Jungkir Balik Kehidupan Awkarin

awkarin seksi

Tahun 2016 adalah momen dimane Karin Novilda atau yang biasa dipanggil Awkarin, menjadi salah satu orang yang selalu menjadi perbincangan di dunia maya dan dunia nyata. Berawal dari video nangis Awkarin pasca putus dengan Gaga, terkuaknye gaya pacaran Awkarin-Gaga yang super bebas hingga dipanggil ame KPAI bareng Anya Geraldine-Okky, kolaborasi lagu Bad bersama Young Lex, momen naek kuda dengan tutupan kepala ala Kang Villa beserta shading tetek di video lagu Badass, pelecehan lagu Indonesia Raya (yang kata belakang dalem liriknye diganti dengan kata KONT*L), dramatisasi meninggalnye mantan Awkarin bernama Oka yang banyak menduga almarhum meninggal akibat ulah Awkarin, hingga kontroversi barang-barang endorse Awkarin yang kagak aman, semisal suntik putih yang bisa dipake sendiri oleh masyarakat tanpa pengawasan dokter.

awkarin seksi
Bagi orang kebanyakan, Awkarin selalu identik dan diledek dengan cewek berkuda.

Setidaknye kontroversi Awkarin seperti ntu yang gue hafal dan perhatikan, sejak gue meneliti kehidupan Awkarin di tahun 2016 hingga sekarang.

Sedari dulu, Awkarin selalu menjadi objek tulisan gue di blog ini. Dan sedari dulu pula, gue berencana untuk mengangkat sosok Awkarin menjadi salah satu tulisan khusus. Karena kalo boleh jujur, hanya Awkarin lah sosok selebgram yang sangat menarik.

Ape sih yang bikin menarik dari Awkarin? Wong Awkarin ntu DRAMA QUEEN, hiiiyy!
awkarin seksi
Konon ini body goals kebanyakan cewe....

Bagi orang laen, yang mungkin kagak banyak memperhatikan kehidupan selebgram atau influencer di dunia maya, barangkali sosok Awkarin tuh kagak ada bagus-bagusnye. Bagi gue yang mengulik Awkarin hingga gue mengikuti akun @awkarinupdate berisi kehidupan Awkarin dan sekelilingnye, @awkarin.wearing berisi brand baju yang dipake Awkarin beserta harganye, hingga akun-akun haters Awkarin yang buaaanyaaakkk gila di Instagram namun belakangan udeh kagak pade aktif lagi, gue merasa bahwa Awkarin ini pokonye selebgram paling beda, deh!!!

Makin penasaran dong kenape gue tertarik dengan Awkarin?

awkarin seksi
Penasaran pengen tau Awkarin lebih lanjut? Kalo kagak penasaran, bakal dikasi uler nih!

Sebelom gue kasi tau ape aje perubahan Awkarin, kalian kudu tau dulu nih fakta menarik seputar Awkarin (setidaknye menarik buat gue sih hahaha).

1. Keluarga besarnye kebanyakan dokter. Kedua orangtua Awkarin dokter (Bokap spesialis mata, Nyokap spesialis gigi) dan adeknya yang masih SMA ntu kepengen jadi dokter atau bidan. Hanya Awkarin yang ingin menjadi pebisnis di dalem keluarganye.

2. Pacar Awkarin, Alfi, adalah anak kedua dari empat bersaudara, dan dikenal sebagai anak dari wakil ketua MPR RI periode 2014-2019, Mahyudin.

alfi pacar awkarin
Alfi, pacar Awkarin, bersama adek dan bapaknye.

3. Awkarin sempet tinggal di apartemen Season City deket rumah gue dulu (tapi kagak pernah ketemu wkwk), ITC Permata Hijau (deket kantor gue dulu), dan sekarang tinggal di sebuah rumah besar di bilangan Pondok Indah (jangan tanye alamatnye ye, gue kagak tau suer).

4. Awkarin demen banget warna-warniin buku. Nulis-nulis di buku, tentang ape yang kudu dikerjain, pemasukan-pengeluaran, dll. Tulisan tangannye bagus banget, loh.

awkarin jadul
Awkarin sebelom jadi anak nakal

5. Awkarin demen banget ame yang namanye TEH KOTAK! Kemane pun doi pergi, pasti ada aje penggemar yang ngasi Teh Kotak banyak bener. Sampe Awkarin bilang, "Kalian nih pengen gue diabetes, ye?" Tapi diminum juge tuh semuanye wkwk.

awkarin suka teh kotak

6. Tempat nongkrong Awkarin : sekitaran Senopati dan Kemang! Yang selalu gue inget, Awkarin sering nongkrong di Baxter, Fable, Monopoli, ya pokonye yang tempatnye ada live music atau lagu-lagu hip hop. Dari Awkarin lah gue jadi tau nama-nama tempat dugem ngehits, walau sejauh ini gue kagak pernah ke situ sih. Kurang suka dugem, dan kalo pun dugem paling yang deket-deket rumah aje.

