Sunday, 10 January 2016

Backpacking ke Malang yang Gak Malang-Malang Amat

BACKPACKING KE MALANG
HALO MALANG! 

Seneng bingits deh akhirnye gue bisa menginjakkan kaki lebih lama di wilayah Jawa Timur, khususnye Kota Malang dan Kota Batu yang dikenal sebagai kota rekomendasi buat berwisata. Ceritanye gue tuh lagi galau ngeliat kondisi diri yang kayaknye kurang piknik banget, jadi konten Instagram kurang menarik dan jarang diperbarui. Tadinye sih akhir tahun 2015 kemaren, gue kudu ke salah 1 negeri di Eropa, namun apa daya ternyate... ah sudahlah :'(

Setelah gue menerima gaji bulan November 2015, gue kagak sengaja liat share-an temen-temen di Facebook tentang tempat-tempat wisata seru di sekitaran Malang. Akhirnye saat ntu juge, gue cari tiket kereta di tiket.com untuk tujuan Malang. HAP! Buseeettt, tiketnye kebanyakan abis. Gue pun tetep usaha cari-cari tiket kereta untuk akhir tahun 2015, kebetulan dapet libur panjang dari kantor. Dan gue dapet tiket kereta Majapahit di tanggal 30 Desember 2015, dengan harga Rp 340.000 dan tiket kereta Matamarja menuju kembali ke Jakarta di tanggal 5 Januari 2016 seharga Rp 115.000. Wuiiih, berarti bakal hampir semingguan nih gue di kota yang sama sekali kagak pernah gue mampirin ntu! Wadoooh, mane akhir tahun pula dan hotel kagak ada yang kosong! Piye iki?


Terus gue langsung aje ngomong di Facebook soal rencana backpacking ntu. Kagak lupa gue mengundang Kancut Keblenger Malang untuk kopdaran pas tahun baru 2016. Soal inepan, rencananye gue mau nginep di kontrakan si +Ramy Dhia yang juge ngontrak bareng si +Fachri Rachmanda. Kedua cowo berondong tersebut adalah anak Kancut Keblenger Jabodetabek dan si Fachri ntu pernah beberape kali nginep di rumah gue. Tapi... ah... kagak enak juge nginep di kontrakan berondong, kalo nanti gue digrepe pegimane dong. HAHAHAHA :))

Sehari sebelom berangkat ke Malang, gue sempet ngetwit ngasal...

Gue: "Besok gue ke Malang, nih. Ada yang punye kosan, kagak? Nebeng bisa keleus. Tapi kosan cewe, ye. Dan harus normal, biar gue kagak digrepe!"

Lima menit kemudian, twit gue dibales ame seorang hijaber.

Diye: "Di kosan aku aja, kak. Ada di jalan blablabla..."

WHAAAT? INI SAPEEEEEEE? NIH ORANG KAYAKNYE KAGAK PERNAH MENTION KE GUE SEBELOMNYE, DEH! INI AKUN PALSU APE BUKAN? JANGAN-JANGAN DIYE PENCULIK? JANGAN-JANGAN DIYE BAKAL MUTILASI GUE TERUS JUAL ORGAN TUBUH GUE KE RUMAH SAKIT DI MALANG. AAAAAAAAAAAKKK!

Oke, sorry, gue lebay.

Gue: "Waduh, beneran nih? Yaudah gue DMin nomer gue, yeh. Nanti SMSan aje"

Nah, selama di perjalanan menuju Malang, gue kepoin nih anak. Namanye Arum Kusuma, anak Universitas Negeri Malang. Overall sih, selama kepo-kepo, kagak ada yang aneh, sih. Tapi gue masih bertanye-tanye, nih anak tau gue dari mane? Kok bisa jadi follower Twitter gue?

Setelah hampir 17 jam merasakan perjalanan ke Malang, akhirnye gue sampe juge. Terus gue minta tolong Ramy buat jemput, karena gue pengen maen ke kontrakan diye sambil nunggu waktu ketemuan bareng si Arum. Kagak lama, si Ramy pun nongol. Kite makan dulu di kafe seberang Stasiun Malang. Kite makan steak yang cuman 10 ribuan, murah banget! Soal rasa sih, standarlah. Tapi lumayan modal 45 ribuan bisa kenyang makan dan minum berdua.

A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on


Kite pun menuju kontrakan si Ramy yang entah ada di mane. Pas udeh sampe, gue bukain pintu kontrakan dan ape yang terjadi, pemirsah? GUE LIAT SI FACHRI LAGI PACARAN AME CEWE HIJABER DENGAN MESRA! GELAP-GELAPAN PULA! CEWENYE MANJA BANGET LAGI AH! POSISI MEREKA BIKIN SUUDZON LAGI, AH! KESEEEELLL!!! 

