Friday, 24 May 2013

Yang Haram Emang ENAK!


Oke, udeh lama gue kagak nulis dimari. Saatnye nulis kembali biar kalian kagak kangen sama gue. Hoeeekkkk.

Pasti banyak pertanyaan kenape gue sekarang udeh jarang nulis. Ya walaupun jarang, tapi setidaknye seminggu sekali lah ye diperbarui hihihi. Gue jarang nulis dimari karena lagi skripsian aje sih, sama banyak acara #preeet. Oh iye, sebelomnye gue mau bilang nih kalo buku pertama gue bareng @kancutkeblenger yaitu "KANCUT KEBLENGER : DIGITAL LOVE" bakal terbit Juni nanti. Hasil penjualan buku buat charity, so pastikan kalian beli yakkk! Kapan lagi beli buku sambil beramal? Hihihi.

Bukunye bercerita soal lika liku kisah percintaan di dunia maya dari 8 penulis. Ada yang pernah diselingkuhi berondong, dapet jodoh di Kancut Keblenger, jadian dengan sesama jenis, dll. MUSTI BELI DAN BACA! Penerbitnye dari Bukune loh! KEREN KAN? IYA KAN?!!!!

Anyway, gue keinget perkataan salah satu temen gue. Kalo sesuatu yang diharamin sama Allah, pasti selalu yang enak-enak. Yaaaah namanye juga cobaan, mau ngikut ape kate Allah atau kate hawa napsu aka Setan? Iye bener, ini salah 1 cobaan kite di dunia loh dan susah banget buat dihindari, hiks :'(

So, ini dia 3 poin yang diharamin sama Allah tapi ENAK!

POIN Pertama, zina. Kite semua kagak boleh melakukan zina ataupun yang mendekati zina. Zina juga macem-macem bentuknye, kagak cuman masalah koitus dengan pasangan non-halal. Mikir jorok, coli, liat orang telanjang, liat aurat non muhrim, nonton bokep, pelukan/ciuman sama pacar, dll. Nah yang disebutin barusan, sebenernye enak buat dilakuin. Tapi, enak dalam waktu sesaat plus dosa pula. Iye kagak? Silakan renungkan.

Mau dong dicium :3

POIN Kedua, masalah fashion. Khususnye buat cewe, nih. Allah udeh ngasi tau, kalo cewe mending kalo pake baju dan dandan kagak usah aneh-aneh. Cukup pake terusan gombrong dan jilbab yang sampe menutup dada. Model baju kagak usah yang ribet, apelagi model jilbab, yang banyak bener gayanye di jaman sekarang.  Allah udeh ngajarin kite (cewe) untuk gak maksain diri buat sok kece. Apelagi untuk tampil kece, kan perlu duit yang kagak sedikit.

Para Hijaber "Gaul"

Bayangin aje, kalo misalnye kite mau ikut-ikutan tren, pasti bikin stress. Soalnye tren itu cepet banget berubahnye. Baru juga punya baju bunga-bunga yang lagi tren, eh tau-tau trennye berganti jadi tren baju kotak-kotak. Trus pas mau pake baju bunga-bunga lagi, kadang kite mikir, “Duh malu pake nih baju lagi, udeh kagak hits...”

Jilbab yang bener kayak gini. Hmmm, gue belom pake jilbab sampe segini sih :'((( dan sejujurnye gue malah salut sama cewe muslimah yang jilbabnye kayak gini. JEMPOOOOLLL!


Belom lagi masalah make up, beuuuh make up cewe mahal bener loh. Kalo mau tampil cakep banget, musti punya make up yang lengkap. Bedaknye aje diatas 30 ribu (untuk natural, kalo buat acara penting pake yang bagus punya, biasanya diatae 100 ribu), foundation (foundation yang paling bagus gue beli 160 ribu merek Revlon, itupun jarang dipake karena sayang, hiks), lipstik diatas 100 ribu (musti beli yang mahal, kalo yang murah bahaya loh hihhh!), pelembab bibir 35 ribu, pensil alis 20-75 ribu, maskara diatas 75 ribu (yang merek ternama), duuuh pokonye banyak bener dah! Bisa-bisa buat make up doang minimal musti ada duit 500 ribu. Tentunye pake make up yang bagus punya. Itu belom termasuk beli penjepit bulu mata, bulu mata palsu, dan brushnye.

Rempong ye jadi cewe :'(((

See? Mau tampil super cakep itu muahaaal. Belom lagi perawatannye. Hiks...

