Monday, 21 September 2015

Saat Nenek Moyang Gue Menurunkan 'Kemampuan', Ya Beginilah....

wanita stres



Gue lahir di tengah keluarga yang sangat menjunjung kebudayaan dari nenek moyang. Dari budaya pamali ini itu, lah. Hingga menyimpan 'kemampuan' yang diturunkan kepada beberape keturunan yang dipercaye.

Misalnye bokap gue. Bokap gue sekilas kayak orang biasa aje. Bokap kagak bisa baca Al Quran, karena kate Ma'nek (sebutan gue ke emaknye bokap), bokap tuh waktu kecil suka bolos ngaji. Doi sendiri ngaku nyesel banget namun tetep berusaha buat belajar dan menghafal doa-doa di buku terjemahan. Kagak cuma ntu aje, bokap gue demen banget bace-bace buku sejarah wali songo, sejarah Islam di dunia, doa-doa yang kagak umum, dan laen-laen.

Mungkin karena di antara ke delapan anak Ma'nek yang paling antusias belajar agama sampe tua si bokap, sehingga doi dipercaye buat diturunin 'kemampuan' ame leluhur. Misalnye, jalan-jalan ke mane pun dengan rohnye aje, fisiknye mah diem di tempat. Horor, kan? Bahkan bokap gue mengaku pernah nyoba naek haji dengan rohnye melalui pintu gaib. Duh, pusing pala barbie ngedengernye. Mane bisa???!!!!

Kagak jarang bokap pun sering ngobatin orang sakit hanya dengan memberikan air yang udeh didoain ame doi. Dan kebanyakan sih, yang sakit langsung bisa sembuh. Emak gue aje ampe melongo, kok suaminye bisa sakti begono? Wakakakak.

Beda bokap, beda nyokap. Kalo nyokap gue sih paling bisa melihat karakter orang dilihat dari wajahnye, walau baru pertama kali ketemu. Doi juge punye firasat yang sangat kuat melalui kekuatan mimpi.

Kagak cuma ntu, emak gue paling sensitif kalo ade makhluk halus hadir. Bahkan bisa langsung kesurupan. Nah, kalo ini sih bukan termasuk kemampuan dari leluhur, tapi jadi kekurangan yang kagak biasa dari nyokap gue. Sekarang sih udeh mendingan ye, palingan setahun sekali kesurupannye. Pas jaman gue masih SD, nyokap bisa setiap hari kesurupan. Entah ntu kesurupan kuntilanak penunggu pohon beringin di depan rumah yang sekarang udeh ditebang, kesurupan sodara/tetangga yang baru meninggal, kesurupan orangtua sodara (kebayang kagak, sodara gue orang Padang terus emak gue kesurupan orangtua sodara gue dan berlogat Padang? Padahal emak gue orang Sunda asli!!!), dan sebagainye.

Setelah berobat alternatif, baru deh si nyokap kagak sering kesurupan. Tapi uwak gue pernah ngomong gini, "Tau gak sih lu, lu itu sebenernye dikasi 'kemampuan' loh buat ngobatin orang dan ngeliat gaib-gaib! Asal lu kudu ngasah ntu pake doa ini blablabala..."

Emak gue langsung menolak, katanye, "Plislah, gue pengen jadi orang normal aje dah!"

Salah satu uwak gue sendiri punye kemampuan buat ngobatin orang sakit, liat setan, dan ngusir setan. Tiap ade rumah tetangga yang diisengin setan, pasti doi yang bakal ngusir. Ibu-ibu sakti emang tuh orang!

Lalu... 'kemampuan' dari nenek moyang pun sepertinye udeh mulai merasuki diri gue. Awalnye sih dari tahun 2012. Dulu pas gue kenal ame satu orang cowo, gue tetiba mendapatkan 'gambaran' kalo doi bukan orang baek-baek. Doi orang yang bakal menjadi parasit dan kagak bakalan berguna di kehidupan gue. Namun gue menganggap 'gambaran' yang dikasi itu cuma khayalan atau perasaan belaka, hingga gue dan doi jadian, lalu... booom! Gambaran ntu terjadi!

"Ah, palingan cuman kebetulan," sahut gue di dalem ati. Gue dulu paling males sih kalo dapetin yang aneh-aneh dan kudu percaye, takut musyrik!

Hingga akhirnye... berkali-kali gue selalu mendapatkan 'gambaran' soal karakter orang-orang baru di dalem kehidupan gue. Walaupun baru satu kali bertemu, gue bisa mendapatkan 'gambaran' dari kedua mata mereka.

Membaca 'gambaran' karakter ini pun semakin diperkuat karena gue belajar dari beberape literatur. Selaen ngebace dari mata, gue pun bisa membaca dari bentuk rambut, muka, zodiak, dan laen-laen, yang barangkali hal ini udeh masuk ke dalem tahap membaca karakter secara ilmu psikologi.

