Tuesday, 19 March 2013

Kejahatan Terselubung di Media TELL LIE VISION!


Haeeee *dadah-dadah ala Miss Unipers*

Lama kagak bersua dimari dah gue. Maap, yak. Akhir-akhir ini gue sibuk nulis skripsi sama artikel di website komunitas blogger kreatif Indonesia yang bernama...


Jadi, jangan menyangka gue kagak ngeposting dimari karena gue males nulis. Bukan. Malah setiap hari gue nulis. Hehehe.

Untuk kali ini, gue mau ngomongin soal media. Ya berhubung gue anak komunikasi, jadi gue ngertilah soal media. Khususnye soal media tipi.


DO NOT WATCH TELL LIE VISION !

Mungkin banyak yang kagak kalian tau soal dibalik layar televisi. Sesungguhnye sih, kejam, mpok bang! Mulai dari wartawan yang kerjanye mati-matian tapi duitnye cuman seumprit, pemilik media yang kebanyakan pencitraan, amplop terselubung, dan laennye.

Dan masih banyak hal laennye yang musti elo elo ketahui soal media! Kayak ape aje, noh? Cekibrots! Awas ngecrots!

Pertama. Coba deh lo perhatiin pembawa berita di tipi. Liat mukanye, kebanyakan putih dan kuning langsat, kan? Pernah kagak sih ngeliat pembawa berita yang mukanye item? Kagak pernah, kan? Nah, sebenernye ada diskriminasi terselubung sih di dalem media ini. Ternyate ye kalo mau jadi pembawa berita, kite kudu kece dan putih. Dan kebanyakan stasiun tipi kagak mau nerima pembawa acara yang asli dari Indonesia Timur loh sebenernye. Gue tau dari dosen gue yang udeh kerja di media tipi dari taon jebot. Etdah....

Kagak cuman pembawa berita sih, pembawa acara non berita juga kebanyakan yang kece dan putih-putih. Jarang yang item. Kalopun ada, gue baru nemu di salah 1 acara di Kompas TV, acara jalan-jalan gitu deh dan dibawakan sama Kamga Tangga.

Biar item tapi tetep ketje di mata gue :3

Dan karena di Indonesia lagi demam figur publik yang bermata sipit, maka jangan heran ye kalo sekarang mulai banyak pembawa berita dan acara yang berwajah oriental. Biasanye sih, orang yang bermuka oriental dipake untuk membawakan berita dan acara di stasiun tipi yang targetnye buat horang kayah, misal Metrock Tipi.

Artis-artis pun kini kebanyakan yang oriental gitu ye mukanye. Padahal waktu jaman 90an, kebanyakan yang muke-muke arab gitu. Awal 2000-an mulai deh merajalela artis yang mukanye kebule-bulean. Dan sekarang? Ya seiring berkembangnye K-Pop, muncul deh yang sipit-sipit. Jadi kepikiran pengen jadi anggota girlband nih gue, kan mata gue sipit. Hehehe.

Kedua, Gawatnye Konglomerasi Media! Wih, ape tuh, kak? Itu loh kak, ketika media dimiliki oleh pengusaha gede (punya kampus, restoran, supermarket, hotel, media surat kabar/majalah, radio, dll) dan politisi. Nah kalo media udeh dimiliki sama orang gede kayak gini nih, bisa-bisa dimanfaatin abis-abisan tuh medianye!

Misalnye, Babang Irul, pengusaha yang udeh bikin buku Anak Cing Ngkong dan supermarket Karepur. Wih, mentang-mentang yang punya media Terans Tipi dan Terans Tozoh, tuh buku sama supermarketnye dimunculin mulu iklannye di dua media tipi itu. Hihihi. Kepengen laku banget yak buku sama supermarketnye?

Ya, namanye juga pengusaha, Pin...

Itu mah, mending, lah. Tapi ada yang lebih parah ketika media dimiliki sama POLITISI! Apelagi kalo politisi tersebut pengen nyalonin jadi PRESIDEN INDONESIA 2014. Padahal, mereka nggak begitu baek buat jadi pemimpin!

Jadi begini, Bang, Mpok. Dua bulan lalu gue berkesempetan untuk nonton bareng pelem dokumenter yang sangat sensitif bagi para pemilik media. Judul pelemnye : DI BALIK FREKUENSI. Dibikinnye sampe setaon lebih, loh! Pelem berdurasi 2 jam lebih itu membahas soal kebejatan 2 pemilik media tipi berita di Indonesia, si Bekri pemilik Tipiwan dan Suryo Palow pemilik Metrock Tipi.