Sebagai pelaku LDR, gue merasa iri -____- #lah


"Woy, jadi selama ditinggal Ramy buat jemput gue, kalian mesum, nih?" teriak gue di depan si Fachri. Becanda doang, sih. Sebenernye posisi mereka waktu ntu kagak keliatan mesum-mesum amat. Pokoknye pas gue liat, si Fachri lagi berdiri, terus cewenye jongkok sambil narik-narik celana Fachri dan minta duit goceng (Rp 5000). Nah udehlah, imajinasikan. Wakakakak :))

Lalu mereka terus manja-manjaan di depan gue. Kan kesel yeh, errrr... tahan... tahan.... 

Kagak lama, si cewenye Fachri pun balik, mungkin diye takut liat tampang gue yang galak kayak ibu kosan. Terus gue numpang mandi di kontrakan sambil liat-liat di sekeliling kamar mandi, karena sape tau si Ramy bersekongkol dengan Fachri buat merekam adegan mandi gue dengan meletakkan kamera tersembunyi. Tapi gue liat-liat sih, kayaknye aman. Yaudehlah, langsung aje gue mandi. BEUHHHH, SEGERRR BANGEEET BOOOKK, aernye dingin. Cuman isi bak mandinye ada beberape jentik nyamuk, terus kondisi kamar mandinye kurang bersih, euy :( #KontrakanCowoMahGitu

Abis mandi, gue langsung bikin 2 pidio bareng Ramy dan Fachri. Kite bikin vlog, untuk channel Ramy, kite bikin vlog tentang VLOGGING VS BLOGGING, sedangkan untuk channel Youtube gue, kite bikin vlog tutorial dandanin cowo dengan mata tertutup HAHAHAHA :))

Nanti kalo udeh jadi, gue apdet deh di blog :)) nih lihat teasernye dulu :p


Habis bikin vlog, si Fachri kedatangan temen-temen kampusnye buat bakar-bakar kenangan masa lalu bareng. Maklum ya bok, malem tahun baruan. Lalu gue minta Ramy buat anterin gue ke Malang Town Square karena mau ketemuan ame si Arum. Sekitar jam 8 malem, gue ketemuan ame si Arum. Buset, anaknye kecil amat. Terus mukanye lugu dan linglungan! Nih anak kalo di Jakarta mah bisa jadi sasaran empuk tukang hipnotis, kali :))

Gue dan Arum pun menuju tempat parkiran motor. Sebelomnye si Arum tampak linglung soal area mane yang bisa ditembus menuju parkiran, etdah. Akhirnye kite masuk ke Matos, lalu turun ke lantai paling bawah hingga menemukan parkiran motor. Arum nyuruh gue buat nungguin di deket pintu keluar. Yaudeh tuh gue berdiri berat-beratan gegara bawa tas gunung yang biasa dipake pendaki dan backpacker. Sepuluh menit pun berlalu, kok nih anak kagak keliatan dah? Jangan-jangan mau ngerjain gue!

Lima belas menit kemudian, Arum nongol sambil bilang, "Maap kak, aku kehilangan kunci motor..."

APAAAAAAAAAH? WHAAAAAAAAAAAT? MALEM PERTAMA DI MALANG GUE DIKERJAIN KAYAK GINIIIIH? NIH ANAK IKHLAS GAK SIIIHHH AHELAAAAAAAAAAHHH !@#$%^&* #PMSalert

PMS brooo
"Yaudeh, Rum, kite ke tempat penjaga parkiran aje, sape tau mereka nyimpen kuncinye. Toh motor lo kagak ngilang, kan..."

Akhirnye kite ke pos penjaga parkiran. Alhamdulillah, si Mas ternyate nyimpen kunci motornye. Wah. bersyukur banget masih ada orang baek di Malang. Kalo di Jakarta mah, kagak tau deh...

Lalu gue boncengan di motor Arum, dan ape yang terjadi? MOTOR PUN OLENG DAN HAMPIR JATOH!

"Rum, lo baru bisa naek motor, ye?"
"Bisa kok, cuman baru kali ini boncengin orang, kak. Biasanya kalo ada orang yang mau nebeng motorku, malah aku yang dibonceng!"

ASTAGA. INI SIH NAMANYE GUE BERTARUH NYAWA! DUH, PLIS YA ALLAH JANGAN CABUT NYAWA HAMBA DI MALAM TAHUN BARU 2016 :'(

Sepuluh menit kemudian, gue nyampe di kosan Arum.

Kamar Kost Arum

"Maap ya kak kosan aku jelek, terus kotor... Penjaganye lagi males bersihin kosan mentang-mentang lagi liburan..."
"Kagak nape-nape, Rum, udeh dapet tumpangan aje gue bersukur..."

