Friday, 24 February 2012

#LAGA1 : “Seputar Kancut”

Woy pembace! *woyy*

Di gang sabar ada si nyonye.
Eh, ape kabar semuanye? #PantunCemen

Ngemeng-ngemeng, gue mau ngasi tau nih. Bahwa di blog ini akan ada rubrik baru bernama #LAGA  = LO ASK GUE ANSWER. Nah di rubrik ini, kalian bisa membaca pertanyaan dari onliners buat gue (seputar blog atau pribadi) beserta jawabannye, dari yang serius ampe yang bener-bener tablo. Buat yang kepingin ikutan nanya, kirim aje pertanyaan kalian ke message FB gue, mention dengan hestek #LAGA ke @irvinalioni, atau imel (irvinalioni at yahoo dot com) . Insya Allah bakal gue jawab dan posting di blog ini sebulan sekali.

anak kecil aje buka blog gue. adek lo buka blog gue kagak? :p

Kenawhy gue bikin rubrik ini? Nah, sebenernye sih ye gue ngambil konsep ini gara-gara FORMSPRING gue kagak bisa dibuka, sumpah deh gue lupa passwordnye apean huhuhu (gini deh nasip pake password dengan kalimat 4l4y). Nah, maka dari itu deh gue bikin rubrik ini hehehe. Lagian lebih go public juga kan, pertanyaan dan jawaban bisa diliat semua orang. Kalo formspring kan cuma sama temen sesama Formspringers.

Dan untuk perdana, gue bakal ngejawab pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa onliners. Cekibrots!


1. Sejak kapan sih pin elo nge-blog?

Well, gue baru banget di dunia nge-blog ini. Gue mulai nge-blog dari Januari 2010. Hohoho!

2. Kenape elo nge-blog?

Gue nge-blog karena gue merasa butuh sebuah media buat mencurahkan segala pikiran dan perasaan gue. Trus, gue juga demen banget sama yang namanye nulis. Hehehe

3. Lo suka nulis, pin? Nulis ape aje? Trus dari kapan suka nulis?
Yap, gue suka nulis!

Sejak SMP kelas 1, gue suka nulis, cuman kalo waktu ntu mah gue sukanye nulis cerpen yang ditaro di buku gede gitu! Alhamdulillah, cerpennye banyak yang demen. Tiap hari sama temen sekelas dibaca, hingga pernah tuh guru ekonomi nyuruh gue untuk bikin buku. Wakwawwww! Gile, bikin buku? Pengen banget sih, cuman kayaknye belom siap hahaha!


aduh Pak Bondan, die kate blog gue makanan ape ye -_-

Pas SMP kelas 3, gue baru kenal sama internet. Dan jujur aje, gue cuman ngerti sama yang namanye buka e-mail, Friendster, primbon, dan mIRC ! Nyahahaha! Nah, FS dulu punya fitur blog tuh, dan sering gue pake buat nulis-nulis disono. Cuman, ya namanye masih ababil baru mengenal dunia, jadi yang gue tulis ya seputar cuhat aje geto. Hahaha! *ah akyu jadi malu*

Pas SMA kelas 2, gue baru mengenal sama yang namanye Facebook. Dan disitu ada fitur berupa NOTE yang akhirnya gue pake buat nulis-nulis gaje. Hahaha! Ada curcol, opini dan kritik seputar something, puisi, cerita kocak, wah banyak deh! Hampir tiap hari gue nulis disitu. Sampe akhirnye, gue jenuh dan bosen nulis di note. Lalu gue pun ngelirik blogger.com buat nerusin nulis-nulis gaje gue disono. Ya seperti yang telah ente liat dimari. Hohoho!

