Monday, 3 August 2015

Hai Cewe, Awas Kena 'Sindrom Cinderella!'



Beberape waktu lalu gue nemu sebuah video yang berisi penjabaran bahwa SEMUA COWO TUH MUSTI MELAKUKAN HAL INI UNTUK PASANGANNYE TANPA DIMINTA:

1. SMSin atau chat ke pasangan untuk mengucapkan selamat pagi, siang, malem, bobo, atau mungkin boker pun pengen banget diselametin :p
2. Upload poto kebersamaan dengan pasangan ke media sosial
3. Dikasi kejutan walau pasangan kagak berulang-tahun
4. Selalu dateng ke rumah dengan membawa makanan favorit
5. Selalu mengajak berdansa saat berada di pesta
6. Memberikan pujian secara tulus secara intens
7. Menyanyikan lagu favorit pasangan
8. Memberikan sesuatu yang bisa dipeluk, misalnye boneka
9. Memiliki waktu berkualitas bersama untuk berbicara tentang hal yang sangat dalem
10. Sok-sok ngelucu dengan ngasi becandaan garing, biar si pasangan sok gemes, terus bisa cubit-cubitan deh
11. Memperlihatkan ke-gentleman-an yang dimiliki cowo kepada pasangan. Misalnye, pas mau ngedate, minta ijin dulu ke bokap pasangan, ngasi jaket saat si pasangan kedinginan, dsb
12. Memberikan kenyamanan dan  kesabaran saat si pasangan merasa ketakutan dan dilanda kesedihan
13. Selalu bilang kalo tuh cowo sayang dan cinta banget ame si pasangan
14. Memeluk, merangkul, dan selalu mengingatkan hal-hal baik buat pasangan
Dan sebagainye.

Emang bener? Bener banget, wah semua cewe pengen banget punye cowo kayak begonoh. So swit banget ye.... Tapi sayang, poin-poin di atas cuman KEBANYAKAN dilakukan ame cowo-cowo di sinetron dan drama-drama Korea (atau next, drama Turki, haha).

Berharap sih boleh aje, we... (maksudnye cewe). Tapi jangan sampe berlebihan hingga memaksa pasangan nantinye buat melakukan poin-poin di atas. Karena ape? Karena kagak semua cowo diciptakan PENGERTIAN, INISIATIF, DAN TULUS.

Kalo kalian (para wece wece eh cewe cewe) pengen banget punye cowo dengan sikap sempurna kayak begono (sampe kagak nikah-nikah karena nunggu cowo kayak begono haha #ups #AdaLoh), ya berarti kalian udeh kena sindrom Cinderella stadium akhir. Well, gue rasa semua cewe punye sindrom Cinderella. Cuman tingkatan stadiumnye aje beda.

Ape tuh sindrom Cinderella? Ntu loh... sindrom yang menjangkiti cewe-cewe yang pengen punye cowo macem pangeran di buku dongeng... pengen punye cowo kayak poin-poin di atas. HAHAHA.

Sekali lagi, berharap silakan, tapi kagak usah sampe memaksakan pasangan. Bukannye kalo udeh punye pasangan, harusnye kite (cewe-cewe) mengerti dan menerima ape-adenye tuh cowo?

Jujur aje, gue sempet merasakan sindrom Cinderella ntu. Tapi malah ditinggal.... Hiks...



Waktu pacaran dulu, gue tuh suka ngomong ke diye (mantan), kalo gue demen banget diperhatiin tiap hari. Dichat tiap hari. Gitu deh. Kalo diinget lagi sih, jijik banget, najong. Hahaha.

Pengen banget dikasi kado ulang tahun, tapi boro-boro kado, pas gue ulang tahun malah gue yang mengeluarkan duit buat teraktir diye. Soalnye diye anak kost yang duitnye, eweuh (bokek).

Pengen banget dikasi puisi romantis... dinyanyiin lagu kesukaan... Tapi sayangnye, doi kagak romantis... terus genre lagu favoritnye beda banget. Gue suka banget ame Mocca, diye suka ame Endank Soekamti.

Pengen banget diapelin tiap minggu. Doi kudu tiap weekend nemenin gue maen. Maen di rumah kek, jalan ke mane kek. Soalnye gue orangnye kangenan abis.

Pengen banget dipeluuuuukkkkkk lamaaaa.... (nah kalo ini diye mah demen-demen aje, ampe disosor #eh)

Pengen dibecandain unyu-unyu kupret...

