Sunday, 15 November 2015

Tulisan Ketiga Pake Tangan Satu: “TERIMA KASIH, JAMBRET KAMPRET!”


Mohon maap baru gue posting sekarang yaaak, ceritanye panjang bener nih jadi rada lamaan nulisnye, mane nyicil pula huhu. Berikut kronologisnye.

Cerite berawal saat gue pulang ngantor malem-malem, 24 September 2015 lalu. Seperti biasa sih, dari kantor jam 10 malem biar pas naek bis Transjak (busway) gue kagak berdesakan. Sampe di halte Sumber Waras Grogol, gue nyebrang ke arah rumah. Sekitar 20 meter dari halte, tetiba tas gue dijambret dengan 2 orang yang mengendarai motor. Bahkan gue sempet ditendang sehingga gue jatoh ke aspal.

Semua terjadi sepersekian detik. Gue langsung berteriak namun suasana udeh lengang karena udeh jam 12an. Saat ntu jujur aje gue kagak nangis. Gue cuman kepikiran buku catetan kerjaan, flash disk berisi dokumen dan.... astaga iPhone 5 yang tinggal sebulan lagi masa kreditnye nape kudu diambil -____-

Tangan gue berasa ngilu karena abis nahan badan yang baru jatoh. Seorang pengendara motor berhenti dan nanye, “Jatoh dari boncengan motor, mbak?” “Kagak pak, saya dijambret!!!”

Lalu kite berdua ngejar si pejambret. Nihil. Mereka udeh berlari entah kemane. Gue pun langsung dianter ke rumah.

Sampe di rumah, gue langsung ke gang buat omongin hal ini ke asisten bokap yang mantan preman buat cari pelaku. Karena malem ntu lagi takbiran Lebaran Haji, suasana gang lagi lumayan rame dan mereka mengerumuni gue yang kesakitan dan sesak napas. Hingga seorang tetangga bilang, “Tangan kamu patah, tangan kamu patah! Ayo bapak-bapak mohon cari potongan kayu dan kain!!!

Kondisi sebelum diurut, tangan diiket pake dasi pramuka.

Tangan gue tampak bengkak dan semakin sakit. Setelah diiket, gue langsung dibawa ke dalem rumah dan nyokap langsung kaget plus nangis kejer. Gue langsung ambil mac buat selametin akun socmed klien yang dipegang, karena takut dibajak penjambret. Setengah jam kemudian, gue dibawa ambulans RW ke tukang urut patang tulang di wilayah Taman Kota, Jakarta Barat.

And you know whaaat??? Sampe di sono, tulang gue dilurusin ame si ustad dan gue berteriak keras. Gue baru kali ntu teriak keras, bahkan gue akui ntu teriakan dahsyat sepanjang masa hingga nyokap nangis kejer. Nih penampakannye:

Tangan gue patah dan geser. Sakiiittttt. Langsung bengkak!

Detik-detik saat tangan gue di urut dan dilurusin.

Sekitar jam 3 pagi, gue udeh sampe di rumah lagi dan gue masih melek karena masih mau nyelamatin akun sosmed lain -____-

Paginye, tetangga pade nengokin dan mengucapkan turut berduka. Tangan gue kini diperban dan dikasiin kapas plus kayu untuk lurusin tangan yang konon akan sembuh 1,5 bulan lagi. Hiks... selain ngilu, gue bingung mau ngapa-ngapain karena tangan yang berfungsi cuma satu tangan. Beruntung tangan kanan yang selamet sehingga gue tetep bisa gambar alis #njirrr #inipentingcoy

Lihatlah tangan gue ini....

Gue langsung nelpon BCA buat blokir ATM, meski isinye tinggal 55 ribu doang. Maklum brosis, ntu ATM khusus makan dan ongkos. Kebetulan H-1 gajian dan duit gaji masuknye ke situ. Gue was-was banget karena hari ntu kan bank lagi tutup, jadi cuman bisa diproses lewat telpon. Takut gimane-gimane, takut si pejambret ngambil duit gaji gue. Hiks :’(

Untungnye sih bisa diblokir lewat telpon ye. Saat lagi telponan, si CS sempet nanya kapan terakhir kali gue melakukan transaksi. Taunye salah, doi bilang, “Di sini terlihat transaksi terakhir di Indomaret Moch. Mansyur pada hari Kamis pukul 00.29 WIB senilai Rp 33.400.”

“WHAAAAT? NTU BUKAN GUE MBAKKKK! KEJADIANNYE 30 MENIT SEBELOM MEREKA PAKE ATM GUEEEEEE!!!!”

