Sunday, 15 December 2013

Kopdar di Monas: Walau Hemat Tapi Xlalu Asyik! #5thnKojak


Jakarta, ibukota dengan “1001 mal dan 1001 minimarket” yang kini menjadi tempat 'ritual' baru bagi para warganya. ‘Ritual’ yang dimaksud adalah nongkrong, yaitu suatu ajang temu kangen dengan teman atau dengan kekasih hati. Zaman memang telah banyak berubah, yang pada awalnya warga Jakarta hanya bisa nongkrong di warung kopi atau taman, kini sudah banyak yang lebih suka nongkrong di mal atau minimarket. Alasannya tentu karena kedua tempat tersebut memiliki kenyamanan dan prestise tersendiri.

Nongkrong di mal? OGAH!


Mulai dari jantung kota hingga ke pinggiran Jakarta, kita bisa melihat gedung-gedung mal yang terlihat gagah sekaligus arogan. Bahkan kini sudah tidak asing lagi kita melihat banyak mal yang bertetanggaan dan saling memamerkan kemewahannya. Kantor tempat saya bekerja pun di sebelah kanan, kiri dan depannya adalah mal. Belum lagi minimarket yang identik dengan slurpeenya itu, kini sudah banyak ditemukan di mana-mana. Di minimarket tersebut saya sering melihat warga metropolitan berbincang-bincang sambil meminum bir, merokok, dan makan snack secara berlebihan. Suatu gaya hidup baru yang tidak sehat.

Sejujurnya, saya agak tidak menyukai nongkrong di dalam mal atau minimarket. Alasannya? Lihat di bawah ini :

1. Kalau mau ke mal, saya harus menyiapkan sejumlah uang yang tidak sedikit untuk makan dan minum. Biasanya saya harus mempersiapkan kurang lebih 100 ribu untuk sekali nongkrong di mal. Belum lagi kalau ada teman mengajak menonton bioskop, berkaraoke, atau bermain di arena permainan. Duh!



2. Makanan dan minuman di mal dan minimarket slurpee itu biasanya tidak cukup mengenyangkan dan mahal. Kalau pun mengenyangkan, pasti beberapa menit kemudian lapar dan haus lagi. Mau tidak mau, saya harus mengeluarkan kocek kembali.

3. Aktivitas nongkrong terbatas. Kalau ada pertemuan di mal, ujung-ujungnya ya berlama-lamaan di restoran dan tempat karaoke.

Dan alasan lainnya.

Jujur saja, saya memang lebih sering bertemu dengan teman-teman lama di kedua tempat itu. Bosan? Tentu saja. Namun harap maklum karena hampir semua teman-teman lama saya adalah para hedonis dan metropolis. Kalau bertemu di taman dan museum? Jangan harap mereka mau karena pasti alasannya, “Panas, keleus”, “Takut hitam, ah” atau “Males, banyak alay.” Duh.



Saya beruntung memiliki sebuah komunitas blogger yang lebih suka diajak kopdar di taman kota. Salah satunya Monas. Ya, kami sudah dua kali lho melakukan kopdar di Monas. Pertama pada acara buka puasa bersama pada Agustus 2012 dan seusai acara peluncuran buku kami. Yang dilakukan? Bernyanyi bersama, bermain Truth Or Dare, dan sebagainya. Saya pernah dahulu mendapatkan tantangan 'menembak' seorang pria tidak dikenal di Monas, Alhamdulillah diterima. Hihihi. Gokil memang permainannya, menguji mental!

Jadian, nih?


bersama teman-teman komunitas

Selain dengan teman komunitas, saya juga sering kencan di Taman Monas bersama orang yang saya cintai. Teringat pada suatu malam, kami mengelilingi Monas dengan sepeda sewaan yang memiliki lampu berwarna-warni. Pernah juga kami lari pagi bahkan menggelar makan malam berdua di atas kertas koran bekas. Lauknya? Bawa sendiri dengan rantang kaleng ala orang tempo dulu. Tak lupa kami membawa lilin, ceritanya candle light dinner ala orang sederhana bin hemat. Eits, walau sederhana namun sangat berkesan, lho.

kopdar bersama Kancut Keblenger, walau hemat tapi Xlalu asyik!


