Tuesday, 5 November 2013

Makan SAMPAH Yuk!


Ape sih yang bakal terlintas di benak lo ketika baca kata SAMPAH? Bau? Menjijikkan? Pengen muntah? HOEEEEK!

Tau kagak sih lo, sebenernye hampir tiap hari kite MAKAN SAMPAH. Ade yang sangat menikmatinye, ade juge yang boro-boro nikmatin, yang ade bikin kesel. Loh? Emang SAMPAH yang dimakan ape, sih?

SAMPAH yang gue maksud adalah SAMPAH MEDIA. Terutama, media penyiaran di Indonesia! Hayoo, sape di sini yang masih nongton media mainstream Indonesia? Sape yang masih nongton Dahsyat, Inbox, Pesbukers, YKS, sinetron, dll?


Sudahkah anda makan sampah? Karya Om @MartoArt


Yah, daripade nongton begituan mending nulis blog deh. Ciyus! Tapi boleh deh nongton gituan kalo nantinye hasil tontonan bakal dijadiin bahan tulisan blog, buku, skripsi, dll.

Dan melalui tulisan ini, mari kite mengulik SAMPAH-SAMPAH tersebut. Cekidotzzz!


MUSIK SAMPAH
Udeh berape banyak artikel di internet yang mengkritisi tentang sedikitnye lagu-lagu khusus anak-anak, dangdut berkualitas, dan lagu cinta yang puitis? Gue yakin, PASTI ADE BANYAK BANGET!

Miris, di era yang katanye udeh maju begini tapi kok keliatannye otak para ORANG-ORANG YANG NGAKU KREATIFnye malah mengalami KEMUNDURAN. Budaya ikut-ikutan, plagiat, minim edukasi, halah you knowlah dengan fenomena musik Indonesia saat ini? Walau kite tau KAGAK SEMUA MUSIK INDONESIA KAYAK GITU, tapi tetep coba lihat lagu-lagu yang merajai tangga musiknye. Hih, isinye musik-musik norak gitu kan?

Keinget jaman 90an, di mane anak-anak kecil masih punye artis idola cilik dengan segudang lagu-lagu edukasi. Coba sekarang? Isinye cinta-cintaan.  Anak kecil tau ape dah soal CINTA? Gue sih jaman kecil dulu ye, taunye cuman biji congklak, ape tuh cinta kagak ngarti dah!!!!

Fenomena girlband/boyband dong liat. Penyanyinye juge apaan tuh, nyanyi kok pade keroyokan? Belom lagi dandanannye, Subhanalloh, paha paha everywhere! Make up super tebel (termasuk penyanyi cowonye!)... Duh pusing! Tapi denger-denger sih, fenomena girl/boyband udeh agak menurun. Apelagi pasca Morgan dan Anisa , ‘sang anak emas’ dari grup kroyokan ntu pensiun dini. Ngakunye sih mau pade konsen kuliah, percaye? Bullshit, si Morgan aje sekarang malah sibuk maen SHITNETRON bareng Nikita Willy. Anisa? Liat aje, palingan juge nyusul, minimal FTV lagi dah! Ngikik ah.

MORGAN UDEH INSAF

Denger-denger lagi nih, fenomena girl/boyband kini digantikan oleh musik dangdut koplo yang ujung-ujungnye ya SAMPAH juge. Jujur, gue tuh demen ame musik dangdut, tapi dangdut macem Iis Dahlia, Evi Tamala, dan Elvi Sukaesih jaman 90an gitu loh. Galaunye dapet. Kata-katanye enak didenger. Coba dangdut sekarang?

