Monday, 21 March 2016

Wisata Horor ke Wisma Tumapel Malang, Berani?



Mungkin gue salah satu cewe aneh di dunia ini yang suka memburu tempat-tempat serem. Bahkan saat bepergian ke luar kota. Minggu lalu gue sempet ke Rumah Hantu Darmo saat liburan di Surabaya (nanti gue ceritain deh) dan sebelomnye gue ke Wisma Tumapel saat berada di Malang awal tahun 2016. Kali ini gue bahas tentang Wisma Tumapel dulu lah, ye. Tapi kalo kalian males bace, yaudeh sono lihat videonye di atas.

Wisma Tumapel berada di Jalan Tumapel 01, Malang, Jawa Timur. Dari Stasiun Kota Malang lurus aje sampe nemuin Bundaran Tugu. Nah, terus kan kelihatan tuh ada Hotel Tugu dan Hotel Splendid, kalian masuk jalanan sebelahnye aje. Lokasinye persis di seberang Hotel Splendid. Maklum dulunye Wisma Tumapel adalah bagian dari Hotel Splendid.

Dilansir dari malangonline.com, Wisma Tumapel didirikan pada tahun 1928 (tapi ada yang bilang 1935 sih, auk ah mane yang bener!). Dulunye bernama Hotel Splendid yang dibangun oleh Belanda. Nih hotel sempet ngehits di jamannye.... paling mewah... paling membahana badai menggelegar.

wisma tumapel malang
Gedung utama Wisma Tumapel

Lalu direbutlah tuh wisma oleh penjajahan Jepang di tahun 1944 dan dijadikan kantor pemerintahan. Di tahun 1950, kepemilikan wisma jatuh di tangan FKIP Universitas Airlangga (UNAIR) yang menjadikan wisma tersebut sebagai ruang kelas dan wisma dosen. Hingga berganti kepemilikan lagi di tahun 1968 dan dipegang oleh Universitas Negeri Malang (UM).

First impression saat gue lihat langsung Wisma Tumapel adalah.... GILEEE BANGUNANNYE KEREEEN BANGEEET. Secara gue demen hal-hal yang klasik! Lalu di pintu utama terlihat salah satu penjaga bersama anaknye. Gue minta ijin buat masuk dan sempet suudzon kagak bakal dibolehin. Tapi ternyate, doi bilang boleh, dan gratis! Padahal orang-orang bilang kalo mau masuk harus kasi duit ke penjaganye biar dibolehin. Huuuh, kagak terbukti, tuh.

Di depan wisma ini terlihat sebuah plang berisi gambar bentuk Wisma Tumapel terbaru. Wow, keren! Kagak sabar mau ke sini lagi pas udeh direnovasi!

wisma tumapel malang
Gambar bentuk Wisma Tumapel di masa depan











Lalu gue masuk ke gedung utama, melihat-lihat sekeliling ruangan yang ada (tapi kagak berani masuk ke spot-spot pojokan yang gelap gulita hahaha!). Gue mengajak Arum untuk ke atas. Di gedung itu hanya kite berdua aje, loh. Sungguh berani!

wisma tumapel malang
Tangga di gedung utama Wisma Tumapel

Kite pun bergegas ke balkon dan tiba-tiba si Arum ngeliat penampakan asap putih. Pas diye nunjuk, eh tuh asap malah berangsur hilang. Kampret, bikin gue penasaran!

wisma tumapel malang
Pintu di lantai atas Wisma Tumapel yang khas jadul banget

Setelah dari gedung utama, gue dan Arum bergegas ke gedung di belakang yang menurut gue sihh... ANJRITTTT INI SEREM BANGETTT NGEEETTT NGEETTT!

wisma tumapel malang
Penampakan gedung di belakang. Gedung paling serem di Wisma Tumapel.

Untuk memasuki gedung ini, kite kudu masuk ke lorong di bawah ini. Anjrit... gue tadinye kagak punye nyali, tapi pas ada sepasang mbak dan mas masuk, yaudeh gue ngintilin aje.

A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on

Kite lalu langsung masuk ke atas melalui tangga klasik. Hawa-hawa kagak enak mulai menghampiri. Kalo gue ajak nyokap ke sini, mungkin diye udeh kesurupan -___-

wisma tumapel malang
Tangga horor di Wisma Tumapel

Setelah sampe di atas, gue langsung melihat sisi kiri dan.... buseetttt, ada tembok warna warni hahaha. Kontras banget sama keadaan Wisma Tumapel yang dicat warna putih dan coklat. Keren, sih.

wisma tumapel malang
Spot asik buat prewedding di Wisma Tumapel

Bagaimana dengan lorong sisi kiri? Nah, lorong ini kalo diliat-liat rada serem, sih. Konon sering ada Noni Belanda atau cewe berambut panjang menampakkan diri. Untungnye waktu ntu mereka lagi pergi arisan, jadi gue kagak digangguin :))

wisma tumapel malang
Loromg di Wisma Tumapel yang menurut gue sih... serem

Terlihat banyak ruangan tertutup dan terkunci di sisi-sisi bangunan. Katanye sih kagak boleh dimasukin, kagak tau dah kenape. Padahal masih pengen kepo :'(

Lalu gue memasuki lorong di dalemnye lagi. Sebelomnye gue kudu melewati lorong kecil dan berhubung gue kurus, gue pun berhasil melewatinye HAHAHAHHAA :))

A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on

Di beberapa lantai terlihat bekas sesajen dan darah kering. Menurut warga sekitar, di lantai atas ini sempat menjadi tempat pembantaian di jaman Belanda. Wallahualam.

A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on

A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on

Nah, biar lebih greget, sono deh tuh nongton pidio horor dari Masih Dunia Lain dan Dua Dunia yang sempet syuting di marih :))






Punye rekomendasi tempat horor di kota kalian? Sok atuh dikasi tau ke gue :))

10 comments:

  1. kalo fotonya siang siang sih kaga serem mpok.. malah di pake buat foto foto prewedding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak. tapi kalo lo datengnye sendirian atau berdua mah... serem :/ untuk beberape spot yak (gedung di belakang yang serem mah)

      Delete
  2. Daann asap serupa kita temuin di labirin. Bedanya di wisma tumapel awalnya agak lebih tebel dan berangsur menghilang.. alasan ilmiahnya ada asep itu masih menjadi misteri, *heleh.

    Pergi arisan?! Ada ada saja.. :)

    ReplyDelete
  3. Jadi yg bener yg mana nih 1935 apa 1928
    Kalo menurut abang sih mending ambil tengahnya aja 1931 adilkan?
    Oh pasti asap itu gara2 ninja konoha main kesitu
    Ngeliat ada orang, sang ninja langsung kbur dengan menggunkn bom asap

    ReplyDelete
  4. Keren tempatnya mpok.. Mpok anr baru ngirim email Join kk.. Pingin gabung soalnya masih pemula

    ReplyDelete
  5. Aku yang orang malang aja kgak pernah ke situ...

    ReplyDelete
  6. Bangunannya serem amat, liat gambarnya aja merinding apalagi beneran ada disana

    Btw salam kenal mpok irvina :) ane demen baca tulisan ente, ane tunggu postingan berikutnya.

    ReplyDelete
  7. Bangunannya serem amat, liat gambarnya aja merinding apalagi beneran ada disana

    Btw salam kenal mpok irvina :) ane demen baca tulisan ente, ane tunggu postingan berikutnya.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*