Dua media ini lucu banget dah pokonye. Si Bekri yang juga pemilik LUMPUR LAPINDO selalu menyuruh wartawan di Tipiwan (dan media lain dimilikinye) untuk selalu memberitakan yang baek-baek tentang tuh lumpur. Misal, soal penggantian uang untuk korban lumpur. Dan penyebutan LUMPUR LAPINDO pun musti diperhalus loh menjadi LUMPUR SIDOARJO.

Di pelem DI BALIK FREKUENSI, terkisahkan secara nyata tentang seorang bapak bernama Hari Suwandi. Nah dia ini mewakili beberapa warga yang menjadi korban Lumpur Lapindo untuk melakukan aksi JALAN KAKI dari SIDOARJO menuju JAKARTA. Doi rencananye kepengen ketemu SBY dan Bekri buat minta PERTANGGUNGJAWABAN. Hari dan salah 1 kawannye yang diajak, Harto Wiyono, pun sampai ke Jakarta setelah 1 bulan mengarungi perjalanan.

Yang naik motor : Harto. Yang jalan : Hari.

Di Jakarta, Hari dan Harto kesana kemari untuk melakukan aksi. Ketika wartawan Tipiwan mau mewawancari mereka, Hari langsung berteriak, “Saya gak sudi diwawancari sama kamu. Bilang sana ke bossmu, cepet bayar uang buat korban Lapindo!”

Dan di media online dan tipi punya Bekri pun lalu muncul berita bahwa Hari mengaku-ngaku sebagai warga Sidoarjo dan merupakan warga dari kota lain yang kagak berhak mendapatkan ganti rugi. Beuh, bullshit abis!

Sampe segininye

"Tolong Mas saya tidak suka, tolong Mas. Kalau Anda mencari informasi ya saya kasih, tapi kalau sampeyan memata-matai saya ya Anda pergi dari sini. Saya tidak ingin diliput dengan TV One, saya kecewa. Yang dinamai media itu transparan memberitakan bukan seperti itu," kata Hari Suwandi ketika mengusir wartawan Tipiwan di depan istana negara.

Hingga suatu ketika, Hari muncul di Tipiwan dan meminta maaf. Namun, ada kejadian lucu ketika dia ngomong : “Saya yakin dan percaya keluarga besar Bapak Aburizal Bakrie mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di Sidoarjo, khususnya keluarga besar korban lumpur Lapindo, eh keluarga korban lumpur Sidoarjo yang berada di Perpres 12 tahun 2007”

Nyok, liat nih pidio!




Gimane, ngakak? Hahahaha.

Kalo kayak gini sih, ketauan banget kalo Hari udeh dibeli sama Si Bekri. Liat deh mukanye, kayak tegang gitu. Belom lagi ketika ada kesalahan kata yang doi ucapin. Muahahaha!

Iye bener, kemane ye si Hari? Ada yang bilang sih, sekarang doi diumpetin dan dikasi gaji bulanan sebanyak 5 juta , yang tentu dikasi oleh si Bekri. Tapi bisa juga sih dibunuh, who knows?

Nah, itu soal masalah yang ada di Tipiwan. Beda lagi dengan masalah di Metrock Tipi. Ada seorang mantan wartawan sana, namanya Mbak Luviana. Dia dipecat secara sepihak oleh manajemen Metrock Tipik karena sering mengkritisi newsroom dan hak-hak pekerja yang diabaikan.


Mbak Luviana dalam pertemuan bersama si boss

Di dalem film DI BALIK FREKUENSI yang gue tonton, sangat jelas terpampang sosok Suryo Palow yang berjanji akan mempekerjakan Mbak Luviana kembali. Namun nyatanye, itu cuman janji doang. Karena kesel, Mbak Luviana bersama rekan jurnalisnye melakukan aksi demo kembali dan tiba-tiba ada preman dateng mengobrak-abrik mobil dan alat-alat yang dipake buat demo. Salah satu temen gue pun turut jadi korban, loh!

Dan gue baru tau dari Mbak Luviana, bahwa semua karyawan Metrock Tipi itu wajib untuk menjadi anggota Partai Panas Dalem milik Suryo Palow. Cuwaaapee, deh!

Kebayang kan begitu seremnye kalo media dimiliki sama orang politisi, apelagi kalo mereka menginginkan untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Hih!

