Monday, 23 January 2012

Mengenal Berbagai Budaya Unik Dari Indonesia dan Negara Lain

Halo semuanyaaaaa! Masih bareng gue yang pastinye tetep kece sepanjang masa dunia akherat dan tak tertandingi oleh siapapun juga, bahkan Nikita Willy sekalipun, ameeen! *ngikutin gaya Om John di The Hits*. Whoaa! Akhirnye, mosting juga ye gue! Hihihi, maap ye baru nongol, soalnye gue lagi sibuk suting Kancut Yang Tertukar bareng kembaran gue, Putri Titian. Huwahaha!

Betewe, setelah membaca buku Komunikasi Humoris dan Komunikasi Jenaka karya Om Deddy Mulyana, gue jadi kepikiran deh untuk bikin tulisan dengan tema ini. Pokonye, dijamin seru deh! dan juga bermanfaat, dong, pastinye! Hihihi!

Photobucket
love these books! yeah!

Setiap negara pastilah memiliki berbagai budaya yang beragam. Gak cuman itu, bahkan ada pula yang unik gela, ampe bisa bikin kepala kite geleng-geleng kayak lagi di diskotik. Hihihi.

Mau tau budaya uniknye? BACA AJE COY!!!

Di Indonesia

1. Memberikan Nama Anak Seperti Nama Orang Terkenal

 Photobucket
Di daerah kabupaten Rejang, Bengkulu, ada suatu kebiasaan masyarakat setempat yang bener-bener nyeleneh, yaitu memberikan nama anak mereka yang terinspirasi dari nama orang-orang terkenal. Misalnya, Mike Tyson, Krisdayanti, Cucu Cahyati, dll. Keren kan? Hahaha!

Jadi ceritanye, dulu ada seorang dokter anak dari Jawa yang membuka praktek disono. Lalu ada seorang ibu yang membawa balitanye, dateng untuk berobat. Si dokter nanya, “Bu, anaknya sakit ya? Kalo boleh tau, nama anaknya siapa?” Si Ibu lalu menjawab, “Mike Tyson, dok!” “Apa? Ibu jangan main-main deh sama saya, nama anak ibu siapa?” “Mike Tyson dok, ampun deh masa gak percaya!” Si dokter lalu tersenyum. Dan selanjutnye, dia tersadar kalo banyak orang sono yang namain anaknye dengan nama-nama orang terkenal. Haduh, ada-ada aje deh, cyin! Hihihi!

2. Memberikan Nama Anak Dengan Nama Benda/Keadaan dan Tidak Lazim Lainnye.

Yup, budaya ini emang bener-bener ada, lho! Kalian bisa menjumpai budaya ini di Tanah Karo.

Suatu hari, ada seorang anak dari Tanah Karo yang datang ke Jakarta dan kepengen bikin KTP. Ketika ia memberikan biodatanya ke petugas kelurahan, mereka lalu tertawa terbahak-bahak. Mau tau kenapa?

Soalnye si anak itu lahir pada tanggal 28 Oktober 1972 sehingga nama lengkapnye “Memperingati Sumpah Pemuda”

LOL!


Photobucket

3. Berjoget Mengelilingi Jenazah

Di daerah pedaleman Sumatera Utara, ternyate ada lho masyarakat yang punya budaya kayak gini. Mungkin kedengerannye gak lazim ye, masa lagi berduka malah joget-joget, sambil kelilingin jenazah pula. Cuman ya mau gimane, di daerah sono mah udeh biasa banget ngelakuin tradisi itu. Konon, tradisi ini cuman dilakukan oleh keluarga si jenazah yang udeh pada berhasil, baik dalam segi harta yang didapetin, keturunan yang sehat semua, dapetin titel sarjana, dll. Maksud joget-jogetnye, sih, ya sebagai ungkapan seneng si keluarga karena udeh ditinggalin si jenazah ketika udeh pada berhasil. Toh, mereka jadi berhasil berkat si jenazah pula, yang udeh menyekolahkan, kasi warisan (maybe?), dll. Jadi, buat apa mereka berduka?

