Thursday, 5 November 2015

Tulisan Perdana Pake Tangan Satu: Begini Nih Kalo Elo Sombong di Tanah Suci!

YA ALLAH, HAMBA PENGEN CEPET KAYAAAAA *doa gue kalo ke Mekkah* :p

Gue masih inget di tanggal 4 September 2014, seorang News Producer Kompas TV yang mari kite sebut Akbar, bercerite panjang lebar soal pengalamannye saat bertugas Liputan Haji 2010. Pengalaman ini menurut gue sih bisa jadi sebuah pembelajaran bahwa menjadi orang sombong ntu kagak baek. Karena pastinye bakal dibales!

Mau tau ceritanye? Lanjut bace, guys!

Akbar tentu riang gembira saat mendapatkan kesempatan bertugas ke Tanah Suci. Kapan lagi kan bertugas sekaligus beribadah? Gratis pula! Sebelom berangkat, Akbar udeh dikasi wejangan bermacem-macem dari keluarganye.

"Bar, kalo di sono, lu jangan macem-macem ye. Jangan sombong. Mending lu banyak zikir dah. Oke?"

Sebagai anak muda yang masih labil, doi mah cuman senyam-senyum aje, "Yailah, udeh sih selow aje!"

Pada waktu ntu, Akbar masih menjadi reporter. Tentu kesempatan emas kayak gini jarang-jarang dialami oleh setiap reporter. Gue aje keinget cerite temen di Trans TV yang udeh 10 taon kerja di sono tapi kagak pernah sama sekali bertugas ke luar negeri.

Kembali ke masalah Akbar...

Hari pertama Akbar bertugas di Jeddah. Doi dan kawan-kawan tinggal di sebuah kondominium ala-ala. "Duh, Pin, sumpeh deeeeh ruang tamunye aje pake karpet yang bikin kaki bisa tenggelem saking empuknye!" ujar doi. Gue kagak bisa ngebayangin sih.

Emang dasar si Akbar mah 'lemes' mulutnye, sampe-sampe doi tuh mengomentari segala hal yang dilihatnye. Seringkali doi nyela, macem, "Ya ampyuuun, Jeddah panas banget yeh. Tapi asik juge nih karena kite bisa ngejemur baju bentaran. Lima menit dijemur langsung cuss kering!"

"Ah, di sini sih kagak mungkin mendung! Mataharinye kagak pernah kasi diskon!" sambung Akbar sambil memandang langit Jeddah dari jendela.

Kagak lama, Akbar mencuci bajunye. Pas mau ngejemur... JENG JENG.... Wow, Jeddah mendung, cuy! Akhirnye Akbar menyimpan bajunye di kamar mandi dan berharap keesokannye bisa dijemur.

Hari berikutnye, Akbar mencoba untuk menjemur baju yang baru dicucinye di hari ntu. Anehnye, tiap mau ngejemur, eh mendung mulu. Dicoba besok lagi, mendung juge. Hingga salah seorang kawannye berujar, "Lu sih congkak, ngata-ngatain Jeddah kagak bakalan mendung, kejadian kan tuh? Udeh sono solat dan berdoa!!!"

Akbar pun meminta maap dan langsung solat. Tiba-tiba... JENG JENG...

Ya Allah, maapkan hamba yang mulutnye lemes....


"LANGSUNG CERAH MASA, PIN! LANGSUNG CERAH!!!" teriak si Akbar. Okay, lesson learned!

Beda di Jeddah, beda juge di Mekkah. Akbar girang luar biasa saat pertama kali berada di Masjidil Haram. Di dalem ati, doi berjanji mau menjaga mulut comberannye. Lalu doi bergegas thawaf kedatangan.

Tentu aje hari ntu Akbar menggunakan baju ihram yang membuat tatto bergambar sayap besar di punggungnye terekspos. Thawaf pertama, cuss, kagak ade yang aneh-aneh. Puteran kedua... eh kok berasa ade yang ngelus-ngelus tattonye, yeh? Puteran ketiga... loh kok tattonye berasa ade yang nabok? Anehnye pas diliat, kagak ade sape-sape!

Puteran keempat, si tatto makin kerasa ditabok, sakit banget kayak lagi ditabok mantan (kate si Akbar sih yang kayanye pernah ngerasain hahaha!). Puteran kelima....

"YA ALLAH, PIN, GUE SAMPE JATOH GEGARA NGERASA DITABOK PUNGGUNG GUE YANG ADE TATTONYE NTU! TAPI SERIUSAN DI SITU KAGAK ADE ORANG YANG KELIATAN ISENGIN GUE!!!" teriak Akbar dengan muka penuh ekspresif.

Pade akhirnye, Akbar menutupi bagian tattonye dengan ihram, dan puteran selanjutnye kagak ada kejadian aneh lagi.

Keriuhan saat tawaf alias kelilingin Ka'bah

Kejadian kagak ngenakin kagak cuma sampe di situ doang. Saat mabid di Mudzdalifah, yakni rangkaian haji yang harus dilakukan dan kite harus bermalam sambil mengumpulkan batu untuk melontar jumroh, Akbar keluar dari rombongan dengan alasan mau cari batu sebentar dan mau solat malem di mesjid.

"Ntar balik lagi kok ke bis, kan deket mesjid!" Akbar tetep kekeuh.

Akhirnye Akbar cari kerikil dan lanjut ke mesjid untuk solat. Saat kelar solat, tetiba Akbar ngantuk. Karena masih jam 11 akhirnye doi memutuskan tidur bentar dan berencana kembali ke bis jam 1 pagi seperti yang dijanjikan. Setelah pasang alarm di HP, Akbar pun tidur pulas.