Gue sih masih kagak abis pikir, ngapain coba udeh tua masih haus jabatan. Udeh aje ngurusin usahanye, rakus bener jadi orang. Harta mau, jabatan mau. Pusing sih gue, mah.

Om, kinclong bener dah itu.

Sebenernye gue masih kepengen cerita soal kejahatan di media, nanti deh ye bersambung. Kalo misalnye kalian kepengen tau lebih jauh lagi soal KONGLOMERASI MEDIA, yuk nonton film DI BALIK FREKUENSI, Kamis, 21 Maret 2013 jam 1 siang di Universitas Tarumanagara Gedung Utama. GRATIS! Ada Mbak Luviana dan si sutradara filmnye loh, namanye Mbak Ucu. Kalo misalnye kepengen nonton, mensyen aje ye ke @irvinalioni nanti gue tag-in tempatnye deh. Hehehe.


Anyway, makasih udah baca tulisan gue yang panjang ini. Ditunggu deh tanggepannye!

Sumber Gambar :

43 comments:

  1. Apa yang sering terlihat di berita atau di TV nggak semuanya benar. Itulah politik... Makanya penoton TV sekarang harus benar-benar cerdas dalam menonton. Kalo enggak? Yah, bakal terpengaruh...

    Semoga rakyat Indonesia bisa semakin crdas... Itu baru sebagian kecil... Masih banyak lagi kejahatan di Media TV...

    ReplyDelete
  2. KAK AKU PENGEN BANGET NONTON. TAPI APA DAYA... #BaladaRumahJauh

    ReplyDelete
  3. Wajar media kita jadi sumena-mena, karena nggak ada pembatasan antara kekuasaan politik dan konglomerasi bisnis

    Yah..., begitulah.... Endonesah -_-"

    ReplyDelete
  4. Yeah gw pertamax, gw jadi nyesel nonton ketek endy..
    Soalnya metrok tepe juga kan , ya.. Jgn2 tuh endi koyo masuk panas dalem juga yak?

    ReplyDelete
  5. kak cepetan lanjutinnya yeh. Gue msh penasaran ama kelanjutannyaaaaaaaaa. #

    ReplyDelete
  6. Hahaha...
    Politik dimana-mana.
    Ane nonton Tipi paling klo ada pertandingan bola doang. Hahaha...

    ReplyDelete
  7. weiih,,.,
    jdi pnasaaran ni mau nnton, kaya y seruu.
    punya link download-an film y gk? hee

    ReplyDelete
  8. Kejam bener... -_- Kak izin share yah linknya ke org laen.... ini penting nih buat orang lain tau

    ReplyDelete
  9. Jurnalis oh jurnalis... *puk puk penuh cinta*
    Kebanyakan mereka "berdosa" bukan karena kemauannya sndiri u/melanggar kode etik jurnalistik..... Media (komunikasi) terkadang memang harus kejam! *ngunyah permen karet*

    Entah Pak Hari Suwandi harus di-bully karena pengkhianatnnya thd.korban lumpur LAPINDO, ehh maaaaaaaapp, maksudnya lumpur Sidoardjo lainnya, atau harus dikasihani krn nasibnya yg smpai skrng belum jelas. Deg! Pas baca "Tapi bisa juga sih dibunuh, who knows?"

    Btw, Bung Bekry tuh kaya(raya)nya amit2 ya! Jd inget mantan pemain sinteron muda, NR, yg rela ninggalin karier keartisannya demi.... (ya gitu deh, smua org tau).

    Ah, Kamis sih ya, gue skolah! -___-

    ReplyDelete
  10. aaaaaaa tertarik banget tapi.... masi kuliah kamis + muati naik metro mini dulu dari kampus ke untar.

    ReplyDelete
  11. tipi udah jadi ladang yang hebat buat ngerubah pemikiran orang...trus yang enak ngapain?
    baca buku kali yak :D

    ReplyDelete
  12. Solusinya apa nih Pin? Apa ntn Tepe erI aja? Oiya klo media luar negri pegimane yak..?gt jugakah?

    ReplyDelete
  13. untung aja gw sering nonton tv kabel, lebih bagus acaranya tapi tetep aja males liat tv biasa ,__,
    telly tells a lie, satu kalimat untuk menggambarkan TV di sini (bukan TV kabel)

    ReplyDelete
  14. gak cuman di tivi sih, di media cetak juga sama aja. sebut aja koran R, koran P, semuanya juga kayak gitu. NGaa cuma kalangan politik doang, bahkan yang jadi public figure buat agama aja ngelakuin yang kaya gini loh.

