Mulai Menjadi Youtuber

youtuber
Tersenyum karena akhirnye bisa jadi Youtuber!
Mulai pada bulan Juli 2018, gue memberanikan diri untuk konsisten memvisualisasikan konten blog gue untuk platform Youtube, melalui kanal Youtuber gue terbaru yakni IRVINALIONI ALIAS MPOK PINA.

Sebenernye sih gue udeh punye 2 kanal Youtube, tapi karena isinye gaje, ada banyak banget pula (males ngapus-ngapusin!), plus gue butuh branding-an baru, sehingga gue bikin kanal terbaru. Ada juge sih alesan gue laennye, yang kagak bisa gue sebutkan satu persatu.

Apakah alesan gue menjadi Youtuber karena ingin ngehits dan kaya? Hmmm, ijinkanlah gue untuk memberikan alesan-alesannye, guys.

1. Sejak tahun 2012 gue udeh kepengen banget jadi Youtuber, tapi sayangnye alat-alat yang gue punye masih terbatas. Lingkungan pun kurang mendukung, karena gue masih tinggal di deket pinggiran rel, kan kagak lucu tuh pas lagi ngerekam eh ada bunyi kereta. Depan rumah gue juge jalan raya, banyak kendaraan dan odong-odong yang lewat, bener-bener ganggu banget.

Belom lagi, dulu tuh kecepetan wifi kagak segesit wifi jaman sekarang. Lemot parah buat mengunggah video, huhu. Kamera hape juge belom sejernih yang sekarang. Jadi, yang gue lakukan adalah, bersabar hingga waktu yang tepat. Sambil menunggu, gue bikin konten-konten di blog ini, memperbanyak temen, fokus kuliah, dll.

2. Di penghujung tahun 2013 hingga akhir 2017, gue mulai bekerja di agensi periklanan asing di Jakarta. Karena bidang yang gue kerjain berhubungan dengan dunia digital, sehingga gue mendapatkan banyak insight soal pengguna internet, pengguna media sosial, termasuk pengguna Youtube. Pada tahun 2013, gue melihat dunia Youtube di Indonesia mulai maju. Beberape blogger yang gue tau mulai jadi Youtuber, dengan konten yang.... kebanyakan receh. Gapape juge sih, namanye juge baru-baru, ye gak.

Gue sempet mau mulai nge-Youtube, tapi kerjaan gue sebagai anak ahenxi (aka agensi) sering banget overload. Jobdesk yang dikasi bos bener-bener wow banget akibat kekurangan orang. Salah satu kerjaan gue yakni mencari Youtuber yang cocok diajak kerja sama dengan brand ternama yang gue pegang. Sehingga mau kagak mau, ya gue cukup sering mantengin konten-konten di Youtube. Bahkan mantengin kelakuan si Youtuber di media sosial, sampe drama-dramanye. Kalo kalian temenan gue di media sosial, pasti seringlah ngeliat ocehan gue soal drama tersebut.

Karena cukup sering ikut seminar dari kantor, gue jadi tau seperti ape sih dunia Youtube ditinjau dari para kreator hingga pihak Youtube sendiri. Misalnye, dikasi insight pade tahun sekian, video Youtube dengan views terbanyak di Indonesia tuh si Anu, lalu dikasi tau bahwa Youtube adalah search engine kedua  setelah Google. Pokonye banyak deh ilmu yang gue dapetin.

3. Mencoba untuk tumbuh dan berkembang menjadi yang kekinian bersama temen pembaca blog ini. Bukan ape-ape, karena gue tau temen pembaca di mari kan pasti sering nonton video Youtube. Malah mungkin, kalian lebih sering nonton video ketimbang blog orang, iye kagak sih?

Nah, biar pembaca-pembaca di blog gue ini kagak berkurang-kurang amat, jadi mau kagak mau, ya gue harus menyesuaikan lifestyle mereka itu. Gue memanjakan para pembaca untuk bisa menikmati konten-konten gue di blog plus bisa melihat versi videonye, jikalau emang lagi males baca.

Tapi emang, hingga saat ini, gue merasa lebih luwes nulis ketimbang ngomong di dalem video. WKWKWK, jadi sebenernye ya kadang-kadang gue menjadi diri sendiri banget ketika nulis di blog ini. Well, masing-masing platform ada plus-minusnye sih pasti.

Dan pas banget, sekarang gue udeh kagak kerja di ahenxi. Lingkungan udeh cukup mendukung. Peralatan yang dibutuhkan pun cukup banget lah, walau belom pro. Jadi, kagak ada kata TIDAK sih untuk mulai mencoba berkarya atau unjuk diri di platform baru.

4. Menguji kreativitas diri. Kalo melalui blog kan, gue menguji cara gue menulis semenarik mungkin, mendesain template sesederhana dan seenak mungkin, nah kalo bikin video Youtube tuh, gue merasa lebih tertantang untuk menggali kreativitas diri. Mulai dari cara berbicara (walau belom seasik Atta Halilintar), editing (walau cuman pake iMovie), bikin cover kece, cara berpromosi, riset, dll.

Soal duit, pastinye gue anggep ntu cuman bonus. Macem ngeblog aje, lha wong di sini aje belom ada adsense dan masih jarang ditemukan tulisan berbayar, coba aje cek. NGEHITS DADAKAN? Ntu juge cuman bonus, bos, lagian sampe sekarang gue kagak jadi selebgram dan nerima endorse tuh di media sosial. DUIT DAN POPULARITAS cuman bonus. Yang penting adalah, gue mengikuti keinginan untuk bebas mengaktualisasi diri aje. Toh, suami gue mendukung. Pas banget lagi ada banyak waktu kosong di rumah, belom jadi ibu-ibu pula, sehingga gue mencoba untuk bener-bener memanfaatkan waktu banget.

KAGAK ADA KATA TELAT UNTUK MENCOBA APAPUN ITU, bagi gue, sepanjang ntu positif, hayok aje dicoba! Ape lagi yang berhubungan untuk aktualisasi diri pribadi.

Lagian pula, gue melihat bahwa ada banyak banget konten berfaedah di blog ini yang kudu divisualisasikan. Biar makin luas diketahui masyarakat. Biar masyarakat bisa terdidik, sekaligus menghibur dengan cara yang kagak seperti para klikbet nan maha unfaedah di Youtube.

Emang sih menjadi klikbet kadang bisa menjadi kunci untuk mendapatkan perhatian lebih, tapi se-klikbet-klikbet-nye gue, ya konten yang gue bikin agak informatif dikit, laaah.

Berikut adalah konten-konten Youtube yang gue bikin hingga pertengahan bulan Juli 2018.




Sekian curcolan gue kali ini. Adapun tulisan ini gue buat untuk berjaga-jaga jikalau ada netizen yang kepo kepengen tau kenape akhir-akhir ini gue juge sering banget promo Youtube di media sosial.

TAPI MPOK PINA AKAN TETEP NULIS BLOG, KAN? Oh, tentu, karena jiwa gue emang sukanye nulis ketimbang bikin video, hehe. Setiap minggunye, atau selambat-lambatnye setiap 2 minggu, bakal ada tulisan terbaru di blog ini, yang sebisa mungkin berfaedah buat kalian semua.

Terima kasih udeh baca ini yak. Ada pertanyaan? Silakan tulis di kolom komen bawah.




irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
3 Comments

3 comments:

  1. Yo, semangat berkarya di yutub Mpok!

    ReplyDelete
  2. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*