Jenis Konten Youtube yang Gampang Untuk Pemula

Pengen dong jadi Youtuber terkenal kayak Atta Halilintar? Nyok baca tulisan gue berikut ini!
Jadi ada salah satu temen yang masukin gue ke beberape grup yang berkaitan dengan Youtube. Terus gue sering banget ngeliat pertanyaan di grup semacem, "Gue gak bisa nge-game, jadi gue kudu bikin konten kayak gimane?" "Gue bingung mau bikin konten apaan nih, biar cepet sukses kudu gimane nih?"

Beruntung gue udeh jadi BLOGGER SELAMA 8 TAHUN, plus gue demen ngeliat kejadian sosial yang ada dan riset tentang gaya konten kebanyakan blogger bahkan Youtuber jaman sekarang tuh kayak gimane. Sehingga gue merasa, soal konten, maupun untuk blog dan juge Youtube, ya gampang-gampang aje gitu. Kagak heran juge karena gue pernah jadi bagian dari multinasional advertising agency untuk ngurusin konten serta tetek bengeknye. Karena konten, udeh jadi makanan sehari-hari gue. Karena gue suka juge sih mengamati, sehingga banyak tau, sehingga bisa punye banyak referensi.

Baca Juge : Mulai Menjadi Youtuber 

Kesiannye tuh kalo ada orang, entah ntu mereka pemula sebagai Blogger atau Youtuber, terus mereka tuh kagak coba untuk meriset. At least, Googling or joining Youtube Academy via online and free!

Mereka, sebagai calon kreator, tentu kudu banyak inisiatif untuk riset. Lalu verifikasi, hingga evaluasi. Sehingga konten yang dibuat semakin lama semakin bagus dan bermutu. Subscribers pasti perlahan bakal nambah tanpa kalian ngemis-ngemis.

Yah, karena para calon kreator handal tersebut kebanyakan pengen 'disuapin', mau kagak mau gue harus memberi arahan kepada mereka soal Jenis Konten Youtube yang Gampang Untuk Pemula (ini dapat berlaku juge untuk Blogger kok, jadi kalo kalian lagi mandet, silakan bace tulisan ini lebih lanjut).

1. Storytelling (Bercerita)

Kalo menurut gue sih, ini yang paling gampang banget. Bahkan bisa aje cepet naek, cuy. Lagi pula, kan setiap orang punye cerite serunye masing-masing, jadi ape salahnye untuk berbagi melalui video Youtube?

Untuk cara edit pun cukup sederhana aje, karena kontennye kan lebih mengutamakan CERITA. Paling cuman potong sono potong sini doang. Kalo kreatif, tinggal dikasi backsound yang cocok, sound effect yang dapat mendukung si konten, grading dikit, dll.


Ape aje sih yang bisa kalian bikin melalui storytelling?
  1. Paranomal Experience alias Cerita Horor
  2. Kisah Asmara di Sekolah
  3. Cerita Soal Profesi Beserta Kiat Suksesnye
  4. Kehidupan Kalian di Kota Atau Negara Rantau (kalo kalian lagi tinggal di luar negeri, bisa jadi nilai LEBIH!)
  5. Kisah Saat Udeh Berumahtangga dan Berkeluarga
  6. dll, silakan kembangkan sendiri
Kalo bisa dan memungkinkan, bikinlah poin-poin ape aje yang setidaknye inspiratif buat penonton. Misal, kalian tinggal di Jerman, nah kasi tuh informasi mengenai cara gebet cewe di Jerman kayak gimane. Atau kasi tau do's and dont's ngobrol bareng kayak orang Jerman, biar kagak ada drama.

2. Video React

Wah, ini sih gampang banget. Tinggal cek video ape yang lagi viral, tinggal lo react dengan lebay di depan kamera, selesai!

Yang paling susah sih, kalo misalnye lo kalem dan kagak bisa heboh, kayanye bakal lebih susah dapetin banyak views. Jadi, sebisa mungkin, jadilah orang yang heboh, ngomonglah yang keras nan berisik kayak Atta Halilintar, dijamin bakal mengundang audiens!

Hanya aje, menurut gue agak sampah banget sih bikin video berisi reaksi kite doang, ape lagi kalo sok-sok heboh gitu, belom lagi kalo jatohnye malah cringe.

Kalo bisa, coba bikin video react, tapi dibikin beda. Contohnye kayak ini.



Iye, coba subjek yang mereaksi videonye diganti, bukan kalian, tapi orang yang kagak disangka-sangka. Mantan pacar kek, tetangga kek, arwah sape kek, dll.

3. Roasting Influencers

Caper ke influencers yang ada, emang bisa banget bikin konten kite mendapatkan perhatian lebih dari banyak orang, guys! (Kalo kenotis, sih).

