Saturday, 15 February 2014

Tipe-tipe Selebtwit yang Kudu Lo Ketahui

Tipe-tipe Selebtwit yang Kudu Lo Ketahui

Selebtwit adalah mereka yang punye pengikut banyak banget pengikut di Twitter. Belom diketahui pasti sih berape batasan minimal hingga seseorang bisa disebut sebagai selebtwit. Ade yang bilang minimal 1000, 5000, 10000, dll. Kagak tau pasti, sih.

Selama kurang lebih empat tahun gue maen Twitter, selama ntu pula gue mengamati pergerakan para pengguna Twitter. Ade yang nyenengin, nyebelin, banyak dah. Dan semakin lama, yang gue liat adalah makin banyak orang yang kepengen jadi selebtwit. Motivasinye biar berasa terkenal hingga tentu aje faktor ekonomi. Terkenal? Ya bisa-bisa aje, cuman kalo lo punye followers banyak banget karena beli, percuma aje. Tolol ntu namanye, wong followers lo orang bule gaje ame telor semua. Buat ape followers banyak kalo interaksinye nihil? Ciyan beud dech!

Motivasi ekonomi? Nah ini bisa juge sih. Karena jaman sekarang lo bisa kaya karena ngetwit doang. Tapi inget, kagak semua orang berfollowers banyak bisa dapetin duit karena ngebuzzer. Kalo isi twit lo cuma curhatan, makian, vulgar mulu, dan kagak NICHE (berkarakter khusus, misal soal cinta mulu), ya pastinye kagak bakal ade agensi yang mau pake lo.

*uhuk* *anak agensi nih*

Dan motivasi laennye yang masih nyerempet kedua poin di atas adalah : BIAR JADI PENULIS BUKU. Ya abisnye gue liat, sekarang orang-orang pada bikin niche di setiap Twitternye. Terus pade deketin orang-orang penerbit, caper-caper ke penulis, dll. Mungkin karena lagi berkembang isu kali ye kalo mau jadi penulis buku ya followersnye kudu banyak (plus banyak caper). Jadi yaudeh tuh, banyak pengguna Twitter yang tiap ngetwit punye ‘karakter khusus’ dan melakukan banyak strategi. Salah? Silakan beropini. Gue sih bodo amatlah, yang jelas gue tau kok masih ade penerbit yang WARAS mau jadiin seseorang sebagai penulis karena emang berbakat, bukan karena BERFOLLOWERS banyak. Kalo pun ade penerbit ‘nakal’ kayak gitu, ya maklumi aje, namanye juge mereka butuh DUIT.

kate selebtwit wanna be

Yang jelas, kalo emang mau jadi penulis buku, usahakan bikin yang emang meaningfull aje. Biar kagak sayang ame pohon yang ditebang. If u know what I mean J

(Udehlah, nulis blog aje mendingan. Hehehe).

Nah, sekarang gue mau mengklasifikasi beberape tipe selebtwit. Kayak ape aje ye? Silakan disimak:

1. Jadi Selebtwit selebriti
Yang ini tentu aje lah, ye. Kalo lo udeh jadi selebriti dan sering wara-wiri di media (apelagi TV), tentu aje lo bakal jadi selebtwit. Cara ini tergolong cepet, makin sering lo wara-wiri di media makin banyak banget followers lo. Cuma ya gitu, buat jadi selebriti kan kagak cepet juge sih... butuh strategi dan modal banyak. Strateginye? Mulai dari berkarya, sensasi, nebeng tenar selebriti laen, dll. Modal banyak? Yaiyelah, lo kira kalo mau jadi artis kagak ngeluarin duit dulu?

2. Selebtwit karena punya karya
Penulis buku, Youtuber kreatif, blogger keren, nah ntu tuh beberapa profesi yang bisa bikin lo dapetin banyak followers. Kuncinye yang penting lo konsisten berkarya dan promo. Jangan lupa bikin semenarik mungkin.