Sedangkan tempat belanja Awkarin, biasanye ada di sekitaran Senayan City dan Plaza Senayan (sesekali di Grand Indonesia). Brand baju yang sering dibeli adalah Zara, Pull & Bear, Bershka, Stradivarius, Forever 21, H&M, sedangkan tas branded biasanye Gucci. Kalo mau tau lebih jelas bisa cek ke @awkarin.wearing atau pantengin Instagram Story Awkarin karena doi kerap unboxing belanjaannye.

awkarin fashion
Follow aje @awkarin.wearing untuk mengetahui sumber info baju Awkarin.

7. Awkarin demen banget makan di Ramen 38 Sanpachi yang terletak di Melawai. Abis dugem, ke Sanpachi. Dari mane, ke Sanpachi. Seenak ntu kah, kagak tau gue! Jadi penasaran kepengen nyobain. Kalian udeh pernah nyobain?

8. Kesayangannye Awkarin : Sarah Gibson (cewe yang nemenin Awkarin di video nangis-nangisin si Gaga, dan masih kuliah di UI), Shannon (temen sekaligus salah satu talent di manajemennye yang masih berstatus anak UI), dan Erika Carlina (model dan pemain film). Dua tahun lalu sih, sobatannye ame Anya Geraldine dan Syaima. Kalo ame Anya, kayaknye belom baikan gegara ada satu drama. Ame Syaima juge sempet ada drama tapi akhirnye baikan. Banyak sih temen-temen Awkarin yang dulu dimusuhin namun akhirnye ditemenin lagi, walau terlihat kalo Awkarinnye mulai pilah-pilih mane aje yang kudu dijadiin temen beneran.

awkarin erika
Awkarin dan Erika.

9. Awkarin bikin A-Team Management pada 12 Agustus 2017. Sekarang udeh lebih dari 10 talent yang dimiliki. Isinye juge macem-macem, ada talent yang secara fisik kebule-bulean, berkulit hitam, berhijab, ibu-ibu beranak satu, yang kurus hingga sedikit berisi, dll. Selaen manajemen, doi juga ada clothing line @badinfluence dan hijab @hallybyawkarin.

10. Pernah dipanggil KPAI karena video dan foto pacarannye bareng Gaga dianggep vulgar. Masih inget?

awkarin gaga
Awkarin dan Gaga, pasangan paling fenomenal di tahun 2016.
"Aku sudah gak share yang seharusnya memang gak di-share. Aku kalo ditegur, aku akan nyari kenapa sih alasannya dan aku instropeksi diri. Apa yang ditegur KPAI, haters dan media headline, ya jadi teguran yang baik buatku untuk menjadi lebih baik" - Awkarin, saat diwawancara oleh Cania di kanal Youtube Geolive ID.
awkarin oka
Awkarin dan almarhum Oka, mantannye.

Nah itu diye sedikit fakta menarik soal Awkarin. Mau yang lebih menarik? Mau kepoin kenape kini banyak orang bilang Awkarin udeh berubah?

Berikut perubahan baik Awkarin yang gue pantau sejak tahun 2016 hingga sekarang:

1. Tutur kata yang semakin membaik
awkarin seksi
Gaya anak gigs nih!

Buat kalian yang cuman tau Awkarin, si selebgram yang suka ngomong kasar, gue harap kalian sedikit bisa membuka mata. Bahwasanye nih, Awkarin yang dulu udeh agak berbeda dengan Awkarin yang sekarang. Ngomong kasar cuman sesekali doang, ntu pun jarang banget (arti jarang = dari 100 IG story perhari, yang ngomong agak kasar paling cuma 1-3 kali, lah, awal yang bagus menurut gue). Paling cuman sekadar ngomong 'Anj*ng' saat becanda dengan kawan-kawannye, kagak kayak jaman dulu saat si Awkarin bentar-bentar ngomong 'Kont*l' dan 'Ngent*t' di setiap penghujung kata ucapannye, baik becanda atau perkataan biasa.