Namun emang sih, paling kuat tuh liat 'gambaran' dari mata orang. Kadang gue bisa melihat 'gambaran' masa lalu. Kadang loh, karena kagak semua orang memperkenankan masa lalunye buat 'dibace' ame gue (maklum nubie qaqa, belom jago banget buat ngebace masa lalu orang)

Dan yang baru-baru ini, gue kadang bisa mendengar ape yang ade di pikiran orang. Walaupun belom semua orang bisa gue denger pikirannye, tapi hal ini udeh bikin gue stres sendiri. Karena kebanyakan orang yang gue temui memiliki niat jahat ke orang laen atau pun gue sendiri. Paling stres pas tau ade temen yang mau mencelakakan gue, bikin gue mikir, "Nih orang kalo ngomong manis bener, kok pas gue tau otaknye lagi ngomong ape, ternyate begono?"

Yang paling bikin stres pas kuping gue panas dan tetiba bisa ngedenger seliweran suara-suara pikiran orang satu ruangan! Udeh keberisikan suara di dunia nyata, eh ditambah dengeri suara di dunia pikiran. Stres sis! Gue kadang ke kamar mandi terus nangis karena kagak tahan. Bahkan bikin gue semakin sering sakit kepala. Kalo kate bokap mah, belom biasa aje.

Tapi seriusan, gue lebih pengen jadi orang normal aje. Oleh karena ntu, gue sekarang lagi nyoba buat konsultasi kepada orang yang lebih ngerti. Bahkan kalo bisa ke psikiater, karena hal ini bikin gue makin gila!

Mungkin kalian percaye kagak percaye ame yang gue ceritain di marih. Tapi.. ya begitulah. Kalo kalian punye kemampuan yang aneh gitu kagak?

40 comments:

  1. wah ngeri juga kalau gitu ya. katanya kalau bisa ngeliat itu di dalem badannya ada jin nya juge mpok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu yeh :/ eh tp bukannye tiap org punye jin pengikut di badannye ye?

      Delete
  2. Kalo kak pina kan lewat suara, ya. Kalau aku biasanya lewat tulisan deh. Pengalaman waktu ikutan workshop gitu, terus kan ada lomba fotonya gitu. Nah kan si pembawa acaranya pegang kertas berisi nama pemenang. Dan aku seolah bisa liat ada nama aku di atas kertas itu. Dan.. Bener deh.
    Waktu mikirin nilai ujian juga. Ada dosen tergalak deh pokoknya sepanjang sejarah yang nilainya B udah legendaris. Kalau nggak C ya D sekelas.
    Nah sebelum nilainya keluar, aku seakan bisa liat B di nilai aku. Padahal belum tentu, ya. Abisnya dosennya galak amat.
    Eh ternyata beneran, B.

    Tapi aku baru bisa 'baca' buat aku dan orang terdekat aku aja sih..

    Kalau firasat berbentuk hal lain suka ada tapi ga kuat dan aku ga yakin mana firasat yang asli dan mana pikiran yang aku buat sendiri, haha. Buat mengatasi hal ini ada tipsnya gak kak?

    Makasih udah berbagi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah jangan minta tips ke gue, gue aje masih bernasalah =..=

      Delete
  3. kemampuan mpok pine lebih di asah lagi siapa tahu bisa kayak bokap lu mpok yang sering nyembuhin orang sakit. :)

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Gua juga punya, Vin. Percaya ga percaya, hidung gua kayak hidung anjing. Gua bisa "hafal" aroma (katanya sih pheromone) lawan jenis yg ada hubungan emosional sama gua. Kalo ada bantal bekas mama gua, para mantan gua, dan cewe gua yg sekarang dijejerin, gua bisa bedain bantal mana yg punya siapa wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Kalo saya sih bisa mengetahui sifat seseorang lewat cara dia kentut, contohnya kalau dia kentut sambil nungging pas kita lagi nguap, itu berarti dia memiliki sifat kepribadian kurang baik, Mpok. :D

    ReplyDelete
  6. Hmm kok "kemampuannya" nyeremin ya...
    Semoga cepat segera kembali seperti semula ya kak.. :-)

    ReplyDelete
  7. Saran, vin. Dari temen gue juga. Ada baiknya lu jangan dilawan, hadapi aja. Dan accept it. Jangan berusaha cari tau. Jatuhnya nyesekin. Dan jangan juga datang ke psikolog atau psikiater. Ilmu2 kejiwaan kayak gitu biasanya suka bertentangan sama hal2 spiritual/supranatural. Ga pernah ada titik temu. Nanti lu bisa didiagnosa sakit sama mereka. Padahal nyatanya kan nggak.

    bener kata bokap lu tuh. Dengerin aja. Yang lu bisa lakukan, just accept it. Ga ada yang lain lagi. Dan ga usah cari tau lagi. Accept it, lalu hidup kayak awam aja.

    ReplyDelete
  8. bisa gabung jadi x-men tuh hahahahaa

    kalogue sih dulu punya kakek yang bisa nyembuhin orang kesurupan atau kalo orang banjar bilang "penambaan" tapi ilmu beliau ga pernah nurun ke ortu gue apalagi ke gue.

