri sendiri. <3

    ReplyDelete
  32. sama kak gue pas liat buku itu gue kira poconggg yang buat ternyata bukan. dipikiran gue cuma satu #plagiat

    ReplyDelete
  33. kapan nih gilirannya kancut buat buku,.,hahah seru kan tuh klo ada novel atau komiknya haahhaha ^_^

    ReplyDelete
  34. betapa payahnya mereka yang pengen tenar melalu peniruan yang keterlaluan. numpang tenar dibawah bayangan orang lain -_-a

    ReplyDelete
  35. yauda deh bikin judul novel, KANCUT KU TAK BERINGAS LAGI : jauh dari kata-kata poconggg muehehehe

    ReplyDelete
  36. hha, bener tuh pin, semuanya pada 'kaget pocong' langsung latah bikin buku berbau pocong dah, gue takutnya ntar ada kemungkinan yg terparah, para produser sinetron pada bikin sinetron tentang pocong, pocong yg tertukar, mungkin.

    ReplyDelete
  37. bahkan kelakuan penulis indonesia bisa latah ya -__-aa

    ada yang mau bikin >> Kancut Poconggg

    ReplyDelete
  38. miris juga ya liat yang 'ngikut ngikut' bertebaran di jagad raya #halah.

    dulu juga waktu Ayat-ayat cinta ada yag latah, laskar pelani juga, twilight juga..ah cape deh

    traveling and conspiracy books are awesome *high five*

    ReplyDelete
  39. setuju banget kak pin sama postingannya ;) update banget

    ReplyDelete
  40. setan apa yang belom masuk twit ya?
    pen bikin akun buat eksis kek om arief deh.
    haha, btw visit kalo ga keberatan di http://bunnygonnajump.blogspot.com/
    saran nya sangat di hargai, masih baru soalnya :)

    ReplyDelete
  41. Ehbuset dah, tapi ngemeng-ngemeng yah aku pernah nemu buku berbau kancut gitu di gramedia, berarti kancut juga udah mendunia *selamat kapinaaa* *peluk*

    ReplyDelete
  42. plagiat itu semacam terinspirasi tapi dengan cara yang salah hahaha. laskar pocong mirip banget ama covernya PJP -__-

    ReplyDelete
  43. plagiat itu semacam terinspirasi tapi dengan cara yang salah hahaha. laskar pocong mirip banget ama covernya PJP -__-

    ReplyDelete
  44. Wah mungkin mereka memakai trik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Tapi modifikasinya kurang
    jadinya masih kebawa "tiru" nya

    ReplyDelete
  45. wahahaha gue ngakak maksimal.

    plagiarisme selalu ada dimana-mana -___-

    waspadalahhhh waspadalahhhhh

    ReplyDelete
  46. ya Tuhan, kenapa mental anak Indonesia kebanyakan plagiat? Gak kreatif banget kayaknya tu hidup. Pantesan aja banyak program tv gak mutu *lho?

    ReplyDelete
  47. Baru baca nih, Vin. Bener sih, kemarin sempat ada pameran buku gitu di Aceh, trus di stan Gramed banyak banget buku gambar-gambar pocong sama kunti. Ya ampuuun... Bukannya tertarik buat liat/beli, malah langsung ngeBatin "Ih, ni pasti ikut2an deh" :P

    ReplyDelete
  48. latahnya orang Indonesia emang keterlaluan-.-

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Pin, kalau abis ini yang bermunculan adalah kancut beringas wannabe, gimana? :D
    (maap tadi salah tulis makanya diapus, hehe..)

    ReplyDelete
  51. kalau dilihat sih,
    itu kelakuan orang orang di indonesia,jadi gag bisa liat sedikit pangsa pasar yg rame ya pasti ngikut kan -___-a

    ReplyDelete
  52. hehe, emang doyan ama ketenaran, jalan pintas buat tenar dah paling laku dinegeri ini ketimbang nyari jalan ndiri yang penuh usaha...

    BTW, plagiat juga udah usaha kali

    ReplyDelete
  53. tapi ane kayaknya gk setuju ame kmu, mungkin juga yg ditiru seneng, lagian, hampir dari kita semua tanpa sadar pernah plagiat ama org lain, baik tindakan, tulisan, ucapan, gaya, banyak kok...