    Saya pernah dikasihtau sama asisten ulama (sebut saja Aa, ya :)) Aa, dia dulu pernah disuruh aa buat nelfon-nelfonin media cetak, (sebelum Aa terkenal) bilang si asisten itu langganan koran/majalah tsb. terus disuruh bilang ke redaksinya: "Pak, saya langganan majalah/koran anda, dan saya sekarang ngefans berat sama aa. kalo aa nggak dibuatkan profil di majalah/koran bapak, saya akan berhenti langganan!"

    itu kan nyogok banget ya, tenarnya maksa ._.

    yang kaya gini namanya Hipnosis. Media bikin suatu pernyataan terus menerus yang nanti bakalan dianggap benar sama masyarakat, padahal aslinya boong gede.

    sekian.

    ReplyDelete
  15. Wah... gitu ye ternyata....
    Untung banget sejak kuliah dan indekos gue jadi jarang nonton tipi...
    Kalau pun nonton, ga yang Metrock Tipi atau Tipiwan, ga suka gue sama acaranya.

    ReplyDelete
  16. mbak, filmnya ada di diunduh gratis gak setelah ditampilin besok?

    ReplyDelete
  17. ini acara di negara yang katanya "DEMOKRASI"

    lha acara tipi negara komunis? jangan harap ada hiburan kayak Tendangan Si Madun :D

    ReplyDelete
  18. Baru tau kak pin ada kayak beginian. nice info !

    ReplyDelete
  19. bener kata michael jackson ehehe

    ReplyDelete
  20. wah saya baru tau serinci ini kak, sebenarnya sih saya juga sempat mikir masah beginian tapi gak ngegali ke akarnya. banyak banget permasalahan di media kita ini dan kemudian tiba2 saja berita itu menghilang entah kemana, semacam ditelan segitiga bermuda.

    ReplyDelete
  21. hm tetep aja ada rasis ya kapin -__-
    tapi emang iya sih kapin, tuh Indonesia Lawyers Club di tipiwan ga pernah tuh bahas ttg lumpur lapindo, yang lain2 dibahas, ya pantes aja, wong bencana dibuat sama pemiliknya #Pret

    ReplyDelete
  22. Tapi KompasTV sekarang ngilang, kagak bisa liat lagi, padahal acaranya seru-seru, iklan komersial juga dikit banget.
    Btw picnya Surya Palow itu serem, ekspresinya pas, like a devil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngilang Ktv (jaringannya Kompas TV di Jabodetabek + Serang) doang.
      Kalo Kompas TV-nya yang ngilang gue nggak bisa streaming juga kali :p

      Tentang Kompas TV n konco-konco'e dalam kelas TV jaringan, ternyata banyak masalah juga.
      Gue ada baca di blog sebelah.
      Kalau tertarik gue bakal bantu kirim resume-nya

      (udah nggak punya blog lagi, kakak)

      Delete
  23. Penggantian kata "LAPINDO" jadi "SIDOARJO" di tvone sih ga sekedar buat memperhalus deh. Ingat ga dari awal dulu perusahaan om ical*sok akrab* ini ga pernah mau mengakui kalau peristiwa lumpur ini benar2 murni kesalahan mereka tapi malah selalu dibilang ada sangkut pautnya sama gempa jogja waktu itu,dll pokoknya masalah alam gitu.*iyelah orang alam lo rusak!*
    Hilangnya kata Lapindo di tvone memperlihatkan kalo mereka ini semacam "lepas tangan" atas peristiwa yg terjadi.

    yg lebih mengerikan lagi dari konglomerasi media selain media jadi "alat" buat para pemiliknya, adalah ga ada keberagaman informasi yg bakal kita dapatkan -__- kita dicekokin mulu sama informasi dari satu sisi yg menguntungkan pihak tertentu (pemilik).
    kalo sekarang sih "untungnya" masih ada tv one dan metro tv yg saling menjatuhkan ~ berita yg ga diangkat di tvone,bisa dikupas abis di metro,contohnya lumpur lapindo~ yg penting kita sebagai pemirsa kudu pinter!
    sekian opini saya dan terimakasih ~

    ReplyDelete
  24. wah, baru tau yang beginian. gak sabar nunggu kelanjutannya. cepatan ya kakaak :D

    ReplyDelete
  25. Weh... berat sekali materi postingan kali ini, k pina... Btw, agaknya film di BALIK FREKUENSI bagus tuh... di-share di net gak ya?? pengen nonton full nya...