Oh iye lupa! Parfum! Nah, sebenernye cewe kagak boleh pake parfum, soalnye takut bikin lawan jenis “ON”. Dan emang bener, pernah ada penelitian kalo cowo itu gampang “ON” kalo udeh di deket cewe wangi. Sebaliknye, cewe gampang “ON” kalo nyium bau badan cowo yang khas. EAAAAAK!

Oh iye, sebenernye Allah kagak nyuruh cewe-cewe buat dandan cakep kok. Boleh dandan, tapi atas dasar untuk SUAMI. Bukan biar dapet pujian cantik dari orang-orang, apelagi buat memikat lawan jenis.

Kata Allah, yang penting kite tampil bersih dan natural aje. Misalnye nih, cewe-cewe biar ga dekil-dekil banget, ya pake bedak tipis aje sama pelembab bibir. Selesai deh. Yang penting mah, mukanye dijaga dengan perawatan sederhana, yaitu cuci muka dengan facial foam/sabun muka dan sesekali dimaskerin.

Banyak cewe yang pada operasi plastik. Padahal kagak boleh sama Allah :'(

Tapi tetep aje, namanye juga cewe suka yang indah-indah. Jadi, jarang banget ada cewe yang pake busana dan dandan sebagaimana mestinye. Maka kagak heran kalo ada sebuah hadist yang mengatakan kalo di neraka kebanyakan penghuninye cewe..

“Aku melihat ke dalam Syurga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita.” (Hadist Riwayat Al- Bukhari dan Muslim).

Hufffttt...

Gue pun sejujurnye belom melaksanakan semua yang sebenernye udeh diperintah Allah. Misal, pake jilbab sampe menutup dada (sering sih, tapi sesekali suka kagak sampe dada), masih suka dandan menor (untuk acara tertentu sih, jarang kok! Kalo sehari-hari cuma bedakan+pake pelembab bibir), trus masih pake celana (padahal cewe muslimah mustinye pake rok panjang), dll. Hehehe. Namun, ini semua bisa diminimalisir, kalo dijauhin kayaknye suseh bener bok di jaman sekarang gini. Ape cuman perasaan gue aje? Hiks.

Tonjolannye kagak nahan bok!

Pake bulu mata palsu haramkah?
Dari buku dan acara TV (MOZAIK ISLAM) serta ceramahan ustadz/ustadzah sih, katanye dosa. Itu bertanda kalo kite bohongin orang dan kagak mensyukuri nikmat Allah yang udeh dikasi.

Kalo untuk pertunjukan, masa kagak boleh pake bulu mata palsu? – seseorang bertanya di Twitter
Nah, gini yak. Pertama, setau gue cewe kagak boleh menunjukkan apapun kepada publik. Kayak nyanyi dan menari. Aurat bok! Mau nyanyinye kagak pake desah-desahan dan masih pake baju sopan... Ya tetep aje, katanye tuh suara cewe aurat (udeh kagak bisa diganggu gugat, udeh aturannye begono!). Bahkan mungkin ada alesan laen kenape cewe kagak boleh ikut-ikut pertunjukkan (nyanyi/nari/dll). Ginih :

1. Suara cewe yang merdu ditakutkan bisa membuat cowo-cowo terpana. Setelah terpana, trus jatuh cinta, (ditakutkan) berimajinasi liar (mikirin si cewe merdu mulu), menghalalkan segala cara buat dapetin tuh cewe, dan laen-laen.

Sulis, apa kabar dirimu?

2. Cewe kalo disuruh nyanyi, pasti kebanyakan disuruh pake baju yang sebenernye kagak sesuai dengan aturan Islam, karena musti ngikutin selera pasar (FYI, pasar/konsumen jarang yang suka sama penyanyi pake baju muslim yang kayak jubah itu loh). Lihat Fatin di X-FACTOR, jilbabnye keren banget kan tapi tetep kagak sesuai syar’i. Ya gitu deh, pasar kebanyakan cuman mentingin penampilan doang (suara bagus+baju uptodate), tanpa melihat aturan yang sebenernye.

Fatin nunjuk sape?

3. Cewe berjilbab (mau syar’i atau kagak) kurang diminati pasar kebanyakan. Makanye jarang kan penyanyi cewe yang Islam pake jilbab? (Kecuali pas Bulan Ramadhan kayaknye). Wong kebanyakan pada pake baju seksi-seksi, kok. Makanye, Allah ngelarang cewe-cewe jadi penyanyi juga ada maksudnye. Soalnye kalo cewe jadi penyanyi, dikhawatirkan akan berujung pamer-pamer aurat laen (Selaen aurat suara).