Gak cuman Indonesia yang punya budaya unik, bahkan di luar sono juga ada lho kebiasaan unik bin nyeleneh yang gak kalah seru! Mau tau?

1. “Suguhkanlah istrimu untukku”
Tau gak seeeeh? Ternyate, orang eskimo punya budaya bertamu yang nyeleneh banget! Jadi, kalo misalnye ada yang bertamu ke rumah mereka, kite gak cuman disuguhi dengan makanan dan minuman, melainkan juga ISTRI ! Iye, disono sang istri musti mau ‘melayani’ si tamu! Whoaaa! Keenakan tamunye, dong!

Photobucket

Kalo misalnye cewe yang bertamu, kira-kira disuguhi suami gak ye?

Gak kebayang kalo budaya ini bakal mendunia. Pasti cowo-cowo single bin jomblo bakal lebih sering bertamu. Halah. Untungnye tuh budaya cuman ada di daerah kutub utara sono. Hihihi!

2. Cewe Gendut = Cewe Cantik

Wih, gila! Gue sih seneng banget kalo di cap sebagai cewe cantik gara-gara gendut! Hihihi. Yap, di Afrika Tengah ternyate para warganye menganggap kalo cewe gendut itu cantik! Semakin gendut ya semakin cantik! Tiap taon ada kontesnye pula, lho! Mungkin semacem Puteri Indonesia gitu kali, ye!

Photobucket

3. Kentut Sembarangan ? Biasa Aje, Ah!

Nah, ini sih budaya dari Kirgiztan. Disono sih udeh biasa banget warganye untuk kentut di sembarang tempat. Hihihi. Gak kebayang kalo lagi di dalem lift, semua orang pada kentut massal. Bisa mati kekurangan oksigen kali ye kite! Hahahaha!

4. Di Tibet :
- Beradu hidung = mengucapkan salam
- Menjulurkan lidah = menyapa
- Paling anti menggali tanah yang ada cacingnye! Disono, cacing itu dianggap leluhur mereka, jadi kalo kite ngegali tanah yang ada tuh cacing, berarti kite udeh ngeganggu si leluhur itu!
- Tepuk tangan = tandanye mereka gak suka ketika ada orang asing dateng, soalnye mereka ngerasa tuh orang asing bawa roh jahat.

5. Di Jepang, kalo mereka angkat kelingking, tandanye ada cewe lewat. EAAA!

So, what do you think guys? Mau nambah soal budaya unik laennye? Yuk mareeee, tulis aje di komentar hihihi

42 comments:

  1. yg kutau tuh budaya di suku baduy (Banten) yg sma sekali gak mau berhubungan dgn dunia luar/make barang2 dr penduduk luar baduy/kota...itu yg bner2 baduy dalem..dan pendatang pun kga boleh bwa kamera dan musti siap lewat hutan belantara

    aye pernah liat org baduy yg agak luar (bukan baduy dalem),pke baju item2 kya pemaen silat n nyeker,bwa2 buntelan dr sarung,jd kga pke tas hyeehehhe...jln2 di kota pnas2 nyeker =,,=

    ReplyDelete
  2. kalo gak salah ni yah dulu pas baca bobo jaman SD di thailand orang nunjuk sesuatu bukan pake jari telunjuk, tapi pake dagu.
    trus ada juga negara *lupa nama negaranya* kalo ngangguk itu berarti enggak, kalo geleng geleng berarti iya *kebalikan ama indonesia :D

    ReplyDelete
  3. kalo nikah sama cowok Nias, istrinya harus mau dicicipin dulu sama bapaknya cowok itu kak hehe.
    kalo orang Batak emang gitu kak, kalo lahirnya di becak, suka dikasi nama becak dll.
    hihi ragam budaya unik tapi terkadang terkesan aneh :))

    ReplyDelete
  4. - ada negara eropa (gue lupa) kalo ngangkat kaki sampe telapaknya keliatan dibilang kurang ajar -___-