    ReplyDelete
  9. ngeri juga ya kalo punya kemanpuan gitu. Nah elo pasti juga punya kemampuan mpok. Kemampuan membuat cowok jatuh cinta, eaa.. hahaha

    ReplyDelete
  10. Waow keren.... Asyik baget bisa tau pikiran orang.....
    Bisa ngeramal gtu ya.... Eh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngeramal sih nggak kayanye... cuma bisa tau karakter dan baca pikiran (kadang2)

      Delete
  11. gue sudah lupa rasa jatuh cinta.. ada kemampuan buat ingetin ada tak..

    ReplyDelete
  12. wah jadi kayak park soo ha di drma korea "I hear your voice" vin :). semoga segera dapat jalan keluarnya ya dear.. *ga bantu banget yak hehe*

    ReplyDelete
  13. mpok pin... jadi cerita novel bagus nih :)))

    ReplyDelete
  14. waduhhhhh..... repot juga nih kalau bisa baca pkirian , terus pergi ke pasar kakkkk

    pasti kuping bakal rameeee bangettttt !!!! hehehe

    gilangwidii.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Ada enak dan gak enaknya ya kapin..

    ReplyDelete
  16. Ada temennya sepupuku yang begini. Suatu hari dia bacain masa depanku, eh bener kejadian. Padahal akunya udah lupa-lupa inget. Mungkin coba konsultasikan dulu ke ahli agama, baru nanti ke psikiater. Memang enaknya kalau jadi "biasa" aja, ya. Supaya masih bisa surprise sama masa depan. Terua kalau bisa baca pikiran nanti pusing kaya Bruce Almighty, hehehe :)

    ReplyDelete
  17. Aku juga punya kemampuan kayak kak pina, bisa baca karakter sama pikiran orang. Tapi masih ragu sih, itu emang bener-bener kemampuanku atau cuma perasaan & khayalan belaka :v

    ReplyDelete
  18. Aku juga punya kemampuan kayak kak pina, bisa baca karakter sama pikiran orang. Tapi masih ragu sih, itu emang bener-bener kemampuanku atau cuma perasaan & khayalan belaka :v

    ReplyDelete
  19. eh kapan2 kalo ane ketemu sama ente, ane bawa itu tuh batu dari planet asalnya superman, si kriptonit, ente kayak jadi superman dah bisa denger suara orang2, hiiiii

    ReplyDelete
  20. gileee, kekuatan leluhur mpok pina ruarr biasa banget. atut ahh ntar pikiran ane dibaca ama mpok pina. :D

    ReplyDelete
  21. wah... ada orang pinter ternyata disini :)

    ReplyDelete
  22. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Kalau di tempatku Kalimantan Barat, hal seperti ini sangat umum, malahan lebih banyak orang yang punya "kemampuan" daripada nggak.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  23. Coba di ruqiyah mbak pina, insyallah sembuh

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. waahhh... banyak doa mbak.. semoga apapun kemampuan yang dikasih bisa digunakan untuk kebaikan diri sendiri sama orang lain...

    PROMO BONUS DEPOSIT AWAL 10%

    ReplyDelete
  26. Temenku ada jg kapin yg bisa kek gitu, dia bilang sendiri kalo bisa tau pikiran oranglain, tapi kalo disuruh jabarin orang itu mikir apa, dia kaga bisa.
    Dia emang dapet keturunan kek gitu, tp dia sekuat mungkin nolak, gegara emang jd orang yg dapet berkah gitu ngga gampang, harus pinter jaga rahasia juga kan.
    Katanya sih paling berat emang orang yang bisa tau isi pikiran oranglain.
    Sering juga dia kesurupan gitu, dia punya kemampuan sama hal gaib, tp selalu berusaha buat nyangkal.
    Katanya sih lama2 kek gitu bisa ilang kok kalo ngga diasah. Dibiarin aja,

    ReplyDelete
  27. Temenku ada jg kapin yg bisa kek gitu, dia bilang sendiri kalo bisa tau pikiran oranglain, tapi kalo disuruh jabarin orang itu mikir apa, dia kaga bisa.
    Dia emang dapet keturunan kek gitu, tp dia sekuat mungkin nolak, gegara emang jd orang yg dapet berkah gitu ngga gampang, harus pinter jaga rahasia juga kan.
    Katanya sih paling berat emang orang yang bisa tau isi pikiran oranglain.
    Sering juga dia kesurupan gitu, dia punya kemampuan sama hal gaib, tp selalu berusaha buat nyangkal.
    Katanya sih lama2 kek gitu bisa ilang kok kalo ngga diasah. Dibiarin aja,

    ReplyDelete
  28. Mbak pina, coba deh maknyak dicek gula darah. Biasanya yg suka gitu guldarnya rendah *penasaran dg hubungan hantu dan guldarnya rendah

    ReplyDelete
  29. Mbak pina, coba deh maknyak dicek gula darah. Biasanya yg suka gitu guldarnya rendah *penasaran dg hubungan hantu dan guldarnya rendah

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*