GLEK. KOK MEREKA TAU PIN ATM GUE???

OH IYE GUE KAN PAKE PIN TANGGAL ULTAH HAHAHAHA -____- mereka pasti nyobain pin berdasarkan data di KTP. SUWEEEE!!!

Gue pun langsung ke indomaret terkait. Sayang sekali karena kesibukan yang menghampiri, gue kesono pas udeh semingguan jadi CCTV yang ade di sono kagak bisa liatin pidio yang udeh lebih dari 3 hari. Gue kudu ke pusatnye di Ancol. Tapi karena gue syibuuuk syekaleeeeh, yaudeh dah kavan kavan sajo -____- udeh ikhlas kok.

Terus yakkk, dua hari setelah kejadian, pas gue ngetrack tuh iphone, eh taunye udeh nyangsang ke Citayem. Mumpung tuh hp lagi online, langsung aje gue ganti pin kunci dan password icloud. HAHAHA MAAAAMPOOOSSS. Setidaknye bakalan ribet lagi tuh orang buat make hp gue.

Ada yang tau lokasi ini?

Lalu tiba-tiba, ada bapak-bapak dateng ke rumah gegara nemu passport di lapangan burung deket rumah. Yassalaaaammm... ini diye nih yang penting, soalnye bikin passport tuh muahaalll dan lambreta!

Besoknye, gue ke salon buat sampoan. Maklum tangan cuman satu, jadi kagak bisa sampoan. Bahkan orang-orang pun nanye gini, “Tangan kiri lo kan lagi begitu. Terus lo ceboknye pegimane?”

Mungkin pertanyaan tersebut pun menghampiri benak kalian. Sederhana aje sih, gue kalo boker selalu di kantor. Karena WC kantor punye keran kecil di dalem WCnye, tinggal pencet tombol lalu dicebokin deh. Terus dikeringin, tinggal pencet tombol satunye. Kapan-kapan gue kasi liat deh pidionye, soalnye kalo kalian imajinasiin pasti keder. Huahaha.

Sebulan setelah kejadian, tangan dilurusin lagi karena masih bengkok. Jari gue pun bengkak sampe merah-merah. 

Seorang pelanggan salon lalu cerite kalo doi pun abis dijambret di lokasi yang sama. Pas lagi boncengan motor sambil maen hp, eeeh langsung disamber. Belom lagi beberape bulan lalu ternyate ada korban jambret yang malah sampe mati gitu. Duh, bersyukur deh gue cuman dikasi ‘nikmat’ patah.

Gara-gara kejadian ini, berikut yang bikin gue sebel:

1. Kagak bisa cebok, jadi kalo mau boker kudu di kantor terus. Soalnye WC di kantor kalo mau cebok tinggal pencet tombol.
2. Ngetik jadi lebih lama sehingga kerjaan kagak selese-selese.
3. Jilbab kudu dipakein terus ame nyokap. Weekend nyokap kagak di rumah, jadi kalo gue pergi pas weekend, cuma pake kerudung ala emak-emak ke lawatan.

Dan laen-laen.

Tiga hari setelah kejadian, gue tetep ke event Hari Komunitas Nasional bareng Kancut Keblenger

Hingga saat ini, gue masih rada takut jalan sendiri di pinggir jalan dan naek angkutan umum. Kemane-mane gue naek gojek/taksi dan dijemput adek gue.

Berikut adalah tips biar kalian kagak dijambret

1. Jangan pulang malem dari mane pun. Hindari bangetlah. Ape lagi kalo sendiri.
2. Kagak pake yang aneh-aneh. Hindari pake perhiasan, kerudung warna-warni, atau pake tas aneh yang biasa dipakein di satu tangan (bukan tas selempang atau tas gendong). Gue sadar waktu ntu gue pake tas berbentuk Minnie Mouse, sehingga tampak menarik perhatian orang jahat.
3. Kalo berangkat atau pulang dari suatu tempat, jangan lewatin jalan yang sama terus. Dikombinasiin aje tiap hari kudu lewat jalan mane aje. Misal pas pulang hari ini lewat jalan A, besok B, dst.

Mau tau tips selengkapnye? Tonton pidio vlog gue ini:


Thanks yeee udeh bace pengalaman + pidio gue ini. Semoga bisa menjadi pelajaran hidup untuk kite semua.

Punye pengalaman saat dijambret?

