Thursday, 22 May 2014

Hal-hal Nyebelin yang Biasa Terjadi di Indonesia


YAH BEGITULAAAH

Kadang gue sempet mikir kepengen pindah kewarganegaraan. Sepupu gue pun berujar serupa dan mengajak pindah karena udeh kesel banget ame banyak orang Indonesia yang nyebelin. Mangkenye susah bener buat bikin kite sebagai negara maju, wong kelakuan dan moralnye aje lebih purba dari manusia purba sendiri, kok!

Dan berikut ini hal-hal nyebelin yang biasa terjadi di Indonesia dan seringkali gue temui.

1. HAJATAN SIH HAJATAN, KOK MENGHALANGI JALAN?
Walaupun cuma sesekali dilakuin, tapi serius deh hajatan yang digelar sampe menghalangi jalanan ntu nyebelinnye setengah mampus. Emang jalanan punye nenek monyangnye ape ye? Sono aje kek hajatan di lapangan. Kagak kesian ape ame abang-abang angkot yang kudu muter-muter jalan? Gimane kalo misanye ade emak-emak pengen ngelahirin dan pas mau ke rumah sakit eeeh jalan rayanye ditutup karena hajatan? Bisa-bisa doi ngelahirin di tempat hajatan, kelessss.

2. DANGDUTAN SAMPE MALEM
Kagak ade yang paling bangke selaen ngerasa keganggu akibat suara musik dangdut murahan beserta kerusuhan yang dilakuin ame penongton sekaligus para pemabok! Ini sering banget terjadi di daerah rumah gue. Dangdutan 2-3 jam pada siang hari, it’s okay. Tapi kalo sampe tengah malem kagak selesai-selesai, rasanye pengen gue obrak-abrik aje! Kamprettttt. Belom lagi kalo ade yang mabok terus rusuh. Hadeeeh, norak banget sih.

goyang dulu maaaang~


3. NAEK-TURUN BIS SAMPE DORONG-DORONGAN
Kagak ngerti lagi dah orang di mari kenape ye susah banget buat selow. Plis deeeeh hare gene masih dorong-dorongan, sabar dikit keles. Akibat banyak emak-emak kagak sabaran mau masuk ke bis, bekal sayur yang biasa gue bawa dan ditaro di tas langsung tumpeh-tumpeh. Buku yang gue bawa pun basah. Terpaksa kagak makan siang karena sayurnye udeh kagak bisa dimakan. Mau beli makanan di luar kagak ade duit karena tanggal tua. Hadeh, ngevet. Di kantor daku merana :’(

4. KAGAK MAU NGANTRI
Ini juge kagak kalah nyebelin! Mau emak-emak kek, anak muda kek, pernah nih gue nemuin mereka yang kagak mau ngantri ATM atau nunggu bis Trans Jakarta! Kite mah udeh cape-cape ngantri di belakang eeeh seenak jidatnye diye nyelak-nyelak antrian. Mane tetiba mereka nongolnye di barisan paling depan lagi. HUAAAAH SEBEEELLL!

5. MELAWAN ARAH
Gue pernah nih nyebrang jalan. Gue liat ke kiri dong karena transportasi yang jalan emang dari sisi kiri gue. Tiba-tiba ade motor nongol dari sisi kanan gue. Gue hampir ketabrak dan mereka bilang, “KALO JALAN LIAT-LIAT DONG!” Ah, ngevet. Mereka kagak sadar ape ye kalo mereka yang harusnye LIAT-LIAT? Kagak ade otaknye, naek motor malah ngelawan arah! Kagak salah dong gueeeeeee!

RESPECT


Masih ade banyak hal yang sebenernye kudu gue tulis, tapi biarlah kalian yang menambahkan di kotak komentar ini, ye.

Gue sebenernye cinta Indonesia, tapi gue kagak cinta-cinta amat ame orang Indonesia, terlebih kepada mereka yang paling susah diajak kerja sama buat sedikit peduli dengan keadaan sekitar. Ya begitulah, jadi kapan dong mereka mau berubah?

Sumber:




49 comments:

  1. Replies
    1. bukan indonesia namanya kalo ngga ngaret.. wkwk :))

      Delete
  2. Its not about the country, its about the people
    Masyarakat kita (sebagian besar) udah sakit secara sosial...
    makanya saya ngajarin anak2 saya untuk antri, respect to others dan berempati..sebagai langkah pencegahan...dan mudah2an kelak saya berhasil...

    aniwei...baru tau Gayus seleranya dangdutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah, thats why gue bilang gue cinta indo tp ga cinta orangnye haha

      Delete
    2. Hahh, serius nih ga' cinta orang indo vina ?? hehe

      Delete
  3. Pengamen yang ngga dikasih malah ngatain gue pesek-_-

    ReplyDelete
  4. yang no.1 bener banget. gw suka sebel sama orang yang seenaknya nutup jalan demi kepentingan pribadinya

    ReplyDelete
  5. kakk... kalo ada orang yang ngobrol di angkot kenceng banget itu ihh rasanya, berasa angkotnya dia :(

    ReplyDelete
  6. Yang nmr 1 bener banget, suka sebel kalo lagi buru2 eh jalannya ditutup gara2 hajatan.

