Monday, 14 May 2012

OWOH, Nama Tuhan Baru, Gan?


Gue gak abis pikir, kenape yak banyak banget muda-mudi yang demen nulis OWOH ketimbang ALLAH ketika mereka berdoa atau berkeluh kesah di media sosial. Misalnye, ketika daerahnye lagi panas bener, dia langsung ngetwit, “YA OWOH, PANAS BANGET SIH!” Kalo ada temen gue yang ngetwit itu, gak lama gue ngebales, “Sob, OWOH itu sejenis merk jamban, ye?”

gue ga ngerti doi ngomong ape -_-'

Tersentil ?
sok kritis :p

GILE LO PIN, OWOH ITU NAMA TUHAN! BUKAN NAMA MERK JAMBAN!

Mungkin ini sepele. Namun, gue gak mau hal yang sepele ini nantinye bakal mengubah generasi kite dan generasi penerus dalam hal penulisan nama Tuhan.

OWOH itu sebenernye bukan nama Tuhan. Nama Tuhan itu adanye ALLAH (dibacanye Awlah atau Awloh dalam agama Islam, atau dalam agama kristen disebut Allah, cara membaca persis dengan apa yang ditulis). Ada juga nama Tuhan umat agama laen seperti Yesus Kristus, Buddha, Dewa apalah, Gog-Magog, dll. Lagian setelah gue searching, nama Tuhan OWOH itu sebenernye kagak ada di agama manapun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa OWOH itu sebenernye nama Tuhan ALLAH yang diplesetkan menjadi OWOH.

Tapi, kenape harus ALLAH doang ye yang diplesetin? Jangan-jangan ini konspirasi! #EAAA

owoh itu nama obat kuat ya?
double mistakes
Gile, nama Tuhan aje diplesetin. Lucukah?

Kenape nulis ALLAH doang kayanye SUSAH BENER? Kenape kalian (para penulis kata OWOH) begitu beraninye mengubah keutuhan nama ALLAH?

banyak kalimat TUHAN yang disalahgunakan dalam penulisan. mungkin gue pernah melakukan seperti itu tanpa disadari. namun jangan sampe deh nantinye gue dan kalian terus-terusan ngemeng kalimat TUHAN dengan tidak semestinye.
Gak sadarkah kalian, itu NAMA TUHAN, SANG MAHA PENCIPTA. Bukan nama MAKHLUK CIPTAANNYEEEEE! 

Coba direnungkan kembali!




Gak hanya yang muslim, yang non muslim pun banyak yang mengatakan YA OWOH YA OWOH YA OWOH, pretlah! Ape sih esensi Owoh Owoh yang mereka tulis atau katakan? Merujuk kepada ape? Tuhannye? Tuhan dari kepercayaan mane? Atau ape?

Ah, pokonye mau muslim kek mau non muslim kek, gue gak suka kalo ada yang ngemeng OWOH OWOH-AN!

***

Oke, tulisan ini hanya sekedar keluh kesah gue selama ini. Hehehe. Menurut kalian gimane tuh?

Maap yak, baru bisa mosting, modem gue kacrut banget nih. Ada gak sih yang mau sponsorin gue modem gituh? Huhuhuhu #PinaButuhModemBaru #KuatkanPinaYaTuhan


75 comments:

  1. Ampuni Dosa Baim ya allah...
    ya, mungkin itu sudah menjadi kosa kata pin..

    ReplyDelete
  2. gara-gara si baim mungkin... :D

    kak pin, itu twitter orang yang ngomong 'owoh' disensor aja :) privasi mereka itu #apanya

    ReplyDelete
  3. Tolong Baim ya Allah..
    Hhhmmm anak labil itu mah. emang sih udah terlalu parah banget tuh yang bilang Allah jadi Owoh.. tapi, kalo ketemu itu anak, enaknya di apain yak? :v

    ReplyDelete
  4. sok sok manja menye-menye biar di anggap lucu mirip anak kecil yang belum lancar ngomong. padahal anak kecil aja tau dan bisa ngomong dengan bener nama Tuhannya.