Haifa Wehbe, penyanyi Arab kesukaan gue. Seksi ye. Tapi keseksiannye jadi milik kite semua hehe.

4. Cewe kalo jadi penari dan model, bakal lenggak-lenggok dan berujung pamer aurat dan pemakaian busana kagak sesuai aturan. Makanye cewe muslimah kagak boleh jadi penari/model pula.

Namun, cewe muslimah masih bisa berkreasi dan berprestasi di bidang laen kok. Misalnye jadi penulis, aktivis, pengusaha, dll.

Kedua, pemakaian bulu mata palsu kan udah jelas dibilangin haram. Namun menurut gue bisa diantisipasi dengan pemakaian maskara, walau kagak secakep kalo pake bulu mata palsu. Yaaaa..... Kalo mau meminimalisir si haram itu, sih (Pernah nonton soal ini di Mozaik Islam).

Tiap gue pake maskara, gak sampe sebagus ini -___-

Untuk poin fashion ini, emang suseh banget buat dihindari cewe-cewe ye. Ya pokonye, minimalisir aje lah yang penting. Jangan terlalu berlebihan dan memaksakan diri. Cukuplah kite (cewe-cewe) dandan menor kalo ke kondangan, pake baju kece kalo ada acara penting, dll. Kalo gue sih begitu, hehehe.

Soal nyanyi, gue suka nyanyi sih. Itu juga cuman di soundcloud dan jelek -________-‘ #sigh.

POIN Ketiga, soal MAKANAN DAN MINUMAN! Huiiih, makan enak di segala tempat, sape sih yang kagak mau? Tapiii, terjamin kagak HALALnye? Banyak loh tempat makan yang sebenernye belom dapet sertifikasi HALAL. Hiiiih, awas nanti tau-tau makanannye pake babi lagi~~

Sudahkah restoran sushi yang biasa lo kunjungi bersetifikasi halal?


Selaen HALAL dalam arti kagak pake daging/minyak/lemak babi, halal juga bisa ditafsirkan ketika sebuah produk kagak membahayakan kesehatan kite. Nah, yang ini agak susah. Soalnye kebanyakan makanan yang dijual kebanyakan pake bahan-bahan yang berbahaya. Ada MSG, bahan pengawet, belom lagi banyak makanan yang pake boraks, pewarna tekstil, dll. Parah banget kan? Ini juga sebenernye bisa jadi HARAM untuk dimakan. Trus kalo kite kagak tau kalo makanan itu mengandung bahan-bahan berbahaya, gimane? Yaudeh, itu bukan salah kite kok. Yang penting, MINIMALISIR aje dengan segala makanan berbahaya yang dijual. Yaitu dengan masak makanan sendiri dan baca doa sebelom makan.

Masih menyangkut soal makanan dan minuman, di jaman sekarang kite udeh banyak menemukan anak-anak muda yang suka mabok-mabokan dan pake narkoba. Katanye sih enak. Cuman buat ape enak kalo ngerugiiin badan sendiri? Ye kagak?

JANGAN SAMPE KITE KAYAK GINI!!!

Ditambah dengan adanya rokok. Gue tau rokok bukan makanan ataupun minuman. Bingung juga sih musti diklasifikasiin kemane. Tapi ya tetep aje, kite tau kan kalo rokok itu bahaya? Trus kenape masih  ada aje orang yang mau ngisep? Ya karena mereka udeh keenakan.

Dari ketiga POIN diatas... That’s why, gue menganggap kalo yang HARAM emang selalu ENAK buat dilakuin buat kite semua. YE KAGAK? Padahal kite tau kalo itu dosa, tapi kenape masih dilakuin? Katanye manusia punya LOGIKA, kok KAGAK DIPAKE? Hmmm, kalo kata seorang terapis hipnoterapi ye, kalo misalnye kite masih melakukan yang gak baek itu karena kita melakukannye di alam bawah sadar. Katanye sih alam bawah sadar itu bahaya, jadi musti diubah dengan hipnoterapi salah satunye (kalo mau cepet dan ada duit hahaha). Yang penting mah kalo menurut gue, ada niat yang kuat, usaha, dan doa sih. Pasti Allah akan kasi jalan yang bener lagi buat kite. Muehehehe.

