Balada Starbucks VS Es Blender Pinggir Jalan

starbucks
Starbucks mantappp (source).

Sedari awal bulan Juli 2017, hadirlah bebacotan netizen yang pro dan kontra dengan Starbucks. Selain isu Starbucks yang mendukung LGBT, netizen terlihat gatel untuk berkomentar seputar Starbucks VS Es Blender Pinggir Jalan yang banyak dishare.

Kalo gue liat-liat nih, yang mengaku kagak suka Starbucks adalah bocah-bocah yang mungkin duit jajannye hanya cukup untuk menikmati Mc Flurry satu kali. Pun dengan orang dewasa yang di tempat tinggalnye kagak ada gerai Starbucks, atau bahkan mungkin ada Starbucks tapi kagak pernah nyoba.

Jika boleh jujur, jauh sebelom gue bisa menghasilkan duit sendiri, gue sempet berpikir untuk ape sih minum kopi mahal-mahal? Toh sebenernye lidah bakal cukup termanjakan dengan es blender pinggir jalan yang kagak nyampe ceban (Rp 10.000) segelas. WTF GENGSI-GENGSIAN!

starbucks dan es blender pinggir jalan

"Halah, palingan orang-orang beli Starbucks biar disangka KAYA. Palingan cuman buat pamer di media sosial, dasar sombong, biar dibilang banyak duit, huh?"

Yes, gue pernah kok berpikiran seperti ntu. Di jaman gue masih sekolah, masih bocah, masih labil, masih belom banyak bergaul dengan orang-orang yang bukan bocah kayak gue dulu.

Namun seiring waktu, seiring banyaknye kenikmatan duniawi yang diberikan Tuhan, gue pun terpatil dengan mindset seperti ntu. Gue pun jadi terbiasa minum kopi Starbucks yang ternyate enak dan lebih menang dari kopi pinggiran.

Ketika kite udeh kerja, punye bisnis, pasti dong sering banget meeting. Nah, kalo di Jakarta nih, percayalah yang namanye meeting paling mentok di Starbucks. Bukan di Sevel, serius, kecuali kalian mau COD kancut anti bikin horny dari toko online.

Lagian Sevel udeh tutup wqwq.

Enaknye Starbucks ntu :

1. Gerai Starbucks ada banyak banget di Jakarta. Di perkantoran, area tempat nongkrong, hingga di mal. Bahkan 1 mal bisa punye 3 gerai Starbucks. Contoh Mal Central Park deket rumah gue, Starbucks bisa ditemukan di mal bagian tengah, belakang deket Sogo dan lantai 1 (kalo kaga salah) di deket Tous Le Jours. Gile kan?

2. Tempatnye nyaman karena ada fasilitas. Ada AC dingin. Ada colokan, jadi bisa sambil ngecas hape. Ada wi-fi buat sekadar browsing atau ngeblog. Dan tempat orang smoker dan non smoker dibedain. Kalo kagak dibedain, itu sih namanye WARKOP.

3. Dari segi harga emang mahal, namun RASA KAGAK BOONG. Gue sampe tergila-gila dengan Caramel Machiatto seharga Rp 51.000 dan selalu dibeli 1-3 kali perbulan. Cuman beli kalo lagi pengen banget huhuhu. Pengennye sih setiap hari tapi budget duit gaji kan bukan cuman buat jajan kopi, hehe.

Lagian tau kagak kenape Starbucks mahal? Ya.. karena bahan bakunye juge lebih mahal. Dilansir dari Republika:

"Pasokan kopi diambil dari kawasan Aceh Tengah, Bener Meriah, dan sekitar danau Toba, Sumatra Utara. Kopi dari kedua daerah ini disebut sebagai Sumatra Coffee. Mereka juga membeli kopi dari daerah Jawa, Lampung dan Toraja. Jenis kopi lain yang baru-baru ini digunakan yaitu kopi Bali dan kopi Bajawa. 