    ReplyDelete
  5. Gue juga heran kak Pin, apa susahnya sih nulis "ALLAH"?
    Pokoknya jangan sampe kata "owoh" jadi tren!!!

    ReplyDelete
  6. Nah ini akhirnya ada yang posting macam ginian. Bener itu, miris juga sebenarnya kalo dibuat-buat gitu tulisannya sama orang-orang.

    Nice post!

    Tekno Muslim

    ReplyDelete
  7. Hebat kak! Semoga mereka sadar.

    Oh ya, username di atas sebaiknya disensor aja kak, kan entar namanya jelek lagi. bkn karena membela, tp supaya gak ada yg namanya jadi jelek gara2 postingan ini :)

    ReplyDelete
  8. kosakata anak jaman sekarang makin menjadi jadi dan makin ngga bisa dimengerti. Udah jadi tren bahkan kebiasaan yg buruk. Setuju banget sama tulisan pinah :D

    ReplyDelete
  9. Garang kak tulisannya !
    Bener banget. Aku aja yg bukan Muslim risih banget baca nya. Apalagi yg Muslim,, hhu

    ReplyDelete
  10. Yaampun ini udah lama kek begini, sok diunyu-unyu-in -..- Saya lebih seringanya Alloh. BUkan Allah :)

    ReplyDelete
  11. Kritis banget postingan loe pin :)
    setuju deh gue sama loe..

    ReplyDelete
  12. Semoga mereka dapat mengerti. Bahwa tidak semua hal dapat dijadikan bahan lelucon. Plesetan. Becandaan.

    ReplyDelete
  13. nah, iya. kemaren kan gue di tegur ama lo pin waktu bikin status yg ada kata 'atopiloh' maksudnya 'astaghfirullah' emang sih gue salah. dan gue akuin sejujur2nya itu memang salah. dan gue gk ulangin yg begitu lagi.

    tapi timbul pertanyaan dari situ, Indonesia kan punya banyak logat atau cara melafalkan kata2 yg berbeda di setiap daerahnya. ada logat yang menyebut lafaz Allah itu terdengar seperti 'aloh' itu sering bgt gue denger. atau lafal 'Asttaghfirullahhaladzim' jadi 'astaghfirulahhaladim' lafal 'Dza' tergegerus dan jadi huruf 'da' sebenernya huruf 'dza' dengan 'dal' kan beda kalo dikaji tajuid nya.

    menurut lo gimana pin? apa logat kedaerahan bisa disalahkan juga gk?

    ReplyDelete
  14. terus sama yang nulis Tuhan atau Allah ga pake huruf capital di awal katanya kak.. itu cukup ga sopan.. masa Tuhan yang seharusnya diistimewakan ditulis pake huruf kecil..
    #maafagakemosi

    ReplyDelete
  15. astaghfirullah..
    begitulah jika banyak orang yang masih memahami agamanya setengah-setengah..ckckck..[ngelusjenggot]

    mampir kesini ya EPICENTRUM
    makasih..:)

    ReplyDelete
  16. berdoa semoga gue dan yang lainnya tidak terbiasa untuk menyebut owh lagi amin :)

    ReplyDelete
  17. setuju kapin :D
    Alhamdulillah.. belum pernah ngucap kea gitu :) dan ga akan ...

    ReplyDelete
  18. Setuju banget Ka Pina! Kalo untuk kata-kata lain okelah kalo mau dipleset-plesetin, tapi kalo udah yang menyangkut agama (apalagi nama Tuhan), sebaiknya jangan lah..

    ReplyDelete
  19. anak gaul yang kelewat gaul begitu tuh. main plesetin kata2 yang sebenernya gak boleh di plesetin!

    ReplyDelete
  20. Postingan keren (y)

    Semoga ke depannya tak ada lagi yg menggunakan agama sebagai lelucon.
    Becanda boleh asal dalam takaran yg wajar.

