Tuesday, 4 August 2015

Hai Cewe, Waspada 'Sindrom Peter Pan' Pada Cowo Kalian!



Selain cewe yang memiliki sindrom aneh bernama sindrom Cinderella, cowo pun ternyate punye penyakit psikologis yang agak mirip bernama sindrom Peter Pan. No, sindrom ini kagak ade hubungannye dengan Ariel Noah, pun dengan pidio-pidio panasnye bersama Luna Maya dan Cut Tari (Serta 20an pidio doski bersama artis laen #eh).

Sindrom Peter Pan adalah 'penyakit' psikologis yang diderita oleh cowo dewasa namun merasa kagak siap atau mencoba untuk menjadi dewasa. Mereka lebih nyaman menjadi seperti anak-anak. Seperti kode si kecil Peter Pan yang didefinisikan oleh J.M.Barrie, "I don't want ever to be a man. I want always to be a little boy and to have fun."

Terus, ape aje sih ciri-ciri cowo yang mengidap sindrom Peter Pan? Nih...

1. Kagak mampu mengambil tanggung jawab
2. Kagak bisa menepati janji
3. Kagak pedean
4. Kagak punye rencana masa depan
5. Takut kesepian
6. Takut berkomitmen serius
7. Gampang ngamuk
8. Gampang sakit hati sehingga kalo dikritik dikit, marah
9. Manja
10. Suka memberontak
11. Terlalu mencintai diri sendiri (narsis)
12. Perhitungan soal duit (Hmm, mungkin karena kebanyakan dari mereka adalah cowo bokek. Soalnye mereka tuh pemales bingits biasanye)
13. Lebih suka maen ame yang lebih muda
14. Kagak suka dengan aturan

dan sebagainye....

Jujur, ade banyak banget temen cowo gue yang mengidap sindrom Peter Pan. Thats why, meski sebagian dari mereka cakep dan baek banget, ya kagak bisa gue gebet. Soalnye mereka tuh... ya begono... Kebanyakan idupnye penuh maen-maen... diajak berkomitmen serius mah, mane mau mereka. Malah pade memilih buat hidup tanpa sebuah ikatan pernikahan gitcuuuw. Ya gue cuman bisa senyumin aje dah, itu hak mereka buat memiliki prinsip dan pilihan, kok :)

*tipe cowo metropolis bingits kagak, sih?*

Dilansir dari Huffingtonpost, kebanyakan penderita sindrom Peterpan adalah mereka yang sangat asik-asik dan bisa dibilang cukup kreatif. Mereka memiliki banyak imajinasi yang wow, kayak anak-anak gitu. Ya, mungkin ini poin positip yang bisa kite temukan di dalem diri penderita sindrom Peter Pan.

*loh, anak ahenxi bingits deh, asik dan kreatip tapi.. gitu lah*

Semua cowo mungkin mengalami sindrom Peter Pan, walau stadiumnye beda-beda. Dan hampir sama kayak sindrom Cinderella yang kemaren gue tulis, penyebab sindrom Peter Pan bisa dipicu oleh pola asuh orangtua yang salah. Terlalu banyak dimanja, diistimewakan, dsb. Faktor laennye, kemungkinan mereka adalah korban broken home yang mendapatkan kurang kasih sayang dari orangtuanye, terutama dengan ibu mereka.

Cowo model gini tuh kudu bingits punye cewe yang keibuan. Kalo yang cuek (kayak gue) mah bisa-bisa dikomplen dan dibanding-bandingin mulu.

Terus cara mengobati sindrom Peter Pan pegimane? Sama kayak sindrom Cinderella, selama mereka punye niat dan usaha buat mengubah diri serta menjauhi lingkungan yang mendukung sindrom Peter Pan, mereka pasti bisa sembuh.

Btw ade lagunye juge lho, Peter Pan Syndrome karya Soko.





I have peter pan syndrome
I refuse to conform
I refuse to transform
I have peter pan syndrome

I have peter pan syndrome

Oh don't take away my visions
Don't take away my dreams

Oh don't take away my visions
Don't take away my dreams

I am living it up
I am living in a dream
I am living in a dream
I am living it up
I am living in a dream
I am living in living in a dream


---------------------------------------------------------------------------------


KASUS COWO PENDERITA SINDROM PETER PAN YANG PERNAH 'DEKET' DENGAN GUE.