49 comments:

  1. Emang sih kak, yang namanya barang haram udah dimodifikasi sama manusia yang pikirannya dipengaruhi setan agar menarik dan yang terpikat. Saking udah biasanya, sampi kita tak sadar itu haram. Naudzubillah.

    Btw kenapa ya, setiap ngomongin bulu mata, pikiranku langsung terhubung sama Syahrini? Doi pakai bulu mata + maskara ya?

    ReplyDelete
  2. hooh, bulu mata khatulistiwa, dia kan usaha begituan juga :p

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget ini mah! Poin2 di atas emang cara islam untuk ngelindungin kaum cewek. Tapi, prakteknya? Ya gitu deh, kayak judulnya, kebanyakan kita ngelakuin yg asal ENAK ajah. Berat, berat banget emang untuk ngikutin syariat (apa menurut gue aja nih?) Jadinya yg bisa gue lakuin ya paling gak meminimalisasi, deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang berat bgt buat ngikutin secara syariat, apalagi kalo sadarnya pas udah gede kayak gini. seharusnya ortu dr kt semua berperan aktif dalam mengarahkan anak sesuai dg tuntutan agama sejak kt sedari kecil. pasti sekarangnya gak seberat ini deh hehehe.

      ya yang penting, minimalisir aja dulu.

      Delete
  4. pelan2 lah kt perbaiiki dri kt masing2...

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. setau saya sih rokok itu Makruh. masih boleh dikerjakan, tapi lebih baik tidak dikerjakan karna sifat rokok yang merugikan orang yg tidak merokok.

      Delete
    2. Makruh om. Tapi karena bawa banyak mudharat nya dibanding kebaikannya, digolongkan ke haram.

      Delete
  6. Buset... Tonjolannye...
    kesannya nantangin orang gitu... Ckckck...

    Kalau penyanyi berhijab sekarang udah ada yang nembus sampai Amrik malah.
    coba googling: "Yuna"
    penyanyi dari Malaysia, udah berhijab sejak dulu, sekarang dikontrak labelnya David Foster (Verve)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di satu sisi mau bangga tapi di sisi lain gimana gitu #taulah hhe

      Delete
  7. setauku mslh suara itu emang repot kak. aurat tapi bukan gak boleh nyanyi, kak. aku dulu ikut remaja masjid gitu kan di SMA. nah kalo ada pengajian (biasanya dipisahin pake hijab) yg cewe2 ttp boleh tanya kan? asaaaaal suaranya itu gausah di alus2in, di imut2in dan menggoda gt. tp bukan berarti suaranya kudu ngerock. ya begitulah. asli dah ribet jelasinnya -_-

    ReplyDelete
  8. klo mw beli lipstick yg murah yg merek lokal aja (yg ud trjamin halal n pomnya) :)

    ReplyDelete
  9. waduh ka pin aku sih pake hijab tapi belum memenuhi ketentuan yang di wajibin Allah. sejuk banget liat fotonya oki setiana dewi, berhijab tapi tetep anggun. nah kalau yang hijabers aku juga rada kurang sreg soalnya aga2 ria gitu ya apa2 harus matching dan fashionable jadinya malah menghambur2kan uang.

    ReplyDelete
  10. dulu pernah dengar lagu, lupa lagu apa. ngejawab kenapa ?
    Kenapa yang enak - anak dilarang / diharamkan, jawabnya adalah karena itu adalah perangkap setan, setan masang perangkap ditempat yang enak-enak.

    ReplyDelete
  11. makasih banyak mama pina atas inpohnya.. nambah pengetahuan banget, semoga bisa ane jalanin, tapi g langsung semua.. hehehe satu2, apalagi nutup aurat nih jadi PR utama

    ReplyDelete
  12. irvina :') aaaa *hug*

    May Allah bless u sist, as always.

    semoga teman-teman remaja yang muslim bersemangat memperbaiki diri setelah baca artikel ini. Kapan2 nulis juga tentang kosmetik yg ada sertifikat halah dan nggak dong :) pasti seru. sebenernya saya mau nulis itu tapi blm sempet2 ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. akuh ndak begitu ngerti soal komestik, ciyus deh. dirimu saja deh nanti ku baca dan share :)

      Delete
  13. Nice post Pin. Moga makin banyak kaum Hawa yang baca. :)

    Bisa juga buat pegangan cowok2 nih biar lebih menghargai lagi kaum Hawa, tertarik sama lawan jenis karena hatinya, bukan karena penampilannya... :)

    ReplyDelete
  14. Ada yang bilang 'Dunia itu surga bagi orang kafir dan penjara bagi yang beriman sedangkan akhirat adalah surga bagi orang yang beriman dan penjara bagi yang kafir.'
    pilih mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah baca, ini kata siapa ya lupa euy

      Delete
    2. ini kan hadist, tapi lupa juga diriwayatkan oleh siapa..