4. Nge-blog tuh emang enak, ye?

Enak!!! Soalnye :

1. Kapan lagi ye kan tulisan kite dibaca sama banyak orang, SELURUH DUNIA pula! WOHOOO! (kalo di note FB or blog FS kan biasanye yang baca cuman temen-temen seputar jejaring sosial ntu doang!).
2. Bisa ngerti cara desain blog & kode-kode HTML! (PENTING NIH!)
3. Lebih bisa menjaring koneksi yang lebih luas (dapet temen baru, kenalan sama artis, kenalan sama penulis, dll)

gara-gara jadi blogger, eh diundang ke launching nyunyu trus kenalan deh sama si poconggg :3

4. Jadi investasi masa depan! Soalnye makin blog lo rame, makin bisa lo ngedapetin duit dari blog! Trus bisa dijadiin porto folio juga buat nantinye! Hehehe.
5. Bisa jadi batu loncatan lo buat berkarir nanti! (Jadi artis, penulis buku, jurnalis, dll)

5. Isi blog lo ape aje sih, pin?
Banyak! Curcol, kritik, opini, puisi, video, foto, banyak lah! Pokonya dijamin asek

6. Suka duka nge-blog ape aje, pin?

Suka : dapet banyak temen, fans (nyahahaha!), koneksi sama orang-orang penting, dapet duit, dll.
Duka : paling males ngeladenin blogger laen yang kepengen di folbek blognye, dicaci maki dengan ANONIM (sumpeh dah cemen banget pake anonim), berantem dengan sesama blogger gara-gara hal sepele, tulisan gue dicopas, dsb.
gak di twitter gak di blog, minta polbek semua -_-

7. Kenape sih nama blog lo KANCUT BERINGAS?
 Baca aje disini : http://kancut-beringas.blogspot.com/p/kancut-beringas-hi-story.html

8. Blog lo terinspirasi dari Raditya Dika, ye?  Lo mau nyaingin dia, pin?

Oh please! Kagak, woy!

Gue juga baru tau wujud blog Dika dari April 2010, yaitu 3 bulan setelah gue nge-blog. Banyak yang bilang, keanehan dalam blog ini ngikutin si Dika, lah ngikutin pegimane? Tentu aje beda. Ciri khas gue sama Dika beda jauh! Dalam tulisan gue juga, kayaknye jarang ditemuin kata-kata khas si Dika yang gue pake. Di blog ini, secara totalitas gue pake gaya bahasa sendiri, yaitu dengan gaya frontal dan bahasa yang sedikit ke-betawi-an. 

radityadika jaman 4l4y -_____________-'

Tulisan Dika kan selalu ngebahas soal kehidupan dia. Kalo gue kan lebih sering ngomongin seputar apa aje sih yang nge-hits dan gak melulu ngomongin keseharian gue.

Kalo soal blogger inspiratif, gue malah lebih condong ke Bang Benakribo deh! Hohoho. Btw gue juga baru tau blog Bang Bena sejak April 2010. Dari situ, gue belajar dikit seputar blog dari Bang Bena, bahkan hingga ngikutin seminarnye, lho! Baca tulisan gue waktu di seminar Bang Bena, disini.

9. Minta tips nge-blog dong, pin!
Klik aje nih :   http://kancut-beringas.blogspot.com/2011/10/tips-nge-blog-ala-kancutberingas.html

10.  Cara dapetin ide nulis gimana yak, pin?


Ide itu terkadang muncul secara tiba-tiba. Gue aje seringnye dapetin ide nulis saat lagi bengong di dalem bis, jamban, atau di kelas. Haha! Biar gak lupa, coba langsung catet di buku kecil/hp deh!

Kalo misalnye belom dapet ide, jangan dipaksain yak! Coba aje refreshing atau nggak ngelakuin tips gue ini : http://kancut-beringas.blogspot.com/2012/02/cara-dapetin-ide-nulis-pegimane-yak.html

11. Pin, yang desain blog sape? Cara desainnye pegimane? Trus header sape yang bikin?

Blog ini gue desain sendiri (plus dengan nanya-nanya sama blogger laen).  Kalo misalnye pengen tau cara ngedesainnye, klik tutorial gue ini -> http://kancut-beringas.blogspot.com/2011/05/cara-bikin-background-blog-pake-poto.html . Trus kalo masalah header, ide buku diary nye mah dari gue, lalu dipermak lagi sama Yulian (atas permintaan dia ya, bukan gue yang minta bikinin ampe ngemis-ngemis gitu. Hehe), dan hasil akhirnye gue permak lagi deh jadi sebuah buku yang utuh dengan format PNG (kan biasanye header blog formatnye JPEG, cuman biar keliatan transparan dan ada shadownye, gue jadiin ke PNG. Tapi jadinye tuh kapasitas lebih gede. Makanye, maklumin aje ye kalo blog gue berat. Nanti deh gue coba kurang-kurangin lagi widgetnye).

header blog jaman jebot. gambar bukunye ngambil di deviantart trus gue kasi embel2 -____-'

12. Supinot, kepikiran pengen bikin buku gak?

Ya Allah, sumpeh dah pengen banget! Cuman ye gitu... ampe sekarang punya skrip belom jadi-jadi. Hahaha!