Dikasi kejutan kecil, misal malem Jumat nongol di jendela kamar sambil bawa martabak Terang Bulan depan sekolah Sumbangsih Grogol...

Dipuja-puji...

Gitu deh ah. Males inget-inget lagi, soalnye bikin sakit hati :'(

Nyatanye? Ternyate diye kagak nyaman menjalankan beberape hal yang gue pengenin banget. Diye mundur pelan-pelan. Diye bilang, "Maap, aku mah kagak bisa beb ngebahagiain kamu..." Terus diye malah ngarep balikan ame mantannye yang terdahulu.

Sakit banget, sis.

Sakit banget, bro.

Akhirnye gue sadar, selama ini gue salah banget. Dari situ gue mulai memperbaiki diri sendiri. Gue harus mulai menerima cowo ape adenye banget. Kagak banyak menuntut.

Mangkenye pas gue lagi klepek-klepek ame satu orang, yang mari kita sebut aje doi Paijo, gue tuh udeh menyiapkan diri untuk:

1. Kagak mewajibkan doski ngucapin sayang dan selamet setiap hari
2. Kagak mewajibkan doski ngapelin tiap minggu
3. Kagak ngarep-ngarep amat doski suka ame genre lagu yang gue suka
4. Kagak wajib lucu dan romatis bingits

dsb....

Well, seiring berjalannye waktu, gue mencoba untuk dewasa... Bahwa penjajakan diri kagak harus begini dan begitu... Lebih baik dijalankan dengan ape yang udeh disepakati secara aman dan nyaman #halah.

Kembali kepada masalah sindrom Cinderella. Nah menurut referensi yang gue bace, sindrom ini biasanye terjadi gegara kite (cewe-cewe) kurang memiliki hubungan deket dengan orangtua, terutama dengan orangtua yang berlainan kelamin.

Ya mungkin gegara gue LDR-an ame si bokap jadi ngaruh, gitu ye?

Oh iye, sindrom Cinderella biasanye bikin cewe-cewe kagak mau mandiri dan berharap selalu ade cowo yang melindunginye. Pengennye dilayani terus.... Konon, sindrom ini berakar dari masa kanak-kanak lho. Misal, kite kejedot meja, eh mejanye yang disalahin. Secara kagak langsung bikin pola pikir kalo kite tuh kagak pernah salah. Kagak boleh lecet dikit. Semua kudu tunduk. Begitu dah.

Bullying pun bisa memicu sindrom ini karena bisa bikin si korban bullying jadi sangat takut dengan masa depan dan berharap ketemu dengan penyelamat. Dari hanya sekadar sederhana aje, macem diginiin ame nyokap, "Kamu tuh ya, bego banget, masa pasang kancut sendiri kagak becus?" atau saat dibanding-bandingkan orangtua, "Kamu tuh kayak si Kupret dong, bisa dapet ranking satu!"

Oala... pantesan... jujur aje sih gue mengalami hal-hal di atas, ape lagi saat dibanding-bandingin. Emang udeh ngerasa kalo pola asuh orangtua gue tuh salah, tapi gue bisa ape, udeh terlanjur haha. Yang penting udeh sadar dan kagak mau mengulang pola asuh ortu ke anak gue nanti :)

Ade pun cara mengobati sindrom Cinderella adalah:

1. Perbanyak komunikasi dan berhubungan dengan orangtua
2. Jangan terlalu sering nongton drama
3. Kudu punye niat buat BERUBAH
4. Minimalisir bergaul dengan orang yang kebanyakan drama
5. .... (cari sendiri di Google)

Jadi, apakah kalian merasakan sindrom Cinderella, wahai cewe-cewe?

Jadi, apakah kalian pernah berhubungan dengan cewe yang terkena sindrom Cinderella, wahai cowo-cowo?

Silakan bagikan cerita kalian di kolom komentar. Sape tau masuk di VLOGGING Youtube gue :p

Referensi dan sumber foto:
http://gaya.tempo.co/read/news/2012/02/13/205383724/sindrom-cinderella-peterpan-membelenggu-lajang
http://www.kompasiana.com/yudikurniawan/mengenal-peter-pan-dan-cinderella-complex-the-fairy-tale-syndrome_552829a76ea834c2538b45d2
http://oliveirajessica.com/tag/filmes/
http://splay.pl/2015/03/16/to-co-wszyscy-znamy-tez-moze-bawic-kopciuszek-recenzja-splay/


42 comments:

