Monday, 4 January 2016

#LAGA (LO ASK GUE ANSWER) : Punye Berbagai Pertanyaan Seputar Blog? Masuk Sini!

Ayo mari masuk para blogger! 

Jadi ceritanye ada banyak banget pertanyaan seputar blog dan kehidupan gue selama jadi blogger. Pertanyaan ini gue dapetin dari dunia nyata dan dunia maya ye. Ketimbang gue jawab di ask.fm kayak anak alay, mending gue jawab di sini aje. Mungkin pertanyaan ini pun tertanam di benak kalian. 

1. Mpok, di panggung elo kelihatan pede banget. Tapi gue pernah bace di blog ini, katenye lo pendiem. Mane yang bener?

Pertanyaan ini gue dapetin dari salah satu panitia acara seminar dulu. Dan di saat kejadian berlangsung, yang jawab malah temen yang nemenin gue selama acara, Titi Kamsiati. 

“Gue bantu jawab, ye. Si Pina mah aslinye emang pendiem. Waktu sekolah dulu, diye cenderung pendiem. Palingan kalo lagi kumpul ame beberape orang, baru heboh. Meski begitu, doi paling up to date soal dunia maya. Waktu kelas 2 SMA, anak-anak kan masih maen Friendster ye, eeeh diye malah udeh maen Facebook. Hahaha!”

Jujur aje, di sekolah, kampus, atau kantor, gue sebenernye pendiem. Kagak suka ngomong teriak-teriak di dalem ruangan. Kagak suka nongkrong lama di kantin. Kagak banyak ngegosip di dalem kelas. Kagak suka yang aneh-aneh deeeh. Kalo lagi bete, gue maennye ke perpustakaan, bukan ke kantin. Di dalem perpustakaan gue banyak bace majalah dan novel, sambil berharap semoga suatu saat nanti gue bisa masuk majalah dan jadi penulis novel. Gue bace sampe perpustakaan tutup. Sampe bersahabat ame penjaga perpustakaannye. Gue kagak pernah maen geng-gengan selama sekolah karena gue lebih suka berbaur dan bebas. Sekalinye punye geng pas jaman ngampus, eh malah kacruttt, karena ada konflik antar anggota geng. Mending keluarlah. Yang punye masalah sape, yang dilabrak sape. Kan KZL! #curcol 

Intinye, ya aslinye gue pendiem, cuman tau kondisi juge sih. Saat kondisi mengharuskan gue bawel, ya bawel. Misalnye pas kopdar Kancut Keblenger (karena kebanyakan bloggernye bocah-bocah yang rame di dunia maya, diem di dunia nyata! Sebagai blogger yang dianggep tua #halah, mau kagak mau kudu membimbing mereka untuk berani ngomong), atau seminar (yakale gue di atas panggung cuma jadi patung).

2. Mpok, gue lihat lo tuh suka banget ngebalesin komentar di blog. Ntu ngatur waktunye pegimane?

Di sela-sela pekerjaan aje, atau pas weekend. Gue berusaha untuk menjaga relasi dengan temen blogger dan memberikan apresiasi dalam bentuk feedback.

3. Benarkah lebih enakan ngeblog dengan 1 tema aje?

Cuma 1 tema blog? 

Sebenernye enak kagak enak, ya tergantung pemilik blognye. Dengan 1 tema blog (misal khusus fashion atau makanan aje), pembace baru mungkin jadi bisa lebih inget si bloggernye (ohhh si nganu anak food blogger yang kebanyakan mosting makanan Jepang) dan akan kembali dateng ke blog tersebut dengan alasan ingin mendapatkan info spesifik yang dicari/diketahui. 

Tapi, namanye juge orang ye, kan kadang pengen berbagi juge soal hal-hal lain yang udeh lama terpendam di pikiran. Boleh kagak kalo hal tersebut dibagikan di dalem blog yang memiliki satu tema ntu? Ya boleh aje kalo mau dikombinasikan, mungkin porsinye aje yang lebih kecil. 

Misalnye blognye Diana Rikasari ini, doi sih katanye kagak ngerasa sebagai fashion blogger, toh di dalem blognye kagak melulu ngomongin soal fashion. Tapi karena sebutan tersebut udeh tertanam di benak para pembace, ya ape boleh buat. Diana Rikasari emang lebih sering mosting busana kecenye di blog. Tapi doi selalu mengkombinasikannye dengan tulisan inspiratif, quote, curcol (kangen suami, soal anak), dan info laennye.

Mau bertema atau kagak blognye, yang penting kalo mau jadi blogger sukses: konsisten nulis, konsisten promo, selalu menjaga relasi dengan blogger, memperkaya potensi diri laennye dan memiliki personal branding yang kuat. Lebih jauh akan gue bahas di postingan selanjutnye!

4. Benarkah menjadi blogger kini udeh kagak seksi lagi?

ANGGEP AJE INI GUEEEEEEEEEEEE!

Pertanyaan dari Faza Meonk, kreator komik Si Juki, nih. Well, sebenernye seksi-seksi aje sih. Cuman untuk kalangan anak muda, memang gue akui menurun. Why? Karena blogger inspirasi mereka kebanyakan ngeksis di socmed ketimbang menulis di blog. Kebanyakan orang keren yang dikenal anak-anak muda (artis, desainer, seniman, dll) pamer di socmed (pamer tas mahal, pamer karya, pamer pacar), dengan caption panjang-panjang. Mangkenye kagak heran, sekarang banyak blogger muda yang malah ngeblognye pindah ke socmed. Ke Instagram kek, Facebook kek, kultwit di Twitter kek. Terus blognye dilupain ampe bertahun-tahun, sayang ye. Padahal banyak anak ahenxi kayak gue yang suka membutuhkan blogger buat diajak kerja sama. Sayang sekali, blogger yang gue sukai ternyate kini lebih ngehits di sosmed. Alangkah lebih baik jika mereka bisa menyeimbangkan antara blog dan sosmed.