Berbicara tentang Monas pasti tiada habisnya. Setiap minggunya jika saya sempat, saya pasti ke sana, bersama teman dekat, kekasih, atau sendiri. Lebih seringnya, sih, sendiri. Karena saya bebas bisa menentukan ke tempat mana saja yang ingin dahulu dituju.

Letak Monas berada di jantung ibukota. Kurang lebih sekitar 7 kilometer dari tempat tinggal saya. Untuk menuju Monas, saya biasa menggunakan sepeda fixie atau Trans Jakarta jika ingin lebih cepat. Sesampainya di Monas, saya berkeliling sambil melihat lalu lalang para muda mudi dan pengunjung yang telah berkeluarga.

Bagaimana cara menuju Monas? Wah, mudah sekali. Kamu tinggal naik Trans Jakarta dari koridor mana pun, transit di Halte TJ Harmoni, ambil arah Blok M dan turun di Halte Monas yang berada di depan Museum Gajah.

Rute Transjakarta


Apa saja yang bisa kamu lakukan di Monas bersama teman-teman?

Foto tahun 2011 (belum pakai jilbab). Ceritanya mau olahraga di Monas, tapi malah kehujanan :P


Banyak sekali! Terlebih di Monas sering kali ada festival seru. Setiap bulannya pasti ada saja festival yang wajib dikunjungi bersama. Misalnya pada festival layang-layang 30 November lalu, kamu dan teman-teman bisa bermain layang-layang bersama dan melihat berbagai layang-layang unik dari 150 pelayang yang berasal dari 15 provinsi di Indonesia. Unik! Dan yang paling penting, GRATIS! 

Berhubung waktu itu saya sedang sakit, jadi saya tidak bisa melihat festival ini secara langsung. Sayang sekali.


Dan tepat seminggu lalu, terdapat sebuah Festival Keraton di Monas. Sayangnya saya tidak bisa ke sana karena harus pulang kampung. Kalau tidak, mungkin saya bisa ke sana dan mengajak teman untuk berburu foto yang nantinya bisa dipamerkan di Instagram.

Kalau saya ada di sana, tentu saja saya akan terus-terusan memotret kedua tokoh favorit saya ini.


Untuk kamu-kamu yang menyukai sejarah, kamu bisa masuk ke dalam Museum Sejarah Nasional yang berada di dalam Monas. Kamu bisa menyaksikan diorama sejarah Indonesia sejak zaman prasejarah hingga masa Orde Baru. Untuk masuk ke area Monumen Nasional, kamu cukup membayar Rp. 2000 – Rp 5000 saja, kok. Kalau kata anak sekarang, “Murah bingits!”

Tiket masuk ke Monas murah, lho.


Kamu juga bisa lho melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian 115 meter dari Pelataran Puncak Monas. Sayangnya ketika kemarin saya ke sana, lift untuk menuju puncak Monas masih dalam tahap perbaikan. Pada akhir bulan Desember baru selesai, jadi mau tidak mau saya hanya bisa menikmati Jakarta dari cawan Monas, dan cukup indah juga.

Bisa main bola di cawan Monas sepertinya, nih.


Di atas cawan ini, saya cukup lama bersantai, apalagi cuaca Jakarta sore itu cantik sekali. Saya pun langsung mengunggah foto selama di Monas ke dalam Instagram. Loadingnya cepat sekali, XL gitu, lho. Asyik, langsung bisa pamer ke teman-teman!





Cawan Monas adalah teras yang berada di bangunan yang berbentuk cawan. Kamu tinggal menaiki beberapa anak tangga untuk bisa ke atas cawan. Oh iya, cawan Monas cukup luas dan saya sempat berpikir, boleh tidak ya ada suatu kegiatan di cawan ini?

Mungkin terdengar gila, kalau saya sempat terpikirkan kalau mungkin di atas cawan Monas saya bisa menggelar resepsi pernikahan. Hahaha. Tapi ini serius, saya kemarin sempat berkhayal seperti itu. Lucu kali, ya. Dan di pernikahan itu, saya ingin mewajibkan para undangan memakai salah 1 baju adat yang ada di Indonesia, berdasarkan asal daerah mereka sesungguhnya. Lalu bersama para undangan, kita berfoto bersama di depan Monas. Para undangan nantinya akan saya kirimkan hasil foto yang telah diberi caption : “Di depan monumen ini, kami berikrar untuk tetap bersatu walaupun kami berbeda-beda.”