Cinta satu malam, oh indahnya. Cinta satu malam buatku melayang (dengan pidio sepasang kekasih yang terlihat lagi indehoy bercinta)
Satu jam saja ku bercumbu rayu...Satu jam saja bercinta denganmu (dengan pidio si Zaskia Gotik lagi pamer pantat dinungging-nunggingin ala itik)

ZASKIA GOTIK DENGAN PANTAT BAHENOLNYE

Dan masih banyak lagu dangdut lainnye yang terdengar vulgar. Oke deh kalo emang lagu ini khusus dewasa, tapi kenape selalu diperlihatkan atau diperdengar bukan di jam dewasa? Kagak heran dah kalo anak jaman sekarang pade apal lagu begonoan.

ACARA SAMPAH
“Masak aer biar mateng.. Muke lo kayak pantat panci! Hahaha” (lalu lemparin bedak atau terigu, entahlah! Lemparin ke orang yang lebih tua lagi, duh!).
“Eh eh, ada alien lewat!” (lalu dijorokin ke barang-barang yang katanye dari sterofoam).

Setelah sukses acara Pesbukers, kini Anteve membuat acara baru berjudul Twiteran. Biase dah, palingan kagak jauh-jauh maen bully-bully-an artisnye. Yang ngisi acara palingan ntu lagi.

PESBUKERS ANTEVE INI MENURUT GUE SIH KAGAK LUCU

OVJ? Ah entahlah, selaen bosen dengan jokes-nye, ujung-ujungnye jorokin pemaen dan.... IKLAN! Iyaaakk, iklannye buanyak beneeerrr! Bisa kagak dah kite mantengin acara utuh gitu? Hoaaah ape-ape iklan, ketara banget sih demen duitnye!

YKS? Halah, ape ntu joget-jogetnye kagak bosen ape dari bulan puasa sampe sekarang begitu mulu? Gue aje bosen. Walau jujur, pade awalnye gue demen. Tapi ya plis daaaah kagak sampe akhir taon juge jogetnye begitu mulu!

Acara apelagi nih yang menurut kalian SAMPAH? Kayaknye masih banyak dah.

infoTAInment
Si playboy Vicky kenape sih masih aje nongol di tipi? Ame keluarganye pula, sensasi A-Z diumbar, duh. Settingan? Bisa jadi, namanye juge si tante lagi cari duit bakal bayar pengacara!

Daus Mini selingkuh? Saiful Jamil punye gebetan baru? Hahaha yakin? Liat aje nanti palingan cewe yang diisukan jadi selingkuhan dan gebetannnye ntu bakal jadi penyanyi dangdut!

Farhat Abbas koar-koar lagi? Koar-koar tentang Agnes Monica yang musti pake koteka kalo mau GO INTERNASIENEL? Ya namanye juge PENGACARA GAGAL, jadinye koar-koar aje terus di media, biar nanti diundang, dapet duit, terus bisa beli SEPATU BLINK-BLINK lagi daaah!

Mane nih infoTAInment yang enakin di hati? Soal prestasi seleb gitu? Ade sih, tapi jarang terdengar, kebanyakan sensasi!

BERITA SAMPAH
Jadi, ade koruptor yang berhasil ditangkep nih. Terus ketahuan si koruptor ternyate punye cewe-cewe cakep. Dan konten berita yang seharusnye lebih menyorot tentang hasil korupsinye, eh malah kagak fokus dan selalu menyorot tentang cewe-cewenye. Cape deh, berita di tipi kenape jadi kayak infoTAInment?

Ya begitulah pemirsaaaah, namanye juge ntu media lagi butuh duit. Etapi kite kan butuh informasi kece? LOH, KAN GRETONGAN KOK BANYAK PERMINTAAN? Yaelah, kan media ente ntu FREKUENSI PUBLIK, musti berisi hal-hal yang penting buat publik dong ah! Coba deh liat P3SPS!

DICERAMAHIN SAMA MIMIN @REMOTIVI LUMAYAN JADI PINTER!

P3SPS HANYA SEBAGAI HIASAN AJE 


Mau sampe kapan kite MAKAN SAMPAH?

Yaudeh sih kagak usah dimakan!

Lha, terus tipi gue diapain dong?