Kagak cuman kalian kok yang sebel, gue pun sebel banget dengan Awkarin dulu, yang selalu ngomong kasar. Tapi gue bersyukur, sekarang Awkarin memiliki tutur kata yang bener-bener lebih baaaaiiiikkkkkkk dibandingkan 2 tahun lalu. Percayalah!

2. Daya kreativitas tanpa batas
awkarin seksi
Konsep foto terkeren Awkarin ini sih! Selebgram laen mane ada yang kayak gini!

Awkarin nih suka ada-ada aje tiap berfoto. Kadang warna-warni. Kadang ala-ala jadul di semak-semak. Kadang cewe banget. Kadang kayak rocker. Kadang seksi bener. Kini foto-foto di IG feeds Awkarin selalu berkonsep ala-ala majalah Internasional. Doi juge selalu pake tone yang sama dan konsisten. Pinter banget ngatur-ngatur feeds biar keliatan cakep. Instagram Story-nye pun selalu paling berbeda dengan selebgram laen. Semisal Awkarin udeh pake Story Art, yang laen mah ya biasa aje. Kehidupannye pun selalu terlihat bahagia bersama temen-temen dan tim manajemennye. Hal-hal yang paling gue tunggu dari IG Story Awkarin sih: makanan, ulasan baju dan aksesoris yang baru dibeli / dikasi oleh olshop, tips usaha atau hal lain yang berguna, becandaannye, dll.

Awkarin kagak segan untuk berbagi soal Instagram Feeds. Bisa kalian nongton di link Youtube ini.

3. Jiwa sosial yang tinggi
awkarin palu
Duh pesonamu itu loh, mb....
Awkarin selalu kepengen sukses bersama orang-orang di sekitarnye. Untuk ntu Awkarin bikin manajemen bernama A-Team Management. Pernah juge Awkarin menjenguk penggemarnye yang mengidap kanker, melakukan pengajian di panti asuhan, galang dana, hingga jadi relawan Palu-Donggala. Gile, jarang banget selebgram model gini?

awkarin dan penggemar
Pengen nangis liatnye! Dan penggemarnye yang ini udeh meninggal :(

4. Gaya fashion yang kagak membosankan

Jaman Awkarin di manajemen Takis yang udeh bubar ntu, Awkarin selalu menyuguhkan gayanye yang tomboy dan selalu pake baju item. Make up-nye pun selalu bold, belom lagi filler(*) sono-sini. Sekarang? Wah, Awkarin kagak takut tuh untuk mencoba berbagai gaya fashion!

awkarin seksi
Gaya Awkarin yang paling gue suka.

Soal make up pun, kini Awkarin selalu pake ala-ala natural. Bibirnye tampak alami, kagak lagi pake filler. Kalo soal hidung, entahlah, kayaknye sih oplas, tapi kagak masalah karena bagus-bagus aje gue liatnye. Sekarang Awkarin bener-bener cantik kagak ngebosenin, asli!

(*)Bukan berarti gue kagak membebaskan doi berekspresi, yak.

5. Pecinta keluarga

awkarin keluarga
Awkarin sungkeman pas lebaran.

Tiap akhir pekan, Awkarin selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan keluarganye. Entah sekadar makan bersama di restoran, atau hanya makan masakan nyokapnye di rumah keluarga yang berada di sekitar Cibubur. Pas ke Melbourne, bahkan Awkarin beliin oleh-oleh tas branded untuk sang Mama dan adiknye, Zahra.

6. Pecinta hewan

awkarin seksi
Awkarin dan Shanon yang sama-sama pecinta anjing. 

Awkarin pernah punye anjing kecil bernama Quavo, belakangan anjingnye lagi dipelihara oleh temennye karena suatu hal (agak lupa, monmaap).

Awkarin ini pecinta binatang, kalo ada binatang liar yang kelaperan, pasti kagak segan-segan Awkarin bergegas ngasi makanan. Huhuhu baek bener!!!

7. Bukan tipikal panjat sosial

awkarin shafa
Awkarin sempet bikin K-Talk, talkshow di Youtube channel-nye, yang biasa mengundang tamu yang lagi viral. Di foto ini Awkarin sedang bersama Shafa Harris 'I call your Daddy'

Banyak banget yang suka roasting Awkarin di ranah digital. Tapi kagak semuanye tuh digubris ame Awkarin. Banyak banget Youtuber yang suka berkolaborasi dengan Youtuber senior atau yang lagi viral. Tapi Awkarin kagak pernah tuh berkolaborasi (kecuali ame Lucinta Luna, Salma, dan Shafa Harris, ini doang sih, kalo ame Youtuber kondang kayaknye belom pernah). Gue rasa sih Awkarin kepengen membuktikan bahwa doi bisa kok terkenal tanpa panjat sono-sini, kagak kayak Youtuber Rapper onoh. Eaaa.