Udeh pernah ada yang nawarin sih tuh buat jalin kerja sama oleh seseorang, untuk ngebukuin nih blog. Cuman gue belom pede aje gitu. Masih belom ngerasa ada yang greget dari nih blog. Hehehe.

Doain aje deh ye.

Anyway, gue lagi ada rencana nih untuk bikin buku kompilasi sama anak-anak Kancut Keblenger. Doain yak moga naskahnye diterima sama penerbit.

13. Eh pin, si Poconggg kan sekarang jadi salah 1 blogger terkenal. Nah lo jadi ngerasa tersaingi gak sih?

Kagak tuh. Biasa aje lah... Lagian kita kan temenan, ye gak cong? *ngaku-ngaku*

14. Pin, ngeblog ada hambatannye kagak?

Ada. Mungkin masalah waktu. Dan kadang males juga sih muahahaha.

masih jaman ga punya ide?

Sebenernye ada 4 hambatan yang bikin seorang blogger males apdet blognye, yaitu : Waktu, Rasa Malas, Gak punya ide, dan Modem yang bermasalah (entah karena sinyalnye, gak ada pulsa, dll). Hambatan yang paling sering menerpa gue sih ya kalo gak ada waktu, paling males. Soal ide, wih jangan ditanya... ide mah banyak, cuman males nulisnye aje wkwk. Kalo masalah modem, ya kadang-kadanglah...

15. Pin, Kancut Keblenger tuh sapenye Kancut Beringas?

Kancut Keblenger itu grup blogger gue, isinye ya gak jauh dari temen-temen blogger gue, yang juga merupakan pembaca blog ini. Begitcu. Kalo mau join, silakan aje tinggal klik lambang kancut di samping blog gue ini. Hehehe.

16. Pin, kok gue liat ada blog orang laen yang pake embel-embel kancut? Lo nyontek ye?

Sumpah Demi Allah, gue gak nyontek. Kalo mau tau kenape gue namain nih blog dengan kata KANCUT ya udeh lah baca aje dimari : http://kancut-beringas.blogspot.com/p/kancut-beringas-hi-story.html

17. Pin, di toko buku ada satu buku komedi yang pake nama KANCUT. Itu buku bikinan lo bukan?

BUKAAAAAAAAAAN! Gue belom nerbitin buku!

***

Udeh ah, segini dulu pertanyaan yang gue jawab. Takut kepanjangan, kesian yang baca. Hihihi. Btw, gue tunggu ye #LAGA dari kalian! 

Makasih yang udeh baca. Udeh ye, jangan nanya-nanya lagi dengan pertanyaan yang sama dengan yang telah gue liatin dimari. Oke!

Keep blogging! Salam kancut!

Sumber Gambar :
geeks.netindonesia.net
http://togaptartius.com/blog/alay
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00015955.html

33 comments:

  1. ahaha "pholbeck blog aquwh eaaa" sesuatu banget kak pin tulisannye! xD

    ReplyDelete
  2. demi itu pa bondan sesuatu banget._. fotonya radit ganahan :O

    ReplyDelete
  3. wehehehe selalu kocak :))
    wah,,ksempatan nih nanya2 hueheheheh...

    ReplyDelete
  4. wooww..ASK nya banyak amat yee..
    envy ak liat poto di no.4 ,,
    niiiceee post jeng pina.. :D

    ReplyDelete
  5. wahahahahaha iyee, kadang gue juga suka males ngeblog, dan gak ada waktu.. soal ide sih banyak, tapi malesnya gak ketulungan._. hihihi

    ReplyDelete
  6. wahahahahaha iyee, kadang gue juga suka males ngeblog, dan gak ada waktu.. soal ide sih banyak, tapi malesnya gak ketulungan._. hihihi

    ReplyDelete
  7. eh ada foto saya

    iye tuh yg bikin jarang update tu males nulis
    heu...