Salah satu cara capernye, ya tinggal kalian roasting atau kata-katain aje influencers.

Hanya aje, cara ini menurut gue kagak bikin jadi diri kalian menjadi lebih baek, karena bisanye cuma ngata-ngatain. Jangan harap aje bisa diajak kerja sama dengan brand ternama. Mentok-mentok paling dibayar ame iklan pembesar penis atau pil pemutih. Bagus kalo diendorse kaos olshop.



4. Pamer

Pamer pun ada macem-macem. Dan kagak semua pamer mengindikasikan negatif.

Kalo merasa jago di pelajaran atau mata kuliah tertentu, silakan diperlihatkan.

Misal, kalian jago bikin puisi, silakan berpuisi ria di Youtube. Jago maen suling, gih cover lagu-lagu yang lagi ngehits sekarang. Jago di matkul videografi, gih kasi tutorial-tutorial. Jago di bidang olahraga, ya kasilah tips dan triknye, jago Bahasa Inggris yaa tinggal berbagi ke penonton biar mereka pada jago kayak kalian, dll.

Salah satu Youtuber yang sukses mendapatkan perhatian karena doi jago Bahasa Inggris beraksen British ini mungkin bisa menjadi inspirasi kalian para Youtuber pemula.


Merasa kaya? Pamer deh tuh rumah kalian melalui program Room Tour, tas branded, peralatan make up, hot toys, gadget (bisa dibikin macem unboxing dan review), dan lifestyle yang hedon.

Merasa jago ngurusin rumah tangga dan anak? Pamerin aje kiat-kiat bikin interior rumah atau pamer anak lagi belajar renang, berdialog, nyebutin nama-nama hewan, dll. Kayak gini:



Gue rasa sih, kagak mungkin banget jika ada seorang manusia yang kagak jago di satu bidang tertentu. Barangkali karena kurang peka ame diri sendiri aje, gitu.

5. Ghibah

Coba cek di socmed dan Youtube, lagi ada drama ape aje sih? Obrolin dong di kanal Youtube kalian, macem si Youtuber Kepo. Biar makin menjiwai, follow dong semua akun haters dan akun gosip di Instagram, itung-itung bisa jadi referensi.

Walau begitu, kagak enaknye bikin konten ghibah yakni : pastinye dosa, berasa kurang kerjaan, terlihat kurang kreatif, gampang dihujat netizen, dll.

Atau, bisa juge bikin konten kayak Eno Bening, yang ngomongin tentang fenomena-fenomena yang lagi kekinian tapi tetep ada didikannye.



Ada beberape hal yang suka dilupakan oleh para Youtuber atau content creator, yakni : Belajar Untuk Konsisten dan Belajar Melatih Kekreativitasan Sendiri. Padahal ini kunci menuju kesuksesan.

Bijimane nih kalo peralatannye belom pro? Belom lagi permasalahan internet di rumah yang kaga kenceng?

Bersyukurlah untuk kalian yang gede di jaman sekarang. Karena pasti hape kalian udeh pada bagus-bagus, kagak kayak jaman gue dulu cuman 3GP.

Kalo internet di rumah kagak kenceng, coba deh keluar, cari coffeeshop atau minimarket yang menyediakan wifi gratis. Udeh banyak juge kan sekarang coffeeshop yang berlipat-lipat lebih murah dari Starbucks, misalnye, gue suka banget nongki di coffeeshop Kopi Gawe di bilangan kampus Binus Anggrek. Wifi kenceng, modalnye cuman beli kopi 18 ribuan. Bisa sepuasnye. (BTW INI BUKAN PROMOSI YAK).

Udeh banyak juge brand-brand yang menyediakan wifi gratis di berbagai spot. Di lobby mall, kedai sederhana, rumah makan, halte bis, dll. Coba deh dimanfaatkan sebaek mungkin.

Kagak mau ribet cari wifi? Ngesotlah ke warnet terdeket! Bayar warnet paling berape cuy.

Mau melatih kreativitas demi konten Youtube? Coba bikin konten seperti :

1. Nyanyi atau Bermain Alat Musik
2. Gaming
3. Masak-memasak
4. Tutorial Make Up, Merakit Otomotif,
5. Percobaan Sains Sederhana
6. Parodi
7. Jalan-jalan

Karena emang lebih greget dan disukai lebih banyak orang!

Segitu aje cuy pandangan serta hasil riset gue selama menikmati dunia Youtube di Indonesia. Buat yang mau liat konten-konten Youtube orisinil dari gue, silakan tonton di kanal IRVINALIONI ALIAS MPOK PINA. Subscribe yak!







irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
1 Comments

1 comment:

  1. Bener banget Mpok, emang paling susah tuh konsisten padahal itu adalah KOENTJI :|

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*