Yang ada nih, banyak Youtuber dan selebgram yang suka panjatin doi. Salah satunye adalah seseorang yang pernah gue kenal di dunia nyata~~~ #eaaaa

8. Pekerja keras

awkarin seksi
Awkarin profesional banget!

Soal kerja keras mah, jangan diragukan lah!!!! Mau boker aje sembari bikin paid promote! Gue mau tidur, doi masih photoshot! Gue bangun tidur, doi udeh dandan buat photoshot berikutnye! Anjayyy!!!

9. Setia

awkarin alfi
Awkarin dan Alfi, serasi?

Dibanding selebgram sebelah yang demen banget gonta-ganti pasangan, Awkarin sih gue liat-liat kalo pacaran selalu agak lama. Dan paling lama ame si Alfi ini. Walau banyak dramanye juge sih....

10. Udeh jarang dugem

awkarin seksi mabok
Semoga hal ini kagak terjadi lagi... maksudnye kagak usah diposting lagi ke dunia digital gitu.

Yup, Awkarin udeh jarang dugem. Doi sekarang kebanyakan kerja dan cari hiburan di rumah aje. Cukup dengan nongton pelem-pelem sembari makan indomie...

Terlebih, Awkarin lagi giat-giatnye untuk jadi orang yang hemat, yang cuman mengeluarkan duit perhari sebesar Rp 200.000.

Okesip, duit segitu bisa buat masak 2 minggu kalo gue mah!

11. Awkarin lebih pinter dari selebgram laennye!

Kalo kagak percaye, ya kalian liat aje video Cania bareng Awkarin di Geolive ID ini. Awkarin punye aspirasi soal pendidikan yang luar biasa!!!!



Gimane, kalian setuju kagak dengan Awkarin yang baek kayak gitu?

Namun, masih ada sih hal-hal yang kurang gue sukai dari seorang Awkarin (dahulu-sekarang). Bukan berarti gue membenci, yak. Toh gue kasi masukannye nih buat Awkarin.

1. Masih suka menyelipkan ngomong kasar

Masih inget dengan video snapchat Awkarin berteriak 'Kont*******l' dari dalem mobil bareng 2 temennye? Ini sih paling gue kesel, emang. Walau sekarang, Alhamdulillah, udeh berkurang banget, udeh kagak sering diucapkan.

awkarin seksi
Awkarin saat masih nakal
Tapi sesekali emang masih suka ngomong kasar. Sesederhana kayak :

"Waaah Tracy lagi marah-marah, anji** gue lagi enak-enak di atas disuruh foto endorse." (setengah becanda).

"Ini dia adminku tercinta, Ratu, per*k yang selalu profesional dengan pekerjaannya...."

Ya walaupun becanda, tapi kagak perlu lah kata-kata kurang sopan kayak gitu di-story-in.

Masukan : karena Awkarin ingin menjadi lebih baik lagi, sedang rebranding menjadi Awkarin yang baru (berdasarkan pengakuannye di video Youtube 'I Quit Instagram'), sehingga gue harap kejadian sederhana kayak gini kagak diulangi lagi.

2. Menerima endorse yang kagak sesuai

Gue mengapresiasi Awkarin yang kini kagak mau menerima obat-obatan atau skincare yang belom ada BPOM. Tapi, pegimane dengan endorse bisnis kagak jelas? Barang-barang KW? Behel abal-abal? Sabun pemutih? Skincare yang sebenernye kagak dipake sehari-hari? Awkarin harus belajar dari Tasya Farasya, yang sangat pilah-pilih bareng yang dipromosikan. Awkarin kan besar di lingkungan keluarga dokter, harusnye lebih teliti dan kritis, lah, semisal, "WTF masa sih ada behel 200 ribuan? Coba ah tanye ke emak gue, kan doi dokter gigi! Gue kepo kepengen tau itu aman atau kagak!"

awkarin seksi
Kontradiktif sih, masa Awkarin yang anak dokter gigi mau mempromosikan ini, hufffttt.

Masukan : Menurut gue, Awkarin lebih baek mempromosikan barang-barang fashion sesuai dengan karakternye yang fashionable. Atau brand skincare atau make up yang brandnye jelas. Atau aksesoris handmade lokal yang kudu didukung. Mungkin akan sedikit mengurangi pemasukan, tapi soal duit kan bisa dicari dengan berbagai cara lain lah, yeeee. Dengan followers begitu banyak, mau bikin ape pun pasti laku keras terus. Tinggal pinter-pinter cari peluang aje.

