#UZUR (ULASAN ZUZUR) : FILM DILAN 1990, BIKIN BAPER!


Adegan pembuka yang ngeselin
Jujur aje sih kayaknye gue kagak pernah nulis review film di blog ini. Namun spesial untuk kalian, kali ini gue ingin review film DILAN 1990 yang udeh gue tonton DUA KALI DONG! Dan tentu menjadi salah satu film Indonesia favorit dengan alasan-alasan yang akan gue ceritain di mari.

Sebelomnye, ijinkanlah gue memberikan sebuah pantun:

Ke abang-abang beli mendoan
Begitu candu dimakan sambil vakansi
Hey kamu si jagoan bernama Dilan
Yang berat ntu bukan rindu, tapi disuruh klien nge-revisi!


komuk lagi sakit tapi kagak berdarah
Oke, kuy lanjoooot! Tapi diskelemer aje nih soalnye bakal ada banyak sepoy-iler di marih, jadi buat yang belom nongton mending kisah kite berakhir sampe di sini aje. Bye.

So, begini ceritanye.

Jadi, pada hari Jumat lalu gue iseng nongton Dilan di Pondok Indah Mall 2. Tepat jam 12.30 WIB, gue masuk bioskop, sendiri, tanpa suami menemani. Bukannye suami gue kagak sayang, namun kebetulan di hari ntu doi lagi meeting di Citos, dan terlebih doi tuh orangnye sok laki banget gitu, paling anti nongton pelem yang drama cinta menye-menye. Padahal kan ini pelem kayaknye bagus ye, walaupun pade awalnye pun gue jelekin si Iqbal eks CJR yang jadi Dilan.


Yailah kok elu sih tong yang meranin
“Yaelah apaan sih nih bocah alay kok bisa jadi pemeran utamanye?”

“Duh, kenape sih orang-orang pade ngomongin Dilan?”

Tapi gue mencoba untuk positive thinking, sape tau si Iqbal aktingnye bagus di marih. Sape tau emang pelemnye beneran bagus di mata gue.

Di dalem bioskop cuman ada sekitar 10 penongton, yang kebanyakan ibu-ibu, dan bawa anak balita pula. Jadi kagak heran selama film berlangsung, ada anak yang nangis, lah. Kagak bisa diem, lah. Tapi gue berusaha untuk konsen nongton karena TIKETNYE MAHAL 60 REBOOOOO !@#$$%^&


Jangan jadi pengangguran, berat, biar aku saja.

Di dalem hati gue sempet ngomong: “Awas aje nih kalo 60 ribu gue sia-sia!” #MaklumPengangguranNeeeh

Pelem di mulai di kala Milea dewasa menuliskan kisah cintanye bersama Dilan melalui Microsoft Word edisi entah keberape. Dan kurang tau ntu seri bajakan atau bukan (KAGAK PENTING MPOOOOK!).

Milea dewasa ntu begitu misterius karena sang kameramen kagak ngeliatin komuk (muka)nye bijimane. Ya, bodo amat sih, yang penting kagak lama terlihat audio visual jaman dulunye Milea pas pindah ke Bandung. Pas Milea lagi jalan, lalu ditanye Dilan, “Kamu Milea, ya?” Yaaa pokonye persis kayak di trailernye.


“Aku ramal kita akan bertemu di kantin, “ kate si Dilan. Di dalem ati gue pun ngomong, “Apaan sih bray, kalo mau kenalan mah kenalan aje kagak usah banyak modus!”

KZL.

Eh abis ntu, di dalem kelas, Milea dapet surat dari Pian, temennye Dilan. Pas dibace, taunye ntu surat dari Dilan, yang bilang, “Ternyata ramalan saya meleset, kita tidak bertemu di kantin, tapi besok di rumahmu” (Kurang lebih begitu dah).

“Hah? Besok? Besok kan Minggu?” kaget si Milea.

Eh tapi ternyate bener, besoknye si Dilan dateng bareng Pian. Ngasi sebuah surat, yang diminta untuk dibace setelah Dilan dan Pian pamit.

Yailah sok ganteng luuuhh

Dan di atas kasur, Milea liat isi surat ntu. Tadinye sih gue nebak kalo ntu surat berisi puisi atau ungkapan cinta. Eh ternyate meleset, sodara sodarahhhh. Ntu surat isinye undangan untuk Milea agar bisa dateng ke sekolah pada hari Senin, Selasa, hingga Sabtu. Yang mane, tanpa surat ntu pun, Milea bakal ke sekolah. YAELAH TONG APAAN LAGI SEEEH NEEEH KAGAK JELAS BANGET!!! (Teriak gue kalo jadi Milea).