    ReplyDelete
  54. blon pernah buka blog mreka pin.... ketinggalan jaman ya ane? heuheu

    yah, namanya juga bangsa latah, apa2 diikutin. maklum lah, tapi asalkan kita bisa memilah mana yang betulan nambah info, kan kretif juga iye gak?

    ReplyDelete
  55. untuk jadi tenar, ikutan dolo. kalo sudah bisa buat trendmark sendiri, ya bole lah

    ReplyDelete
  56. Salah satu yang (menurut saya) merusak daya saing pasar Indonesia ; terlalu banyak followers dibanding trendsetter (apa karena ini banyak orang minta di follow di twitter yak ?).

    Produsen seakan hanya melihat hal yang sedang 'hits' dan membuat produksi massanya dengan konsep yang kurang-LEBIH sama dengan si perintis ide. Hasilnya, yang para 'followers' itu selalu akan berada di bawah bayang-bayang sang perintis.

    Seperti yang mbak Supina bilang di tulisannya "mereka mengalami krisis identitas".

    ^^v

    ReplyDelete
  57. ya ga apa2 lah, yg penting bukan saya hahaha (apa coba?)

    ReplyDelete
  58. bener bgt tuh...
    demam pocong telah mewabah ke masyarakat.. Hahaha XD

    ReplyDelete
  59. udah karakter bangsa itu :p tapi kalo yg ditiru bagus tapi kemampuannya kurang ya sama aja boong

    ReplyDelete
  60. Menurut saya ini seperti buku komedi yang parodikan. #nahlo gimane tuh. Kayak buku Gado2nya bang Alit parodi Cado2nya dr Riva. Tapi cuma cover dan judul nyempet sih. Gak isinya.

    ReplyDelete
  61. Hmmm... terinspirasi dan plagiat itu mang beda tipis, tapi yah dihargain aja lah, toh masyarakat indonesia udah pintar2 menilai kok, mana karya yang terinspirasi dan karya yang plagiat.

    *maap kalo salah2 kata, cuma pengen bersikap netral ja kok. PEACE ^^

    ReplyDelete
  62. wah, emang banyak tuh vin yang begitu. udah ga heran deh kalo geliat budaya latahnya indonesia kayak gini. nanti gue bikin lah kutang-beringas. HAHAHAHA #peace

    ReplyDelete
  63. Semoga gue gak seperti itu. *nitip doa*

    ReplyDelete
  64. promote yaaa visit blog saya (: http://azkiyaofficial.blogspot.com/

    ReplyDelete
  65. bener juga sih ya..
    ibarat kata, ada proses imitasi yang dilakukan oleh fans2 arief 'poconggg'...
    tapi udah ah, gue males mikirin orang. mhehehe

    ReplyDelete
  66. Setuju kakak!
    Bener-bener ini orang Indonesia, maunya ngeksis tapi plagiat!
    Aku sih daripada beli buku-buku klonengan itu mending beli buku-buku lain yang asli original.
    Masa sampe sampul-sampulnya mirip. Kan nggak kreatif banget tuh.

    ReplyDelete
  67. Iya di Gramed banyak bener buku yg terpoconggg dan desain yg teryulianjon :D

    ReplyDelete
  68. PJP aja ceritanya garing (IMHO), apalagi tiruan2nya.. #capede

    ReplyDelete
  69. gue setuju sama pendapatnya Adittya AT itu. yah mungkin mereka lagi apes aja bukunya terbit setelah poconggg tenar.

    ReplyDelete
  70. setuju kak vinnn!!! wah kalau kak vin yg di plagiat gimana yah :-?

    ReplyDelete
  71. kalo arief poconggg kreatif,,
    yang lain pocong plagiAktif,, :3

    ReplyDelete
  72. udeh ngikutin eh berani lagi ngedarin buku kaya gt.gua sih kalo jadi mereka 'MALU'

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  75. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  77. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  82. May I ask that anybody recommend some other posts on this discussion topic? I want some in-depth info... Any help will be gratefully appreciated.

    Dietrich Huberstrauken
    http://www.bloggrid.net

    Viel Dank!

    ReplyDelete
  83. dengan membawa nama suatu artis atau film yang lagi/pernah naek daun. Kalo kata salah satu temen mah, mereka kepengen bukunye laris tapi dengan membawa nama-nama orang yang udeh tenar duluan (numpang tenar – sebut aje gitu) <-- yang ini bener banget!

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*