3. Masih suka menceritakan drama di manajemen

drama tracy awkarin
Kenape kagak langsung lapor polisi aje dah.
Dari penggelapan duit yang diambil admin, manajer pribadi, soal talent yang kagak bertanggung-jawab, dll. Dengan perkataan Awkarin yang selalu bilang, "Kantor gue tuh selalu profesional" tentu menjadi kontra saat semua drama dipublikasikan.

Kalo gue pikir-pikir, kagak ada tuh bos-bos gue yang berbagi keluh kesah di medsos semisal, "Duh, klien belom lunasin projek kemaren, nih!" "Wah, ada karyawan gue yang kurang ajar ke klien!" "Wah, tim finance berlaku curang!" dll.

Masukan : Ayolah, Awkarin, kagak cuman postingan mesra dan omongan kotor kok yang kudu diminimalisir. Drama-drama di manajemen pun, mending disimpen aje. Jangan kontras banget dengan kata-kata "Profesional" yang selalu diucapkan, hehe.

4. Masih suka menyerang fisik sesama cewe, padahal Awkarin pernah bilang: "Gue itu feminis"

Gue masih inget nih pas Awkarin bikin tagar sindiran #AntiTahanNapasNapasClub (kalo kagak salah) untuk Anya Geraldine yang kerap kegep suka tahan napas tiap berfoto. Belom lagi Awkarin kerap kali ngatain orang-orang di kantornye dengan sebutan yang mengarah ke body-shaming. Hufftttt. Padahal dulu gue pernah melihat Awkarin ngomong kalo doi Feminis.

Masukan : Feminis sejati kagak akan menyerang perempuan dengan kekurangan fisik yang mereka miliki. Yuk kurang-kurangi meski cuman becanda doang. Satu lagi, feminis sejati kagak bakal mendukung produk pemutih, pelangsing, pil virgin, yang kerap dipromosikan oleh Awkarin. Tolong nih Awkarin, tolong diketahui yak.

5. Masih suka pamer yang sebenernye kagak perlu dipamerin

Semisal gaji dan THR pegawai, skrinsutan percakapan dengan temen-temennye, dll. Gue masih santai kalo doi pamer abis beli baju di mane beserta harganye yang mehong, karena gue mencoba untuk positive thinking, sape tau ada orang butuh referensi barang branded beserta harganye.

Masukan : Dear Awkarin, bos-bos gue kagak pernah loh pamer gaji dan THR pegawainye. Karena ntu kan internal perusahaan. Soal duit pula. Untuk mendapatkan citra sukses, kagak perlu kok sampe pamer begituan. Pamer barang branded dan rumah baru, bagi gue ntu udeh cukup dan bisa jadi motivasi (at least, motivasi buat gue pribadi, lah!)

6. Pernah bikin Meet N Greet yang mahal gelaaa!

meet n greet awkarin
Meet N Greet Awkarin yang super wowwww 
Awkarin mungkin kelewat pinter sehingga memanfaatkan fanbasenye yang gede banget dengan bikin M&G yang super mahal. Iyelah super mahal, lha wong gue M&G ame Danilla aje cuma 70 ribu doang! Raisa aje pas bikin M&G cuma 100 ribuan! Oleh karena ntu, hal ini sempet di-roasting oleh banyak orang. Walau dari satu sisi, pinter juge sih si Awkarin dapet keuntungan gede dari fanbasenye. Wkwkwk.

awkarin dan fans
Awkarin dengan penggemarnye yang cakep-cakep!

Masukan : Weyyy Awkarin, pengikut lo kebanyakan bocah dan sobat qismin (kayak gue). Tolonglah jangan mahal-mahal gitu.... kecuali lo sekalian ngundang artis kondang mane gitu, wkwkwk.

6. Terlalu ngerasa bos banget dan kurang menghargai orang lain...

"Tolong ya kerja yang bener, kalo nggak gaji kalian akan gue potong!"

Pfffttt, gue suka ngenes kalo Awkarin suka ngomong kayak gitu. Belom lagi segala curahan hati berisi kesan jelek terhadap Awkarin, dari orang-orang yang pernah berkolaborasi dengan Awkarin, mulai make up artist, fashion stylist, hingga curahan hati salah satu talentnye (ups! ini cuman gue yang tau, monmaap!).

Berikut salah satu curahan hati @ibusilver, yang pernah berkolaborasi dengan Awkarin di awal tahun 2018.