Setelah meletakkan tas backpacking, gue mengajak Arum makan di sebuah kafe kecil. Makan kecil doang, sih. Terus si Arum nanye, malem tahun baruan mau jalan ape cuman di kosan. Karena cape banget akhirnye gue milih bobo cantik di kosan. Tapi sebenernye sih, kagak cantik-cantik amat karena gue kurang nyenyak tidur akibat bunyi petasan dan kembang api yang nauzubillah deh berisik bener!

HARI KEDUA DI MALANG

Pagi-pagi gue bangun biar bisa mengeksplor Museum Malang Tempo Doeloe dan Museum Resto Inggil. Dua tempat ini sebelahan kok, jadi kagak usah khawatir, gengs.

Tapi sebelomnye, kite ke Malang Town Square dulu buat beli kabel kabel iPhone gue yang rusak, sekalian liat toko baju si Devina Aurel HAHAHA :)) #PentingBangetYeh

Abis ntu... kite ke Museum Tempo Doeloe dan Museum Resto Inggil.

Di dalem Museum Malang Tempo Doeloe, kite tuh berasa kayak di lorong waktu. Bangunannye memiliki berbagai lorong berisi kerajaan-kerajaan kuno, alat-alat masak jadul, foto-foto pejabat daerah Malang, patung Soekarno, dll. Untuk review soal museum ini, akan gue tulis di postingan blog berikutnye.


A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on



Bagaimana dengan Museum Resto Inggil? Tenang, nanti gue review juge, kok. Yang jelas, ini resto bentuknye kayak museum. Banyak benda-benda kuno. Sensasi makannye beda aje gitu, makan enak di tengah suasana museum. Jarang-jarang!


Abis dari museum-museum di atas, gue ketemuan ame temen-temen Kancut Keblenger di Malang. Kite bikin pidio ucapan Tahun Baru dan pidio tantangan. Di dalem pidio tantangan, kite-kite ditantang untuk melakukan hal-hal aneh di alun-alun Malang, misalnye gue disuruh ngamen, si Ramy nyanyi-nyanyi lagu India, si Arul bacain puisi di depan pasutri, dll. Nanti deh gue apdet pidionye di marih :))

Oiye, kite sempet bikin pidio ucapan tahun baru buat Kawancut se-Indonesia :)


Selesai kopdar, kite kongkow di Toko Oen, toko es krim tua gitu deh. Harganye mahal-mahal banget, satu scoop Rp 16.000. Terus rame, dan kite dicuekin. Padahal gue udeh datengin tempat resepsionisnye tapi tetep aje dicuekin. Kite duduk di bangku paling pojok kiri, deket piano dan pohon Natal. Minim penerangan dan suasanye agak serem. Meja pun kotor, meski sampah di atas meja udeh diangkutin, tapi si tukang bersih-bersih kagak sekalian ngelapin meja. Lengket, deh. Belom lagi sampah di bawah meja, kok kagak diangkutin sekalian. Huhuhu.

Bersama Kancut Keblenger Malang di Toko Oen 


Lalu si Fachri keluar, gegara ngerasa pusing. Gue tau nih, pasti doi ngerasa keganjilan di bangku kite. Si Fachri memang dikenal punye kemampuan bisa merasakan dan melihat makhluk astral. Akhirnye gue ikutin doi ke luar sambil nanye, "Lo kenape pusing? Lo liat sesuatu yang aneh?"

"Gue ngeliat ada Noni Belanda lagi mainin piano. Gue gak kuat sama energinya, terlalu kuat. Bisa-bisa gue ditarik! Gue di luar aje deh nunggu kalian...."

Gue kagak ngerti sih maksud 'ditarik' ntu ape. Yang jelas, gue kagak tega ngeliat Fachri sendirian di luar. Jadi, gue memerintahkan anak-anak untuk pindah tempat dan mereka sepakat untuk nongkrong di salah satu toko es krim modern di deket pusat merchandise Arema, kagak jauh dari Stasiun Malang. Akhirnye, kite pun ke sono. Gue boncengan ame salah satu anak KK, dan bilang ke Arum, "Rum, gue dibonceng ame yang laen aje ye, gue takutnye lo kagok bonceng gue di tengah keramaian kayak gini." Untungnye, Arum ngerti, karena memang salah satu kekurangan Arum saat mengendarai motor adalah: doi masih kagok bonceng orang di tengah keramaian atau kemacetan. Pas ngerem, pasti bakal ada kejadian tuh motor hampir nabrak mobil orang -____-

Gue dan rombongan lalu berjalan pelan-pelan sambil nunggu si Arum yang ada di belakang kite. Lima belas menit berlalu namun Arum kagak keliatan. Jangan-jangan diye belok ke kanan alun-alun? Padahal kite pade jalan lewat belokan kiri. Baterai hape gue tinggal 1%, sehingga gue nyuruh anak lain buat save nomer Arum dan hubungin doi. Gue takutnye si Arum nyasar, kan kagak enak yak ngajak anak orang malah dicuekin. Hingga di sisa-sisa 'kematian' iPhone, dua kali gue sempetin diri buat SMS Arum dan ngasi tau lokasi toko es krim.