Sepertinya khayalan saya di atas terlalu mengada-ada. Bagaimana jika saya mengkhayal bisa mengajak teman-teman untuk bungee jumping dari Puncak Monas?

Bungee Jumping di Monas? Mengapa tidak?


Setiap akhir pekan, Monas selalu dipadati oleh pengunjung. Akibat yang paling terasa adalah ketika pada akhirnya ada banyak sampah yang berserakan di sekitar Taman Monas. Duh, sangat disayangkan sekali. Untuk itu, nantinya kalau saya akan mengadakan acara bersama teman-teman di Monas lagi, mungkin saya akan melakukan kampanye memulung plastik. Hasil pengumpulan plastik nantinya akan dijual dan dijadikan tambahan untuk charity tahun depan (tambahan lainnya berasal dari royalti buku dan mengamen bersama di Monas juga). Selain memulung plastik, saya juga ingin membagikan stiker dan pin yang berisi ajakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Lagi pula, apa pengunjung tidak kasihan melihat petugas kebersihan kewalahan dengan sampah mereka?


Ide tentang kopdar yang saya buat memang terbilang acak. Namun yang terakhir itu, sepertinya bagus sekali, kan? Saya juga ingin sekali mengajak teman-teman dari komunitas lain dan teman-teman di media sosial untuk turut bergabung. Semakin banyak, semakin baik, kan?

Sesungguhnya kopdar di taman Monas itu sangat mengasyikkan. Murah, adem karena banyak pepohononan, banyak WiFi, dan sinyal XL kencang sekali! Untuk urusan makan dan minum, tinggal bawa dari rumah, agar lebih terjamin kualitas kebersihan dan hemat. Simple bingits!


Oh iya, tulisan ini saya turut sertakan untuk lomba blog #5thnKojak yang diadakan oleh Kopdar Jakarta. Selamat ulang tahun ya, KoJak. Semoga semakin jaya, makin ngehits, dan kreatif. AMIN!

Kopdar Jakarta, saya cinta kamu, deh.

Dan semoga saya bisa memenangkan lomba blog ini, lumayan kalau dapat LG Nexus 4 E960, hadiah nya buat nyokap nih di Hari Ibu nanti. Hihihi.


Doakan saya ya, teman-teman :)

NB: Untuk kali ini saya tidak pakai bahasa Betawi dulu karena lomba blognya harus pakai Bahasa Indonesia. Harap dimaklumi, ya :p

Sumber Gambar (sebagian disunting dengan Adobe Photoshop CS5)

Gambar Pina sedang bungee jumping diambil dari  :
http://nationalgeographic.co.id/media/daily/640/0/201306211756030/b/mengulik-tarik-mundur-sejarah-lapangan-monas.jpg dan
http://www.edplace.com/userfiles/image/bungee%20jumping.jpg

Ilustrasi Utama :
http://i1210.photobucket.com/albums/cc404/petirthunder/3465286849_60615dbf98.jpg
http://cdn.1001malam.com/uploads/hotels/hotelindonesiakempinskijakarta_building_7152.jpg
http://goodmorningjakarta.files.wordpress.com/2011/07/img_7359editrez.jpg
http://www.internetmonk.com/wp-content/uploads/grrrr.jpg

Ilustrasi karaoke :
http://userserve-ak.last.fm/serve/_/85564563/Karaoke.jpg
http://www.lsyid.com/wp-content/uploads/2012/04/karaoke-large.jpg

Ilustrasi takut panas :
http://kfk.kompas.com/image/preview/aW1hZ2VzL3Nma19waG90b3Mvc2ZrX3Bob3Rvc18xMzMyNjAzMDgwXzdtbzJPN0NwLmpwZw%3D%3D.jpg


Peta: http://3.bp.blogspot.com/_UyXAPr_FOKc/Sw9dA93egNI/AAAAAAAAAKc/BPh_Zi3sAus/s1600/busway+map.jpg



30 comments:

  1. sekarang bukan nya monas lagi direno ya kapin? emang udah selesai ya?