DIJUAL AJE! MAKANYE PAKE TIPI KABEL!

Kagak mampu mak!

MATI AJE DAH!



78 comments:

  1. bener banget deh, apa yang didengar kayak lagu-lagu dan apa yang dilihat kayak berita atau acara di televisi udah aneh dan gak jelas-____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mending ngeblog kemana-mana deh :((

      Delete
  2. aduh ngakak liat gambar-gambarnya :D

    ReplyDelete
  3. Gue setuju banget mbak. banyak acara sampah dan gak penting yang kata mereka itu lucu. terus kalau musik? gak ada perkembangan nya emang. kadang-kadang kangen sama musik2 jaman dulu, jamrud, sheila on 7, peterpan.

    ReplyDelete
  4. maka dari itu beralih ke internet, nyari informasi atau hiburan yang sesuai yang kita mau. '-')9
    Tapi penyedia koneksi internet masih kurang memberikan yang terbaik. Ada aja yang kurangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah rumah gue ga ada, adanya wifi sekolahan

      Delete
  5. Iyah udah jarang banget nonton tipi ka pin. paling nonton doraemon hari minggu doan atau net kalo senggang, selebihnya males ah. ga ada yang penting buat di simak, mending balik baca koran klo butuh berita, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati-ati beritanye kagak berimbang

      Delete
  6. Menurut gue juga, media jaman sekarang emang banyak bawa pengaruh buruk buat anak jaman sekarang. Agak miris juga sebenernya. Hufft..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanye ntar klo udeh punye anak, dijaga baek2 yak!

      Delete
  7. iyasih, paha paha everywhere :D apalagi jeketi 48

    ReplyDelete
  8. Iya juga ya makin kesini jadi makin gak jelas acara tivi kita. Ngelemparin terigu & bedak ke orang yang lebih tua, padahal bahaya kalo udah kena mata. Hmm..

    ReplyDelete
  9. Ini juga yang dari dulu saya resahkan. Banyak acara-acara yang saya rasa kurang bermutu bertebaran di tipi, sinetron lah, FTV lah, ya pokoknya begitulah ya. Dan ... di rumah saya punya adek 3 perempuan semua, yang secara gak langsung kalau mbah-nya sedang ngeliat eh ikut liat juga. Eh akhirnya juga pada suka sinetron. Ya tau sendiri lah ya, sinetron mana ada baiknya? Ya ada sih baiknya, pemeran protagonisnya sih baik :)

    ReplyDelete
  10. setuju bingiit. SAMPAH seperti ini yang meracuni anak-anak indonesia. sedikit sharing, pas aku PPL di salah satu SMP kan praktik ngajar tuh. aku coba jadi kaya guru BK kepo-kepo dikit barangkali ada masalah sapa tau bisa bantu, eh curhatnya masalah cinta2an. terus ada anak yg nilainya agak melorot, pas ane tanya sebabnya apa, ternyata dia GALAU soal cinta2an. status pesbuknya juga masya Allah bingit dah. dan mereka semua masih SMP..SMP..

    ReplyDelete
  11. YKS juga kaga ada lucunya menurut pandangan gue, kak. Tiap nonton selalu, engg... gimana yah. Pasti selalu gak puas nonton yang begituan. Selalu gue ganti. OVJ yang dulu menurut gue lucu sekarang juga udah nyadar gue. Lebih enakan nonton acara-acara di NET. Tv. Acaranya emang berkualitas. Seneng aja gitu. Bravo pak Whisnutama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue lebih suka Kompas TV ^^

      Delete
    2. Kompas TV di Lubuk Pakam kaga ada :((

      Delete
  12. itu acara2 yg disebutin diatas masuk ke black list gue juga mpok !! aih gilaaaa YKS meeeeen ga abis2 itu. tv cable kaga punya duiiiiitnya nih mpoooook. pasangiiiin dooooooooong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue masang tapi di kampung, jarang nongton tipi kabel... lagian mending nulis daripada nongton