14 comments:

  1. Ya Allah Kak... baru kepikiran juga ya kalau misalnya mau cebok gimana, haha xD

    Semoga penjahat tuh dikasih hidayah. Eiya, gak nyoba untuk ngecek CCTV Indomart itu? Ya siapa tau penjambretnya kenal atau paling nggak jadi ngasih tau orang untuk hati-hati kalau misalnya nemu ciri-ciri yang serupa..

    ReplyDelete
  2. salut sama kapinaa, walaupun baru kena musibah tapi tetep aktif ngurus KK dan lainnya. :')
    semoga lekas sembuh kak, semangat! semoga gak bakal terulang lagi ya kak amin

    ReplyDelete
  3. bokap gue selalu ngajarin itu pin. selain kombinasi jalan, kombinasi jam pulang juga. biar kalo2 dia nungguin di jam yang sama. untungnya jam kerja gue ga selalu sama dalam seminggu. gue juga pernah di jambret pas lagi maen HP di jalan yang NOTABENE-nya udah deket rumaaaah itu. jaman sekarang mah, walau ga paket baju bagus atau yang mencolok dan mengundang, selagi ada kesempatan mah hayuuuk aja. orang yang sebenernya bukan jambret juga bisa ada niatan kaya gitu. yaampuuuun hati2 ah. lu lagi ada2 aja jam 12 malem baru pulang.

    ReplyDelete
  4. Yang sabar, yang tabah ya cewek seterong...
    Lekas sembuh mpok! :)

    Ijin, buat share tipsnya ya..

    ReplyDelete
  5. liat tanganlu geser ko nyremin yak ..

    ReplyDelete
  6. wih kasihan mpok pine,,, get well really soon yah mpok.
    hikss gemes banget sama si tukang jambert ntu, moga hasil jerih payah dia ngejambert mpo pine bisa jadi pengahalang(ngakdiberkahi) buat die nerusin idup.
    gue juga dulu kejadian hilang barang mpok. TKPnya diangkot, gue ngak merhatiin tas gue dinyomot pencuri diem2. *Lihai memang
    padahal tuh tas gue letaknya didepan gue. alhasil hp gue hilang. mulai dari kejadian itu gue jdi lebih hati2 . Hiks.. :(

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. waduh ngeri binggo, moga cepet lurus tanganya , mpok

    ReplyDelete
  8. "jangan pake sesuatu yang gampang menarik perhatian seseorang."

    gue jg pernah dijambret, semua barang yang gue bawa di ambil alias gue pulang bener2 dengan tangan kosong. alhasil, gue yang sangat syok dengan kejadian itu, sekarang sangat teramat berhati-hati dimanapun gue berada.

    sekarang kalau di tempat umum, gue selalu memeluk tas gue erat-erat. menurut lo dengan gue bersikap kayak gini, gue justru malah menarik perhatian para penjambret2 itu ga sih?


    eniwe, semoga segera bisa berkarya lagi dengan dua tangan yaa pin... :)

    ReplyDelete
  9. Gue di jambret mah sering pin, di hipnotis juga pernah sekali tuh leptop raib di Angkot dan baru nyadar 2 hari kemudian pas mau pake leptopnye. Di bis juga pernah tas ransel di sobek gitu bawahnya beruntung yang di sobek malah tempat parasut. hahaha
    Pokoknya udah ilang dompet, HP 4, Leptop 1 gegara penjahat.
    Tips nya harus waspada kepada siapapun itu ntah tampang melas, tampang preman, tampang emak emak, tampang orang tajir soalnya pengalaman gue itu mimik muka gak sama alias bisa baik bisa muka jahat bisa juga muka melas.

    Perhatiin sekitar kita misal lagi di angkot liatin 1 1 wajah orang di dalem situ, kalo ada yang mencurigakan langsung turun aja atau misalnya kemarin pas gue lagi di angkot tiba-tiba pas tinggal 5 orang termasuk gue disitu, dua orang penumpang tersebut modus mau turun dan pas bayar duitnya kurang gitu.
    Berantem sama supir angkotnye (ni sekongkolan ama sopirnye), jadi saat ribut otomatis gue bakal panik tapi karena gue keseringan di copet jadi gue udah tau tu bakalan nyopet. Kl udah posisi kayak gitu lebih baik lo turun aja.

    Intinya kalo udah riweuh riweuh di angkot gitu ntah pura pura tangan kejepit jendela lah, tukang pijet dadakan lah, berantem lah langsung aja turun yaa. semoga bermanfaat


    Lekas sembuh ye mpok pin.

    ReplyDelete
  10. liat foto tangannya jadi ngilu sendiri :( kirain jatoh naik motor tangannya, ternyata karena kejambret ya, semoga lekas sembuh pin.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*