JREEENGGGGGGGGGGGG

Akbar kebangun dan kaget gegara ada yang nyenggol kaki. Pas liat jam udeh pukul 2 nyaris 2:30 pagi.

Akbar langsung panik kenape alarm kagak bunyi. Batre abis, toh. Akbar langsung berlari ke parkiran dan ternyate bisnya kaga ada. Setelah muter nyari bis dan tetep kaga ketemu,
akhirnye Akbar jalan menuju Jamarat lewat Mina daaaan jaraknye ntu 6 KILO AJEEEEEEE!

Apakah cukup di sini masalah yang dihadapi oleh Akbar? Oooh tentu tidak, sodara-sodara! Saat doi melakukan thawaf Ifadah (thawaf setelah haji), Akbar sempet sedikit sombong dengan ngoceh di dalem ati.

"Duuh masa udeh jauh-jauh ke Mekkah kaga nyium Hajjar Aswad, ntu tadi aki-aki Afrika aje bisa, masa iye gue muda dan sehat gini kaga bisaaaaaa!!! Oke, mari usaha!"

Mau nyium Hajjar Aswad aje kudu berebutan nih...

Kesombongan sederhana ntu pun ternyate terdengar oleh Yang Maha Kuasa. Saat selangkah lagi Akbar bisa nyium Hajjar Aswad, tetiba ada nenek-nenek nyelak dan dengan kekuatan bulan, si nenek ngedorong Akbar sampe menjauh sekitar 10 meter! Saat Akbar kembali mencoba untuk mencium, tetiba entah rombongan dari mane, nongol dan akhirnye Akbar menyerah.

"GUE KAPOK JADI SOMBONG, PIN! GUE KAPOK!!!"

Well, kejadian ini bikin kite kudu waspada ame diri sendiri, bahwa setiap omongan dan perbuatan pasti di ketahui ame yang di atas. Dan tentunye menjadi pelajaran saat kite ke tanah suci nanti, untuk kagak melakukan hal negatif sebelom dapet kejadian yang aneh-aneh.

MENURUT LO, GIMANE? PUNYE CERITE ANEH SAAT LO ATAU ORANG YANG LO KENAL KE TANAH SUCI?

Ps: mohon maap gue sempet hiatus sebulan karena abis kena musibah sehingga kudu nulis cuma pake tangan satu :'( kerjaan jadi kagak selesai-selesai huhu :'( nanti deh gue ceritain di marih meski telat. Tulisan ini harusnye nongol pas lebaran haji lalu, tapi pas mau ngepost (tinggal diketik beberape paragraf doang), di hari ntu malah gue kena musibah, kampret emang -____-



18 comments:

  1. emang kalo lagi di tanah suci, baru niat mau belagu aja udah langsung dapet balesannya ya..

    Herannya sama Akbar, dia udah ngerasain sendiri balesannya, tapi gak kapok2 sombongnya~

    ReplyDelete
  2. Pernah di ceritain sama ibu gue ni ka Pin. Katanya "nenek gue yang pernah ke mekkah ngeliat gue sama paman gue disana juga. Semoga aja, beneran bisa kesana ya hehe

    ReplyDelete
  3. nah kalo bapakku dulu , pas di mekkah katanya tuh bapak lapar banget sama hauus. di dalem hatinya bilang ' seger nih kalo bisa minum sama makan roti,' e tiba tiba beberapa menit kemudian ada bapak bapak arab ngasih aer sama roti. Singkat ceritanya gitu sih kapin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo minta berondong dikasi kaga ye #eh

      Delete
  4. Tuhan memang sesuai prasangka hambanNya. Di tanah suci pasti,,,di tanah air, kadang2 ngalamin juga yang kayak gini.

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya nggak cuma di Tanah Suci aja sih nggak boleh sombongnya (ya mungkin disana berlaku ketika nyombongin sesuatu dibalesnya saat itu juga), nggak boleh sombong dimana-mana lah, kan karma mah pasti ada.

    Btw, Kak Pin meski tangan satu masih enak dibaca kok, nggak typo-typo lah, semoga cepet sembuh ya

    ReplyDelete
  6. semoga lekas pulih ya kapinn, uda kangen ama tulisan mpok hehe. iya kalo di tanah suci biasanya keburukan sekecil apapun bakal di bales langsung kak, makanya kudu ati2. semoga kita semua bisa naik haji ya kapinaa amin

    ReplyDelete
  7. Iya nih Mpok, udah sebulan gak ngepost ditungguin loh.. tapi, yaudah gakpapa, cepet sembuh ya Mpok~

    Sebenernya banyak sih Mpok cerita yang kaya begitu, sering denger, tapi sayangnya memori aku nggak inget apa-apa aja-_-

    ReplyDelete
  8. semoga pas dah plg dah kagak sombong lagi, cepet sembuh mbak kancut, eh pin

    ReplyDelete
  9. tetangganya ibuk warung makan deket kos cerita kemaren, katanya ada temennya yg jualan buah tapi timbangannya suka di goyang pake kaki buat ngelebihin takarannya, pas akhirnya dia bisa naik haji karna jualan buah sampe makkah tiba tiba kakinya kesleo dan sampe sekarang enggak bisa jalan. katanya sih setiap perbuatan yg kita lakuin akan ada balasannya disana nanti :3
    anw cepet sembuh ya Pinaaaa

    ReplyDelete
  10. Akbar jagoan yg terlalu sombong haha..

    Kemarin gue juga sempet baca cerita dari kapin yg masalah haji. Skrng nambah lagi atu, jadi makin takut buat sombong dikit ajah

    ReplyDelete
  11. waahh gtu yah... hehhe mas akbar berkesan sekali perjalanannya...

    PROMO BONUS DEPOSIT AWAL 10%

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*