    ReplyDelete
  26. lanjutt dongg kak.. penasaran nih ^,^

    ReplyDelete
  27. kak vina.... awas nanti diculik :((
    sejauh ini media yang lagi gue seneng-senengin itu KompasTV, punyanya pemilik Kompas Gramedia siapa itu lupa namanya.. konglomerat juga, tapi mudah-mudahan gak dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi deh, semacam punya harapan pada kompas nih

    ReplyDelete
  28. siapa menguasai media, dia menguasai dunia... Kelihatan banget lah kalo media2 udah jarang banget yang netral, tergantung siape nyang punya aja...

    ReplyDelete
  29. sudah lama gak nonton dua stasiun tv itu hehe.. di Bali ada stasiun tv lokal yang kalau mau beritanya masuk ke tivi tsb, kita harus mengeluarkan sejumlah uang hahaha... aneh

    ReplyDelete
  30. Televisi sebagai media plg populer emg 'wadah' paling yahud sih kak pin. makanya orang2 kaya itu demen bikin stasiun TV. dan karena tujuan utamanya politis + bisnis, ya ga heran kalau banyak HAM pekerja maupun konsumen yg dilanggar (-__-) BTW, si Hari itu sama kasusnya dengan penulis buku Bakrie-SBY yg saat ini belom balik2 juga ke rumah lho kak Pin. Kak Pina hati2 lho ya :(

    ReplyDelete
  31. bener banget kak,
    dosen gue lulusan komunikasi juga. Dia bilang kalo tipi oon kalo nyebut LUMPUR LAPINDO tapi LUMPUR SIDOARJO.

    ReplyDelete
  32. chintya : siapa dosennya?

    suci : doain aja moga gue ga ilang haha

    leni : wah baru tau :o

    hesty : ember!

    ramy : moga kompas idealis ya

    luh : udah say

    faishal : ga ada dimari, nonton aje di kampus gue hoho

    putri : udah dilanjutin :D

    vitri : iya bener vit, jadi kurang beragam ya infonya

    sahil : he's a devil!

    irra : bener hahaha

    adit : haha gitu lah

    archer : emang dia bilang apa?

    ega : gitulah pak dokter haha

    sai : ga ada gratisaaaaaan

    dzikri : padahal acaranya bagus, tp emang suka yang terselubung

    safira : SIAPA TUH?

    rean : sama aje tipi kabel juga, soal ini ga berlaku cuma di media Indo kok

    nurul : pinter2 dalam mencerna media ya!

    audrey : yah :(

    yola : siapa penuisnya?

    putra : sipp!!

    adul : ga ada donlotannya

    jamal : yeee ada2 ajee haha

    vanka : uoi

    birin : udeh

    tayusani : endi koyo sapa?

    yohanes : ga cm di indo kok

    siwabo : kesian deeh...

    rikar : amiin

    ReplyDelete
  33. Ya Allah, Bpk. Hari Suwandi itu kasian banget :" emang, media pertelevisian dan media cetak sekarang memihak kepentingan perseorangan. Nggak sepaham, ya buang. Mereka menguasai dan menjelali massa dengan berita yang tidak sesuai dengan fakta. Indonesia kok gini banget sih :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak disini doang, di luar negeri banyak juga kok fakta yang dibungkam

      Delete
  34. Hallo sesama mahasiswa komunikasi nice nih tulisanmu. kemaren itu film jg diputer di Jogja, sayang aku nggak ikut nonton hehe. emang ya media tuh ngeri sangatt huhuhu. semoga nanti lahir yang idealis dan tidak memihak siapapun

    ReplyDelete
  35. udah balik ke jaman hitam putih ja yuk cuma ada TVRI. tipi kelir bikin hidup makin surem -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kok, di jaman soeharto malah lebih parah

      Delete
  36. kok ngeri ya, duh media aja udah di manipulasi, oh Indonesiahhhh -___-'

    ReplyDelete
  37. Ya begini nih jadinya kalo media udah diobok-obok sama politisi. Anehnya, disaat orang yang bener aja kayak Ibu Risma yang udah dapet jabatan aja pengen mundur karena merasa berat dengan amanah, yang lainnya malah pada pengen dapet jabatan. Teuing ah teu ngarti. Heup we. Dari indra, di Cilembang Tasikmalaya. Trims.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*