Thursday, 1 January 2015

Jenis-jenis Pengemis yang Bikin Meringis!


yaelaaaah masih ngemis, brosis?


NGEMIS? Sebokek-bokeknye gue, gue ogah buat ngemis! Menurut gue, mengemis itu kagak baek deh, sumpeh. Malu kalo misalnye masih punye badan sehat walafiat tapi cara buat dapetin rejekinye dengan ngemis. Malu ame sodare-sodare kite yang punye keterbatasan fisik tapi tetep berjuang nyari rejeki dengan cara terhormat. Salah satunye nih Bang Limin, Pelenong Betawi dengan keterbatasan fisik yang menurut gue "wow" banget. Salut!!!



Di Jakarta, ade banyak bener lho macem-macem pengemis. Berikut ulasannye:

1. Pengemis dengan jurus mabok borokokok

Nih pengemis biasanye punye penampilan yang awut-awutan. Belagak kayak anak punk, dengan rambut berdiri ngaceng, tato dan tindikan di mane-mane, serta cara ngomong yang kayak orang mabok. Bangsa ini biasanye nongol tiba-tiba saat bis kopaja/metro mini melaju. Lalu mereka bilang: "Yaaa bapa bapa ibu ibu, saya ke sini bukannya mau nyopet atau ngejambret, tapi cuma butuh belas kasihan buat makan hari ini, walaupun sedikit tapi seikhlasnya aja yaaaa bapa bapa ibu ibu...."

Tapi kagak pake ngomong ala orang mabok juge, keleus. Suka kesel, terus suka maksa, kalo kagak ngasi disindir-sindirin: "Percuma pake jilbab kalo pelit" Eek lu!

2. Pengemis pura-pura buntung

Ini juge ade banyak banget, biasanye mereka tinggal di kolong jembatan. Tiap pagi udeh siap-siap bikin kaki buntung. Dikira kalo kakinye buntung bakal dapet banyak rejeki gitu. HIH. Buntung beneran, nyahok lo!

3. Pengemis dengan badan yang masih keliatan seger buger

Ini juge nyebeli! Masih untung dikasi kesehatan dan kekuatan, bukannye kerja kek gitu! Malah tiap malem nih deket kantor gue, ade satu anak remaja cowo yang selalu melas sambil jongkok di tengah orang-orang kantoran pulang gawe, sambil ngomong gini, "Kak, minta duitnye kak, belom makan kak laper kak..." HIH! Padahal tuh cowo lumayan cakep dan keliatannye masih seger, kenape kagak kerja aje, jadi penjual koran kek, tukang parkir kek, model kek, simpenan tante-tante kek #eh. Sampe gue giniin tuh beberape waktu lalu: "Heh lo udeh gede badan sehat masih aje ngemis, kerja sono!"

4. Pengemis berkedok yayasan yatim atau pembangunan mesjid

Hih kesel banget, pake alesan buat yayasan yatim atau mesjid lah, bapa lu peyang. Gue sih kagak percaye lagi ame model beginian, sempet juge lho dibahas di Reportase Investigasi :



5. Pengemis cilik atas suruhan ortunye

HIIIIH kesel banget gueeee barusan nemu emak-emak kampret nyuruh anaknye ngemis sedangkan diye dengan santaynye makan cemilan!! Diem-diem gue rekam aje, terus gue lapor ke Pak Ahok di Twitter. Sape tau nanti ditangkep. Biar jera dan kagak ade lagi ortu kejam kayak begono!



Btw kalo kite liat mata tuh anak ye, kayanye abis ditabokin deh. Abis kayak bengkak gitu. Kalo emang bener, gue doain semoga tuh anak diadopsi orang kaya terus emak kandungnye dipenjara. KZL TW GK!

6. Pengemis dengan simbol agama

Gue sering kok nemu pengemis yang pake hijab atau gamis. Tapi yang bikin gue kaget, ternyate ade lho pengemis yang pake baju biksu -___- hadeeeh, gue bingung deh ame orang macem gini, kagak takut ape ye dilaknat Tuhan karena melecehkan agama? Emang ade gitu agama yang ngajarin buat ngemis?

Nih gue rekam juge barusan:




Gue berharap semoga pemerintah segera menindaklanjuti pengemis di daerah mane pun. Dan please, kite kagak usahlah ngasi-ngasi duit ke pengemis model begono. Yang ade, mereka tambah tajir kayak di pidio ini -___- mending disedekahin aje ame anak tetangga yang kurang mampu...



Kalo kalian, paling kesel ame pengemis kayak gimane?

30 comments:

  1. mending aku ngasih uang ke tukang ngamen daripada ke pengemis... males banget

    ReplyDelete
  2. tuh yg paling nyebelin pengemis dari yayasan amal (ngomongnya gitu)
    udah gitu mereka ketok ketok rumah segala kaya tamu.. (pernah pas ane mandi sampai belum bilas sampo ketok ketok imajinasikan sendri gimana ye) udah gitu ngmongnya ngak jelas,kalo ngak suaranya super pelan ya super cepet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi elo ketemu ame pengemis kagak pake baju? #gagalpaham #gagalfokus

