Thursday, 19 July 2012

Mall Terus yang dibangun, Hubungan Kite Kapan?


Beberapa hari lalu, gue sempet baca di kompas online kalo di Jakarta akan dibangun beberapa MALL BARU! IYE, MALL BARU! YOU KNOW WHAT? JAKARTA MAKIN SESAK SAMA YANG NAMANYE EMOOOOLL!


indahnya Jakarta di malam hari

Kuciwa sekali gue sebagai warga Jakarte sedari masih jadi janin. Lagian ngapain sih PEMDA DKI pake ngijinin segale si emol-emol berkeliaran. Gue pusing tau gak sama keadaan Jakarte yang makin miskin tempat wisata murah dan alami. Daerah resapannye juga makin lama makin berkurang! Ruang Terbuka Hijau (RTH) nye makin ngilang! BEUH! 

Gile banget, masa Jakarta cuman punya 9,8% RTH. Coba emolnye tuh, pasti jumlah persentasenye lebih banyak!

Asal lo tau aje, PBB melalui World Development Report (1984) menyatakan bahwa presentase ruang terbuka hijau yang harus ada di kota adalah 50% dari luas kota atau kalau kondisi sudah sangat kritis minimal 15% dari luas kota. Sedangkan Jakarta? Sepuluh persen pun kagak nyampe! 

Dan anehnye, tiap taon peraturan soal RTH ini makin lama makin ngaco. 1965-1985 ditargetkan luas RTH sebesar 37,2 persen, 1985-2005 target luas RTH menjadi 25,85 persen. 2000-2010 targetnye cuman 13,94 persen (gak ideal). 2010-2012? Wah... makin parah deh masbangbro!


seandainye Jakarta punya taman segini

APE SIH YANG SEBENERNYE TERJADI SEHINGGA PERATURAN INI SEMAKIN NGACO? SAPE AJE SIH DALANGNYE? COBA DEH KALIAN PIKIRIN. PASTI GAK JAUH-JAUH DARI YANG NAMANYE DUIT! 

Penguasa jaman sekarang tuh gitu ye kalo dikasi kekuasaan. Bukannye dipake buat membela kepentingan rakyat eh malah sukanye memanfaatkan kekuasaan buat kepentingan pribadi yang WAH.

Bang, bang. Kumis sama dompetnye aje yang ditebelin. Imannye kok kagak? 

Tinggal nunggu aje dah pembalesan dari TYME. Amin. 

Balik lagi ke masalah MALL. Taukah kalian ada berape jumlah MALL DI JAKARTA? Ada 130 MALL! TAMANNYE? CUMAN SEUPRIT! 

Central Park, salah satu mall favorit gue. soalnye ada tamannye gitu. pernah nemu pasangan homo bawa dorongan baby, tapi isinye anak anjing gitu, trus ada mainan sama botol susunye. sumpah, itu kejadian yang gak bakal gue lupain dari mall ini! hahaha :p


Gue jadi bingung, sebenernye tuh orang Jakarta makin miskin ape makin kaya sih? Kok bisa makin banyak mall gitu? Yang punya motor-mobil [kreditan] juga makin banyak tuh, makanye macet gak selese-selese.

Cuman di sisi laen juga banyak banget warga Jakarta yang masih kesusahan. Jumlah warga miskinnye aje udeh mencapai  363.200 orang dari 363.420 orang di tahun sebelumnye. Ya meskipun ada sedikit penurunan, tapi tetep aje segitu mah tergolong banyak! 

Gue juga bingung, ape untungnye sih memperbanyak mall? Bukannye bisa bikin nambah banjir ye karena disini kurang daerah resapan aer? Lagian masih banyak mall yang udeh dibangun dan masih sepi banget tauk, gak!

Roxy Square dan Gajah Mada Plaza adalah 2 mall deket rumah gue yang sekarang sepi. Dulunyu, Roxy Square adalah sebuah mall bernama Topaz, yang pada kejadian 1998 dibakar habis oleh amuk massa. Banyak banget yang mati disitu. Dan konon, sepinye Roxy Square dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan gaib. Soalnye kan banyak banget korban yang mati kebakar disono. Trus sempet beberapa taon tuh mall nganggur dan akhirnye jadi tempat horor. HIIIH. 

Roxy Square. biar sepi, tapi barang-barang yang dijual bagus dan murah loh!


GM Plaza juga gak kalah sepi. Ya tapi kagak sesepi Roxy Square, sih. Kalo dibandingin sama jumlah pengunjung mall lain, GM Plaza sekarang udeh kalah pamor. Padahal di jaman 80-an nih mall jadi kebanggaan orang Jakarta. Pelem Warkop DKI aje sering kan syuting disitu. Hihihi.