    Semoga ke depannya kita semua semakin bijak :')

    ReplyDelete
  21. kalau kata lagu #DjMalinKundang Kutuk kau jadii.... (isi sendiri deh)!!
    XD hahhaaaaaaa

    ReplyDelete
  22. kadang orang yang suka ngomong gitu awalnya ngikutin seseorang, kapin. :/
    dimulai dari seseorang yang punya 'nama' biasanya, terus diikutin. mungkin dikira nya keren, terus banyak yang ngikutin.
    padahal ga semua harus di pake mentah mentah. perlu filter juga :3

    semoga banyak orang yang lebih banyak memberitahu dan memperingati biar kesalahan kesalahan individu tersebut bisa diluruskan . =)

    ReplyDelete
  23. aahh setuju kaak.. aku malah seneng banget kalo kaak pina sering ngingetin orang orang yang manggil Allah dengan sebutan Owoh? *gila dengernya aja bikin panas*..

    Boro-boro Owoh, orang kalo lihat ada yang nulis Allah jadi allah *huruf depan kecil* aja aku udah sebel..

    Trus ada lagi yang nulis ya Allah jadi ya Ollooh.. udah bukan geli lagi, miris..

    main pleset-plesetan sih boleh aja, tapi kalo nama Tuhan, zat pencipta manusia dan dunia juga di plesetin apa nggak keterlaluan? emang Tuhan mainan?

    *duh sori kak malah ikut2an curhat, hbis ikutan sebel sih hehe*

    Oya, kak.. salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
  24. kalo saya sering nemuin org di twitter atau FB yg nyebutnya "Oloh"..
    trus kalo "Astaghfirullahal'adzim" jadi "Astajim"..
    ngajak battle bgt gak ni?
    -______-
    keren postingannya kak :D
    semoga yg lain sadar..
    aamiin..

    ReplyDelete
  25. seperti biasa mpok pina postingnya memang ajib. Sayang banget nama Tuhan kok diubah secara sembarangan

    ReplyDelete
  26. Iya gue juga gak setuju kalau nama Allah di ganti Owoh. Mana yg suka melesetin itu? sini gue muntahin black box...

    ReplyDelete
  27. temenku yang muslim pernah ngetweet 'MasyaTuhan'.. kesannya kayak malu banget gitu nyebut nama Allah. syetdah manusia2 skrg pd gatau dirinya kelewat bener-_-

    ReplyDelete
  28. nyentil banget pin.
    bisa jadi introspeksi diri buat semuanya :)

    ReplyDelete
  29. Just another level of alay ??

    Eniwei, gaya "sok-sok unyu" kayak gini (seinget gue) karena banyaknya artis bocah yang masih inosen dan ngegemesin. Nah, masalahnya sebagai yang lebih tua (re: remaja) juga ikut-ikutan latah dan menganggapnya sebagai hal yang lucu (or unyu ?). Please, bocah 10 tahunan beda sama remaja belasan tahun (pola pikir minimal, kecuali ada suatu dan lain hal dengan otaknya #justsaying).

    CMIIW

    ReplyDelete
  30. pina, setuju ama kamu. kalo untuk hal hal sensitif macam ini kayaknya gak pas aja kalo ampe dipleset plesetin :3

    ReplyDelete
  31. pina, setuju ama kamu. kalo untuk hal hal sensitif macam ini kayaknya gak pas aja kalo ampe dipleset plesetin :3

    ReplyDelete
  32. 1 lagi,,Naudzubillah jd naujubileh...
    mudah2an ga ada lg yg secara sengaja menuliskan nama Tuhan yg salah..AMIN

    ReplyDelete
  33. Entahlah mungkin itu kenyamanan mereka untuk merasa dekat dengan Allah :) Aku juga jarang menyebut Tuhan, “Allah”. Aku lebih nyaman menyebut-Nya, Sang Kekasih :)

    ReplyDelete
  34. Innalillahi,,, udeh pade edan yg nulis kata ALLAH swt kayak gitu.

