Hal-hal Ngehek Untuk Menjadi Kelas Menengah Ngehek

gapapa ngehe, yang penting gaya~~



Belakangan ini lagi ngehits istilah Kelas Menengah Ngehek. Ape yang dimaksud dengan Kelas Menengah Ngehek?

Kelas Menengah Ngehek adalah kelas yang telah memiliki penghasilan di atas UMP (Upah Minimum Provinsi) namun memiliki segudang kebutuhan yang melampaui gaji, memiliki pendidikan minimal S1, biasanye bekerja di kantor-kantor ibukota/kota-kota besar, dan selalu berusaha untuk tampil maksimal agar bisa terlihat naek kelas atau berkelas walau agak memaksakan diri. Inget, ini menurut gue sih, kagak tau deh menurut kalian.

AKTUALISASI DIRI yang merupakan salah 1 kebutuhan teratas menurut teori Abraham Maslow, adalah salah 1 alasan mengapa  Kelas Menengah Ngehek ini ada. Semua orang butuh aktualisasi diri kok. Tapi emang kagak semua orang bisa mewujudkan aktualisasi dirinye, terlebih jika orang tersebut diisolasi, 'dibungkam' dan laennye.

Bagi kite seorang blogger, aktualiasi diri diwujudkan dengan berkaya melalui blog. Memamerkan tulisan menarik, mendapatkan komentar banyak dan positif, apelagi hingga bisa diliput oleh media massa. Tapi bagi Kelas Menengah Ngehek, aktualisasi mereka biasanye diwujudkan dengan berbagai aktivitas dan sikap yang sebenernye kagak penting-penting amat dilakuin atau dipamerin.

Prinsip Kelas Menengah Ngehek: "Gapape deh maksain diri hadir di acara ini-itu, beli A-Z, yang penting bisa DIAKU ame temen-temen"

Berikut kelakukan Kelas Menengah Ngehek yang terjadi ame orang-orang di sekitar gue:

1. Pamer barang-barang bergengsi ke social media
Kalo kite sih sebagai orang yang mungkin bukan Kelas Menengah Ngehek, palingan juge cuman bisa pamer semangkok indomi pake sambel pedes bertaburan daun bawang & bawang goreng. Kalo Kelas Menengah Ngehek sih, tentu kagak dong. Mereka selalu update barang-barang bergengsi yang mereka miliki ke social media, walau mungkin ntu tas sebenernye KW, dibeli di Mangga Dua. Kan biar diaku gini, "Wah si Nganu hebat yah bisa kebeli tas terbaru Cenel, padahal di Indonesia belom ada lhoooo"

kalo pamer ketek, termasuk kelakuan para kelas menengah ngehek kagak ye?


2. Pamer ortunye pergi ke mane
Gengges banget kagak sih saat liat status temen gini terus, "Asik, sekarang bokap gue ke Zimbabwe, safe flight ya!" "Nyokap gue ke Ethiopia, uwuwu semoga suatu hari nanti gue bisa nyusul" dan sebagainye.

Ortunye yang pergi, nape yang berisik anaknye, ye?

Oh, biar diaku gini : "Wah keren ya ortu si Nganu pergi-pergian mulu ke luar negeri. Jangan-jangan besok pergi ke Pangkuan Illahi..."

3. Pamer lagi ade di mane
Ini biasanye dilakuin ame anak Path dan 4square. Disangkanye biar keren atau bakal ade orang yang nyariin/butuhin diye. Mending kalo yang dipamerin tempatnye keren, misal lagi di dalem Ka'bah, maen ke sorga Firdaus, lah ini cuman ke perpustakaan kampus, toilet, tiap masuk ke toko-toko branded, semuanye di-update. Cape deeeeh.