  1. Aku mah pas zaman sma dulu. Sekarang udah enggak. Mungkin gegara udah beranjak gede kali ya. Tp mungkin ada sisa2nya dikit yg muncul pas PMS. LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nah iye pas PMS kadang-kadang begono :p

      Delete
  2. Kalau aku sih jomblo mbak, tapi ya ada temen yang entah cewe apa cowo curhat gitu ke aku. Dan emang ya mbak kalo aku perhatiin intinya si cewek itu kena sindrom ini. Dan aku bertekad (?) Ntar kalo punya pacar nggak gitu gitu amat, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jangan sampe jadi cewe yang berlebihan yakkk

      Delete
  3. Gue mah kadang suka sebel sendiri kalau si doi ngechat tiap hari. Jadi kadang ga dibales gitu chatnya. Jadi cewe sedikit kejam ga apa-apa kali yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gapapa... bilang aja lo sibuk...

      Delete
  4. mpok kok sekalinya nongol langsung banyak gitu postingan nya? Lancar bener nulisnya, ku iri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiah ngapain iri, tinggal dijalanin aje :p

      kebanyakan draf yg belom diposting soale...

      Delete
  5. Tapi aku Merasa risih jika terlalu diperhatikan, atau chat terlalu sering. Itu sangat menyita waktu dan membosankan. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener... yang berlebihan memang ga baik

      Delete
  6. Aingmah dari udah bisa baca sampe sekarang masih dibeda bedain. #lelah. #malahcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lo kaga kena tuh sindrom kan?

      Delete
  7. Udah nerima apa adanya, ga pernah nuntut, eeehh ditinggalin. Katanya "kamu terlalu baik buat aku". Wowww bayangin..cewek juga bisa lho diputusin dengan kata2 itu huhu :")
    Aku butuh sedikit sindrom cinderella nih :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha yaelah... tuh cowo kena sindrom peterpan tuh wkwk, udeh cari yang laen

      Delete
  8. yah kalo ngga minta tapi pernah diperlakuin kaya yang nomor 1,3,4,6,7,8,9,10,11,13 nd 14 namanya apa mpok?
    Berasa risih soalnya, berasa diperlakukan kaya anak kecil #hahaparah.

    ngejalanin dengan cara dewasa dan lebih bijak tanpa pake sindrom cinderella... eh malah ditinggalin dengan alasan "Aku ngga pantes buat kamu... kamu terlalu baik"
    uhh rasanya pengen gantung diri di poon toge...

    bedewe, semoga langgeng ama Paijo ye mpok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya ya lo beruntung...

      haha makasi, gue kaga ada hubungan apa apa sama Paijo

      Delete
  9. Makin banyak cewe yang kena sindrom ginian, guenya yang makin untung. wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Kayaknya gw kena tuh sindrom deh, apalagi cowo gw tuh cuek, bawaannya pengen di chat / ketemu mulu, tapi giliran di chat terus2an, bosen juga haha.

    Btw mungkin bener karena gw ga gitu deket sama bokap. Thanks infonya kak Pin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sama-sama, yuk diubah. mungkin emang cowo lo tipe yang kaga mau dibawelin :p

      Delete
  11. setelah baca ini baru ngeh kayaknya aku juga lagi terserang sindrom ini deh, mintanya diperhatiin muluuuuu :D
    iya sih pas kecil enggak terlalu deket ama bapak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi semoga bisa berkurang yah sindromnya hehe

      Delete
  12. Gue kadang suka ngelakuin beberapa hal yang diatas (bagian cowo) tapi ternyata cewe gue sendiri ga suka kak pin. poin kaya ngasih kejutan ... biasanya cowo ngasih ya kado-kado lucu mungkin boneka, atau apalah lainnya. cewe gue malah lebih suka gue kasih sesuatu kaya kfc/mcd wkwk, jadi makanan gitu, dan itu ngga dibikin "surprise" malah direncanain dulu. Dan dia juga bukan tipe yang suka di "selamt pagi"-in gitu deh, kalo gue ucapin aja dia gapernah bales demikian juga bhahaha. Yah, kayanya doski ga kena syndrome cinderella deh, alhamdulilah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus tuh ndu, pertahanin lah :)

      Delete
  13. Kak. Dulu aku kayanya kena sindrom ini deh. Tp setelah akhir2 ini deket sama bapak dan sering komunikasi, sindromnya berangsur-angsur hilang. Beruntung banget punya pasangan yg sabar 😗😗😗 sekarang jadi malu sendiri sama sikap2 yang dulu. Diinget-inget lumayan lebay. Tapi mmg uda pembawaan kali ya dulu. Terlalu dibawa perasaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mungkin bisa jadi Erma... gue juga dulu gitu kok... tapi seiring usia dan mulai menjauhi media-media lebay, jadi berangsur hilang :)) gudjob!