    Moga mereka segera dapet pencerahan setelah baca postingan elo mpok.. *aamiin*

    ReplyDelete
  35. umar : kosakata apaan? di KBBI aje kaga ada!
    meutia : biarin, biar dia sadar haha
    asep : nasehatin aja hehe
    ririz : emberrrr
    fridi : benerrrrr
    didik : makasi
    ali : biarin aja biar nyadar haha
    donna : emberrr, makasi yaa
    irene : iya nih huhuhu
    retno : bagusss!
    iqbal : makasi ya
    galih : amiiin
    yono : itu sih krn lidahnya emang begitu (budaya setempat), ya sepanjang gak mengubah jauh dr keutuhan nama Allah ya gapapa. lagian tujuannya bukan utk sok unyu2an.
    githa : sipsippp
    rizki : *elusin jenggotnya juga*
    devi : amiiiin
    cece : sipp!
    anggi : betul!
    iyan : hahaha :))
    wafa : amiiin, makasi ya
    pororo : bahahaha
    reza : iya tuh, sapa ya dalangnya? bego bgt!
    adina : makasi, salam kenal juga yaaa
    eva : makasi, amiiiin
    redbike : makasi ya hehe
    arga : bahahahaha
    dunia : yuppp
    farid : setubuh!
    rini : yupppp
    caya : amin
    dweedy : keren :D
    si belo : amiiin

    ReplyDelete
  36. Kebanyakan orang itu sebagai kosa kata mereka sendiri.
    memang sudah aneh2 aja perilaku orang sekarang ini.. hehe..

    Motor matic injeksi irit harga murah

    ReplyDelete
  37. begitulah kelakuan orang2 jaman sekarang :/, rada miris juga sih haha *tawa maksa*

    ReplyDelete
  38. Untung gue gak pernah tuhh :)))) *senyum kemenagan*

    ReplyDelete
  39. Miris banget liat fenomena ini zaman sekarang -___-
    dan gue heran, apa gak pada merasa bersalah gitu ya bilang OWOH, gue mah kalo nulis ALLAH, kelewat L-nya aja satu, suka merasa bersalah :'(

    ReplyDelete
  40. Yah, seperti yang sudah diramalkan Dalam Al-Quran, akan ada waktunya dimana iblis berkuasa. Nah, contohnya ini -___-

    ReplyDelete
  41. ya emang sih, suka risi sendiri kalo ada yang ngomong YA OWOH YA OWOH. apalagi di depan gw sendiri. padahal apa mereka enggak guru agama ye?? kok seenaknya aja ngomong kayak gitu -_________-

    ReplyDelete
  42. ini semua salah Baim.. #kemudianhening

    sama kak,di TL gue banyak yg gitu, terutama bagian dzikir,jadi astpiluloh.. mau ditegur tapi males bedebat sama ababil,ujung2nya sindir2an di TL -__-

    ReplyDelete
  43. iya bener banget tuh kapin
    malah temen gue yang non-muslim pernah bikin tweet kayak lu gitu,ga mirip sih cuma intinya aja sama, kalau nyebut nama tuhan haru bener

    ya mudah-mudahan mereka diberi kesadaran abis baca postingan ini

    ReplyDelete
  44. SETUJU..! emang barang comedy apa pakek di plesetin segala :(

    ReplyDelete
  45. padahal gue nulis Nya untuk Tuhan gak pake huruf gede aja gimana gitu.. lah ini disalah-salahin gitu, kesel juga liatnya -,-

    ReplyDelete
  46. iya gondok juga sih tiap liat tweet orang yang... entah deh itu maksudnya sengaja atau gak sengaja plesetin nama Allah

    ReplyDelete
  47. jujur aja ka pin, aku non muslim dan gak pernah ngomong kayak gitu. Tapi tiap denger orang2 ngomong kayak gitu, rasanya risih banget. Apa maksutnya sih nama Tuhan mereka disebut owoh gitu? aduuh, saking gaulnya kali yak -______-

    ReplyDelete
  48. Asli itu yang ngikutin kata" maafin BAim ya owoh"..
    itu BAIM ngomong kaya gitu juga soalnya dia belum lancar ngomonganya (masih cadel),
    ntar kalo gede pasti ngomongnya Allah.
    jadi kenapa mesti pada niruin dengan sok unyu.nya? Apa yang unyu #pffft

    ReplyDelete
  49. Setuju dengan Laini! Aku sependapat :) Gak ada manfaatnya juga kok dengan memplesetkan begitu

    ReplyDelete
  50. Setuju bgt ka pin, seharusnya kita yg dewasa bisa mengajarkan adik2 nya untuk bisa fasih melafalkan kata Allah, bukan justru ngikutin jd yg sok unyu2 gtu.
    Ga inget umur kali ya yg ngomng gitu.