Kopi petani yang diambil Starbucks, punya tambahan keuntungan, sebagai kompensasi atau CSR dari Starbucks. Hal ini tercantum dalam standar Coffe Practice, standar Starbuck. Aspek sosial sangat diperhatikan oleh Starbucks"

Dan noted nih, kopi dari petani Sumatra Utara dan Aceh Tengah ntu lebih mahal dari rata-rata kopi Arabika di dunia.

Ntu baru kopi, belom siropnye, whipped cream, mesin kopi yang dibeli (mahal banget tuh bisa puluhan-ratusan jetong), dll. Baristanye juge kan bukan orang yang sehari belajar bikin kopi, shay.

Dan yang mahal adalah BRANDINGnye. Karena membangun brand butuh waktu lama agar bisa tumbuh dan terbenak selalu di ingatan orang. Belom lagi biaya marketing, emang dikira si Starbucks kagak pake promosi di media? Punye akun LINE aje, mereka kudu bayar mahal. Belom lagi biaya marketing khusus di media sosial, setahun bisa milyaran bok, jangan salah! (anak ahenxi digital bersabda lol).

Pulang kerja menikmati segelas Caramel Macchiato di Starbucks.

Ada banyak yang kite beli dari sebuah gelas Starbucks. Nilai gengsi, ya tentu jelas ada, namun sebaeknye nikmatilah apa yang pengen kalian nikmati karena pengen mencari PENGALAMAN RASA.

Namun kembali lagi lah kepada kalian wahai anak muda. Duit duit kalian, silakan aje dah mau cari gengsi atau rasa.

Ada yang bilang, lebih baek dukung petani kopi lokal dengan minum kopi di warkop atau angkringan. Padahal Starbucks pake kopi dari petani kopi lokal juge. Lagian kagak semua tempat tinggal orang ada warkop, keleus. Kalo kalian tinggal di komplek, mungkin bakal berasa banget kalo mau ke warkop kudu jalan rada jauh banget -_- dan kemungkinan besar pesen Starbucks via Ojek Online. Ya, kalo lagi hemat mah bikin kopi aje sendiri di rumah.

Ada yang bilang, mending beli kopi di angkringan yang blablabla. Masalahnye kopi yang begituan juge kagak banyak di tempat tinggal setiap orang.

Ada yang bilang, mending beli kopi sachetan. Beli es cappucino cincau pinggir jalan, blablabla.

Bitch please, semua punye HAK buat memilih mau beli kopi ape aje. Yang jelas, ape yang kite beli ada plus dan minusnye.

Jika Starbucks minusnye MAHAL, kalo beli kopi di pinggir jalan minusnye: tempat kurang higienis, kagak nyaman, lebih rawan, bahan baku murah sehingga perlu dipertanyakan, dll. Nilai plusnye, cuman MURAH doang.

Gue kagak anti minum kopi di warkop atau es blender pinggir jalan, karena gue pun penikmat kopi ntu juge. Gue juge sering minum kopi sachet-an di kantor, sehari 2x minum Luwak White Coffee. Gue mengkondisikan budget, jika baru gajian ya beli Starbucks. Jika lagi akhir bulan atau lagi makan di pinggir jalan, ya pesen kopi di abang-abang.

So, yang gue harapkan dari kalian adalah:

1. Please jangan judge orang beli kopi mahal hanya disangka biar mereka terlihat bergengsi. Sape tau mereka emang penikmat kopi beneran. Sape tau karena suatu kondisi sehingga mereka kagak memungkinkan beli kopi di pinggir jalan atau gang. Contoh, kalo misalnya kalian artis sekelas Raffi Ahmad, pasti agak males beli kopi pinggir jalan, karena takut ribet pas beli malah kelamaan pepotoan ame fans dan jadi telat dateng ke tempat syuting.

Kurang-kurangin ngejudge orang, mending perbanyak bercinta, eeeyym.

2. Buat yang pernah ngejudge penikmat kopi Starbucks, gih cobain ke sono, bisa pake harga PROMO setiap tanggal 22 dengan tumbler (kalo kagak punye, pinjem punye temen!) atau promo dari akun LINE si Starbucks (buy 1 get 1, atau promo cuman 25 ribu segelas).

