Drama Nikah, Oh Beginikah Rasanye? [Part 1]

nikah

Gue teringat pas pertama kali keluarga gue dipertemukan dengan keluarga cowo gue. Mereka langsung bisa akrab, sampe nenek gue ngomong, "Maap nih kalo boleh saya bilang, kok kite baru kenal tapi kayaknye akrab bener yak?" 

Mungkin emang keluarga gue berjodoh dengan keluarga si doi. Well, di pertemuan ntu, kite langsung ngomongin soal nikahan. Yep, baru pertama kali ketemuan dan langsung ngomongin begituan, aduuuh maaak hahaha. Sebenernye sih, dua bulan sebelomnye, cowo gue emang udeh bilang pengen banget nikah ame gue, ke keluarga besarnye, Terus gue bilang soal ntu ke ortu gue, dan mereka sih seneng-seneng aje. Pas pertama kali cowo gue dateng ke rumah pun, ortu kagak punye komen ekstrim tertentu. Berarti... ortu gue merestui! Horeee!

Seminggu setelah pertemuan keluarga, gue langsung mendesain kartu undangan. Desainnye sendiri gue beli di Shutterstock dan gue adjust sendiri. Gue bikin kartu undangan yang modern dan simple. Kurang lebih gue contohin template-nye kayak kartu undangan temen kantor gue ini.

undangan nikah


Gue mencoba mereka-reka copy di dalem kartu undangan. Misalnye, "Akad Nikah" gue tulis, "Janji Suci" dan "Resepsi" gue tulis, "Pesta Gembira".

Kalimat "Bapak/Ibu" pun gue ganti dengan, "Tuan dan Nyonya" 

Setelah setengah jam gue kutak-katik Photoshop, gue lalu ngasi softcopy kartu undangan (via WhatsApp) ke kedua keluarga besar. Terus langsung aje gue disemprot ame si CaMer (Calon Mertua).

"Kok kagak ada ucapan 'Assalammualaikum' di paling atas?"
"Jangan pake kata-kata, 'Janji Suci' dan "Pesta Gembira" dong. Pertama, 'Janji Suci' tuh berasa kayak nikahan non Muslim. Kedua, 'Pesta Gembira' berasa kayak kite bikin pesta gede-gedean!"
"Kagak usah pake dresscode, liat tamu mau dateng jauh-jauh aje udeh bersukur!"

Ya Tuhan... emang harus banget yak ada 'Assalammualaikum' ? Soalnye banyak temen yang Muslim pun kagak pake begituan, langsung singkat, padat dan jelas (langsung nama mempelai, ortu mempelai, hari/tanggal/tempat nikahan, dan peta, kurang lebih kayak contoh undangan di atas). Eh ternyate kudu ada 'Assalammualaikum' dan kudu pula ada 'Waalaikumsalam', walaupun ruang template terbatas.

Yang bikin gue sedih, keinginan gue untuk ada dresscode buat tamu pun kandas. Padahal gue pilihin warna yang umum banget, cowo berwarna biru (mau biru tua kek muda kek, gue kagak ngebatesin) dan cewe berwarna pink (mau di kerudungnye kek, bajunye kek, apenye kek, pokoknye ada pinknye gitu huhu).

Belom lagi gue kudu revisi nama gelar orangtua, nama emak gue yang typo, basa-basi di atas nama mempelai, dll. Ada 7 kali revisi kecil. Berhubung waktu ntu gue lagi PMS, gue jadi stres, padahal persoalannye kecil sih hahaha. Gue nangis loh di kantor! Yup, gue bikin ntu kartu undangan di kantor tercinta, yang komputernye emang enak buat ngedesain (speknye gede bingits!).

Pasti kalian kepo pengen liat kartu undangan gue? Yaaa khaaaannn??? Huehehe. Ntar yak kalo udeh mau di deket-deket Hari-H, bakal gue share di mari :D

Yang udeh nikah, dulu drama nikahnye kayak pegimane aje? :p


22 comments:

  1. Hahahaha itu mah belum seberapa Mpoook. Emang yah kalo mo nikah tuh banyak-banyakin stok sabar. Keinginan kita gak bakal semuanya terwujud karena pasti ada campur tangan orang tua. :D Semangat Mpook! Moga barokah!

    ReplyDelete
  2. Hahahhh, mau bkin undangan yg anti mainstream ya mba'...

    Klo mnurut gw sih, perubahan2 itu masih wajar...selama bapak/ibu nya gk diganti menjadi baginda raja/ratu...

    Oiya, sran dari mrtuanya juga bener tuh mba', kudu ada bissmillah nye. Supaya pngantin nya nnti berkah...hehe

    ReplyDelete
  3. Hai pina, baru main sini lagi tau-tau udah mau nyebar undangan aja :"
    Menurut gw Salam itu lebih baik ada, apalagi utk undangan acara sakral kya gini, ga ada ruginya d tambahin walaupun kecil2 dapat pahala pula :p
    Terus dress code, pengalaman banget gw jarang ngadirin pernikahan tmen yg nentuin dresscode yg dimna emang baju kondngan terbtas banget, itu2 aja yg di mix, mending kalau tanggalnya habis gajian (masih bs beli baru) kalau lg pas pasan ? Atau saran bisa juga dress code yg warna2 dark entah biru tua, ijo tua, merah tua dll, nnt pengantinnya aja yg pakai warna cerah, referensi dr tmn kantor kmarin.
    Semoga lancar ya pin samapi tanggal yang di tentuin, dan semoga doi lah sebaik-baik canlon suami :*

    ReplyDelete
  4. penyakit menjelang nikahan emang gitu sih hehe *kayak pernah ngerasain aja*. sabar mpok, diskusiin lagi sama camernya, kan yang nikah bukan cuma mpok sama doi, tapi juga keluarga besar. semangat! semoga nikahannya lancar dan jadi keluarga yang samawa. aamiin.