Gebet selebtwit bisa bikin lo juga ketularan jadi selebtwit, lho

3. Selebtwit yang bisa jadi selebtwit karena bergaul terus/pacaran sama selebtwit #halah
Banyak kok yang kayak gini. Gue sering liat beberapa Selebtwit yang gue rasa sih bukan siape-siape, tapi karena sering bergaul atau pacaran ame selebtwit eh jadi ketularan banyak deh followersnye. Terus dari sini, banyak orang laen yang berbondong-bondong ngedeketin selebtwit. Dengan mention ke orangnye tiap hari, caper-caper pas ketemu, banyak dah. Numpang ngakak aje :p

4. Selebtwit Wanna Be
Katakanlah golongan ini berkumpul lalu membentuk sebuah jaringan. Dan di jaringan ntu mereka kayak saling support satu sama laen. Pokonye kompak, deh. Cara mereka ngetwit juge diusahain berkarakter banget. Ade yang vulgar banget. Puitis banget. Gaje banget. Pokonye ngikutin gaya selebtwit yang udeh punye ratusan followers banget, dah. Biasanye selebtwit golongan ini sering caper ke selebtwit papan atas dan kagak punye karya  berarti yang bisa mendampingi kehidupan nyeleb mereka.  Oh, mungkin mereka pemegang prinsip: ngetwit banyak dulu, berkarya kemudian. Kagak tau, dah. #uhuk #melipir

sok selebtwit? eaaa sape tuh~~

5. Siluman Selebtwit
Ini sih selebtwit yang suka beli followers. Atau gak yang pake aplikasi buat banyakin followers mereka. Golongan ini bikin gue kesian, sih. Mau punye pengikut ampe segitunye.

6. Selebtwit Pasar
Tipe selebtwit yang isi twitnye ngikutin selera pasar. Misalnye, dengan mengobral kelucuan, galau, tukang nanya, zodiak, tips, dll. Hampir jarang melihat isi twitnye yang lagi berdialog dengan temennye. Tipe ini biasanye bakal dijadiin penulis buku ame penerbit-penerbit yang (bagi gue lagi) KEKURANGAN PENULIS. EAAAA~~
PERHATIAN PERHATIAN! KALO LO MAU TERKENAL, HARAP NGACA!

7. Selebtwit Sensasional
Di Twitter ntu, lo bisa banyak banget nemuin akun penuh sensasional. Mulai dari si Macan kampret yang selalu bersensasi di dunia politik, twit ngehe yang biase dibikin ame si Farhat Abbas, hingga para jablay kampungan yang berbondong-bondong pamer badan telanjang (nah, kebanyakan sih pade kagak berani liatin MUKE, dapat dipastiin mukenye ANCOOORRR!).

Khusus poin ini, gue 100% KESIAN BANGET~~

8. Selebtwit Kurang Terkenal (Sekuter)
Selebtwit yang followersnye udeh banyak banget tapi kurang terkenal. Twitnye lumayan bagus tapi sayang jarang di-RT ame followers dan dapet perhatian dari agensi. Biasanye sih mereka yang bertipe ini kurang suka caper ke selebtwit papan atas. Kebanyakan silent reader aje. Dan bisa jadi tipe ini adalah mereka yang cuma menggunakan Twitter buat mempromosikan karyanye.

9. Calon Selebtwit
Biasanye baru punye puluhan dan ratusan followers. Namun mereka selalu berusaha ngasi twit berkarakter. Yaudehlah, didoain aje moga cita-citanye buat jadi selebtwit keijabah.

Nah, kalo temen-temen pembace, udeh ngerasa jadi selebtwit belom nih? Termasuk tipe ape? :p

34 comments:

  1. jadi, kapin termasuk selebtwit kah? :O

    ReplyDelete
  2. yang masalah tuh bukan selebtwitnya, tapi yang jadiin mereka selebtwit.. itu pokok masalahnya... :3

    ReplyDelete
  3. Haha. Mpok Pina bisa aja nih nyindir para selebtweet :D
    Mpok Pina ngerasa masuk ya mana, nih :3?

    ReplyDelete
  4. Berarti kak pina juga termasuk selebtwit dong. Followersnya 4000an. Punya karya juga (blogger). ( .__.)

    ReplyDelete
  5. senyum senyum sendiri gue mbaca nih artikel :))
    eh iya terus kak pina termasuk ya mane nih ?

