Teruntuk Selebgram Terkasih

selebgram
Uangmu sungguh banyak, wahai selebgram...
Teruntuk Selebgram Terkasih...

Gue bangga banget dengan hasil jerih payah kalian demi bisa mendapatkan banyak pengikut. Cukup diacungi jempol jika kalian bisa memiliki banyak pengikut karena karya yang memumpuni. Atau konten yang begitu menghibur, yang bikin beban hidup ini terasa enteng banget.

Cukup diacungi jempol jika kalian mendapatkan pengikut dengan modal keberanian. Karena gue tau, bahwa kagak semua orang memilih untuk menjadi pemberani. Walau dapat dikatakan, gue pribadi kadang merasa kecewa jika keberanian kalian terlalu kagak berfaedah. Misal, pamer kemesraan tanpa batas (cukup diketahui berdua beb, jangan dipamerin, norak). Atau berani ngomong kotor. Janganlah terlalu mendewakan kata pepatah iklan : Berani kotor itu baik. Karena terkadang yang kotor tuh kagak baik, beb.

Ada rasa yang begitu kecewa, lebih kecewa lebih tepatnye, dibandingkan dengan kekecewaan gue terhadap konten yang sebelomnye disebutin.

Yakni... dengan tanggung jawab kalian, wahai Selebgram, dalam mendidik pengikut, dalam bentuk promosi barang dan jasa yang kalian lakukan di media sosial.

IKLAN PELANGSING. Gue bingung dengan kalian, wahai selebgram, yang bilangnye sih feminis, tapi kenape kagak coba mendidik pengikut untuk mencintai badan mereka sendiri?

Beb, kalo bisa nih, janganlah jadi orang bodoh di jaman sekarang. Janganlah terbius iklan dan budaya yang bilang bahwa perempuan langsing dan putih itu sebuah kewajiban yang harus dimiliki setiap perempuan. Jangan bilang itu adalah SIMBOL KECANTIKAN!

Beb, gue tau kalo sebaeknye badan kagak obesitas, biar kagak kena penyakit serius. Tapi bukan berarti kalian bisa promoin iklan pelangsing dengan kata-kata bahwa cantik itu kurus!

Beb, coba deh didik para pengikut, untuk hidup sehat. Bilang ke mereka, kalo mau punye badan ideal (bukan kurus kerempeng kayak kalian, tapi IDEAL, sesuai dengan tinggi badan), makanlah sesuai porsi dan gizi yang memumpuni. Suruh mereka olahraga teratur, karena ini penting demi jiwa dan raga. Dibandingkan dengan menyuruh mereka HANYA minum obat pelangsing, yang mane tau-tau belom ada ijin edar dan ada efek samping mengerikan pada jangka panjang nanti.

Bilang kepada mereka, bahwa memiliki tubuh ideal bukanlah demi kecantikan, namun untuk kesehatan. Jangan takut jika nanti kembali gendut, bilang ke mereka, beri motivasi ke mereka, untuk kembali mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Wahai para Selebgram, terutama yang mengaku feminis, sudahkah kalian sadar?

IKLAN PEMUTIH DAN SKINCARE KW. Beb, nasehatilah para pengikut kalian, untuk bangga memiliki warna kulit apapun. Jangan takut memiliki kulit hitam, bahkan belang-belang sekalipun. Bilang, bahwa cantik kagak wajib BERKULIT PUTIH. Cantik itu BERSIH, jadi nasehati ke mereka untuk rajin rawat wajah, bukan memutihkan wajah!

selebgram

Beb, tolong juge nih, jangan promoin obat pemutih dan skincare abal-abal, tolong cek satu persatu online shop, carilah yang terpercaya! Tolonglah, jangan menjerumuskan pengikut!

selebgram

IKLAN BEHEL MURAH. Untuk kesehatan, jangan pernah coba-coba untuk mengobati sesuatu bukan kepada DOKTER. Percaye ame tukang/ahli gigi? Jelas salah, dan yang tololnye jika kalian, wahai Selebgram, tega mempromosikan layanan  kesehatan yang ilegal.

Emang mau pengikutnye jadi korban? Ayolah bersimpati, coba cek @korbantukanggigi, mungkin mereka jadi korban akibat promosi kalian, wahai Selebgram!

selebgram

IKLAN PENINGGI BADAN. Hmm, coba deh didik ke pengikut, bahwa minum obat peninggi badan itu kagak bisa bikin badan beneran jadi tinggi dalam waktu sekejap. NO WAY! Karena untuk menambah diri badan, ada banyak faktor juge coy. KAGAK CUKUP 3 HARI, SEMINGGU ATAU SEBULAN SEPERTI YANG KALIAN PROMOIN, WAHAI SELEBGRAM!
Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Tapi tidak menutup kemungkinan tinggi badan tersebut dapat bertambah meskipun tidak terlalu banyak - KlikDokter (Sumber)
Mau sebanyak dan sesering apepun minum obat peninggi badan, kalo emang asupan makanan kagak mencukupi dan takdir genetik yang kagak bisa ditebas, piye toh?  Belom lagi kudu banyak olahraga untuk menstimulasi tulang kaki, seperti atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis.

