Jalan-jalan ke Surabaya yang Gitu Gitu Amat!


Kali ini gue mau ceritain lumayan panjang tentang serunye backpacker-an ala gue pas lagi ke Surabaya SENDIRIAN! Naek kereta ekonomi pula! Mayan sih, PP cuman dua ratus ribuan, jadi ngiler pengen jalan-jalan lagi. Terlebih ke Kota Pahlawan yang punye segudang keunikan, kayak Museum Santet, Rumah Darmo yang terkenal angker, hingga Monumen Kapal Selam.

Sisa cuti 2015 gue yang tinggal 2 hari lagi dan kudu dihabisin sampe akhir Maret 2016 pun akhirnye gue pake buat backpacking ke Surabaya dari tanggal 9-13 Maret 2016 lalu. Gue menaiki kereta Gaya Baru Malam dengan tujuan Stasiun Senen - Stasiun Gubeng pada Hari Rabu, 9 Maret 2016, pukul 10.30 WIB dengan estimasi sampai pukul 01.25 WIB (Yoi, sampe besoknye, pagi buta pula!). Untuk kereta ini, gue membayar Rp 110.000, sedikit lebih mahal dari tiket pulangnye, dari Stasiun Pasar Turi - Stasiun Pasar Senen dengan kereta Kertajaya (Rp 90.000). Buat gue kagak masalah sih, karena tujuan gue turun di Gubeng karena gue mau mendiami salah satu hotel unik di deket Stasiun Gubeng. Biar deket aje, gitu.

Sebelom berangkat, gue ke minimarket buat beli roti dan minuman sebagai pengisi perut di kereta nanti. Daripade beli makanan di dalem kereta kan, mahal cyin, nasi goreng aje 30 ribuan (Yah, maklumlah, backpacker!).

Dan seperti biasa... namanye juge kereta ekonomi ye, kan. Jadinye kudu rela empet-empetan. Kebetulan gue dapet bangku nomor 9A di gerbong 7 (pulang-pergi gue pilih bangku nomor ini). Gue milih duduk di sebelah jendela biar bisa melihat pemandangan selama perjalanan.

"Lo kagak bete ape Mpok di dalem kereta 13 jam? Ngapain aje lu di situ?"

Banyak! Tidur, baca buku Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, chatting ngomongin karya (asik), salto, godain om-om, dan laennye.

Yang kagak gue lupain sih pas lagi enak-enak baca buku, eh mas-mas di sebelah gue tidur sambil senderan! Suweeek! Hampir satu jam ada kali. Udeh gue colek kagak bangun-bangun, malah ngorok tuh orang -____-

Nih potonye :))

Sebuah kiriman dibagikan oleh Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) pada

Kagak cuma ntu aje. Bahkan nenek-nenek di depan gue pun seenak jidak KENTUT TANPA PERMISI ATAU MINTA MAAP DULU! Braaattt... breeetttt... broooottt.. terus pasang muke datar sok kagak punye kesalahan. YA TUHAN MENGAPA NASIB GUE GINI-GINI AMAT NAEK KERETA EKONOMI !@#$%%^&&

Kamis, 10 Maret 2016, gue sampe di Stasiun Gubeng jam 2 pagi (telat setengah jam!). Salah satu sodara gue, Teguh, menjemput dan mengajak gue makan nasi goreng. Keadaan Surabaya di pagi buta itu sepi dan kagak banyak kaki lima yang jualan. Beda banget ame Jakarta, yang banyak kaki limanye bisa dijumpai sampe subuh.

First impression gue saat sampe Surabaya adalah.... ya kagak beda jauh ame Jakarta. Cuman kayaknye di marih lebih banyak bangunan tuanye, sih. Dan sekitar jam 4 pagi, gue minta dianterin ke My Studio Hotel, salah satu hotel unik yang pernah gue jumpai langsung. Review lengkap akan gue jelasin di postingan berikutnye.

Berikut poto My Studio Hotel yang gue diemin.