    ReplyDelete
  6. Kadang malah ga konsis sist, pertama2nya bagus lucu oke punya tweetnya, eh lama-lama promo meleeee kek sales :"3

    ReplyDelete
  7. nge-seleb kalau udah bener-bener berkarya kali yak..tapi banyak juga penulis yang udah nelurin buku bagus-bagus dan nggak latah jadi selebtwit :v

    yang jelas kakpin buka tipe ngegebet selebtwit biar jadi selebtwit kan? :D

    ReplyDelete
  8. Menurut gue, yang punya karya sebenarnya bukan selebtweet. Tapi udah seleb beneran. Kayak penyanyi, penulis, dan komika nasional. Selebtweet yang bener2 seleb kayak gitu kalau ditanyain "Lo bisa apa sih selain ngetweet, trus bukti nyata karya lo mana?" kalau dia bisa jawab, dia bakal jawab dan nunjukin karyanya.

    Gue bangga aja, soalnya itu selebtweet yang bisa ngasih inspirasi, bukan hanya sekedar tweet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau selebtweet duluan lalu jadi penulis, itu beda cerita. Beberapa diantaranya udah pakek joki alias ghost writter..

      Delete
    2. Bang Mamad, aku udah sering berkarya. Udah termasuk seleb kan? :3

      Delete
  9. tjiyeee kakpin selebtweet juga :v

    ReplyDelete
  10. aduh follower twitter aja cuma 7, bagaimana mau jadi selebtweet

    ReplyDelete
  11. Berarti kakpin selebtweet dong... :3

    Wihiii kakpin bisa aje nyindir penerbit tipe gitu. Memang ada sih. Mungkin strategi mereka. -.-

    ReplyDelete
  12. baru tahu follower bisa dibeli ckckckck

    ReplyDelete
  13. kalo aku sih masuknya nomer 9 hahaah :D
    Iya, sangat disayangkan emg ada cara membeli follower -_-

    http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2014/02/mengenal-kampung-fiksi.html

    ReplyDelete
  14. Gak perlu lah jadi selebtweet untuk jadi terkenal, yang penting berkarya aje dulu. *prinsip* :))

    ReplyDelete
  15. ada-ada aja emang orang macam itu (--,)

    ReplyDelete
  16. Kalo gue sih suka sebel sama yg kebelet jdi selebtwit, bkin emosi mulu ~,~ follow akun gue, menjelang beberapa hari gue followback malah doi unfollow :"3 katanyasih mau memperbanyak followers dgn cara follow banyak org trus di unfollow.

    ReplyDelete
  17. selebtwit pasar emang bener bener pasaran banget -_-

    ReplyDelete
  18. Agak susah bedain antara yang nomer 4 sama 9. :))
    Btw, template-nya lebih suka yang ini, Vin. Lebih catchy aja gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iye, gue jg sukanye yg ini :p

      Delete
  19. Aku paling sebel tuh sama selebtwit yang bertema psikologi aja. Gila, mereka kayak pada sotoy gitu ngasih informasi tanpa riset penelitian manapun, kesannya kayak mereka bikin teori sendiri aja gitu. Padahal kan kalo mau bikin teori mesti lulus s3 dulu. Kalopun emang bener adminnya lulusan s3, gak mungkin juga, masak iya lulusan s3 masih mainan twitter aja? Gak ada kerjaan laen apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka dapet materi dari hasil googling biasanye...

      kalo mereka sukanye ngasi inpo kayak gitu silakan asal bilang sumbernye darimane, terus kite kroscek. begonoh. hoho

      Delete
  20. selebtwit atau selebpath ato selebpesbuk SUCK banget. sok sok rongsokan berlagak punya fans. setiap pagi bilangnya "selamat pagi" sambil selfie dianya. jijik banget liatnya. kebanyakan cewe sih ini, apalagi cewe yang lagi jomblo. wiihh sampah banget jadinya. jujur pandangan saya sebagai lelaki jadinya eneg ama ini cewe. ga tau kenapa ?

    np : saya masih normal jadi jangan dianggap maho karna komen kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe ke ubun2 banget nih komennye ye :))

      Delete
  21. Selebtweet itu kayak akun ini @siterselubung :3 *Senyum Manis

    ReplyDelete
  22. hahahahaha gembel banget ya Allah gue ngakak baca ini. udah lama ternyata gue gak baca postingan di kancut beringas.

    ReplyDelete
  23. HANJIR LAH SELEBTWIT. Sorry-sorry aja nih ye mpok, ane #AntiSelebtwit. Tapi gak anti kalau modusin mpok di Twitter terus-terusan hahaha.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*