3. Jika memungkinkan, nikmatilah segelas kopi mahal untuk sebuah pengalaman rasa. Karena pengalaman rasa adalah sebuah kenikmatan duniawi yang patut disyukuri. Ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan yang telah menciptakan kopi enak. Sebaeknye kagak usah beli kopi mahal biar bisa dipamerin ke media sosial karena sungguh kurang berfaedah. Kecuali ente food blogger.

4. Mending diem aje daripade ngejudge orang laen begini begitu. Kalo budget sedikit, beli aje kopi di Lawson, lebih enak dari es blender pinggir jalan tapi murah.

Btw kopi mahal kagak cuman Starbucks doang loh. Jadi please kagak usah ngecap jelek Starbucks.

Sekian dan semoga tulisan ini berfaedah untuk kalian semua.

Dari saya, Irvina Lioni, penikmat kopi Starbucks yang suka beli Caramel Macchiato kalo lagi ada promo.


36 comments:

  1. Jadi inget mpok dulu ngajak cowo gue tapi di j.co sih, kan minuman nya emang mahal tuh 30rban juga kalo ga salah. Pesen minuman coklat gitu lupa namanya. Trus cowo gue bilang "rasanya sama kaya pop ice". Wkwk padahal enak wajar harga segitu. Btw gw belum pernah ke Starbucks, kurang gaul ga sih :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom fix jadi anak jakarta kekinian!

      Delete
    2. Udah setahunan balik ke kampung halaman ni mpok heuheu. Tp disini jg ada starbak, lain kali mo cobain ah

      Delete
    3. cobain dong, asian dolce latte dan caramel macchiato enak bgt loh. nih lagi gue seruput di kantor wkwk

      Delete
  2. Eniwey, Sevel udah bubar. :D

    ReplyDelete
  3. Pernah punya temen kostan, update disosmed minum starbucks, malemnya masak bihun goreng dikecapin. Bukan nyinyirin karena dia begitu, cuma sedih aja memaksakan untuk terkesan high disosmed, padahal uang pas-pasan dan menahan lapar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia yang perlu dihindari. mending buat makan tuh duit wkwk

      Delete
  4. Samaaaaa...aku juga sukanya Caramel Machiato!!! *tos dulu donk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kooookoooo ke jakarta pls meet up kita minum setarbak bareng wkwk

      Delete
    2. Akuuu juga sukaaaa Caramel Machiato tp kalo maagnya lagi ga bener greentea latte deh.
      Aku boleh ikutan ga? kalo Ko Kev pulang hehehehe.

      Delete
    3. boleh join dong wkwk

      gue juga ada maag, so far aman2 aja di gue si CM

      Delete
    4. Azeeeeeekkkk *yay* 😁
      AYOOOO pulang Ko Kev 😃

      Delete
  5. Dulu punya pikiran yang sama kalo Starbucks itu cuma buat gengsi-gengsian. And I was wrong.
    Setelah masuk kuliah mulai merasa kalo Starbucks itu gak cuma lebih enak kopi (dan coklat karena lebih suka nyoklat di Starbucks :3), tapi juga fungsional buat meeting, meetup, atau cuma nongkrong baca buku.

    Dan ternyata kayak yang Mpok bilang di poin nomor 2, banyak banget promo Starbucks yang ujung-ujungnya cuma bayar 20 ribuan (gw cinta bgt Tumbler Day, hehehe :p). Dan super setuju sama nomor 3! :D

    Salam,
    http://www.novreica.blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. toossss! bener sis, mau enak pun harus punya strategi!

      Delete
  6. Hahhaa iya nih gue juga sering banget liat twit yang begini.
    Inget ga yang masa masa telkomsel di hack terus banyak yang menyerang telkomsel?
    Nah bagian pembela telkomsel nih pernah ada yang ngetweet gini

    "Ya.. *intinya telkomsel mahal karena infrastrukturnya juara*, kalau kalian pengen murah ganti aja operator lainnya"
    Lalu
    Lama lama ngetweet
    "Yang bilang telkomsel mahal, mungkin kalian yang suka beli starbucks cuma buat di foto di medsos biar keliatan keren"

    Wkwkkw

    Eh yang kayak gitu termasuk judging gak sih?