HARI PERTAMA DI SURABAYA

Sekitar jam 11 siang, Teguh jemput gue di hotel. Kite langsung cabut ke Museum Kesehatan alias MUSEUM SANTET! FINALLY GUE KESAMPEAN KE SINI HAHAHAHA :))

Di Museum Santet ini, kite bisa nemuin berbagai alat kedokteran dan mesin-mesin jadul, hewan-hewan yang diawetkan, hingga alat pengobatan jaman dulu di Indonesia. Yang menarik, kite bisa nemuin benda-benda yang pernah dipake orang jaman dulu buat nyantet. Terus ada peti mayat yang berisi tengkorak beneran, jelangkung, nini towok, dan benda-benda laen yang penuh mistik!


Kagak cuman itu, bahkan gue nemuin alat seks jaman dulu gitu dah wkwkwk. Jijik jijik gimane gitu liatnye :))


Info lengkap seputar Museum Santet, akan gue review khusus di blog ini :D

Setelah dari Museum Santet, gue minta dianterin ke Monumen Tugu. Belom ke Surabaya namanye kalo belom ke sini. Hehehe. Macem orang luar kota yang ke Jakarta aje yang kudu ke Monas, hahaha. Yang menarik, tiba-tiba gue ketemu segerombolan anak-anak SD lagi pade latihan nyanyi buat ujian sekolah. Terus gue rekam, deh.

Gue juge bikin pidio bareng ame mereka HAHAHAHA :))


Next, gue minta dianterin ke RUMAH HANTU DARMO! Rumah yang kosong sejak tahun 1988 ini mungkin merupakan rumah horor nomor 1 di Indonesia. Ntu kate orang-orang, kalo kate gue sih, biasa aje. Mungkin karena gue dateng menjelang sore kali ye, terus banyak bocah-bocah yang nongkrong di situ. Udeh gitu, sekarang banyak bener coretan-coretan warna-warni, sehingga kesan horornye kurang.


Pas gue lagi asik moto-moto, tiba-tiba iPhone 5S gue jatoh. Terus gue pengen nangis karena kacanye pecah huhuhu :'( walau masih bisa dipake, tapi gue merasa was-was, takut tiba-tiba mati ape pegimane gitu. Gue pun langsung minta dianterin ke mal terdeket buat beli hape baru dan murah buat backup-an selama di sono. Yah berhubung gue masih lama di Surabaya dan gue butuh hape buat komunikasi ke keluarga-kantor serta mantengin kerjaan. Hiks, baru hari pertama udeh dikasi musibah :'(

Hapeku sayang.... Huhuhu kenape sih :(

Dengan duit sisa-sisa gaji, gue memilih hape Oppo Neo 7 sebagai back-up-an. Yah lumayan, lah... walau tetep secara kualitas, iPhone 5S tetep megang ke mane-mane (yaiyelah).

HARI KEDUA DI SURABAYA

Hari ini gue sendirian menjelajahi Surabaya, berhubung si Teguh dan sodara gue laennye kagak bisa nemenin gegara kudu kerja. Kagak masalah, karena gue juge pengen ngerasain jalan-jalan sendirian. Tepat jam 11 siang, dari hotel gue langsung menuju ke Monumen Kapal Selam. Cuma 5 menit dengan berjalan kaki aje. Harga tiket masuk yakni Rp 10.000, lumayan mahal untuk sebuah museum. Tapi berhubung museum ini unik, oke oke aje, lah.

Di Monumen Kapal Selam kite bisa merasakan suasana di dalem kapal selam. Yang jelas, dalemnye panas banget, meski udeh ada AC. Berikut poto-potonye.


Tepat jam 2 siang, gue masuk ke ruang audio visual untuk nonton sejarah Monumen Kapal Selam. Gue nongton sendirian dong, HAHAHA :))

Setelah ntu, gue jalan menuju Monumen Panglima Jenderal Soedirman di deket Balaikota. JALAN KAKI, BOOOK! Lumayan jauh, tapi kagak masalah berhubung gue emang anaknye demen jalan.

Next, gue ke Balai Kota, berharap bisa ketemu ame Bu Risma. Sayang, belom berjodoh :'(

Di sekitar Balai Kota, ada WC umum yang emang kini tersedia di setiap sudut kota. Mungkin hal ini dilakukan Pemda Surabaya agar para warga kagak kencing dan berak sembarangan. Hiih, kayak manusia purba aje.

