Balada Tumor dan BPJS

tumor jinak
Kira-kira bentukan tumornye kayak gini (Source)
Kali ini gue mau berbagi cerita soal sakit tumor yang diderita oleh suami. Kalo kalian mengikuti semua media sosial gue, mungkin udeh tau soal hal ini sedikit. Nah, untuk lebih lengkapnye, berikut gue ceritain awal mula tumor itu ada.

Sepulang suami dari Jogja untuk acara notaris Indonesia, entah kenape ada sebuah benjolan di leher sebelah kiri. Bentuknye kayak bisul, sehingga pas gue mengajak suami untuk ke puskesmas buat mengobati si bisul, suami pun menolak.

"Ah, cuman bisul, paling cuman 3 hari begini, entar juga meletus itu nanah!"

Ya gue pun sempet mikir kayak gitu, tapi kan gengges juga ye ada bisul, di leher pula. Kebetulan gue tuh kalo tidur ada di sebelah kiri suami, jadi kalo tidur menghadap suami, ya otomatis liat tuh bisul.

tumor jinak
ekspresi gue tiap liat tuh bisul, asli ye kzl banget!

Tiga hari pun berlalu, dan si bisul malah membesar. Suami masih menolak untuk diajak ke dokter. Hingga di hari kelima, sepulang piknik dari Ragunan, gue paksa suami untuk ke dokter. Gue udeh kagak sabar pengen terbebas dari pemandangan si bisul ntu.

Selama ada si bisul sih, kagak ada hal lain yang dirasakan suami gue. Kagak demam, atau apapun ntu. Biasa aje seperti sebelom ada si bisul.

Dan entah kenape momennye pas banget setelah suami pulang dari Jogja. Gue tanyain dong ye selama di Jogja makan apaan aje. Katanye sih makan burung dara, sate klatak, daging-daging catering, seafood, kopi joss (kopi berisi arang), gelato, gitu doang.

Ya intinye tiap hari makannye daging terus. Padahal di rumah mah, doi jarang makan daging. Karena emang di rumah lebih diutamakan makanan sehat, lebih banyak ke sayur. Kalo pun daging, ya palingan juga ayam, itu juga maksimal 2 hari seminggu.

"Oh, mungkin itu bisul gegara kamu makan daging-dagingan, kali!" kata gue.

Pas di klinik dokter, doi bilang gini, "Duh, ini bisul udeh gede nih, agak keras juga. Peralatan di klinik terbatas, jadi sekarang saya kagak bisa bantu mecahin isi bisul. Ini saya kasi anti biotik buat 3 hari, setelah habis, tolong langsung ke rumah sakit bagian Poli Bedah Umum."

"Tapi ntu beneran bisul kan, dok?" tanya gue.

"Menurut saya sih itu bisul," jawab si dokter, namun entah kenape gue melihat ada guratan keraguan dan ketakutan.

tumor jinak
kurang lebih ekspresi si dokternye kayak gini, bikin gue curiga

Karena obat habis di hari keempat, tepatnye pagi, sehingga gue dan suami buru-buru ke Rumah Sakit Bakti Mulya di kawasan Slipi. Suami diarahkan ke IGD, diperiksa oleh dokter umum, seorang perempuan muda turunan Tionghoa yang ramah dan agak kocak.

Si dokter mencoba untuk memecahkan si bisul, namun apa daya si dokter menyerah dan ketakutan. Lalu doi bilang ke suami, "Bapak mau kan dirawat inap di sini? Harus dirawat inap nih, biar dokter bedah umum yang langsung urus. Mungkin besok pagi bisa langsung operasi. Tapi bapak harus rawat inap dulu. Gimane, mau kagak?"

Suami gue sih mau-mau aje. Gue sebenernye ogah, karena pikiran gue, "Haduh ribet amat ini gegara bisul kudu rawat inap segala!"