1. WANIJO (28 taon)

Wanijo adalah seorang cowo tampan yang sangat asik diajak ngobrol dan berdebat. Cowo yang bagi gue tuh bikin nyaman buat diajak ngobrol sepanjang hari. Dari pagi sampe pagi lagi. Thats why gue sempet suka ame diye, walau ternyate cinta gue hanya bertepuk sebelah tangan (Belakangan gue tau, doski kagak doyan cewe, hahaha).

Wanijo sempet curcol ame gue tentang pekerjaannye. Setelah menganggur beberape taon, akhirnye doi bekerja di sebuah kantor penerbit bersama salah satu sobatnye. Nah selama bekerja di sono, diye ngerasa kagak betah banget. Diye bilang gini, "Masa ye, mentang-mentang sobat gue tuh atasan, diye kayak semena-semena mulu ke gue, kan kesel!"

Setelah meminta konfirmasi kepada sobatnye ntu, gue mendapatkan jawaban, "Kagak, Pin. Diye tuh di kantor manja banget. Bentar-bentar ngeluh. Padahal semua orang tuh sama kayak diye, kerjaan yang super duper deadline ade banyak banget!"



Wanijo hidup sendiri di sebuah kota besar di bilangan Jawa Barat. Yang gue liat dari diri doi ntu adalah... ternyate diye kagak bisa menerima kritikan. Sekalinye dikritik, diye koar-koar di media sosial, terus ditulis di blog dengan tulisan yang... segitunye banget deh, sangat subjektif.

Doi sangat membenci akan kesepian... oleh karena ntu doi membunuh waktu sepinye dengan banyak menulis. Bagi gue sih, positip bingits ye kalo diye kayak begono. Tapi, diye tuh kagak pedean banget buat ketemuan dengan banyak orang, pun dengan gue sekalipun. Kan jadi serba salah, doi kagak suka sepi tapi benci merasa sepi.

Bagaimana dengan masa depan? Waduh, Wanijo mah kagak pernah punye rencana sama sekali. Pun saat ditanye rencana nikah aje, doi kayaknye belom pernah kepikiran tuh. Doi aje kagak suka pacaran gitu. Katanye, takut disakitin.

Gue udeh lama sih kagak berhubungan ame Wanijo pasca ngerasa di-PHP-in. Bilang suka, giliran ditembak, nolak. Abis nolak, tetep sok-sok bilang sayang. Bikin kesel, ye? Taunye... doi maho. Sialan....

2. FANO (27 taon)

Fano adalah kakak kelas gue dulu. Tampangnye sih... cukup tampan lah. Dari segi fisik, ya gue bingits. Tapi setelah mengenal lebih jauh, ternyate diye tuh playboy kelas kakap. Gonta-ganti gebetan mulu. Gue kagak tau sih udeh jadi gebetan diye yang ke berape. Yang jelas, diye nih kayaknye paling kagak suka ngerasa sepi, selalu butuh perhatian gitu. Pengennye gue perhatiin di BBM, pas gue cuekin, pasti diye tuh... HUAH BAWEL AMAT.

Dan yang nyeselin adalah... doi perhitungan untuk mengelurkan duit! Masa tiap jalan, minta dibeliin bensin.

Diye juga ngaku kalo paling demen barang gratisan. Rokok gratisan. Beer gratisan. Makan gratisan. Cowo model apaan tuh, ape-ape gratisan mulu.



Terus ape lagi yak... Hmm.. oiye diye tuh narsis bingits, ngerasa paling ganteng sedunia. Etdah...

Kalo diajak ketemuan, pasti telatnye parah!

Suka ngamuk-ngamuk kalo gue kagak negor diye sehari doang...

Pengennye maen-maen muluuuuuu, kan idup gue kagak cuman maen doang!

Well, kite akhirnye pisah. Gue kagak sudi punye cowo gratisan.

3. ADI (mungkin udeh 30 taon)

Hmmm... si Om Gundam ini pernah gue omongin di blog sih. Bace aje di marih (klik). Belakangan gue ngerasa ternyate diye termasuk penderita sindrom Peter Pan. Habis... doi tuh pengennye diperhatiin... Terus dikit-dikit ngambek. Manja banget deeeehhh.