Belom sampe di situ, di saat Milea ulang tahun, yang mane cowo LDR-an Milea, Beni, ngasi bunga. Dan Nandan, si ketua kelas, ngasi kado boneka gede, LALU KALIAN TAU SI DILAN NGASI APAAN?

Ngasi boneka? WIS BIYASAAAHH!

Iye, ngasi buku TTS. BUKU TEKA TEKI SILANG. HEEEEH MAKSUD LO APEEE LAGI SEEEHHH???!!!

Mane ntu kado dibungkus pake kertas koran ame kantong kresek, lagi! Kere amat sih, kagak ada soswit soswitnye!!! Kertas kado palingan cuman serebuan, tong!


NGASI KADO APE NGASI GORENGAN???!!

Belom sampe di situ, sodaraaaah. Ternyate saat Milea buka tuh buku, eeeeh semua TTS udeh diisiin ame si Dilan. Kagak sengaja jatohlah secarik kertas yang kurang lebih bilang, “Aku sayang kamu, aku isi semua TTS biar kamu gak pusing”

KADO ULANG TAHUN MACEM APAAN SEEEHH NEEEHHH?

WKWKWK

Namun, keisengan Dilan ini tentu bikin Milea senyam-senyum sendiri. Bahkan Milea bilang, lebih asik Dilan ketimbang Beni yang monoton. Selaen monoton, Beni pun ternyate kasar. Pernah suatu hari saat di TVRI Jakarta, Beni ngeliat Milea duduk berdua dengan Nandan, walaupun sebenernye di situ ada satu orang temen lagi yang kebetulan lagi ke toilet. Eh si Beni malah ngomel-ngomel, dikiranye si Nandan selingkuhan Milea. Ditonjoklah ntu si Nandan dan si Milea dikatain ganjen hingga pelacur.

Beni sok jagoan bener, mentang-mentang orang kayaaaa!
Milea pun langsung minta putus di saat ntu juge, lalu nangis hingga perjalanan pulang ke Bandung. Di tengah ucapan pelacur dari Beni, Milea berharap Dilan ada di situ, mengingat Dilan pernah ngomong, “Jangan pernah bilang kalau ada yang menyakitimu, nanti orang itu akan hilang” (DUH ILEEE KAYAK JAMAN ORBA AJE NEEEH PAKE ILANG-ILANGIN ORANG!).

Selaen kekagak-jelasan sikap Dilan yang bikin senyam-senyum, gue pun sangat terharu saat Bunda (Ibu si Dilan) yang begitu sayang banget dengan Milea. Saat pertama kali Bunda ke rumah Milea, adeknye sempet nanye, "Itu siapa sih, kak?" dan dengan pedenye si Milea jawab, "Calon mertua!"

ECIEEEEEEEEEEEEEEEE. 

cocuiitttt bareng Bunda
Belom lagi saat Milea yang merasa bersalah dengan Dilan karena udeh boong mau jalan dengan Kang Adi, guru privat yang naksir Milea juge, pergi ke ITB. Sebenernye sih ntu bukan salah Milea, toh Milea sebelomnye udeh nolak secara halus, namun gegara bokap Milea yang udeh ngijinin si Kang Adi, mau kagak mau Milea pergi deh tuh berdua dengan Kang Adi.

GUE SEBEL AME KANG ADI!!!
Kalo dijabarin, banyak sih alasan-alasan gue suka dengan film Dilan 1990:

1. Cast yang dipilih  kebanyakan cocok banget, shaaay! Akting Iqbal kagak perlu diraguin dah, mau jadi anak berandalan, romantis, wadooh kok dapet banget! Akting Vanesha pun oke banget, lucu ala anak 90an-nye dapet!!!
2. Ceritanye sederhana namun dapet banget bikin gregetan. Konflik cuman seumprit, kebanyakan bikin senyam-senyum! Asleee, deeeh!

Walau begitu, tentu film Dilan 1990 bukan berarti kagak ada kekurangan, misalnye:

1. Sinematografi kurang greget, color grading standar banget macem pake grading si i-Movie doang, dan CGI di sesi Bunda dan Milea di dalem mobil, sumpeh jelek parah! Kayak di sinetron gitu wqwqwq.
2. Pagar sekolah Dilan-Milea yang menurut gue begitu minimalis, kagak 90an banget yang pagarnya punya khas lancip-lancip.