Tapi setelah tau kalo pasien yang mau dioperasi harus dirawat inap dahulu biar kagak kenape-nape, terlebih suami pake BPJS dan dibilangin pihak RS kalo mau pake BPJS harus rawat inap sebelom operasi.... Yaudehlah ape boleh buat, mau kagak mau gue kudu menerima suami diinepin semalem di RS ntu.

"Bapak dapet ruangan kelas 3 melati 6 ya, di lantai satu."

DEG! Loh, kan BPJS laki gue milihnye kelas 2, kok dapetnye kelas 3?

Terus keinget almarhum sepupu gue yang pernah dapet ruangan kelas 3 di rumah sakit lain. Ruangannye serem, kagak ada AC, bangsal jadul, toiletnye jorok. Haduuuhhh!! Mane ini pas malem Jumat pula lagi laki gue diinepin di RS!!!

Cuman pas ke atas, eh puji syukur benerrr ternyate meski kelas 3, ruangannye tuh baru direnovasi. Furniturnye baru semua, termasuk bangsalnye.

Yang lucu, selama laki gue nginep di RS semalem ntu, laki gue kagak sampe diinfus segala. Jadi di atas bangsal cuman tidur-tiduran doang, cuman ntu yang bisa dilakukan. Karena pake gelang pasien, otomatis doi kagak bisa keluar. Kalo mau minta dibeliin air minum, camilan dan makanan, kudu gue yang keluar. Beruntung di kawasan RSBM banyak banget penjual makanan, malah di seberangnye ada Indomaret. Di lingkungan RS sih ada kantin dan minimarket tapi harganye lebih mahal dikit, sih. Misal, Aqua ukuran biasa dijual Rp 5.000, sedangkan di Indomaret paling cuman Rp 3.000-an.

Yang paling ngeselin sih pas gue kudu ke bawah nunggu obat di apotek RSBM. Karena suasanye masih rame banget, jadi kudu antri, dan waktu ntu gue sampe nunggu selama 2 jam, dong!

tumor jinak
rasa-rasanye gue pengen ngamuk!!!
Nah, di kelas melati RSBM tuh, yang namanye jam jenguk tuh kagak terbatas. Mungkin ada aturan tertulis, tapi fakta di lapangannye sih beneran kagak terbatas. Sampe jam 10 malem pun, di bangsal sebelah ada tamu sebanyak 3 orang dateng dan ngobrol bareng dengan pemilik bangsal.

Karena suara para tamu kenceng, mau kagak mau gue jadi bisa ngedengerin kan. Tepat di malem Jumat ntu, mereka banyak bercerita horor. Sialan banget!

Nih dialog para tamu yang gue denger persis:

"Untung lu dirawat di mari, bukan di RSCM. Kalo lu dirawat di sono, ih gue mah kagak mau ngejenguk lu. Serem tau gak, kan rumah sakit tua, udeh gitu banyak mayat-mayat kagak jelas di sono."

"Iye tuh, mayat kecelakaan mane gitu, biasanye ditaronye di sono. Kalo kagak diambil-ambil keluarganye, biasanye tuh mayat dijual."

"Emang mayat bisa dijual?"

"Bisa, lah. Buat praktek mahasiswa kedokteran!"

Anjir, seketika gue teringat cerita temen gue yang punye kakak kedokteran, dan emang bener soal jual-beli mayat ntu. Ntar deh kapan-kapan gue ceritain di blog ini.

Nah selepas subuh, pas lagi enak-enak tidur, eh gue dan suami dibangunin suster, katanye laki gue kudu dioperasi sekarang juge. Buset, kagak diworo-woro sebelomnye! Sekitar jam 6 subuh, laki gue dioperasi, sedangkan gue duduk di depan ruang operasi sembari merem. Karena masih ngantuk banget, semaleman kagak bisa tidur nyenyak.