4. Ngegym, Yoga, & ikutan event olahraga yang diadakan oleh brand multinasional
Bergaya hidup sehat emang penting banget, tapi kan belom tentu kudu pake banyak duit, iye kagak? Namun kagak berlaku bagi Kelas Menengah Ngehek. Bagi mereka, kalo mau bergaya hidup sehat kudu pake duit. Mau olahraga kudu pake duit, beda ame kite yang olahraganye palingan cuman lari-lari di sekitar rumah tiap pagi. Kalo Kelas Menengah Ngehek sih... ya kudu di gym mahal yang ade di mal-mal gede, kudu ikutan yoga di kelas-kelas yang berisi selebriti & temen-temen kelas atas. Kalo ade event olahraga yang seru, meski ujung-ujungnye pake duit pun pasti diikuti ame mereka (yang penting seru, keleusss). Misalnye event lari yang isinye ade siraman warna warni atau event bajak-membajak kota kayak di tulisan si Romeo Gadungan ini. Tapi gapape deh, demi kesehatan mereka, kite dukung aje. Asal jangan sampe ngerugiin orang laen kayak event salah 1 brand sepatu mahal itu #nomention

ikutan semua event marathon walaupun kadang kelakuan mereka bikin gengges warga sekitar (poto dari  @atre7)


Kebanyakan temen gue sih ngikut event olahraga biar dianggap keren, terutama buat pamerin sepatu.

5.  Selalu pake semua socmed tapi kagak ngerti cara maennye
Socmed ape sih yang kagak dimiliki ame Kelas Menengah Ngehek? Semuanye punye dong! Tapi yang bikin kesel adalah mereka kadang kagak ngerti cara maen socmed tersebut kayak gimane. Misalnye ngebales mention kagak penting pake ReTweet, sinkronin satu socmed ke socmed laennye, macem Path yang udeh jelas-jelas bersifat private malah disinkronin ke Facebook & Twitter. Kalo gue kasi tau, dibilangnye gue sok ngatur-ngatur. Ywdlh.

6. Bahasa yang digunakan selalu dicampur-campurin
Bahasa Inggris bagi mereka adalah bahasa terkeren, namun biar kagak takut dicap sok Inggris, mereka sering berbahasa campur-campur Indonesia-Inggris. Kadang suka nulis kata-kata yang sebenernye di KBBI ade tapi mereka males pake, misalnye kata menantang, nah mereka biasanye mengganti kata tersebut dengan men-challange. Terserahlah.

7. Selalu hadir ke acara konser berisi anak gaul macem Java Jazz, DWP, etc.
Kalo lagi ade konser yang biasa dihadiri anak-anak gaul, mereka pasti dateng. Terus hebohnye lebih-lebih dari kehebohan persalinan Ashanty. Bukannye menikmati nonton konser, malah asyik ngetwit untuk ngasi live report.

maklum ye kelas menengah ngehek


8. Beli baju kudu yang bermerk dan ade di mal
Ya minimal merk H&M dan Mango, deh. Abis dibeli, langsung dipamerin deh ke socmed. Tetep update ya, cyiiiinn.

Yang bikin kesel sih kalo mereka beli baju bekas di Pasar Baru atau Pasar Senen tapi bilangnye beli di mal. Kesel kan ye? Ini terjadi ame salah 1 mantan sahabat gue dulu. Sekarang udeh kagak sahabatan, gaya hidupnye ketinggian.

9. Makan siang kudu di mal, paling anti makan di kaki lima
Hiiih, makan di kaki lima? Apaan sih, kan kotor ya cyiiin hiiiihhh -___-

10. Ngikut antri beli gadget dan masuk ke IKEA


kelas menegah ngehek yang lagi ngantri di IKEA 


Ya gitu deh yang terjadi ame Kelas Menengah Ngehek di sekitar gue. Mungkin kadang kite berlaku kayak begono, tapi yaudehlah jangan sering-sering yak. Tetep jadi diri sendiri aje kagak usah ikut-ikutanlah. Tetep beli hal-hal sesuai kebutuhanlah. Kagak usah beli iPhone 6 kalo aplikasi yang dipake cuman socmed ame BBM doang. Eh tapi ape hak gue ngelarang Kelas Menengah Ngehek? Yaudeh sih, terserah dah, yang penting jangan sampe bikin gengges kehidupan orang laen aje, eaaaaaaaa. Peace. love and gawl. Cupcup muah, kiss kiss ciaobellaaaahh.

27 comments:

  1. Kalau blogger yang kelas menengah ngehek ada gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger yang kelas menengah ngehek itu kayak gimana mba pin? :/

      Delete
    2. blogger yang kelakuan di dunia nyatanye kayak yang gue sebutin di atas, kudu disebutin orangnye nih? hahaha

      Delete
  2. Btw mpok pina kok itu blognya, headernya belum diperbaiki???