Dari Balai Kota, gue belok ke kanan dan melewati SMPN 1 Surabaya. Yang gue tangkep dari sekolah tersebut adalah kondisi murid-muridnye yang kebanyakan kalangan anak tajir. Terlihat mobil mewah berjejeran dengan sopir di dalemnye. Bahkan salah satu anak ada yang naek taksi Blue Bird! Etdah, jaman gue SMP mah, jangankan naek BB, naek bajay aje udeh berasa mahal banget, wakakakak.

Gue berjalan dan berjalan entah ke mane hingga nyangsang di Taman Remaja. Gue kira tuh taman macem taman biasa, taunye macem taman bermain kayak Dufan. Udeh gitu sepiiiiii banget. Konon sih mau ditutup gitu. Yaudeh akhirnye gue jalan-jalan lagi sampe nyangsang di Mal Grand City. Cuman buat numpang ngadem, maklum Surabaya panasnye luar binasa!

Habis dari mal, gue ngapain? Ya gue langsung ke hotel untuk istirahat. Pegel juge kaki gue, mane pake boots berhak 5 cm. Sekitar jam 10 malem, Pandu Satrio, salah seorang temen blogger dari Kancut Keblenger asal Batam nyamperin gue untuk nganterin makan di salah satu restoran rekomendasi doi. Dengan motor gedenye, kite menyusuri Kota Surabaya di malam hari setelah hujan terus. Dinginnye berasa bener!

Sebenernye gue rikues ke Pandu buat makan di angkringan aje. Selain irit, gue pun udeh lama kagak ngerasain makan lesehan. Makannye selalu kagak jauh-jauh di restoran cepat saji. Namun entah kenape si Pandu malah bawa gue ke salah satu restoran yang katanye enak. Kite makan mie goreng dan ayam mentega. Makan berdua hampir 90 ribuan -_____-

Pupus sudah harapanku untuk mengirit. 

Kite pun bercerita tentang kehidupan kampus masing-masing (Walaupun gue udeh jadi alumni). Mahasiswa tingkat akhir ntu lalu bercerita tentang kakaknye yang suka banget pacaran ame bule-bule. Hingga Pandu nanye, "Kak, lo udeh poto ame patung buaya-hiu belom?" Gue pun menggeleng hingga Pandu mengajak untuk berfoto di sono.

Lokasinye? Jangan ditanye ye, ntu jauh bener dari yang gue kira. Mane gerimis-gerimisan. Kedinginan. Huhu. Tapi demi jadi arek Suroboyo yang kekinian, ya gue kudu berpoto dengan si Hiu-Buaya. 


Oke, sekian cerita gue pas lagi ke Surabaya. Tenang... nanti bakal gue lanjutin kok. Karena pas lagi ke sini... gue pun sampe ke Madura dengan naek motor! Kok bisa? Nantikan aje!

Btw kalian pernah kagak ke Surabaya?

7 comments:

  1. Beuuhh... Udah lama ya baru di post, setahun.

    Rumah Darmo berasa seremnya kalo malem. Apalagi waktu gerimis.

    Di surabaya emang udaranya panas. Tapi enaknya disana banyak tamannya. Ehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih... tapi tamannya berjauhan dan nyempil2 sisss heuheu

      maklum eke sibuk jadinye baru mosting nih wkwkwk

      Delete
  2. Yaampoooon eke terakhir ke sana 9 taun lalu, itupun masih nyusruk lagi ke Ambulu, bahahahaha. Jadi kangen explore ke Surabaya dan sekitarnya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuyyy kapan2 kesini bareng rat sama socialita lainnye wkwk

      Delete
  3. Aaak waktu kapin ke Surabaya kan aku masih tinggal di Gresik. Sekarang aku udah jadi warga Sby, yuk main-main lagi pasti aku samperin. :"

    ReplyDelete
  4. GUE BARU BACA INIIII LOHHHH WKWKWK, gue juga masih ada utang nih makan disana gocap sedih, yuk ketemu kakpinnnnnn!!

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.