Awal thn ini, diajak kolaborasi. Saya selalu tertarik utk collab, kalo konsepnya seru dan cocok dgn gaya styling saya. Dan saya selalu tertarik utk mengolah ide bersama anak-anak muda. Awalnya saya minta mood board, talent sheet, bla bla bla sewajarnya sebuah proses photoshoot. Gak ada meeting sebenarnya gak terlalu masalah, utk sebuah 'fun project' ya, asal semua masing-masing team paham brief dan bekerja pd jobdesc nya. Agak ragu, krn waktu yg terlalu singkat utk persiapan dan saya gak tau siapa org yg akan saya styling sebenarnya. Yg jelas bukan professional models, dan katanya mereka ini adalah 'selebgram'.Dan karena ada 6 org yg akan di-styling, yah mgkn susah utk mencari waktu lagi nantinya. Sbnrnya semudah saya cancel saja kalo saya blm siap. Tapi, saya bukan org yg suka mengecewakan org lain, apalagi jika ada harapan yg terdengar dr si photographer yg mengajak saya collab. Lokasi yg blm jelas, makeup artist yg gak tau siapa juga saya brief by watsapp dan blm jelas jawaban sanggup atau tdknya, dan sebagainya, sebenarnya membuat saya "malas" utk mengerjakan ini. But, ini menyangkut bukan hny 1 org, tapi bnyk elemen, so, lets just do it.
Di hari H, saya datang 30mins sblm waktu, krn pastinya saya harus merapikan segala wardrobe sblm photoshoot dimulai. Brief makeup by watsap pun berlangsung. Hampir 2jam saya menunggu di lokasi yg bukan studio layak, melainkan rumah belum jadi dan jauh dari minimarket utk sekedar membeli minuman.
Stlh lebih dr 2jam menunggu, saya hampir saja pulang, mereka dtg. Baru 3 orang nih yg dtg, mereka minta maaf bla bla bla, oke lah just do the photoshoot. 45 menit kemudian, sisa 3 org lagi dtg. Dan segera saya gantikan baju dll.
Masuk jam makan siang, gak ada yg nyiapin minum apalagi makan. Dan pastinya saya dan asisten saya yg paling kehausan disana krn kita sudah standby jauh lbh lama.Tiba2 dtglah asisten sang selebgram ini membawa makan dan minum tanpa menawarkan ke saya sama sekali. Gak ada satupun yg at least nawarin minum. Dan mereka minta break lunch🔪 Ini toh yg selebgram ber-followers jutaan umat? Gak ada satupun selebritis Indonesia yg gak beretika spt dia, slama saya kerja sbg stylist. Udah telat, gak tau terima kasih.

Masukan : Hargailah orang lain agar nanti kagak ada kekecewaan yang lebih besar (IYKWIM).

7. Berduaan di kamar dengan pacar

Emang sih kagak terlihat mesra dan mesum gitu, kayak dulu-dulu... Tapi kan bikin orang suudzon terus yak, ini orang kok ame pacar maennye di kamar terus, walau keliatannye cuman maen boardgame doang.

Masukan : untuk rebranding yang lebih baik, ketemu pacarnye di luar kamar aje yak!

8. Jangan terlalu banyak mengumbar kehidupan pribadi, karena jejak digital ntu kejam. Gue takut kalo misalnye semua diumbar, pas Awkarin mau mencalonkan diri jadi wakil rakyat (Sape tau kan?) eeeh kena kritik pedes mulu dengan mengungkit hal-hal jelek soal Awkarin. Semoga Awkarin bisa mengerti.

9. Kurang-kurangi bohong. Sempet nih Awkarin promosiin teh hijau, dengan foto berisi cangkir dan bungkusan teh hijau. Sebelom posting foto tersebut, doi sempet bikin IG story dengan ucapan kurang lebih seperti : "Totalitas endorse nih, sampe beli secangkir kopi buat difotoin!"

Bingung kan? Di feeds promosiin teh hijau, ada cangkirnye pula. Tapi di story, pas lagi pemotretan, kite tau kalo isi cangkirnye kopi. Gue sih kalo jadi yang punye brand-nye, akan merasa sakit hati, sih....

Ya kalo totalitas mah, bikin sendiri lah teh-nye di rumah....

Banyak banget sih kebohongan-kebohongan saat melakukan paid promote. Menurut gue sih, kagak harus segitunye ye.

Kalo emang beneran mau rebranding jadi Awkarin yang lebih baek sih, semoga poin nomer 9 ini juge turut diperhatikan.