    - di kebudayaan jepang kuno, kalo mau nikah, cewenya di 'test drive' dulu 3 malam, baru abis itu upacara pernikahan yang beneran -___-

    ReplyDelete
  5. yang aku tau (dari bacaan) di prancis kalo sesama cewek gandengan tangan itu di anggap aneh. tapi kalo di sini biasa :p

    ReplyDelete
  6. widih....dunia kita unik2 ya...apakabarnya dunia alien tetangga sebelah ya??? :p

    ReplyDelete
  7. buakakakak sumpaah itu yang budaya orang eskimo parah abis.. untung yah di Indonesia gak kaya gitu :)

    ReplyDelete
  8. yuaampuun mengerikan sekali nama itu... kalo lahirnya pas lebaran jgn2 dinamain "selamat hari lebaran" kalo lahir hari ini bisa2 dinamain "dodol/ angpao" bahaya nih


    wahahaha :P

    ReplyDelete
  9. ga kebayang pas lagi bertandang ke rumah Mertua (apalagi Nyokapnya ujur). Pas diruang tamu Bokapnya Pacar Ngomong "Silakan dek ke kamar, Ibu udah pada nunggu..". Pas masuk ke kamar, Nyokap pacar udah masang pose "Siap dihidangkan buat Tamu". *dikerubungin lalar*

    ReplyDelete
  10. Kak pin itu yg namanya "Memperingata Sumpah Pemuda" ada beneran?

    Trus kalo yg eskimo,kapan" gw mau bertamu kesono ah.hhehe

    ReplyDelete
  11. eh yang adu hidung itu di Indonesia juga ada loh. kemaren nonton di trans tipi. lupa tapi dimana.

    ReplyDelete
  12. wah semuanya gue baru tau kak, apalagi yang nyuguhin istri, hahaha gokil XD

    nice post dah kak, nambah pengetahuan :D

    ReplyDelete
  13. interesting post :)

    di Jawa Tengah ada suku yang 'unik' karena terasing dari masyarakat sekitar dan menelan mentah2 semua perkataan (terutama perintah) yang ditujukan pada mereka. Misal: 'Eh buangin sampah dong'; maka yang mereka lakukan adalah membuang sampah sekalian tempat sampahnya :p

    ReplyDelete
  14. wahaha menarik banget xD itu belum sebagian kai yah, gmn dibelahan dunia lainnya-.-

    ReplyDelete
  15. woooo baru tau ada budaya yang nyuguhin istrinya :O

    butuh kehangatan berlebih kali ya di kutub sana --a

    nice post kak pina :D

    ReplyDelete
  16. Di Jepang, kalo mereka angkat kelingking, tandanye ada cewe lewat.
    Di Spongbob, kalo dia angkat kelingking, tandanya udah megap- megap kehabisan napas .__.

    ReplyDelete
  17. budaya eskimo tuh yang paling unik:Dwkwk

    ReplyDelete
  18. itu kalo yg nyuguhin istri sendiri, keren banget sumpah O.O

    ReplyDelete
  19. di solo, kalo duduk disebelah temen , dan temen kita tutup idung, itu tandanya kita kentut . intinya kita bego. sekian -___-

    ReplyDelete
  20. Kalau di Indonesia, terlambat itu hal yang biasa lah wong jam nya aja jam karet.

    ReplyDelete
  21. baru tau semua sama budaya gitu kak,apalagi yg eskimo #mupeng muehehehe

    ReplyDelete
  22. hihihi
    untuk budaya asing lucu jg yah...
    tp ada loh teman kuliahku namanya "hardiknas" doang... dan memang dia lahir pas hari pendidikan nasional...
    hihihih

    ReplyDelete
  23. Woghhh...aneh2 gitu budayanya...dasar manusia, aya2 wae...