      Delete
  15. setuju banget sama poin keduanya kak pina
    sampai sekarang sy juga belum pake jilbab yang syar'i :(
    semoga kita semua di beri jalan oleh Allah :')

    ReplyDelete
  16. ah.. lo juga suka dandan kan pin?
    hehehe pissss :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bah, Jaka gak baca secara keseluruhan tulisan ya?

      "Gue pun sejujurnye belom melaksanakan semua yang sebenernye udeh diperintah Allah. Misal, pake jilbab sampe menutup dada (sering sih, tapi sesekali suka kagak sampe dada), masih suka dandan menor (untuk acara tertentu sih, jarang kok! Kalo sehari-hari cuma bedakan+pake pelembab bibir), trus masih pake celana (padahal cewe muslimah mustinye pake rok panjang), dll. Hehehe. Namun, ini semua bisa diminimalisir, kalo dijauhin kayaknye suseh bener bok di jaman sekarang gini. Ape cuman perasaan gue aje? Hiks."

      "Untuk poin fashion ini, emang suseh banget buat dihindari cewe-cewe ye. Ya pokonye, minimalisir aje lah yang penting. Jangan terlalu berlebihan dan memaksakan diri. Cukuplah kite (cewe-cewe) dandan menor kalo ke kondangan, pake baju kece kalo ada acara penting, dll. Kalo gue sih begitu, hehehe"



      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Yang haram emang enak? Umm...bener juga. Bukan cuma hal-hal yang besar seperti "berhubungan dekat" dengan yang bukan muhrim, nyontek juga termasuk deh kayaknya :)

    *Komentar pertama banyak yang typo. Jadi nulis lagi hehe

    ReplyDelete
  19. Wih itu pake jilbab tapi bawahnya gitu haha, mending copot aja jilbabnya. Semoga banyak yang baca ini ya, nice posting kak pin :)

    ReplyDelete
  20. ini ini ini penting xD haram emang enak, menggoda.. makannya itu membedakan mana orang yang baik mana yang kagak *mungkin loo ya :D

    ReplyDelete
  21. wkwkwk iya emang bener kak pin, ngikutin tren emang bikin stress tapi kadang juga enak, cuma ga enak kalo pas aga ada duit hahaha

    ReplyDelete
  22. wahahaha ..
    emang bener kakk , yang haram itu psti enak ..
    kayak lagunya rhoma irama tuh kakk .
    tapi aku lupa yang mana ..

    ReplyDelete
  23. lengkaaaaaaap bener pin lengkaaaaap... sebenerya gua juga kadang suka salut sama muslimah2 yang jilbabnya panjang gitu. kenapa koq gue ga bisa gitu ya kaya gitu. ya tuntutan gaulitas kalo kata temen gue mah hahaha. nah iya itu dia beneeeer, seharusnya dandan itu cuma buat suami kan ya, aduuuuuh duuuuuh kayaknya muka gue bakal demek banget kalo ga dandan gitu. udah pas nih judul, yang enak2 malah diharamkan.. padahal kita didunia cuma sebentar yah.

    ReplyDelete
  24. ah, memang ya mbak, memakai jilbab ala mbak oki setiana dewi itu menyejukkan. ga repot. dan memakai hijab gaul, sangat repot. minimal 3 jarum baru bisa merekat kerudung. ah, memang yang simpel itu bagus!

    ReplyDelete
  25. jadi cewek ribet ye. Untung gue cowok. dan alhamdulillahnya jga calon ibu dari anak-anak gue natural banget orangnya. gasuka pake bedak dia. dan gasuka dandan menor menor alay. alhamdulillah yah... *malah curhat :/

    ReplyDelete
  26. bujug kosmetiknya banyak bener, gue cuma pake pelembab, bedak ama minyak wangi -_- *berasa usia belia terus*

    ReplyDelete
  27. zuhud..tidak berlebihan sekalipun itu halal. keren ya kamu..bisa dakwah tapi dg cara yg santaaiii

    ReplyDelete
  28. wes...

    mantaplh mbak... emang bener sih,

    yg bagian Zina tuhyg ngena banget di hati gue.