---

Setelah gue nonton cerita Awkarin berjudul "I QUIT INSTAGRAM" dan "UNTUK PALU, DONGGALA & SIGI" gue semakin salut sih dengan Awkarin.

Kenape? Karena doi mau mengajak adek-adek di luar sono untuk sadar soal penyakit mental. Doi juge bilang mau jadi Awkarin yang baru, yang lebih baek lagi.

awkarin palu donggala
Awkarin kemaren sempet jadi relawan di Palu-Donggala selama 4 hari, keren banget ye khaaan!

Gue berharap semoga ape yang udeh dilakukan Awkarin kemaren murni dari keikhlasan doi. Bukan sekadar untuk naik pamor atau pencitraan, seperti artis yang pernah gue ceritakan di ulasan buku BOKIS 2 karya Om Maman melalui akun Instagram gue @irvinalioni (cek aje hehe).

awkarin palu donggala
Duh, kagak kuat dengan tatapannye~~~

Mau settingan atau kagak, yaudehlah ye, yang penting doi udeh jadi relawan beneran di sono. Walau kadang sedih juge dengan manajer Awkarin yang kagak bisa ngasi tau atasannye: "Rin, kalo mau jadi sukarelawan, pake tas dan sepatunye yang biasa aje jangan yang heboh." #eh #monmaapsalahfokus

Selamat dateng Awkarin baru! Semoga Awkarin yang baru semakin lebih baek, bertanggungjawab, dan keren!

awkarin seksi
Keren banget nih Awkarin!!!
Masukan laen untuk Awkarin yang lagi rebranding :

1. Mending terima aje tawaran kerja dari stasiun TV atau PH, biar makin terkenal dan pemasukan semakin bertambah. Jujur aje nih, ketimbang Young Lex, Anya Geraldine, atau Ria Ricis jadi presenter, gue lebih suka Awkarin sih yang jadi presenter karena bakat public speaking-nye kan keren banget!

2. Kalo mau dugem sembari mabok-mabok, kagak usah dipublikasikan.

3. Tiap ulang tahun kan selalu pesta ala-ala anak hedon gitu, nah kalo bisa jangan sampe segitunye lah. Mending dirayain dengan keluarga dan temen deket, pasti akan dapet lebih respek.

4. Ayo dong bikin single hits lagi! Jadi rapper kayak Ramengvrl, Awkarin pasti bisa kok mengalahkannye! Asal nanti jangan sambil naek kuda dengan tutupan kepala kayak Mamang Villa lagi.

5. Sering-sering posting soal kebaikan, ketimbang galau dan berantem dengan pasangan.

awkarin alfi
Kayak prewed, euyyy
6. Sering-sering mengkampanyekan kesehatan mental. Dengan pengaruhnye yang gede banget, tentu kudu dimanfaatkan untuk hal-hal kebaikan, toh?

7. Gue harap semoga kegiatan manajemennye kagak monoton. Ayo dong perbanyak produksi video Youtube yang bagus. Dengan sebegitu banyak talent yang cakep-cakep, semua kudu sama-sama bersinar.

awkarin palu donggala
Memperbanyak konten berisi kegiatan sosial kayak gini pun, oke loh, Awkarin!!!!

8. Jadi penulis buku, deh! Ceritain lika-liku seputar selebgram. Hitung-hitung untuk mengkampanyekan literasi. Kalo bisa sih Awkarin bisa ikut berkampanye di bidang literasi. Biar bocah-bocah tuh kagak cuman maen Instagram doang, tapi rajin baca buku.

9. Dengan duit yang banyak banget, perbanyak piknik ke luar negeri, lah. Jangan mau kalah dengan selebgram laen, hehe. Gue kepengen banget liat Awkarin ngevlog sambil maen salju, naek balon udara, maen di taman Menara Eiffel, dll. Pasti seru banget, deh!

10. Jangan sering-sering pake baju yang bodongnye keliatan, takut masuk angin!

--

Gimane temen-temen, udeh puas dengan tulisan tentang Awkarin yang super lengkap ini? Huahahaha. Gimane pendapat kalian soal Awkarin dulu dan sekarang?

awkarin kecil bayi
BONUS: Foto Awkarin pas masih bayi! Petakilan ye wkwk


23 comments:

  1. Jadi tau banyak hal soal awkarin dari postingan ini, yg tadinya ga tau jadi tau wkwk. Oalah demen teh kotak ya dia, samaan ih.