4. TYO (24 taon)

Salah satu mantan pacar gue ini punye kelakuan yang emang manja bingits. Terus narsis abis, mungkin diye satu-satunye mantan yang pernah print potonye banyak banget dan dikasi ke gue -____-

Diye paling takut kesepian. That's why gue selalu menemukan diye lebih kebanyakan nongkrong kagak jelas ketimbang diem di rumah buat ngerjain PR. Mending kalo nongkrongnye bener, lah ini...

Tyo: Aku abis ke kosannye si Tika
Gue: Ngapain?
Tyo: Disuruh Dito ngeliatin Tika pacaran ame diye
Gue: HAH? NGAPAIN?
Tyo: Ya liatin mereka gitu. Mereka gitu-gitu... aku disuruh ngeliatin
Gue: HAH? NGAPAIN? *speechless*
Tyo: Iya, mereka buka-bukaan...
Gue: TERUS KAMU MAU?
Tyo: YA MAULAH, APA LAGI SAMA KAMU!

Anjrit...

BHAY. Akhirnye kite putus.

Belakangan gue tau kalo diye punye sindrom Peter Pan. Faktornye mungkin karena terlalu dimanja dan kurang kasih sayang ortu gegara mereka cerai...

Yang lucu mah pas gue tanye, "Cita-cita lo mau jadi ape?" Dan diye jawab, "Aku mah mau jadi tukang becak aja, hahaha...."

Buset, masa cowo setajir diye pengen jadi tukang becak. Well... emang sih diye kayaknye kagak begitu peduli dengan masa depan. Buktinye pas pemilihan SMA, diye ngasal milih, akhirnye keterima di SMK jurusan tata busana HAHAHAHA...

Jiah, jomplang banget. Tapi belakangan gue tau diye pindah ke SMA swasta di Jakarta.

---------------------------------

Begitulah penjelasan sederhana dan sekelumit tentang sindrom Peter Pan.

Jadi, pernah kagak lo berhubungan dengan penderita sindrom Peter Pan?

Jadi, apakah lo merasa memiliki sindrom Peter Pan?

Silakan share cerite kalian... Nanti gue bacain deh di VLOG YOUTUBE punye gue, hehehehehehehe :))

Thank you for reading!

Referensi dan sumber foto:
http://www.huffingtonpost.com/kristen-houghton/the-peter-pan-syndrome_b_6127308.html
https://zenimtr.wordpress.com/2009/11/14/peter-pan-syndrom-vs-cinderella-complex/
http://health.detik.com/read/2011/02/23/162114/1577306/763/sindrom-peter-pan-sindrom-pria-dewasa-yang-kekanak-kanakan
http://selingkaran.com/news/read/1283/2015/02/chord-kunci-gitar-peterpan-menunggu-pagi/
http://cdn-media.viva.id/images/2014/12/31/287572_vokalis-noah-ariel.jpg
https://www.youtube.com/watch?v=itVm1mXG-Mg


NB: KALO POSTINGAN INI KELIATAN KEPOTONG, PENCET CTRL DAN - AJE SECARA BERSAMAAN BIAR KELIATAN JELAS. MOHON MAAP YE, TEMPLATE BLOG GUE LAGI BERMASALAH, NANTI KALO ADE WAKTU LUANG, GUE BENERIN DAH. MAKASIH MUAH.

21 comments:

  1. ane kaga suka aturan mpok ?
    masih bisa di sebut syndrom juga ?

    ReplyDelete
  2. kalo cuma satu biji mah, ya dont worry bro

    ReplyDelete
  3. Btw Btw gue dulu anak manja banget.. Dimanja sama nenek gue saking manjanya gue agak kesulitan waktu remaja (proses pendewasaan) tapi karena keadaan ane belajar tanggung jawab tapi buerat banget.. Emang bener nih salah didikan waktu kecil terlalu dimanja itu ngak baik beneran.. Dulu dulu apa apa dibeliin dibenerin.. Jadi tanggung jawabnye ngak ade.. Tapi semua orang bisa berubah tergantung kitanya sendiri,ada saudara ane yg sampe sekarang masih cari dewasa itu apa.. Ane bilang aje "banting tuh gelas terus gantiin" dia malah binggung

    ReplyDelete
  4. Nah kan! Sama lagi! Kalo yang sindrom cinderella kemarin emang dari sisi cewenya. Kalo cowo-cewe yang curhat ke aku juga ada masalah sindrom ini di diri si cowok. Yah ada tuh yang cewek kena sindrom cinderella trus yang cowok kena sindrom peterpan (meski keduanya jg gak parah), banyak bertengkar putus nyambung tp sampe sekarang jg masih pacaran. Gatau jg sih dalemnya mereka gimana. Bisa berubah emang kalo dari diri mereka sendiri sadar dan mah berubah. Gitu :3

    ReplyDelete
  5. Alhamd.....lega gue bacanye....gue gak ade di zona gue...