    ReplyDelete
  29. kereen bangeet ka' pin 4 jempol sama kaki deh buat kaka.. B)

    ReplyDelete
  30. Wah, ribet juga ya jadi cewek?
    Untung eike cowok ya booo, wkwkwkw :)))
    Tapi itu serius ya cewek gak dibolehin nyanyi? Baru tahu gue :D
    Tapi elu gak menor kan dandannya? :D

    ReplyDelete
  31. ribet ye kak,harus mekap an dulu, ga usah pake makeup deh cantik natural aja(asli ga pake bedak atau apelah) caranye dengan berwudhu dan membaca Al-quran kalo aku sih mhahahakk #tabok

    ReplyDelete
  32. Super sekali kapin d(^.^)b
    pelan-pelan belajar jadi muslimah sholehah sesungguhnya #eeeeaaaa

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. okedeh kerenn, manfaat bgt.

    tapi dengan tren-tren hijab, saya salut kok, walaupun masih banyak yang kayak kakak bilang, belom sempurna memenuhi syariat. tapi ini bisa jadi awal untuk aurat yang lebih tertutup, ketertarikan yang baru juga kan bagi mereka yang suka fashion. soalnya banyak orang ga mau berkerudung alesannya karena ga fashionable, tapi setelah ada hijab2an, lumayan bisa teratasi ;).

    sorriiii banget nih kak, kan lagi ngebahas soal aurat nih. tapi kakk,foto yang kakak bilang nonjol itu, juga menurut saya kurang pantes untuk dipasangg. nyebarin aurat seorang muslimahh kan. sama aja dong. memperlihatkan punya dia ke khalayak banyak. kecuali atas persetujuan dia ;) maaf ya, cuman saling ngingetin aja.

    ReplyDelete
  35. aaaaak sama Kapiiin, kalo di hindari seratus persen emang susaaah, bisa meminimalisir aja udah sukur ya. haha

    ReplyDelete
  36. Kaak Piiinaaaa setujuh banget sama ke tiga point tadi, ehh taapiiinya susah banget buat dihindarin.
    1. Zina , yawaloupun kita cuma pegangan dng lawan jenis aja udah bisa dikatakan zina gimana yg pacaran kak ampe peluk2an cium2an gitu.

    2. Fashion, beh bagi cewek ini nih yg susah kalo ada tren yg terbaru langsung deh di ikuti, apalagi ngetren nya sekarang yg mini-mini

    3. dan yg terakhir Makanan-minuman, ini nih kadang kita bangga banget kalo makan di restoran yg elite yg nama menu makanannya keinggris2an ato kejepang2an tapi kita belom tau itu halal apa kagak.

    tapi Insya Allah deh kalo ada niat pasti bisa diminimalisir, step by step :)

    ReplyDelete
  37. tinggalin yang haram dimulai dari diri sendiri.
    udah pantaskah kita dihadapan yang Maha Kuasa?
    soalnya selama ini cuma bisa ngebuktiiin di mulut doang tanpa diikutin dengan perilaku

    Wallahualam..

    *sungkem

    ReplyDelete
  38. mantap mbak. menarik perhatian saya karena tulisannya diracik berdasarkan persepsi mbak. Kalo yang ustadz udah biasa soalnya.

    nb : itu fathin napa jadi ibu-ibu gt, dandanannya... 0_o

    ReplyDelete
  39. Yuk, Kunjungi jurnalanaknomaden.blogspot.com! Ikuti kisah-kisahnya yang aneh, unik, jarang ditemukan, sedikit jenaka, dan mungkin akan romantis khas Anak Nomaden! See You! ;)

    ReplyDelete
  40. cewek hijab yg fashionnya pgn "kece" justru mlh keliatan berlebihan. disisi lain, ada yg berhijab tp pakeannya ketat n keliatan jelas lekuk tonjolan tubuhnya. mereka aneh..

    ReplyDelete
  41. kalau suara, setauku bukan aurat. kita tetep boleh bersuara di depan cowok yang bukan mukrimnya, tapi untuk urusan-urusan yang memang dibutuhkan, misalnya jual beli, belajar mengajar, ceramah, dll.
    Tapi kalo sampe kita nyanyi, trus bikin orang sampe cinta itu emang ga boleh.
    susah ya jadi cewek :)))

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*