    ReplyDelete
  24. Di suatu daerah di Kabupaten Tebo (Jambi), ada juga kebudayaan yang ngasih nama anaknya kaya' nama artis.. :D

    ReplyDelete
  25. Waw:O *gakuat ngakak* hahahahaha oh pantes kapineh mau pindag ke afteng. Mending ke eskimo yuk #plak

    ReplyDelete
  26. Wkwkwk.. Gokil bgt itu namanya "memperingati sumpah pemuda"
    kalo anaknya lahir d jamban, brarti jamban namanya, kesian --"

    ReplyDelete
  27. Berarti kalo di eskimo ga pa pa nih jomblo, cukup rajin-rajin silaturrahmi aja :">

    ReplyDelete
  28. jadi pengen keliling indonesia dan dunia buat mengenal budaya-budaya yang ada.

    ReplyDelete
  29. ya ampyuunnn yang di eskimo :O iye kalo yang punya rumah cewenya cakep, lah kalo kaya Omas ? iyuuuuhh--a

    eeh yang beradu hidung asyik ya, apalagi kalo cewe-cowo *eh.

    kalo di daerah aku yah, kalo cowo mau ngelamar cewe Dayak (asli dayak-dayak pedalaman gitu deh) musti ngasih tanah berapa hektar gitu, terus musti beliin emas kaya misalnya gelang gitu, pokoknya ampe sikut. nah, kalo cowoknye ga jadi ngawinin itu cewe, tuh cowo bakal kena denda.

    pokoknya mahal banget deh harga cewe itu :D tapi kasian si cowo--"

    ReplyDelete
  30. gue cuma mau konfirmasi aja kalo budaya sumatra utara yang saat ada yang meninggal itu memang benar lu tulis. dan udah bukan rahasia umum lagi, upacara penguburannya orang batak itu nemang lama. ga cukup hanya sehari. :)

    ReplyDelete
  31. Ini bener-bener LOL-able

    Budaya penamaan anak di tanah kita emang kocak sih. However, sebenernya di barat jg banyak sih yang namain anaknya pake verb, adjective, ataupun noun yang kadang-kadang kalo kita sendiri yang pake agak malu-maluin. LOL

    Btw di Nias jg gitu. Famili bokap gue ada yg namanya:
    - Harapan
    - Disiplin
    - Niberkati (diberkati)
    - dll LOLOLOL

    ReplyDelete
  32. kenapa nikita willy, kejauhan? putri titian aja, pasti ge berani. :P
    kalo yang di papua itu, lupa suku apa, kalo mau nikah si cewek harus "dites" dulu sama sepupu calon suaminya, dia masih peraawan apa kagak. berarti si suami udah keduluan sama sodaranya.
    kalo di Indonesia banyak sih, soalnya ada mata kuliah budaya nusantara. persiapan buat ditempatin di seluruh Indonesia, biar tahu budayanye. :P

    ReplyDelete
  33. Eh,buset daaah . Di Bali juga ada kok nama aneh2 gitu . Misalnya,Wayan Gabler . Lahirnya pas kedengeran suara pintu dibanting,makanya namanya gitu -____-

    LOL LOL LOL LOL

    ReplyDelete
  34. post yang bermanfaat kak pina :D
    hahaha nice!

    ReplyDelete
  35. Joget mengelilingi jenazah. Ini mengerikan sekali.

    ReplyDelete
  36. bermanfaat untuk bekal ke luar negeri. salah-salah bisa berabe deh kalo gak tau culture-nya orang luar.

    ReplyDelete
  37. wahahha di Jepang kalo angkat kelingking tandanya ada cewek

    ReplyDelete
  38. di thailand gak boleh muji bayi, entar katanya diculik sama hantu walopun tuh bayi lucunyan gek ketulungan, haha :p

    ReplyDelete
  39. Mantap euuy infonya,jadi lebih tahu tentang keunikan berbagai budaya di dunia..salam kenal

    ReplyDelete
  40. hahaha yang budaya Tanah Karo itu bener banget ! mama gue namanya manis oliva, yah ga keseluruhan sih tapi gue bersyukur nama gue normal2 aa haha :D

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*