    Tapi ya gitu deh ya ka vin, sekarang mah namanya medsos isinya macem2 opini, nyinyir, judging, dan macam macam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, kudu nanya ke psikolog dulu kayanya bedanya ngasi kritik, nyinyir, ngejudge hingga bullying kayak gimana. soalnya hal2 tsb sering diucapin netizen dan bedanye tipis bgt.

      Delete
  7. Kadang suka bingung sama yg berpikir kalo kita mau ngopi di Starbucks karena "sok semata"
    Padahal gue pribadi ke sbux, pure karena pengen ngopi & nyari tempat ngobrol nyaman, malah ga pernah kepikiran soal gengsi atau sok-sok an.
    So far Sbux tempat paling favorite gue sama pacar buat ngebahas soal relationship sampe rencana nikah malah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih tahun depan Pin.. doain ya.
      Gue baru mau baca yg soal nikahan loh, pengen di rumah putih jg soalnya.

      Delete
  8. Ga bisa dibandingin sih sebenernya. Minuman rasa kopi (sachetan) sama minuman dari beans beneran beda jauh lah wkwk. Gue pribadi lebih suka coffeeshop macam simetri, tanamera, nord dll feelnya lebih asik buat ngopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga suka ke simetri soale deket rumski :))

      Delete
  9. bener banget mpok ekeu setuju..
    orang2 yg jelek2in brand sebaiknya harus tw ilmu dulu sblm menjudge sesuatu..
    terlalu ngurusin orang..urusin dewek aja dulu..
    kadang kesel jg sih..

    okapinote.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye nih... mangkenye aing pengen buka mata mereka melalui tulisan ini

      Delete
  10. berfaedah bgt buat pencinta starbucks waaa!!!

    ReplyDelete
  11. aaaak ini postingan aku banget, semua gundah gulana selama ini sering dijudge begono begini terpaparkan. yesss, aku tuh yg ngerasain pengen ngerjain tugas tapi kafe yg proper dan deket ya cuma sbux (sekarang mah udah ada je-ko). warkop isinya mas2 sama oom2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya sis, waduh ketemu om bambang ga?

      Delete
  12. Waktu lulus kuliah dapat kerja gw menghadiahi diri gw dengan Green tea latte starbucks (biar happy aja gitu) dan ada yang nyinyirin "ahelah gaya lu ngestarbakk..rasanya sama kaya bikinan abang2", palelu sama.. hahaha gw seneng banget lu bikin tulisan kaya begini..

    ReplyDelete
  13. Iya kopi mahal gak hanya starbucks, ada lagi tuh namanya "Max coffee"
    Salam blogger kapinah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah nyoba greentea latte tp jauuuhhh lebih enak GT sbux, nyobain vanilla frappe nya tp ga begitu suka.

      Delete
    2. lidah gue jg lebih suka setarbak ketimbang maxx coffee, kalo di bawah starbak ada tuku tuh enaaak dan lebih murah

      Delete
  14. Gua demen sbux kalau ditraktir doang mpok Pina... kalau beli sendiri rasa sayang ama duitnye. Btw denger-denger minuman kopi manis sbux gula dan kalorinya tinggi mpo, banyakin minum aer putih seseungguhnya itu lebih berfaedah buat kesehatan (dan duit tentunye).

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah jangan dibandingkan minuman tsb dengan aer putih, pastinya lebih baik aer putih sih.

      sesekali mah kaga nape minum kopi mahal atau kopi murah, saling menghargai aje.

      Delete
  15. Kebetulan saya low budget. Yaudah, nggak banyak cingcong soal mereka yang jajan di starbak. Kalau bisa mah ditraktir sih, hehehe. :))

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.