    ReplyDelete
  5. Wah. Kudu ada salam ya, kalo yang diundang ada non muslim juga.. wajib g ya..

    Kalo di keluarga ku abis pertemuan keluarga besar dikasih waktu 10 hari buat ngurusin surat dan lain sebagainya. Mepet banget, gila!

    ReplyDelete
  6. Semangat mba, harusa kuat mendapt cobaan sebelum pernikahan haha

    ReplyDelete
  7. gue juga ada ide lucu2an buat surat undangan, triknya sih bikin 2 yang satu desain standar ala2 org tua yang bakal disebaar ke sodara dan temen2 ortu. desain yang lucu disebar ke temen2 kita sama cowok kita gitu sih niatnya. :D

    ReplyDelete
  8. pina, drama nikahan lo hampir samaan banget ama gue sekarang2 ini. dari undangan, catering, foto, makeup semuanya pake drama T_T . yang tadinya pengen sok2 simple dgn konsep yang beda, eh yg di pake kayanya bakalan yg selera dari geng emak2 :(
    huft, tapi gimana2 tetep kudu nurut aja dah.
    semangat ya :D

    ReplyDelete
  9. Ngikutin blog ini dari jaman si Mpok galau skripsi sampai mau nikah. Ahh time flies so fast ini mah. Selamat ya Mpok, semoga lancar dan sabar ya dengan cobaan sebelum nikah hihi. Ditunggu desain undangannya :D

    ReplyDelete
  10. Ya ampuunn.. selamat ya finaaa.. 😁😁😁 uda baca blognya dari taon 2012 sampe skrg,, dan akhirnya si fina mau nikah juga..
    Hihihi

    ReplyDelete
  11. Ya ampuunn.. selamat ya finaaa.. 😁😁😁 uda baca blognya dari taon 2012 sampe skrg,, dan akhirnya si fina mau nikah juga..
    Hihihi

    ReplyDelete
  12. Hahaa kalo di Jawa emang harus pake Assalamualaikum di header undangannya, eh harusnya nggak Jawa doang sih, semua umat muslim gitu juga lebih bagus kok. Yawlo ceramah.

    Untuk dresscode. Bebas rapih ajah, rambut minimal 2 cm didepan 3 cm dibelakang. Biar kayak lagi di ospek.

    Btw SAMAWA yaaaaaaaaa kak ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAH? RAMBUT BUAT KE KONDANGAN ADA PERATURANNYE BOK?

      Delete
  13. Tuh kaan. Emang ribet kalo urusannya udah ama keluarga besar, 2 pihak lagi. Belom lagi di kita itu masih suka yg umum2 jadi kalo ada yg beda dikit dari umum alias anti mainstream bakal jd kontroversial wkwk. Gue aja pingin nikah cuma akad doang, kalo pun ada resepsi cuma mau adain makan2 ngopi2 bareng keluarga kecil sama temen deket doang. Tapi yaaa dijawab sama ortu: mana ada keluarga kecil? Keluarga kita itu besarrr.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakkakakak setuju, ah bener banget gue ngerasain kok :(

      Delete
  14. maunye sih sesuka hati namun ku tak bisaaaa

    ReplyDelete
  15. Gua dan cewe gua udah pacaran hampir 3 tahun, keluarganya di Thailand udah nanya2, kapan kita mau nikah? Tapi gua sama cewe gua kompak, kita berdua mau kerja dulu, cari uang dulu, bisnis dulu, traveling dulu. Nikah mah...kapan2 aja *digetok calon mertua*

    Yah paling cepet, dua atau tiga tahun lagi lah. Sekarang mah sambil traveling ke aneka penjuru dunia, sambil nyicil bikin foto2 prewedding mesra dulu wkwkwk

    Semoga lancar segala persiapannya ya Pinnn

    ReplyDelete
  16. Hmm soal yang begini mah emang pasti terjadi ya ka pin.
    Ya gue sih masih lama nikahnya, nunggu lulus wkwk.
    Tapi cowo gue udah wanti wanti dari jauh jauh hari, suasana beda pendapat nanti makin lama akan makin ada.
    Dan.. puncaknya adalah ketika mau menikah.
    Mulai dari menentukan konsep sampe hari H.
    termasuk bikin undangan ini wkwk

    ReplyDelete
  17. klo ak, untungnya soal undangan dll gtu gak terlalu ribet,keluarga gak terlalu byk maunya...ribetnya tuh masalah bajet c hahhahhahha...

    lama gak baca blog rame ini hahahahha akhirnya ak nyusul nikah jg pin :))

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.