Gajah Mada Plaza. bangunannye udeh jadoel.

Tuh mall menurut gue sekarang jadi gak kalah angker. Soalnye banyak banget yang bunuh diri disono. HIIIIH! 

Dan masih banyak mall-mall yang masih sepi laennye di Jakarta. Ada yang tau?

Rumah gue berada di daerah pinggiran Jakarta Pusat. Walau dipinggiran, namun daerah itu dikelilingi oleh beberapa mall. Di sebelah barat ada Roxy Square, Citraland, Taman Anggrek, Central Park. Sebelah utara ada Season City. Sebelah timur ada GM Plaza. Sebelah selatan ada ITC Roxy Mas.

Strategis banget ye kan? 

Hingga 2014 nanti, mall-mall yang akan lahir adalah Cipinang Indah Mall, The Baywalk di Pluit, St Moritz Mall di Puri Indah (padahal disini udeh ada MALL PURI INDAH!), Jakarta Barat, The City Center Mall  di daerah KH Mas Mansyur, The Gateway Mall di Pondok Gede, Jakarta Timur; serta Pantai Indah Kapuk Mall di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

MAMAM TUH! 



Selain mengurangi daerah resapan aer, pembangunan pusat belanja kayak gini juga bikin BOROS LISTRIK. Nih salah satu mall yang sangat boros listrik. Tapi bagus sih dia bikin begituan, masuk rekor dunia katanye :





Adanye pembangunan banyak mall juga secara langsung mengajari warga Jakarta dan sekitarnye untuk  menjadi individu yang KONSUMTIF. Yang anak mudanye juga nanti makin kebanyakan GAYA jadi anak sok gaul karena sering ke MALL (sebut aje anak mall), dll.

Padahal, kalo kebanyakan mall, gue dan anak Jakarta laen yang peduli lingkungan jadi semakin bingung mau nongkrong dimane. Kalo di mall mulu, yang ada duit bulanan abis karena keseringan ngumpul di cafe. Yekali dah masa di KFC mulu beli mocca float doang? Atau yekale harus kongkow di sepel dan lawsen mulu? Eh itu bukan mall, sih.... 

KITE SEMUA PENGEN TAMAN! TAMAN BERMAIN! BIAR BISA DIPAKE NGE-DATE! IRIT DUIT! MERDEKAAAA!

Deket rumah gue pun tamannye cuman ya TAMAN MONAS. Mau ke taman-taman laennye agak jauh. Palingan tiap Minggu gue ke Taman Menteng buat nemenin gebetan atau temen maen basket dan gowes.


selalu suka dengan Taman Monas. enak banget buat nge-date. setaon yang lalu pernah nge-date sama gebetan gue disini. sayang, doi playboy

Ya pokonye ni ye, gue gak mau tau deh, sapepun yang jadi gubernur DKI Jakarta nanti, harus bisa menekan pembangunan gedung-gedung gak guna di kota Metropolitan ini! Banyakin TAMAN! Kalo gak kewujud, awas aje sih gue kutuk jadi Patung Pancoran KW 7 ! 

Mall mulu yang dibangun, hubungan kitenye kapan? Maksud gue, hubungan warga Jakarta dengan alam, getoh. Abisnye warga Jakarta udeh jauh dari alam sih gegara TAMAN nye jarang. Huhuhu. Masa orang Jakarta harus berhubungan sama gedung-gedung mulu sih....

Kalo menurut lo, gimane guys soal permasalahan ini?


Buat anak Jakarta, elo anak mall mana nih? Mall mane aje yang udeh sering lo MASUKIN?


Mall Ciputra atau Citraland atau CL. Mall ini sebrangan sama kampus gue getoh deh. kalo misalnye lagi nunggu kelas, gue sering banget kemari buat kongkow di Gramedia



ice ring di Mall Taman Anggrek. yang gue suka dari mall ini yaitu karena ada arena main ice skate gitu! mahasiswa  diskon 30% boooo!



Oiye hampir lupa, buat semua ceman-ceman, gue minta maap ye kalo ada salah. Kan mau puasa getoh loh. Hihihi. Happy Ramadhan, guys!


39 comments:

  1. huft,kalo ke jakarta pasti bingung,soalnya mallnya byk kali yah?gila,seharusnya taman yg dibanyakin,pantesan banjir melulu...

    ReplyDelete
  2. Kadang kalo lburan di sruh ke jakarta jadi males loh.. karena semerawu. Alternatif lain ya pilih malaysia, banyak taman, bagunannya teratur namun megah.. yah, jadi ga nyaman di negar sendiri..