    Btw emang bener kok, konten dia makin kesini makin bagus ketimbang branding dia yg ala2 bad girl. Banyak yg bilang Karin kan dulu pinter di sekolah, yah pantes aja kontennya makin bagus, walau banyak yg harus di perbaiki seperti yg Mpok tulis diatas. Semoga si awkarin baca postingan ini deh.

    Ditunggu incrotnya ya Mpok wkwkwk

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Oh iya bahas soal yg bisnis 500rb jadi 25jt di video nya dong kak soalnya penasaran nih dia bisnis apaan bisa sampai balik modal segitu, siapa tau jadi motivasi bisnis dengan modal minimal :p

    Tbh yes she has the most aesthetic ig feeds i’ve ever seen, hand down

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kaga salah, itu bisnis case hape, sis. pernah dibahas di story 3 bulanan lalu

      Delete
  4. Terniat u mpok. Mantul!!! 👏👏👏👏😂👍

    ReplyDelete
  5. Prediksi gue, sekitar 5 tahun lagi Awakarin bakal hijrah..

    ReplyDelete
  6. Vin, di video I Quit Instagram, dia sempat nyebut inisial YL dengan nada gak enak gitu. Itu maksudnya Young Lex, bukan? Emang ada "drama" apa sama Young Lex? Aku kok jadi penasaran. Mohon pencerahannya. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, dengan Young Lex. dari kedua belah pihak sih belom ada yang kasi klarifikasi dan kronologisnye kayak gimane. intinye sih ada konflik internal di manajemem takis dulu, yang dimiliki oleh Young Lex dan Oka (ex Karin). urusannye ke duit-duitan, terus merembet ke asmara Oka dan Karin. lalu tiba-tiba kan Oka-Karin putus, eh tau-tau Oka meninggal, banyak yang bilang sih bunuh diri akibat depresi. lalu banyak beredar isu kalo Oka meninggal karena Karin, makanya Karin dikatain pembunuh kan sama netijen, yang bikin mentalnya terganggu.

      yang gue tau selama mengamati sih begitu~~~

      Delete
  7. Akhirnya gue tau beberapa fakta soal Awkarin. Soalnya gue cuma beberapa kali aja gitu liat di ig ataupun youtube. HAHAHA...

    ReplyDelete
  8. Aku setuju sama Kakvin kalo dari segi bahasa Awkarin ini ada perubahan yang signifikan. Imagenya pelan-pelan berubah sih. Meskipun banyak orang yang nggak suka sama dia, aku tetep suka karena effort buat usahanya edun banget. Jadi motivasilah buat kita untuk kerja lebih keras lagi.

    Kita udah tidur, awkarin masih photo session, kita bangun tidur awkarin udah make up untuk foto. beneran keren sih.

    Tapi sayangnya nggak semua orang bisa ngambil sisi baiknya Awkarin. Rata-rata pada ribut jelekin dia huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mangkenye... gue suka males sama yucuber yang roasting-roasting jaman dulunye karin. kaga sama sekali menghargai perjuangannye. huhuhuhu

      Delete
  9. Content Karin sekarang gak hehedonan kaya dulu lagi. Pas tujuhbelasan, ada yang ngomongon nasionalisme. Juga salut sih karena kemarin jadi relawan. ehe

    ReplyDelete
  10. Paling terharu ketika tau Awkarin jadi relawan di Palu. Dulu, pernah ngefollow IG dia gara-gara endorse-an baju dll yang bikin nangis darah. Warna fotonya bikin gemes. Eh sekarang, nangis terharu ngeliat perubahan dia.

    Salut dah!

    ReplyDelete
  11. i know dia cerdas bgt sih sebenernya, makin sadar waktu nonton video2 talkshownya, keliatan aja gitu pinternya. tapi mungkin kmrn2 salah gaul ya jadi mulutnya gitu, orang krn branding bad girl itu jadi kepinterannya seolah tenggelam sama "kenakalannya", tapi syukurlah kalau berubah jadi lebih baik. influencer emang harusnya baik biar makin banyak anak2 yg jadi baik. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, salah gaul doi. semoga bisa lebih baik lagi.

      Delete
  12. Waduh thanks banget Mpoook, semuanya udah dirangkum lengkap XD
    Ntar pankapan bahas selebgram lain dong yakkk wkwk

    ReplyDelete
  13. Luar biasa ulasannya, setidaknya bisa mengenal sosok yg kontroversi, yg kadang org sng menjudge tnpntw seluk beluknya.

    Dri sini, ya bs tw sdkt ttg ybs, bs jd bahan pelajaran bwt kita, ya bwt org tua jg si.

    #luarbiasa itu yg buat ini post

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.