      Delete
  14. Kayaknya sih kalo dibaca dari awal sampe akhir, aku nggak kena syndrom ini kak. Haha maklum kak jomblo, jadi udah terbiasa nggak diselamat pagi-in atau yang lain. Dan salah satu alasannya mungkin karna aku emang lebih deket ke Bapak sih :3

    Ohya kak aku punya temen cowok, hobinya smsin terus, tapi jadinya risih kan. Kalo nggak dibales kadang kasian juga, sehari bisa smsin berapa kali soalnya. Kayaknya temen cowokku ini malah yang kena syndrom itu -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cowo mah sindrom peterpan http://kancut-beringas.blogspot.co.id/2015/08/hai-cewe-waspada-sindrom-peter-pan-pada.html

      Delete
  15. Aku jomlo sih dan nggak banyak ciri-ciri di atas yang menunjukkan aku kena sindrom ini. Cuma kayaknya pernah lah ngerasain pengin diperhatiin lebih apalagi pas PDKT, rasanya kayak mau ngomong cepet bales chat dan "selamat-selamatin" biar ada kesan tersendiri. Cuma apalah, doi gak suka sama aku, hahaha.

    Tapi kalau sindrom ini kadang munculnya musiman, pas masa PMS lagi memuncak apalagi. Etapi cowok bisa kena sindrom gini gak sih Kak Pin?

    ReplyDelete
  16. Aku jomlo sih dan nggak banyak ciri-ciri di atas yang menunjukkan aku kena sindrom ini. Cuma kayaknya pernah lah ngerasain pengin diperhatiin lebih apalagi pas PDKT, rasanya kayak mau ngomong cepet bales chat dan "selamat-selamatin" biar ada kesan tersendiri. Cuma apalah, doi gak suka sama aku, hahaha.

    Tapi kalau sindrom ini kadang munculnya musiman, pas masa PMS lagi memuncak apalagi. Etapi cowok bisa kena sindrom gini gak sih Kak Pin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kena sindrom peterpan http://kancut-beringas.blogspot.co.id/2015/08/hai-cewe-waspada-sindrom-peter-pan-pada.html

      Delete
  17. waduuhh...pernah nih,,stadium 4 kayaknya malah. hahahhaa..

    karena lagi single jadinya nggak ngerasain sindrom itu lagi. mungkin ini karena pengaruh saya anak pertama,,,pas ada seseorang datang dalam hidup..yang kakakAble,,,langsung deh manjaaa

    ReplyDelete
  18. Kelakuan cewe yg kaya gini ni cuma bikin dia terlihat NGAREP dan INSECURE didepan cowok yang ujung2nya bikin cowok ilfeel dan bosen. Hilangkan segera di klinik TONGPANG.

    ReplyDelete
  19. Perasaan yang kek begitu gebetan (mantan) gua deh, akhirnya gua mundur, enggak betah! padahal dia kan cowok? Apa mungkin jiwa kite ketuker kali ye? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti cowo lu kena sindrom peterpan http://kancut-beringas.blogspot.co.id/2015/08/hai-cewe-waspada-sindrom-peter-pan-pada.html

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. iya kak, cewe maunya banyak tapi cowok jg gamungkin nglakuin itu semua. abis baca tulisan ini jadi sadar sih. pas sama mantan dulu dia perhatian banget pokoknya romantis banget lah, lengket. trus putus gatau kenape huahaha terus 3 taun kemudian dapet pacar baru, sikapnya beda bgt ama mantan. yg sekarang itu "cuek" cuek dalam arti dia sibuk ama kerjaannya, awalnya kesel sih punya pacar sibuk amat sih ngapain aja sih. tapi abis pulang kerja langsung ngabarin dan kadang unyu2an gitu tp gak sampe larut2. cuma sebatas melepas kangen aja mungkin ya. tp dari dia belajar banyak kalo cinta ga harus kaya di film2 dongeng ehehe. doain ya kapin biar doi segera melamar gue bwahahha aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. pacaran ama yg super perhatian cuma tahan 2 bulan
      sama yg sibuk ini udah 8 bulan sih moga aja awet bwehehe

      Delete
    2. kalo putus bilang gue ye, biar gue yg gantiin elu :p

      Delete
    3. ah kak pina masi mengincar pacar saya >.< haha

      Delete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*