Pagar sekolah yang menurut gue minimalis, kurang cocok dengan jaman 90an.
3. Sofa ijo yang ada di rumah Milea yang menurut gue kurang cocok.
4. Komuk Kang Adi yang kayak bapak-bapak, bukan kayak mahasiswa. Kurang pas kayanye dah.
5. Konon ada plat nomor mobil yang keliatan expired-nye tahun 2017, namun pas gue dua kali nongton, belom nemu. Kalo pun beneran ada, ya berarti tim produksi kurang jeli nih.
6. Dandanan anak 90an yang kurang jadul. Perasaan tahun segitu mah masih ngehits rambut mengembang gitu, deh, anak mudanye? Soalnye emak gue di tahun segitu yaaa rambutnye begono.
7. Rambut Bunda yang kaku banget dan keliatan pake wig, kurang natural euyyy!

Jaman 1990, rambut emak gue dan kawan-kawan kayak gini.
Selama dua kali nongton, bioskop yang gue datengin (di PIM 2 dan Lippo Puri) sama-sama memiliki jumlah penonton yang dikit dan kebanyakan diisi oleh orang tua. Emang sih nih pelem cocok bingits dengan mereka-mereka yang masa remajanye di taon 90an. Jaman-jaman di mane kalo pedekate pake telpon umum atau telpon rumah, jaman-jaman di mane pas ngumpul kagak ngebego sendiri ame smartphone, jaman-jaman di mane remajenye masih sopan santun dan berdandan natural.

Hal-hal yang kagak bakal dilupain dari film Dilan 1990 yaitu:

1. Semua surat dan puisi yang pernah dibikin Dilan. Kagak begitu puitis macem si Rangga AADC tapi lebih nancep shaaay!
2. Akta jadian yang dibikin Dilan dan Milea, yang dikasi 2 materai dan tanda tangan. APA BANGET WOOY WKWKWK.
3. Adegan telpon-telponan yang bikin keinget jaman gue dulu wqwqwq.
4. Kelucuan Dilan sekeluarga, terutama si Disa. Ihh gemesin banget si Disa!

So far hingga tulisan ini dipublikasi, film Dilan 1990 udeh dapetin 4 juta penonton kurang dari 2 minggu tayang di bioskop! WOW!

Terus, ape sih pesan moral yang bisa diambil dari fillm Dilan ini?

1. Film yang bagus ntu kagak memerlukan cerita yang njelimet dan tempat syuting sampe ke Eropa. Cerita mah dibikin sederhana aje, yang penting langsung nusuk di hati, pasti kagak kalah laku deh.
2. Jadilah sosok yang unik. Contohnye Dilan, yang akhirnye dipilih Milea karena keunikannye saat pedekate.

Jujur, gue belom bace semua buku Dilan, padahal tiap ke toko buku dari dulu sering banget nemuin di bagian best seller. Cuman abis nongton film Dilan, kayanye gue bakal beli 3 bukunye deh. Kalo kalian, udeh pernah bace buku Dilan? Rekomen kagak sih?

Kalian udeh nongton Dilan? Adegan ape yang kagak bakal kalian lupain? KUY KOMEN DI BAWAH!

Ponten Film Dilan 1990 : 85 / 100
Rekomen? : IYAK BANGET BUAT YANG LAGI BUTUH HIBURAN!





irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
24 Comments

24 comments:

  1. Padahal tadinya diriku gak tertarik nonton. Krn emang gak suka film menye-menye. Ini nonton krn penasaran kenapa banyak yang sampe bikin meme nya segala.

    Dan, gak nyesel euy nonton filmnya.

    Adegan yang paling diinget itu waktu dilan berantem sama anhar gegara anhar nabok pipi milea. Diriku nangis loh kak pin pas adegan itu. Wkwkwkwk. nangis terharu krn ada laki yang sampe sebegitunya ama perempuan. Ya Allah, seneng banget dah jadi milea, ada yang ngelindungin sampe rela bonyok bonyok.

    ReplyDelete
  2. Bukunya rekomen sih kapina, jauh hari sebelum ada berita ini cerita mau jadi pilem, si bokin minta beliin dan doi seneng beudz dibeliin buku 3biji, langsung ditamatin tuh buku tiga biji semalem doang.
    Hmmm baiqla, kemudian dia minta nonton pilemnya, kemudian ga jadi karena alasan hemat mau nabung buat meniqah, bingung jadinya. Perempuan memang makhluk yang kompleks, pilem Dilan 1990 aja ngga sekompleks itu.