Berbeda dengan blogger yang lebih tua dari kite, banyak dari mereka yang masih konsisten nulis blog sampe sekarang dan mungkin jadi seleb blogger di kalangan blogger tua. Ngomongin politik lah, pengalaman seru lah, parenting, dll. Coba aje lihat Kompasiana, masih rame kan tuh. Terus gegara sering ngeblog, mereka dapetin banyak job nulis dan jadi penulis buku. 

Berbeda ame anak muda sekarang, yang pengen jadi penulis buku dengan cara jadi seleb di sosmed dulu buat cari followers, biar lebih gampang ditarik ame penerbit. Yang kayak gini mah, palingan jadi penulis abal-abal. Bisa diadulah karyanye dengan karya para blogger!

Kalo misalnye banyak blogger muda yang jadi murtad, bagi gue dan temen-temen blogger yang masih aktif sih malah jadi keuntungan tersendiri. Apaan tuh? Nanti gue jelasin di postingan selanjutnye!

5. Gimane cara Mpok Pina agar tetep powerful dan konsisten nulis blog di tengah kesibukan?

Cara tetep powerful yakni selalu melihat keberhasilan orang laen sebagai motivasi. Kalo konsisten sih... uhuk... masih belajar... hahahaha :p 

6. Mpok Pina kan udeh lama jadi blogger, terus masih suka nulis-nulis blog. Itu pegimane caranye sampe sekarang kagak pernah keabisan ide nulis?

Setiap hari kan kite selalu mendapatkan hal-hal baru. Curhatan temen, pengalaman selama kerja, fenomena yang lagi ngehits di dunia maya, dll. Hal-hal yang deket banget ame kite, tentu bisa jadi ide tulisan di blog. Jadi kagak ada tuh yang namanye ide bisa abis, mustahil, coba dinyalain alarm kepekaannye.

7. Kalo lagi stuck nulis, biasanye ngapain sih Mpok Pina?

Makan enak, nonton Youtube, bace-bace majalah online, maen sosmed! Kerjain aje ape yang lo suka, sejam kemudian, nulis blog deh!

Sekian #LAGA kali ini, temen-temen punye sejumlah pertanyaan? Ketik aje di kolom komentar, entar gue bahas di postingan selanjutnye!


23 comments:

  1. Jawabannya cocok...

    Apasih arti Blogger dan ngeblog buat mpo? Kok masih bertahan dan gak pindah haluan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti gue jawab yak di tulisan #LAGA selanjutnye

      Delete
  2. Makasih sharingnya mpok.. sip ah

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum. Makasih, Mpok Pina, jadi dapat pengetahuan baru soal nge-blog

    ReplyDelete
  4. gue anak muda yang masih konsistem ngeblog (nyodorin CV ke anak ahenxi) wkekeke

    ReplyDelete
  5. Mpok..., mau nanya. Untuk blogger pemula perlu beli domain nggak sih? Kalau perlu, seberapa penting?
    Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue jawab di #LAGA selanjutnye yehhh

      Delete
  6. Wohooo ini bermanfaat nih. Walaupun tetep lo rusuh amat pin, paragraf pertama udah ofensif. :))
    Kalo gue mau nanya yang sederhana aja pin, sekalian minta temen. Hohohho. Blogger yang lagi sering lo buka dan samperin itu siapa aja? Lagi pengin nambah temen blogger nih! \(w)/
    Thankies yaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener kan, gue gak nyindir sape2 sih toh gue ga kenal sama anak seleb ask fm :))

      sip, nanti gue jawab di #LAGA selanjutnye

      Delete
  7. Iya kak.. sebenernya ide itu selalu ada.. kan setiap hari dapet pengalaman baru dari diri sendiri maupun orang lain..cuman setannya itulah males atau sok sibuk dan kurang bisa membagi waktu huhuhuu

    ReplyDelete
  8. Terima kasih kak atas sharing-nya. Sepertinya saya bakal sering sering mampir nih ke blog kakak.
    Ohya mau sekalian nanya juga kak, lebih memilih ngeblog itu sebagai prioritas atau kebutuhan, Kak? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi untuk apresiasinye...

      oke, nanti gue jawab di postingan selanjutnye

      Delete
  9. hallo mpok ina. gue tertarik tuh sama pertanyaan ttg konsisten nya si mpok ini nulis ehehe. terus dapat ide dari mana. menurut gue itu bener banget mpok. setiap hari ada hal baru terus ;)

    ReplyDelete
  10. Baru aktif ngejayus di blog sekitar setengah tahun lebih. Yang jadi pertanyaan, gimana caranya biar gue tetep semangat nulis meskipun followers blog gue berjumlah 0 mpok? wkwk

    ReplyDelete
  11. Sama sih kayak gw, (sama2 blogger tua). Apalagi kalau mau postingan cari cemilan dulu sambil ngopi baru deh gak stuck nulis hahaha

    ReplyDelete
  12. Keren banget dah! Asli salut ama kehidupan elu Mpok. Kepo abiss.

    ReplyDelete
  13. Mpok Pinah, bikin beginian lagi dong :))

    ReplyDelete
  14. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*