      Delete
  13. masih mending nonton TVRI aja kali ya kapina

    ReplyDelete
  14. setuju banget sampah, ngebosenin nonton tv gak ada yg bener -..-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sih yang bener, cuman kebanyakan kaga benernye hehehe

      Delete
  15. bener banget nih. sekarang anak-anak malah buat boyband. nyanyinya cinta juga. halah.
    pantesan presidennya suka buat lagu. *eh.

    kunjung balik ya mbak

    ReplyDelete
  16. Iye bener.. Udah hampir setahun terakhir gue udah jarang banget nonton tv. Paling cuma sesekali itupun kalo pas kebeneran lagi di depan tipi + Acaranya bagus.
    Gue lebih milih depan layar komputer aja. Entah itu nulis, baca atau bikin karya. Gitu.

    ReplyDelete
  17. Mhh! setuju gue sama lo piiiin pin! geleng-geleng kepala dah soal girlband/boyband. bayangin aja, sepupu gue yang masih umur 3 taun nyanyinya "diam-diam suka". Siyok!! makanya mentok-mentoknya kalo nonton tv lokal kompas tv atau net. at least program mereka fresh :D Tapi di internetpun kudu ati-ati juga sama portal berita yang kadang malah nggak netral, bahkan sering banget typo. belon lagi komen gaje orang-orang sampe "perang" segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoho kalo media cetak dan internet, itu lain topik, disini guenye lagi ngomongin soal media penyiaran (TV) hehehe, tapi emang nyeselin media2 sekarang kudu bener2 dibimbing bgt anak muda sekarang >,<

      Delete
    2. hehe iya maap pin melipir ke sana-sana, hehe..sekarang kalo mau melek media gak bisa cuma asal melek sih ya, terutama dari TV, kudu selektif bok

      Delete
  18. *terkesima* •_____• and good article! Baca article lu keinget kalo lo lg nyeritain mantan2 lo hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada hubungannyeeeeeeeeeeeeeeeeee

      Delete
    2. Mari angkat Adi sebagai #DutaSalahFokus #lah

      Delete
    3. untung doi mayan cakep rid ahelah, kalo jelek gue kepret jadi kodok dah!

      Delete
    4. Tuh Di, dibilang cakep noh *malah OOT*

      Delete
  19. iye mpok bener banget dah
    yang anehnye, tipi swasta laen eh malah bikin acara yg mengkonsep koreo-koreo joget/dance yg mungkin niatnye pengen nyaingin joget kesar itu. bah tp orangnya ya itu" aj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tetep joged cesar yg lebih legend gitu... iye kaga sih? walow sekarang gue bosen :/

      Delete
    2. iye pok bener, yang lebih maksa banget.
      tau gak mpok? klo transtipi bikin acara roadshow nya yks itu (katanya sih mau roadshow nasional alias keliling indonesia), nah itu niatnya jelas buat kampanye metode joged kesar itu.
      transtipi semenjak ditinggal pemimpinnya yg dulu kayaknya udh minim kreatifitas utk produksi acara

      Delete
  20. Semenjak 6 taun di pesantren yg kaga ada tipinya, keluar2 juga ga kecanduan nonton tipi, ga guna malah, nonton kalo berita2 ttg ekonomi/hukum aja, itupun jarang, oh ya, dari dulu ga suka bully2an yg ujung2nya dikasih bedak/terigu, gak lucu dan gak mendidik.
    Sekarang, tv di kamar pun cuma buat nyetel radio / pajangan aja, ga buat liat TV, males.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu juga. asal bukan bokep aje. hahahha

      Delete
  21. bener banget ,buktinya lagu dangdut dulu ga ada matinya kalo di ulang,sampe" udah puluhan tahun lewat,dan syairnya ngena gitu >.<

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Gue aja sampe ga pernah nonton tipi kak. Nonton paling juga kartun kalo enggak ya emang ada perlu.
    Geli gue kak sama acara komedi yang ga mutu macem yks. Belom lagi lagu dandut yg mulai identik sm hal dewasa. Cuma bisa elus dada deh liat indonesia..