    ReplyDelete
    Replies


    1. iya lagi di renov, baru selesai desember akhir untuk liftnya (udah diceritain di tulisan atas). kalo yang lain-lain kemarin gue liat udah bagus. paling taman yang di depan Monasnya aja... kalo buat piknik-piknikan di spot taman lain sih bisa bisa aja, apalagi kalo pikniknya sama kekasih hati~~

      Delete
    2. wah sory kapin gua ga baca yang itu haha, iya tuh, taman-taman nya bikin risih, tanah jadi dimana-mana, kalo bisa sih semoga semua bisa rampung ya kapin di akhir tahun ini. iya emang bisa banget, cuma kalo becek itu yang buat males kapin, 1 bulan yang lalu juga sempet kesana, dan bangga, banyak juga bule yang kesana, padahal bagi kita mungkin udah bosen atau biasa aja ya, walaupun yang bilang gitu juga ga ngerti-ngerti banget sejarah nya monas, payah emang haha.

      Delete
    3. akhir bulan ini kayaknya permasalahan di monas udah rampung hehehe...

      Delete
    4. ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK GAN ... MAKASIH YA

      GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL .... TINGGAL KLIK SALAH

      SATU..

      ---->> BRA PALING UNIK DI DUNIA
      ---->> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
      ---->> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
      ---->> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
      ---->> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
      ---->> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
      ---->> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
      ---->> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD

      TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
      SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...

      ---------->>>> TRIMS YA Gan .....

      Delete
  2. Wah asyik banget ya ternyata di Monas bisa ini itu, apalagi kalau ada festival, bakal lebih seru lagi.. :D Jadi pengen ke sana nih.
    Semoga menang ya kak. ;)

    ReplyDelete
  3. wahahhaa baru mau ngomen. tumben saya-sayaan. eh udah di jelasin :P

    ReplyDelete
  4. sukses kak sama lombanya, didoain menang :p

    ReplyDelete
  5. Faktanya anak Jakarta yang merasa udah gaul level tingkat dewa, pasti nggak ada yang mau jalan ke Monas. Kecuali, ada festival gitu deh. Hehehe. Padahal itu icon Jakarta. Bangga dikit kek.... Dan, gue sebenernya udah lama banget gak ke Monas. Bukan karena termasuk anak gaul, tapi gue jarang olahraga sekarang. #curhat

    ReplyDelete
  6. petcahhhh banget itu kayaknya kak, asikkkk beudzzz yakkk

    ReplyDelete
  7. Pantesan kayak ada yang beda. Moehehehe. Asik deh, semoga menang ye lombanye, mbak (kalo gue jadi gak asik ya) untuk hadiahnya, LG Nexus-nya itu loh. Uhhh banget :))

    Jabotabek kapan kopdar lagi, nih? :)

    ReplyDelete
  8. seru juga ke monas ternyata. sayang, gua gak pernah kesana. hehe
    semoga menang lomba blognya kak pin

    ReplyDelete
  9. ooouuwoooouuwwoooouuuwoo... brasa aneh baca yang ini wakakakak,,, ngemeng2 kapan ya saiya ke monas..???

    ReplyDelete
  10. berasa aneh ka pin gapake betawi wehehe. good luck! semoga menang kakak:3

    ReplyDelete
  11. bih..monas emang tempat nyaman sekedar buat santai atau refresh otak.

    bogor jakara jauh ya? huft :(

    ReplyDelete
  12. waaah asik banget yaaa kapin..
    pengen ikutan kopdar juga deh..
    kapan ya kopdar di pekanbaru??

    ReplyDelete
  13. besok minggu jogja juga mau kopdaran kakaaak :D

    ReplyDelete
  14. Kirain blognya mpok pina dibajakk orang... :)

    ReplyDelete
  15. wah seru juga ya main2 di monas

    ReplyDelete
  16. seru yaaa ikutan kopdar mpok pina... hehhe ...

    ReplyDelete
  17. waah lama ga maen ke sini tiba2 gaya bahasanya agak berubah, jadi ngerasa agak aneh, hehe... tapi ide nikahan di monas bagus banget tuh, bhineka tunggal ika banget hehe...
    oya, aku bikin buku kroyokan nih, liat reviewnya di blogku ya, hontou ni arigatou >_<

    ReplyDelete
  18. Liburan deh baru main ke Monasnya oc gan...... :)

    ReplyDelete
  19. yg lo tembak itu temen gue, pin. hahahah.... bru tau gue

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*