    ReplyDelete
  3. yang dibagian 3,4,5 gue juga pernah ngalamin kak pin. DAEBAKKK !

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, yang penting jangan keseringan. daebak tuh apaan?

      Delete
    2. daebak itu hebat kak. daebak tu bhs koreanya hehe

      Delete
  4. Bener Kak Pina. Sukses terus, ya.

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Kalo kelas menengah ngehek yang bikin gengges enaknya diapain ya kapin? .___.

    ReplyDelete
  6. Hmmm.. Kesian juga ya.. mungkin cuma pengen dianggap "mampu dan berada"..
    Gak taunya malah keliatan norak.. ckckckk

    ReplyDelete
  7. Mbak, aku komen sesuai llmu yg kupelajari aja ya. Kalo dari kaca mata sosiologis, fenomena yg mbak vina tulis menggambarkan apa yg disebut Looking Glass Self, banyak orang kehilangan dirinya sendiri karena tuntutan di luar dirinya. Jadi, Kelas menengah 'ngehek' sebenarnya orang yg sudah bukan dan kehilangan 'diri'nya sendiri, hehe

    ReplyDelete
  8. Gue ngelakuin 3,5,6 trus gue termaksut kelas menengah ngehek? Hahahaha -_-

    ReplyDelete
  9. Ajaib! Dari 10 poin yang disebutin di sini, gak ada satu pun yang pernah aku lakuin. Entah harus menyesal apa harus bersyukur.

    ReplyDelete
  10. Sampe sekarang masih bingung sama poin nomor 2, kenapa mereka begitu ya?

    ReplyDelete
  11. Bersyukur karena aku jelas-jelas bukan kelas menengah ngehek... Hahaha
    tapi temenku ada tuh yang kayak gitu.. ngehek emang orang-orang kayak gitu. :|

    ReplyDelete
  12. Emang kebutuhan manusia jaman sekarang itu kan sandang, pangan, papan, dan pamer. Maklum ka mereka kan sedang mencari jati diri wahaha

    ReplyDelete
  13. Zaman makin aneh, manusianya juga makin aneh, jadi banyak spesies baru yang aneh bermunculan di dunia, mulai dari 4l4y, sampe sekarang kaum menengah ngehek. Ngehek banget sih zaman sekarang!

    ReplyDelete
  14. Hahaha... kayaknya masih banyak deh sist indikator manusia yg masuk kategori itu :v udah jadi gaya idup baru haha... :v

    ReplyDelete
  15. intinya sih sama kata loe pin. terserah.
    terserah mo gimana mereka jalanin hdup mreka. tiap org btuh tingkat kepuasan yg beda-beda. dn mereka caranya ya kayak gtu. nggak ush di kepoin abis2 an. :)

    ReplyDelete
  16. observasi nya bagus, tapi saran aku jangan sampe jadi terlalu judgemental dengan ngelabel-labelin orang kak. orang gampang aja ngelabelin kakak atas tindakan kakak, tapi kan isi kepala kak pina sendiri kompleks dan gak sesimpel itu. artinya mereka juga gitu, kita bisa aja ngelabelin mereka pamer, tapi ada aspek kebutuhan yang lebih dalam di diri mereka atas tindakan itu. Jadi maksud ku, akan lebih keren kalau kita belajar melihat mereka sebagai subjek yang kompleks, dibandingkan ngejadiin mereka objek yang mudah kita labeli dan jatohnya bikin kita sinis sendiri.

    aku punya temen yang kalau orang2 liat dari jauh, dia mungkin tukang pamer dan orang kaya banget. tapi dia suka curhat ke aku tentang kehidupannya yang personal. dan itu bisa aku kait-kaitin sama diri dia yang keliatan pamer, dan ternyata ga sesimpel itu.

    peace and love. :)

    ReplyDelete
  17. Semua point yang disebutin di atas, sumpah, gue banget! Haha..
    Ga apa, penting happy.

    ReplyDelete
  18. Bukan gw sihh
    Maklum kelas menengah kere 😂

    ReplyDelete
  19. Satu lagi ya mbak, menghina selera musik orang, sekarang mah lagi ngetrend tuh hal begituan, padahal kan selera musik itu urusan pribadi, eh malah dihina, susah emang jadi kids zaman now.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.