    ReplyDelete
  51. uhh agak aneh juga sih ka... tapi gak ada salahanya juga...

    ReplyDelete
  52. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    Tetaplah semangat memulai hal baru !
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete
  53. miris emang pin, itulah terkadang beberapa orang terkadang menganggap hal yg berkaitan dngan Agama sebagai bahan lelucon.

    ReplyDelete
  54. orang goblok terlihat semakin goblok itu Pin :) dari dulu gue selalu setuju sama lo :D

    ReplyDelete
  55. Mungkin mereka menganggap kata 'OWOH' yang dipelesetkan itu unyuunyuunyu. Iiiehh.. haha. Nama Tuhan mana boleh dipelesetkan begono. Apalagi Allah.

    -Dita Indah Syaharani-

    ReplyDelete
  56. saya sangat tersinggung kalo ada yg memplesetkan nama Allah dengan owoh (sok unyu)

    terimasih kak pina udah mau mngingatkan dan menegur mereka

    ReplyDelete
  57. smga yang nulis bgtuan, cpat tobat.
    klo mau dblg unyu atau gaul gag gtu jga kle..hoho

    ReplyDelete
  58. saling menasehati dlm kebaikan, juga kesabaran ;)

    ReplyDelete
  59. hmmm, sepertinya kiamat sudah dekat mbak pin, yang penting kita suda ngingetin, :)

    http://inezdivaa.blogspot.com

    ReplyDelete
  60. setuju bgt kak pineeeee..
    yaAllah kritizzz bgt gw gak kepikiran jg sampe sini awalnya :D

    ReplyDelete
  61. Orang-orang kaya gitu pancasilanya ada 18 sila. Padahalkan panca ya...
    -___-"

    ReplyDelete
  62. halo...
    salam kenal :)
    setuju,,,
    tapi Alhamdulillah saya gak follow org alay di twitter, hehehe
    jd g pernah liat ada yg bilang gt
    tetep kritis yaaaa
    suka sama cara km

    ReplyDelete
  63. jiah lucu banget ada nama tuhan yang gituan.. haha :)

    ReplyDelete
  64. iya bener juga ya, baru kepikiran, padahal kemaren2 sempet ikutan alay nulis owoh.. hahaha ga lagi2 deh --"

    ReplyDelete
  65. Besok gantian Allah yang melesetin mereka.

    ReplyDelete
  66. kayaknya orang tersebut harus belajar lagi bagaimana cara menulis dan membaca yang benar

    ReplyDelete
  67. kayaknya orang yg ngomomg kayak gitu kurang pendidikan agamnya kali ya, dan belum bisa baca al-qur'an, bisa jug belum prnh belajar ngaji..

    ReplyDelete
  68. Assalamu'alaikum
    Ya Allah, Astaghfirullah hal'adzim
    Wassalamu'alaikum

    gimana kak?..

    ReplyDelete
  69. waduh. bener banget nih.

    btw, adminnya kayaknya alim gitu, ternyata frontal dan gokil ya. ckckck. jadi keinget pepatah "don't judge the book from it's cover" - jangan menghukum buku dari dalam koper. wkwkwk

    salam, http://ceritaenthung.blogspot.com/

    ReplyDelete
  70. top banget postingannya...ngena banget,...gak boleh tuh memplesetkan dan menyingkat Asma Allah..

    ReplyDelete
  71. setuju banget sama yg kayak gini
    dulu *setahun yg lalu kyknya* juga pernah sih nulis owoh-owohan gini, eh terus diingetin sama pacar (waktu itu msh calon pacar ding wkwk)#curcol #abaikan

    setelah itu baru nyadar emang kita wajib menghargai Tuhan kita ;)
    semoga yg nulis owoh, yoloh, astajim, dsb sadar (y)

    ReplyDelete
  72. Pengen gue bakar tuh orang kek gitu!!
    #Emosi #Emosi

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*