Wahai para Selebgram, apakah kalian udindang cukup mengerti akan hal ini?

IKLAN PIL KEPERAWANAN. Wah, serius nih, hanya dengan minum pil keperawanan bisa jadi perawan lagi? Beb, emang kenape sih dengan selaput dara? Jangan terlalu takut jika selaput dara sobek walau belom pernah ngeseks, karena emang bisa robek tanpa diketahui, akibat jatoh dari sepeda, misalnye.

Jangan takut kalo pas malem pertama kagak ada darah, karena emang kagak semua berdarah.

Lagian kalo mau mengembalikan bentuk selaput dara, yang ada harus operasi kayak Dewi Persik. Lagian juge nih, keperawanan itu bukan dari selaput dara, tapi kejujuran!

Wahai kalian para Selebgram, tolonglah, jangan membodohi pengikut kalian!

IKLAN PERMEN PERANGSANG. Wow, gue terkejut melihat kalian yang memiliki pengikut abege, berani banget deh mempromosikan permen perangsang. Kenape sih kagak peduli banget dengan dampaknye gitu? Kagak takut disalahgunakan ape ye oleh pengikut piyik itu?

selebgram

Wahai para Selebgram, ayolah, pikir ulang lagi!

IKLAN JUDI. Dosa bosque, ilegal pula. Tau kagak nih, dilansir dari Hukum Online, segala jenis muatan atau konten yang mengandung unsur perjudian baik langsung maupun tidak langsung merupakan perbuatan yang dilarang berdasarkan Pasal 27 ayat (2) UU ITE. Ancaman dari pelanggaran Pasal 27 ayat (2) UU ITE tersebut adalah pidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar (Pasal 45 ayat [1] UU ITE).

Wahai Selebgram, sudahkah kalian melek hukum sedikit, terutama akan hal ini?

IKLAN BISNIS. Kalian bilang, kalo pengikut ikut bisnis dari akun tersebut, bisa dapet duit banyak. Tapi pas dicek, akun tersebut kagak jelas, isinye cuman skrinsutan testimonial, yang bisa aje dibuat-buat. Tolonglah, jangan ngasi jaminan ke pengikut bahwa bisnis tersebut bisa dipercaya. Kalo mau dapet duit banyak, ya jualan yang jelas-jelas aje, atau kerja halal ape kek, tolonglah bilangin kayak gitu.

Wahai Selebgram, janganlah mengaku-aku kalian sukses karena mengikuti bisnis tersebut. Jujurlah, bahwa kalian sukses, karena .... #isisendiri.

--

Wahai Selebgram, tolonglah pilah-pilih saat menerima kerjasama. Demi kebaikan personal branding kalian, kenyamanan dan keamanan pengikut, serta kepercayaan kami-kami ini.

Jangan pertaruhkan keberanian kalian untuk mempromosikan hal-hal yang sepatunye salah dan ilegal. Kami mohon, wahai para Selebram dimane pun kalian berada....


irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
7 Comments

7 comments:

  1. selebgramnya sendiri juga gak berani nyoba barangnya, mana mau mereka nyobain obat abal2. Kalo beneran ada pil perawan gue kasih nenek gue dah 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha benerrr, boong tuh kalo mereka bilang "aku suka ini" "aku rekomen ini"

      Delete
  2. Tulisan ini harus sampai ke semua selebgram, Mpok:( aku kira cuma aku doang yg geregetan masalah ginian:(

    ReplyDelete
  3. dan parahnya, gak cek dulu itu olshop terpercaya apa enggak, gw follow ig nya haters si anya, pada ngeluh barangnya ga sampe sampe, nipu gitu lah. kan kalo dia selegram mah, rang orang terlebih fans nya pasti pen beli yang dia promoin, kadang masih anak sekolahan, udah ditipu ratusan ribu kan kasian juga mpok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kasian yak, bener banget tuh. jadi influencer gede harusnye tanggungjawabnye gede dong :(

      Delete
  4. Mpooook ini menyuarakan isi hatiku banget deh! Salah satu beauty vlogger yang menurutku kece dan kelakuannya gak macem-macem ada yang begini coba. Syedih :(
    Inisialnya NA, masih kiyutt kayak aku gitu lah :v

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*