    ReplyDelete
  6. Aku nggak tau apakah teman sekolahku punya sindrom ini atau nggak. Sekilas sih kayaknya nggak, soalnya kalau dibandingkan sama sindrom Peter Pan yang nggak suka berkomitmen dengan bijak, dia lebih cocoknya sama ingin terus diperhatikan. Kayaknya sih bukan pola asuh orangtuanya yang salah, cuma lingkungan dia terlalu push in banyak. Atau bisa jadi orangtua juga ngebiarin dia gitu aja maka dgn begitu dia lebih suka cari perhatian ke lingkungannya.

    Nahasnya, meski dia lebay, manja, dan kekakanakan, aku nggak bisa benci dia. Dan kebanyakan temannya juga gitu.

    Nggak kebayang deh kalau seandainya dua orang saling bertemu dan jatuh cinta, yang satu sindrom Cinderella, satunya sindrom Peter Pan. Antara cocok banget atau tolak-tolakan :v

    ReplyDelete
  7. Sejauh ini sih, kayaknya temen cowok aku belum ada yang kena syndrom peter pan ini. Ya mungkin kalo ada, cuma punya beberapa point aja kak. Semoga aje nggak pernah berhubungan sama cowok yang kena syndrom ini sih, jauh-jauh deh......

    ReplyDelete
  8. Kayaknya temen ku semua punya sindrom ini. Cuman levelnya rendah :-)

    ReplyDelete
  9. di antara semuanya mpok, gua paling ketawa di bagian Fano, apalagi yang "Well, kite akhirnye pisah. Gue kagak sudi punye cowo gratisan."

    btw itu mantan gebetan ama mantan pacar lucu-lucu amat kisahnyaaa x)) dan anehnya gue kayak belum pernah nemu temen cowo yang begini... apa levelnya rendah banget apa guenya yang kagak peka yak..

    ReplyDelete
  10. kayaknya gue gak punya temen yang kena syndrom itu kapin, semua temen gue sibuk mikirin masa depan, bhakakaaahhaakkyanamanyaumurudahtuaahahahaha :(

    ReplyDelete
  11. mbake mantan pacar saya juga pengennya di perhatiin terus. masuk juga tuh ?

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Nice share :)
    Btw suka banget tuh soko nya!

    Dres,
    dresianimareti.com

    ReplyDelete
  13. kemarin share link nya ke grup whatsap...eh,,temen2 cowo pada bilang "hah? gue kena!"

    yang paling nyebelin sih yang PHP ituu...apalagi sapai bilang "loe suka ya sama gue,,jangan deh...gue sukanya yang lebih muda"

    ReplyDelete
  14. Beberapa ciri-ciri diatas pernah menderita diriku, tapi perlahan terkikis dikit demi sedikit walau tak berubah secara langsung...

    ReplyDelete
  15. Kayanya saya juga terkena penyakit Sindrom Peter-pan deh mbak. untung masih stadium awal mungkin bisa di obatin.

    ReplyDelete
  16. makasih infonya mpok..

    ga tau musti bangga atau sedih, tapi semuanya cocok. fix.. im the boy that never grow old!!

    salam kenal dari www.jokeray.wordpress.com

    main ke sini gara gara postingan soal roro yang ditemukan di sebuah forum gosip. :D

    ReplyDelete
  17. sindrom kgk pedean kyknya bnyakan melanda cowo yg tidak tampan dan tidak tajir / intropert person jg sprtinya (gw si kgk, cm kdang2 aja klw ktmu cewe tantik beud :p)

    ReplyDelete
  18. kayaknya aku tau deh si cowo nomor satu ituuu, tapi yaudah deh diem aja :D cowo peter pan emang kudu banyak gaul sama yang dewasa yah biar nular sifat"nya

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*