    ReplyDelete
  23. Menurut gue kurang enak kalo dibilang sampah. Soalnya itu cuma sebagai media hiburan aja kok, Mpok Pina. Hehe.
    Semua itu pasti ada sisi postif dan negatifnya. Tapi, kembali lagi deh ke masyarakat. Sepertinya mereka lebih suka acara yang kayak gitu daripada yang lain. Dan, misalnya pengen nonton yang lebih berpendidikan. Kan udah ada channelnya: kompas tv, tv one, metro tv. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiburan nggak harus berupa kekerasan dan bully kan? :D

      mereka dipaksa SUKA oleh MEDIA. media adalah pembentuk selera secara massal. masyarakat kini dibentuk oleh media loh jangan salah :D


      salahnya adalah audiens kita itu berpendidikan dan berwawasan rendah sehingga kurang kritis dan begitu aja menerima apa yang dibentuk oleh media. oleh karena itu, yuk kita sama2 memfilterisasikan diri dari segala informasi

      kita yang berpendidikan memang bisa memilih, namun 'mereka' ? bisakah kita bareng2 mengajak mereka untuk menonton acara sehat? :p

      Delete
  24. Soal musik emang sih kebanyakan sampah. Tapi emang pasar yg jadi faktor utama. Kualitas musik Indonesia ? Jangan tanya. Coba aja search google tentang sejarah asian beat (festival musik se-asia), Indonesia mendominasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya musisi indonesia itu banyak loh yang bagus tapi entahlah media itu lebih suka mengorbitkan musisi yang terlihat ada nilai jualnya (blink-blink, suka bikin sensasi, lagunya vulgar, dll), alasannya sih SELERA PASAR padahal PASAR gak bakal kayak gitu kalo ga dibentuk MEDIA. aneh memang :p

      Delete
  25. Kak, postingan ini JLEB banget.

    ReplyDelete
  26. Tipinya jual buat beli laptop biar bisa surfing. Etapi, di internet juga banyak sampah. Aaaaaa

    Pinter pinter milih "makanan" aja ya kak biar gak teracuni. Kembali, filter dari ortu buat anak kecil kayanya gak bakal cukup. Media harus punya batasan dan bertanggung jawab. Pemerintah harusnya tegas mem-filter medianya. Harusnya sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha pemerintah lagi diharepin :p

      iya, harus difilter. bae2 yak, di media manapun harus pinter ngegunainnya ^^

      Delete
  27. setuju banget kapin. tiap channel tipi paling2 isinya sinetron, iklan, acara musik, infotainment. kalopun ada berita itu cuma sejam doang. kecuali kompas tipi, metro tipi, sm tipione. mnurut aye sih asyikan liat tvri isinya klenengan jawa, lagu2 daerah, edukasi, dan yg gak SAMPAH..

    ReplyDelete
    Replies
    1. good, yang penting bisa memilih mana info yg bagus mana nggak yak, sering2 difilter sama dikritisi oke! ^^

      Delete
  28. aaaah setuju semua kaaaak~~~ saya hampir ga pernah nonton tipi (maklum anak kosan) jadi kerjaannya donlot dorama jepang #eh. pas pulang ke rumah juga ga nonton tipi, soalnya acaranya banyak yang kayak gitu sih. ga suka. setuju sama kakak, acara komedi di tipi itu basi. memangnya lucu kalo dilempar terigu? memangnya lucu kalo jatuh sampe benda (yang katanya dari sterofoam -- padahal sampah sterofoam itu ga bisa terurai selamanya lho hiks) itu rusak? kayak ngga ada acara lain yang bisa dibuat aja ._. sekalinya nonton tipi biasanya berita, kalo ngga ya channel japan atau VOA di me***TV. jadi ngerasa agak bersalah sebenarnya malah nonton tayangan impor semua, tapi gimana lagi T^T. semoga dunia media Indonesia membaik ya kaak~~ aamiin. *maaf komennnya panjang heu