    Ngaret dan terlalu kepo urusan orang juga nyebelin banget :'))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mungkin diye kebelet pengen jd wartawan gocipp

      Delete
  7. Gue pernah kakpin, naek motor. Karena gue jalan lambat, jadi gue ambil jalan agak kepinggiran (agak ke kirian), nah tetiba dari pinggir jalan itu ada ibu2 naik motor juga yg jalan dg arah yg berlawanan, (doi jalan kearah gue). Nah, udah dia salah begitu eh malah dia yang senewen ame gue. Apaan!? -__- Untung doi ibu2, mana bw anak lg dibonceng didepannya.. yah gue maklumin deh -____-

    ReplyDelete
  8. Yap! Moral orang indonesia emang kudu diperbaiki. Udah parah banget emang. Kaya kaga pernah sekolah, dan gue juga bingung kenapa kebanyakan orang pada kaya gitu. Rasanya jengkel banget. Tapi, kalo menurut gue sih, bukan moral/sikap penduduknya aja yang harus diubah. Tapi sistem pemerintahannya juga, beserta orang2 yg ada didalamnya. #IYKWIM

    ReplyDelete
  9. Gimana moral orang Indonesia mau baik kalau pemimpin Indonesia aja gak punya moral.
    Yang paling sebel itu kalau gak sabar dalam ngantri sama naik kendaraan umum. Pengen banget bilang gini "Pasti dapet gilirannya kok. sabar dong!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakak miris yee pemimpinnye aje kaga punye moral~

      Delete
  10. Naek kendaraan suka seenak jidatnye,,

    ReplyDelete
  11. no 1 bener!!!!!!!!!!!!!!!!! apalagi pengajian2 habib gitu. maaf maaf kate nih. nyari pahala ga mesti ngerugiin orang lain juga? bikin sama-sama enak lah. lah ini? gimana sama yang ga tau jalan coba? errrrrrrrrrrrrrrrrrrrrg :"|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iye sih, pernah ngerasain pas gue ke bogor :))

      Delete
  12. pemotor atau angkot yg brenti di depan melewati garis putih pas lampu merah kali yak, harusnya kan di belakang garis putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bener, menghalangi penyebrang jalan :(

      Delete
  13. kelakuan orang indonesia:
    - ngaret (udah pasti)
    - berhenti di lampu stopan tepat di zebra-cross (lu pikir motor itu pergoden apa?)
    - mau manggil bis, bisnya ngeloyor, angkot yang dateng (nah itu kebiasaan orang Bandung tuh)
    - Barang pemerintah dirusak (kurang ajar banget gak tuh)
    - Baru ngecet tembok, digambar grafiti sama orang lain (mending bagus. Ini hampir mirip kayak isi tempat sampah)

    gitu aja sih.

    ReplyDelete
  14. Setuju sama statement terakhir yang bilang cinta Indonesia tapi gak cinta-cinta amat sama orangnya. Gue juga.
    Bukan berarti kita sok benar juga, tapi ya saling menyadari aja gitu, ya. Indonesia pengen maju tapi orangnya gak maju-maju. CMIIW :))

    AJANG PENCARIAN BAKAT TERBARU. IKUTAN, GAK?

    ReplyDelete
  15. Tapi kakpin, kl mau negur gitu rasanya nanti malah dibilang sok ngajarin. Makanya takut gue. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngapain takut mengungkap kebenaran?

      Delete
  16. yang nomor satu itu tuh, sering bener. Sampe waktu itu liat di depan kosan temen, gerbang masuk ke kosannya di tutup, gara-gara dipake buat naroh kursi duduk tamu undangan :"

    ReplyDelete
  17. Bener banget kak pin, itu udah kebiasaan orang indonesia terutama di Jakarta. Menurut ane, itu semua dipengaruhi oleh Shit-netron di Tv yg (maap) gak ada kualitas. [logika sinetron. Orang kaya = jahat, yang lebih miskin = Baik dan selalu benar] *Errrrrrrrrggg

    ReplyDelete
  18. setuju vin, emak2 yang biasa berobat di RS tempat gue kerja juga gitu,udah tau prosedur harus ambil antrian sebelum daftar malah nyela barisan dan pake ngomong "kamu nggak tau siapa saya,hah?" sambil nunjuk2 muka temen gue plus keliatan cincin batu akik segede bakso dijarinya.. ya kita mana tau dia sapa, yang kita tau dia pasien lg sakit..