Yaudehlah, akhirnye kite melaju ke tempat nongkrong selanjutnye. Untung si Arum kagak lama langsung nongol. Huuuuhhhh, bikin khawatir!

Atas: Fachri mabok es krim sampe belepotan dan kayak penyanyi rock.
Bawah: penampakan Kawancut Malang

Sekitar jam 7 malem, kite lalu nongkrong di Bunderan Tugu. Ngobrol-ngobrol cantik, liat si Fachri pacaran sambil niupin balon sabun, menghitung bintang, dll. Rasanye tuh... damai banget... Kagak sebising di Jakarta....

Muka-muka dekil Kawancut Malang


Jam 8 malem pun kite berpencar. Kite pulang....

Gue ngerasa seneng banget bisa ketemuan ame Kancut Keblenger Malang. Ternyate anak-anaknye pade seru! Btw mereka kebanyakan anak rantau sih, Fachri dari Jakarta, Ramy dari Tangerang, Adi dari Bekasi, Arum dari Kaltim, terus yang laen ada yang dari Ngawi, dll.

Ternyate mereka kagak kalah asik. I love you, Kancut Keblenger Malang!

Pulang-pulang, gue ame si Arum tepar di kosan. Capeeee. Tapi seneng. Thanks KK Malang!

Istirahat dah, besok kite mau makan di Bakso President dan wisata horor di Wisma Tumapel, Hotel Tugu, hingga Museum Brawijaya!

Tunggu tulisan gue di Backpacking ke Malang yang Gak Malang-Malang Amat #Part2.

Thanks for reading, gengs! Anyway, pernah ke Malang? Atau pengen ke Malang? Ada yang bisa gue bantu? :))




29 comments:

  1. hahaha..si Arum oleng karena lu keberatan kali hihiih *piiis

    seru seru, bloheer tenar numpang di kosan, humble abees

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bukan humble, keabisan duit wkwk

      Delete
  2. Seminggu atau setahun, Kak? itu dari desember sampai desember lagi. Mungkin kak Vina lelah :(
    Seruuu explore malangnyaaa kak. Ditunggu video-video emeshnya.
    Bisa ditiru nih kalo travelling nebeng di kostan temen hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iye ada yang typo!

      yup, perbanyak temen biar bisa ditebengin!

      Delete
  3. kak pinaaa typo tuhh "tiket kereta Matamarja menuju kembali ke Jakarta di tanggal 5 Desember 2015 seharga Rp 115.000."
    5 januari 2016 kan harusnya? heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sengaja typo, buat ngetes pembaca :)) #ngeles

      Delete
  4. Woaaaah Malang, kapan-kapan ke Solo dong Kak! :D

    ReplyDelete
  5. Wah asik banget kopdar ヽ(^。^)ノ kancur keblenger manado ada ngk?

    ReplyDelete
  6. Sumpah... malu aku baca tulisan ini... aaaakkk...!!

    Tadinya gak pengen komentar tapii... Yaudalah.. pasrah aja...

    Gegara jarang boncengin orang nih.. maafkan aku kak Vinaa... :((

    ReplyDelete
  7. ini liburan yang kemarin, seru bener ya :)

    ReplyDelete
  8. Kapan-kapan ke Malang lagi ya, Kapin. Kemaren kan belom ketemu aku... Wkwkwk. *lah siapa elu* :D

    ReplyDelete
  9. gw blom pernah ke malang, tapi konon katanya harus ati2 jangan melukai perasaan orang malang.. kalo marah katany bisa di bikin kripik kitanya..

    berangkat orang, pulang jadi kripik kan gaswat

    ReplyDelete
  10. hahahhaha....gak malang tapi seru...
    ke batam lah sekali2 neng...hehhehe

    ReplyDelete
  11. Pada kompak ya kawancut malang!
    Nih mpok pina pindah haluan jadi blogger traveler kayaknya nih? Heheh..
    sukses trus mpok. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha noooo...

      gue jarang jalan2 :))

      Delete
  12. woaah.. gue malahan belum di bales email ke KK nya.. muahaha..

    harusnya di koat-an cowo aja.. biar ceritanya rame, di grepe'in..

    ReplyDelete
    Replies
    1. email untuk kawancut baru?

      sabar yeee :))

      Delete
  13. Gila keren, dulu gue pas tinggal dimalang malah banyakan di kos aje.. -_-.,
    Pengen deh rasanya ke Malang lagi.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahh sayang bgt, malang ituh enak looohhh banyak tempat wisata kecehhh!

      Delete
  14. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*