      Delete
  3. Gue lebih respek sama pengamen yang nyanyi lagunya enak ketimbang pengemis tapi suka keputerbalik antara ngemis dengan ngamen.
    Di deket stasiun Bekasi sering banget ada anak (ngakunya) punk yang ngamen tapi modal tepok-tepok tangan doang. Udah gitu lagunya curhat tentang himpitan ekonomi gitu. Gue pikir kalo emang mau ngamen ya usahalah belajar maen gitar kek, minjem gitar orang kek. Belajar ngamen aja males apalagi kerja -_-"
    Kalo gue sih misal ada pengamen nyanyi lagunya enak terus nyanyiin lebih dua lagu (dan semua lagunya enak dia nyanyiin) gue kasih aja sekoin dua. Boleh gak sih kalo begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aje, itu tandanye lo kasi mereka apresiasi... kan mereka kerja dengan berkaya (ngamen) bukan minta-minta kayak pengemis

      Delete
  4. Pengemis di poin yang pertama sering banget gua temuin tuh! Biasanya sih di daerah Blok M. Kata temen-temen gua yang jadi kenek/sopir bus di Blok M harus hati-hati sama pengemis yang kaya gitu, dia gak segan mengancam orang sebayanya 'kalo gak mau ngasih'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye, gue jg suka rada ngeri dan mau kaga mau suka ngasi mereka duit, daripade barang2 gue dijarah :(

      Delete
    2. Kunci amannya cuma satu, duduk di depan deket supir, tapi hati-hati takut supirnya ke ge'er an haha

      Delete
  5. Buseeett dah, asik bener tuh emak emak maen nyuruh bocah kecil ngemis. Aku rasa dia bukan emak kandungnya kak, Pin. Kali-kali dia nyewa tuh bocah buat ngemis atau justru itu bocah diculik terus disuruh ngemis. Kalo emak kandung beneran, na'udzubillahimindzaliik... jahat banget tuh emak.

    Kalau aku pribadi sih mending ngebeli dagangan orang walau nggak butuh, seenggaknya kita ikut ngebantu dengan membeli dagangannya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngebeli mah jatohnye ntu orang kan pedagang, bukan pengemis :p *lg ngomongin pengemis soale nih bukan pedagang muahaha, tp setuju kok!*

      iye kali ye bukan emak aslinye...

      Delete
  6. jenis pengemis yang nomer 1 tuh yang bikin gregetan... engga dikasih malah nyindir, pengen ngelawan tapi mukanya dia serem-__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal ente cowok, masa cemennnn

      Delete
  7. Pengemis yang nyubit nyubit terus kalo gak dikasih nyumpahin.. Pengemis jaman sekarang lebih mirip perampok -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pernah nih kayak gini, terus gue teriakin -_-

      Delete
  8. Macem nomer 3 Kak Pin! sering banget pengemis kaya gitu pagi-pagi udah nyamperin rumah aku. pernah suatu pagi pengemis Ibu Ibu gitu bisa dibilang masih muda, segar bugar minta 'sedekah'. ayahku yang kebetulan di depan rumah langsung bilang gini "Ada apa buk? nagih pajak ya?" dengan bernada lantang (ayah kalo ngomong nadanya emang gitu-_-) terus si pengemis itu wajahnya agak malu malu gimana gituu-__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus tuh!!! emang kudu digituin, biar ngacaaaaa!!!!

      Delete
  9. Jadi inget temen gw, Ka Pin. Pernah temen gw dipaksa sama pengemis mas2 yang minta2 di angkot. Temen gw ntu jelas maleslah ngasihnya, badan masih seger buger gitu. Temen gw bilang, "maaf". Trus si pengemis maksa, "seribu dua ribu aja, mba,,, buat makan". Tapi temen gw itu masih kekeuh ga mau ngasih dan malah ngejawab, "Ohhh,, buat makan, nih gw ada roti,, mau gak?" (sambil ngeluarin roti dari tas).. hhhheeee...
    Dan si pengemis pun langsung ngeloyor pergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woakakakak padahal mah buat beli rokok!

      Delete
  10. Iya mpoook. Paling kesel yang minta sumbangan dah. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih barusan gue baru didatengin jenis beginian!

      Delete
  11. iya nih. MiQHNuR juga kasihan liat Indonesia dipenuhi orang-orang yang kayak gini. kapan Indonesia jadi negara maju?? hmmfh....

    ReplyDelete
  12. pengemis yang ngaku ngaku dari yayasan tuh emang BGST-___-

    ReplyDelete
  13. Kalo di rumahku sering disinggahi pengemis yang bawa kalender. Kalo kita ga mau beli kalendernya, disuruh nyumbang seikhlasnya. Kalau ga mau nyumbang juga dia ngotot, lama banget baru perginya. Bukannya ga mau ngasih, tapi kalau datangnya tiap hari dan sehari ada 3 orang? Gimana tuh-_-

    ReplyDelete
  14. paling kesel sama semua pengemis, ngapain ngemis? HIH!!

    ReplyDelete
  15. Dulu, Mamaku pernah ketemu pengemis, masih anak-anak. Kan terus diajak makan sama Mamaku, tapi dia gak mau. Kalo dikasih uang baru dia mau. Akhirnya ya, dibiarin pergi sama Mamaku

    ReplyDelete
  16. nomor 4. mau ngasih tapi udah tau kalau itu boongan. mau gak ngasih dianya pake dalil-dalil yang bikin gimana gitu.

    ReplyDelete
  17. Paling kesel sama pengemis cinta. Dibilangin gue udah punya 2 istri, tapi masih aje...

    Sedih :(

    ReplyDelete
  18. Kalo pengemis mah jangan di kasi duit, ntar mreka trbiasa,,
    Kasi kerjaan aja, supaya kaga ngemis lagi.. hehe

    ReplyDelete
  19. Gue pernah ketemu tuh pengemis yang berpakaian ala biksu pas gue lagi makan di seputaran salemba

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*