    ReplyDelete
  3. @ vye : hihihi iya :D

    @ mahdiyah : sayangnya gak semua orang bisa berlibur ke luar negeri mbak, termasuk saya :D

    ReplyDelete
  4. gue yg bukan warga jakarta aja ngebayanginnya uda sesek banget deh kalo ada pembangunan mol2 baru gt kak. :|
    *kirim link blog kapina ke calon gubernur*

    ReplyDelete
  5. sebenernya kak vin, kalau di lihat tiket dr sumatera, ke jakarta lebih mahal -___-
    trus,bulan lalu ke jakarta, kecopetan -__-

    ReplyDelete
  6. no komen deh :3
    maap lahir batin juga ya kapin *kedip

    ReplyDelete
  7. kalo disuruh pilih juga gue mending tinggal di jogja yg sedikit lebih baik dari jakarta,atau kalo bisa mah tinggal di luar negri aja hihihi,iya kalo diluar negri soalnya sekalipun tinggal ditengah kota tetep bisa jalan2 pagi di taman..

    ReplyDelete
  8. Terkadang pemerintah suka lupa kalo kita butuh udara segar seperti taman kota sebagai hiburan, bukan cuma gedung dengan berbagai barang dagangan -____-"
    Mall juga salah satu penyebab macet, apalagi kalo ada promo DISKON!!

    ReplyDelete
  9. padahal sekarang pengen banget ke jakarta (ngga pernah)

    tapi, kayaknya ngga enak lah,
    di medan aja udah panas, sesek, n banjir, kalo di jakarta apalagi......

    ReplyDelete
  10. Jakarta.........
    kota macet dan sumpek...
    Mall Mall....
    :P

    ReplyDelete
  11. iya Ka pin,
    Biasa di jogja liat yang ijo-ijo dan masih jarang bangunan tinggi,
    semenjak tinggal di Jakarta tengok kanan kiri cuma liat Bangunan Tinggi itu.. ^__^
    palingan yang ijo di Monas atau alternatif lain Ragunan #eh


    Mohon Maaf lahir & batin juga ya Ka Pin :D

    ReplyDelete
  12. Yg gua ga habis pikir, di Jakarta udah segitu banyak mall tapi kok orang Jakarta masih hobi dateng ke Bandung dan menyerbu mall2 yg jumlahnya hanya segelintir itu? Emang mall di Jakarta belom cukup banyak ya? >_<

    ReplyDelete
  13. SETUJUUUUU!!!
    mau taman yang luasss, dengan pohon2 yang tinggi, banyak kursinyaa, jadi kalo ngedate bisa kayak diluar negri gitu, sambil menikmati semilir angin -__- #halah

    ReplyDelete
  14. gue aja yang bukan orang jakarta enek liat jakarta sumpek sesak kayak begitu, gimana yang tinggal di jakartanya ya?

    gue selalu bilang ke orang2 kalau gue gak mau kuliah di UI atau dimanapun sekolahan di jakarta soalnya gak mau jadi korban macet, polusi udara, polusi tanah, polusi air, polusi cahaya, polusi suara, dll. takut entar yang ada malah stress dan gagal jadi sarjana.

    ReplyDelete
  15. Gue bukan orang yang hobi main ke mall kak... karena gue gak suka tempat rame kayak gitu... Emang lebih suka di taman... dan kebetulan kalo di padang masih banyak sih daerah yang bisa buat menenangkan diri dan mendekatkan diri sama alam... :)

    ReplyDelete
  16. kan ditanya anak mall mana sih Gading :3

    bener banget tuh! di Kelapa Gading juga ada KTC (Kelapa Gading Trade Center) yang menurut gue sepi banget..

    trus juga di kawasan Kelapa Gading aja kalo diitung itung ada 5 Mall! (belom termasuk pembagian Mall Kelapa Gading yang ada seri 1, 2 , 3 , 5, La Piazza) emang sih, dari Summarecon (yang ngebangun sebagian besar dari Kelapa Gading) itu ngebangun juga Taman Jogging. tapi tetep aja kan, lebih banyak gedungnya daripada Ruang Terbuka Hijau nya?

    ReplyDelete
  17. wah kalo ngeliat banyak Mall jadi ke pengen ke sana deh haha
    maklum di daerah ane gak banyak mall :)

    ReplyDelete
  18. 130 mall? buset banyak amat :O
    Kalo di Bontang malah kebalikan dari Jakarta, mall cuma 1 (itupun sepi), hutannye dimana-mana. Enak kan kapina~~ haha

    ReplyDelete
  19. kalau begitu pindahin ke pekanbaru ajadeh kak, pekanbaru cuma ada beberapa maal. *ngarep*
    BTW niat gue ke jakarta jadi berkurang, secara penduduk di sana udah banyak, nambah gue 1, gue rasa jakarta tumang *eh

    lo ngerti ? gue kagak*

    ReplyDelete
  20. btw emoticon-nya lucu banget.. hehe.. bikin sendiri kah?