    ReplyDelete
  19. paling sebel pas stopan lampu merah, kalo uda kuning/ orens mau ganti ke merah, kan gue mesti ngurangin kecepatan tuh buat berhenti. eh dr samping tiba2 nyelonong motor, klakson2 sama misuh2 (read : bicara kotor/ ngatain gue). pengen banget gue bilang : gag pernah sekolah ya? merah kan artinya berhenti -__- . ada lagi, dia mau belok kanan, eh lampu sein nya kiri. ini orang bisa bedain kanan-kiri gag seh.

    ReplyDelete
  20. Ada lagi Mpok yang gue kurang suka sama orang Indonesia, beberapa diantaranya:
    1. Kejadian aneh selalu saja dihubungkan ke dunia mistis, sampai-sampai gue sendiri miris mendengarnya, sebodoh itukah masyarakat Indonesia?
    2. Bisanya hanya komentar (buruk) saja, kalau disuruh kasih solusi kadang cuma diam saja dan pura-pura ngga ngerti.
    3. Susah untuk diajak ontime. Kadang beberapa orang ngga mengerti bahwa tepat waktu itu sangat penting bagian sebagian orang, contohnya ibu-ibu yang mau melahirkan atau orang yang seharusnya dioperasi.
    dan hal-hal lainnya ya Mpok. Ngga enak nanti saya malah buat artikel disini.. *sombongnya

    ReplyDelete
  21. Itulah indonesia kak.. Tapi bagaimanapun indonesia ini gue tetep bangga jadi warga negara Indonesia.. Kita sebagai generasi muda hanya bisa mencontoh yang baiknya aja kak, contohnya aja korupsi (enggak baik) ya enggak di contoh. Toh masih banyk orang-orang baik dan orang jujur yang hidup bahkan tinggal di indonesia (itu lh contoh sebenarnya.

    ReplyDelete
  22. setuju sekali dengan nomor satu...
    demi irit, gak pake sewa tempat, jalan umum pun jadi,, hadeehh.. kalo kagak punya duit banyak mah kagak ush bikin hajatan kek yak.. kalo hajatan nikahan yg penting udh sah di KUA, kalo sunatan yang penting udh di potong.. selesai....

    ReplyDelete
  23. Melawan arah itu lebih gedekk.. suka ngagokin! terus gak mau antrinya itu. Biasanya, suka Ibu-ibu tuh pas di kasir. Gw sih gak masalah di dahuluin pas mau bayar, gw jg hormatin orang tua. Tapi, kan sebaiknya permisi dulu kalo mau bayar duluan, walaupun alasannya basa-basi kan enak juga setidaknya udah ada tata kramanya, gak asal grasak grusuk nyelonong ke depan.

    ReplyDelete
  24. satu lagi, kalo lagi macet motor2 pada jalan di trotoar. gw pernah lagi jalan ke kantor tiba2 di klakson motor dr belakang. padahal udah sengaja jalan santai pas di tengah trotoar biar motornya ga ikut naik eh malah di klaksonin ama bapak2 :( begitu motornya lewat gw plototin aza tuh bapak sambil ngomong "ini trotoar pak, buat pejalan kaki!" >:o

    ReplyDelete
  25. bener kapin. kakekku juga pernah ngomong kalo ada apa-apa antara motor sama mobil, pasti mobil yang bakalan di salahkan, biarpun mobil enggak salah. jadi yang nyetir mobil, waspadalahh waspadalaahh.

    ReplyDelete
  26. Bener kapin. Sampe2 di aceh tuh pernah ada truk gede lawan arah biar muternya gk jauh.... parah abis.

    Pernah juga pas lampu merah, gua berenti malah diklaksonin angkot dibelakng. Ngeaelin banget.

    ReplyDelete
  27. tambahan: orang yang ngerokok di sembarang tempat! Pernah pengalaman naik bus supirnya malah ngerokok padahal bus AC, jadi sepanjang perjalanan gue megep megep, mau negor tapi takut ntar diturunin di tengah jalan hahaha. Mirisnya kebiasaan kita yang terbiasa kalo haknya diambil (dalam kasus ini hak untuk menghirup udara segar) *flipping table*

    ReplyDelete
  28. nah ini bener banget! Rasanya gemes tiap kali ngeliat pengendara motor yang salah jalur. Oiya, terus kayaknya cuma di sini lampu merah berarti jalang, lampu hijau berarti ngetem. :p
    Perkara kasih komendang di sosmed suka gak kira-kira, saking menggebu-gebu sampe pada lupa diri. mending kritis, ini sampe rasis bok.

    ReplyDelete
  29. Nmr 1 sama 2 emg paling ngeselin. Gangguin org komplek ajaa
    Gw jga msh bingung knp mobil selalu disalahin kalo ada motor smpe kenapa" -_-

    ReplyDelete
  30. Oiya, motor" suka pada jalan di trotoar. Aku pernah ngalamin ini pas mau ke sekolah. Motor" pada klaksonin dr belakang smbil bilang permisi, permisi. Diih ogah bnget -_-

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*