    ReplyDelete
  3. bener ya film si dilan kena banget hhee

    ReplyDelete
  4. Kalau baca bukunya, Mpok. Beuuuh... lebih baper. Bahkan gue belum nonton filmnya. Tapi gue cuma baca bukunya sampe yg kedua. Yang ketiga emoh, bikos... gitu deh. Buku kedua aja bikin gue bete. Wkwkwk. Bukan apa-apa sih Mpok, cuma mematahkan hati gue aja -_-

    ReplyDelete
  5. Bagusan bukunya daripada filmnya, Vin. Tapi tetep, film ini adalah salah satu film Indonesia terbaik (dan salah satu film hasil adaptasi novel terbaik) yang pernah gua tonton. Salut sama sinematografi Indonesia, udah maju pesat beberapa tahun terakhir ini. Oh, di Jakarta kurang rame ya penontonnya? Kalo di Bandung sini, hampir setiap show selalu full booked. Maklum, cerita Dilan kan settingnya di Bandung, jadi ya remaja Bandung mungkin lebih kena bapernya sewaktu nonton film ini. Soalnya jalanannya, suasananya, bahasa Sunda nya...wihhhh Bandung banget. Malah ada adegan yang syutingnya di deket rumah gua pula lho hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suasananye macem daerah menteng lama koko, masih banyak rumah jadul.

      waddduhh kalo gue ke bandung, ajak gue yak pepotoan di tmpt syuting dilan!

      Delete
  6. Dan smpe skarang target pnonton filmnya Dilan 7 juta penonton, bakalan ngalahin warkop DKI nih kyaknya.

    Ngeliat antusiasme fans fanatik pembaca bukunya Dilan yg nonton filmnya bahkan sampe 3-5x. Dan kebanyakan yg suka cwek2 sekolah sampe emak2 kyak Mpok ini.

    Sya sih, sbagai laki2 yg nonton lumayan menikmati. Cman kalo mau sampe baperan, yg timbul mlah rasa iri hati. Sosok dilan rasa2nya terlalu sempurna. Kesempurnaannya itu mlah buat saya yakin akan ke-fiksi-an nya.

    Tpi untuk menghibur, film ini keren sih. Kalo smpe pengen niru2in gaya dilan, kyaknya ngga dlu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan meniru. jadilah diri sendiri bro!

      salut buat cowo2 yang mau nongton pelem dilan!

      Delete
  7. Kak pin itu Nandan bukan sih namanya bukan Adnan? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks untuk koreksinyaaaa, udin diedit yes

      Delete
  8. Gue sebenarnya ga pengen nonton, tapi berhubung pacar yang ngajakin ya udah deh. Sekalian penasaran sama akting si Iqbal. Bukunya belum pernah baca karna emang ga tertarik sama kisah cinta-cintaan romantis. Dan...., setelah nonton, yang awalnya lebih yakin Si Dolken yang pantas meranin Dilan rupanya salah besar. Muka songong si Iqbal kena banget sama karakternya. Salut. Gombalannya lebay sederhana khas,apa adanya. keren. Kalo diingat-ingat filmnya bikin senyum-senyum sendiri sih. Cuma sayang pas liat cuplikan filmnya kirain bakal banyak adegan tawuran atau berantem, rupanya cuma nyempil dikit doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juge tadinye kaga pengen nongton tp ternyate menghibur bgt huhu. wadawww si bro demennye yg ada berantem2nye yeee

      Delete
  9. ahhh terlepas dari cerita dilan, aku malah senyum-senyum karena baca repiuuuwnya kak pina. Yakin ini baru sekali review film? Kok sukaaaa. Bikin aku pengen nonton dilan, setelah aku males karena underestimate duluan <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iihhhh cocuit beneyy sis. maaciw yakkk. kuy nongton!

      Delete
  10. Udah nonton, bagus kok 7,6/10. Saya boro-boro kaya gitu, bilang hai aja, udah kabur duluan ceweknya. Hahaha.

    Tapi pesan moralnya, hormati guru sayangi teman, itulah tandanya kau murid surapto. SURAPT0!!! INI KAN GAYA KAMU? BEGITU? DEMI T****

    ReplyDelete
  11. sebagai yg udah baca ketiga bukunya lebih dr sekali jauh sebelum rencana film ini keluar, sebenernya ga jauh2 dr ekspektasi sih. but lebih greget baca novelnya ketimbang nontonnya. coba deh !!

    ReplyDelete
  12. lebih menghibur review-nya mpok daripada filmnya :D

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*