    ReplyDelete
  29. tapi deket rumah gue ada konter hape yg pasang tv sama parabola baru lohh.. terus acaranya Net.tv gitu. seru-seru acaranya, apalagi yg sportnya hihihi

    ReplyDelete
  30. Penontonnya udah terlanjur seneng sama sampah sih pin. Jadi acara yg berisi malah pada ga doyan. Pembodohan udah beredar tinggal audiencenya aja milih mau sampe kapan dibodohin sama acara kayak gitu. Kalo ratingnya kecil juga acaranya bubar. Tapi yg mengedukasi penontonnya siapa ya kalo gitu? :|

    ReplyDelete
  31. Idupin tv cuma buat nonton bola sih pin :)
    Yang lainnya mah udah lama gak saya tonton, kecuali dipaksa dan dibayar buat nonton, hehe :)

    ReplyDelete
  32. iya mba enakan nge blog <3 lbh bermanfaat ^^ klo nonton plg nglihat acara yg ada 'kualitasnya' macemny kyk dr oz gitu ato acara masak/mancing :D tyt g cm aq aja mikir ini, aq jg benci bgt sm sampah" media gitu kapan ya acara tv di di negeri kita bisa lbh berkualitas n kagak ada yg vulgar" gitu makany kadang lbh suka sm tv kabel kagak usah nonton" org" yg naudzubillah tu alias jd kagak stress

    nice post mba ^^ suka bgt baca post mba yg ini

    hatta-shani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  33. Setuju ka pin, kalaupun mau nonton berita ya palingan berita pembunuhan noh yang biasanya di Indosiar, berita sekarang mah kebanyakan koruptor doang,bosen. Acara tipi enggak penting banget, ngebosenin, enggak mendidik, apalagi sinetronnya udah basi semua, alurnya juga udah kebaca. Lebih baik tidur aja lah ka pin biar sehat :D

    ReplyDelete
  34. Ya Benar,Pandji Pragiwaksono sama Ryan Adriandhy juga pernah punya Pikiran sama Soal ini kapin... Jadi kalau kita gak berhenti nontonin acara yang Gak Layak,Dan gak mengingatkan Saudara-saudara/Temen kita yang suka nonton acara gak bener juga,Otomatis TV bakal kepedean dan terus nayangin tayangan Sampah.

    Yang bisa merubah semua acara TV Bullshit ini kembali ke Media Pendidikan,Hanya kita semua yang sudah terdidik,Jadi jika merasa Smart,Stop deh nontonin acara TV yang Emang Sampah. Stop Watching TV ! Apa Jadinya Kalo Acara Bola aja Udah cuma buat Jualan Sponsor sama Cewek Cakep yang Jad Host Quiz ! STAAAHP DAT SHIIT !

    Setuju berat sama Postingan ini !

    ReplyDelete
  35. NENDAANGGGG BANGEETSS....

    itu die mpok nape gue gak pernah notnoh tepe (tivi) sejak 4 taun lalu.
    kalo gue mending streaming di youtube, cari cenel youtube yang lucu - lucu atau berita yang berbobot.

    ReplyDelete
  36. hahaha iya kak, ada beberapa acara tv sekarang ini (seperti yang sudah disebutkan diatas) yang 'engga bermutu'. jadi mikir, apa tujuan acara yang suka bully orang yang lebih tua dan nghina - hina orang lain. makin gajelas tujuannya hahaha.

    ReplyDelete
  37. Saya setuju acara Indonesia sampah..kecuali spongebob hehehe

    ReplyDelete
  38. Saya setuju acara Indonesia sampah..kecuali spongebob hehehe

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*