    ReplyDelete
  21. huaaaaaaaaaaaaa makin sesak aj tuh jekardah :|
    aneh jg,,Mall udh ada dimana2 eh msi aj mw ditambah,,kbykan orang kaya, ya?? hmmm

    ReplyDelete
  22. hohoho... ntar tanah jakarta bakalan jebol gara2 berat angkat gedung2 tinggi... peace^^ bercandaaa...

    ReplyDelete
  23. harusnya tuh pemda bikin perda tentang mall gitu ,__,"
    kalo bisa stop developer mallnya =="
    kan kasian yg di daerah :O
    *comment sesat

    ReplyDelete
  24. Hubungan kita nanti, sabar ajah okay. Yang penting Mall pada ngejejer dulu *aisemeleh* Anyway ini Vina yang punya grup FB kancut. Suer aku baru ngeh yang punya perempuan :D salam kenal yah :)

    ReplyDelete
  25. sekolah di tanjung duren kalo ke mall tinggal ngesot pake angkot ato nebeng temen *modus* ke central park, taman anggrek sama citraland muahahaa, saking tata ruang jakarta gila banget sampe gua pulang sekolah aja bisa mampir 3 mall yang berdekatan, taman anggrek sama central park mepetan gitu lagi..

    ReplyDelete
  26. kancutnya gokil...wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  27. Mall itu cuma enak kalo lagi ada duit doang -___- kalo lagi bokek jalan-jalan ke mall ya tersiksa. Mendingan diadain taman gratisan yang bersih gitu ya.

    ReplyDelete
  28. jakarta serem ya ... macet nya masya allah banget. gue di bandung aja juga bingung, mau kemana-mana macet -____-"

    cirebon, kota asala gue juga mulai penuh sama mall ka pin, warga nya udah mulai konsumtif ...

    ReplyDelete
  29. pengen yang ijo2..?
    datang segera ke Lombok..

    ditunggu kedatangannya.. :D

    *tapi jangan renang buat dateng kesini..

    ReplyDelete
  30. asli jakarta udah kayak arena lego. kotak-kotak semua. Kemaren pas gue kesana dan gue bandingin sama daerah tempat tinggal gue disini. bener2 jomplang. Hehehehe. Banyak pepohonan & dataran hijau. yang bikin gue selalu kangen rumah :)

    ReplyDelete
  31. Ya begitulah indonesia,
    haus akan project yang bisa dimanfaatkan untuk korup :x

    http://mr-lullaby.com

    ReplyDelete
  32. Namanya juga jakarta... kalo perlu semua bangunan dah kayak mall haahhahaha... kalo soal perizinan bangun mall di jakarta lebih mudah ketimbang perizinan bangun sekolah.... cckckckckkc eronisnya indonesia yah begindang bo`...

    ReplyDelete
  33. waduw, ini saya sebagai anak pulau kecil, kaget banget denger mallnya jakarta ternyata sebanyak ini :D
    di lombok mah, cuman satu dan itupun hanya tingkat empat. tapi kalo yang namanya tempat wisata alami, beuh jangan ditanya :p banyak banget, mulai dari taman, pantai, air terjun,dll :D ayo sini ke lombok ka vin :p
    btw, maaf lahir batin juga ya:3

    ReplyDelete
  34. Ya mungkin ada sisi positifnya juga kali Pin, bisa mengatasi pengangguran contohnya, yg nganggur bisa kerja d mall itu.

    ReplyDelete
  35. pertama kali ke jakarta dulu,gue nyasar.iya NYASAR !! dan gue takut.untung ada pak satpam yang baik hatinya mau nganterin gue balik ke rumah sodara gue yang dijakarta.hiks... #nasib anak kampung

    ReplyDelete
  36. ngeliat jakarta dengan segala keindahannya yg telah hilang.. jadi bingung mau banggain apanya lagi selain betawi. aduh.. ngiri deh kalo ngeliat Ibukota negara laen yang indah2 bgt.

    ReplyDelete
  37. dukung pina jadi gubernur ahhh :p http://en.clubcooee.com/signup/s/7efa5ec59bb0

    ReplyDelete
  38. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil masa depan

    ReplyDelete
  39. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Lamborghini Aventador

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*