    ReplyDelete
  8. kak, #LAGA gue yg waktu itu belum dijawab,yg pisang muahaha... itu fotonya radit ya allah -___- lalu mukanya poconggg mirip bgt sama pembina pramuka gue jaman sd sumpah haha

    ReplyDelete
  9. keren ka dari pertanyaan2 n jawaban diatas inspiratif buat blogger lain..

    *brb nyiapin pertanyaan

    ReplyDelete
  10. setuju banget sma hambatan yg bikin blogger males apdet XD "Waktu, Rasa Malas, Gak punya ide, dan Modem yang bermasalah"

    ReplyDelete
  11. Semoga buku kompilasinya lancar :)

    ReplyDelete
  12. gue kira isinya tentang macem-macem kancut pin ternyata seputar pertanyaan gt hahaa tapi keren keren :D

    ReplyDelete
  13. Wow! Kak Pina emang frontal-betawi amat deh! Haha. Btw, makasih atas tips- tips yang sudah kaka berikan ya.. :D

    ReplyDelete
  14. apalagi sekarang kan Putri Titian lagi sibuk kejar tayang sinetron Yusra & Yumna ya. gak sibuk tuh Vin? wkwk *abaikan

    ReplyDelete
  15. Yg gua salut dari lu Pina...konsistensi lu dalem ngeblog
    Lu ma gua cuma beda setaun aja mulai ngeblognya, tapi kesuksesan ngeblog lu berkali2 lipat gua...bahkan bisa bikin lu masuk ke dunia entertainment, hehehe

    Salut =)

    ReplyDelete
  16. wahaha seru nih :) kapin selalu punya ide-ide seru yaa

    ReplyDelete
  17. Kak Pinoot kasitau cara biar bisa difollback sama artis barat dund. Kan sendirinya dipolbek sama Greyson.

    ReplyDelete
  18. kalo saya sekrang ga bisa lagi ngeblog serajin dulu.... yeah... tugas numpuk, kerjaan numpuk,...

    ReplyDelete
  19. Hihihi tadinya aku kirain kamu mau buat komik laga gitu pin :p
    eeeeh... taunya sesi tanya jawab to...

    ReplyDelete
  20. ah ya kadang yang bikin jarang ngeblog itu males dan gak ada waktu.
    ide emang kadang bejibun, cuma nulisnya ntu yang males. hhe

    ReplyDelete
  21. iihh :3 sama dong, kak pin.
    gue juga pengen nih terbitin buku di tahun 2012 ini :D

    eh,semoga buku komplikasi KK nya bisa segera diterima penerbit deh :)

    ReplyDelete
  22. yang buku itu mah bkunya cii kancut sobek ye.. kayaknya waktu itu lu pernah bikin postingan soal blogger terkancut deh *yg namanya pake kancut juga* hehehehe

    ReplyDelete
  23. Postingan kayak begini ne yang bantu blogger amatiran kyk aq hehehe...boleh nyontek tips2nya buat mendesain blogq ....

    ReplyDelete
  24. hihihi...
    jadi tahu kamu lebih dalam.. #eeaaa

    ReplyDelete
  25. *ngubek2 jamban* nyari pertanyaan.. hmmhh -.-'

    ReplyDelete
  26. ntah kenapa gue agak ga tertarik sama postingan elu yang kayak gini kak, gue lebih suka kalo elu nulis ttg sesuatu yang lagi ngehits2 gitu, daripada ngejawab2 pertanyaan begini.
    ini sih opini gue ya kak ! jgn marah loh ya kak!
    SEMANGAT ! :)

    ReplyDelete
  27. ih fotonya itu, dengan mengacungkan dua jari sungguh ckckckck deh...

    ReplyDelete
  28. selama ini ane jadi silent reader, baru di posting ide ngeblog baru komen, wahh KB tambah interaktif nih hehe sip2 kak pina, teruskan dan sukses terus ngeblog-nya hehehe

    ReplyDelete
  29. gue setuju sama Claude C Kenni.... mantaap euy....

    ReplyDelete
  30. lama ga mampir ke sini versi webnya, biasanya buka pake mobile. ternyata ada yang beda. gue nyari2 pointernya. :P

    wuih ada rubrik baru, entar kapan-kapan gue konsultasi deh. ah tapi ragu kalo konsultasi cinta sama fakir asmara. #JLEB :P

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*