Tau-tau laki gue udeh nongol di depan gue sembari ngasi liat seonggok daging seraya ngomong, "Ternyate gue kena tumor jinak, bukan bisul"

DHUAAARRRR! Seketika gue berasa disamber petir. Kok bisa tumor? Perasaan di rumah tiap makan kagak pernah yang aneh-aneh.

tumor jinak
Monmaap menjijikkan. Inilah penampakan tumor jinak suami gue.

"Ini sih karena banyak makanan berlemak aje...," kate dokter Ronny, yang menangani operasi dan rawat jalan si suami.

Awalnye sih Dokter Ronny bilang laki gue bebas mau makan ape aje, kagak ada pantangan. Tapi minggu lalu, si dokter bilang laki gue kagak boleh makan telor dan seafood dulu. Kebetulan laki gue jarang makan telor dan seafood, untuk telor pun paling buat dijadiin bahan suatu adonan masakan, bukan macem makan telor dadar atau balado telor.

Namun buat jaga-jaga, laki gue pun sekarang kagak makan daging-dagingan dulu, tiap hari makanannye aneka sayur, tempe, tahu, balado kentang, ya pokonye kagak macem-macem lah. Kagak ada daging-dagingan.

Sampe sekarang bekas jahitan di leher masih ada, dan tiap dua kali sehari selalu gue bersihin dan gue obatin. Mengenai biaya operasi, rawat inap, dan segala obat-obatan, semua pake BPJS dan kagak bayar sama sekali. Suer deh! Rawat jalan dan obat-obatan yang dikasi perminggunye pun kagak bayar sama sekali, mantep kan?

Anyway, sekadar informasi bahwa tumor dan kanker ntu beda. Tumor belom tentu kanker, tapi kanker bisa jadi tumor, klik sini aje kalo mau tau inponye.

Terus menurut temen gue yang punye kakak dokter dan kebetulan doi sempet kena tumor otak, katanye tuh tumor disebabkan oleh 70% gaya hidup, 30% keturunan. Sebenernye sih gaya hidup suami gue biasa aje, kagak suka makan macem-macem perasaan, ya kecuali selama 4 hari di Jogja ntu. Kalo faktor keturunan sih bisa jadi karena emaknye suami pernah ada benjolan di payudara.

Temen gue yang sempet kena tumor otak ntu sih dulu diobatinnye pake alternatif di suatu pedalaman. Kurang tau sih di mane, pokonye di daerah Sukabumi. Konon tumornye udeh hilang. Gue harap sih tumor yang ada di badan temen atau laki gue udeh bener-bener hilang, jangan ada lagi deh, serem banget suer.

Beberape waktu lalu sih sempet nemu rekomendasi tempat alternatif. Kalo misalnye dari segi medis udeh agak hopeless, bisa coba alternatif yang direkomendasikan temen kantor gue dulu:

Klinik Citra Insani
Jl. Selabintana No.113 Sukabumi
Telp. +62-266-221 467 Fax. +62-266-230 414
Konsultasi by SMS/HP 0816-626-566

pengobatan alternatif tradisional tumor kanker
rekomendasi pengobatan alternatif tradisional

Gue harap tulisan ini agak bermanfaat buat temen-temen. Semoga hal ini kagak terjadi di kehidupan para pembaca dan gue sendiri. Amin.

irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
1 Comments

1 comment:

  1. Itulah manfaat BPJS, jadi barangsiapa yang pny kartu BPJS, selayaknya rutin bayar iuran, karena manfaatnya besar. Jgn smpe BPJS koleps hny krn bnyk yg sakit dan mau berobat gratis tp gk mw bayar, itu kan terlalu.

    Btw, itu tumor koq bs cpt sx ya pertumbuhannya, dri 4 hri bs membesar seperti itu. Untung cpt dioperasi dan posisinya di organ yg gk fital.

    Hmm, menyeramkan si dg penyakit2 berat. Kadang heran, bdn qt bs menciptakan ssuatu yg sbnr ny gk baik bwt tbh itu sndiri, menggumpal2 dan membesar d tmpat yg qt gk prnh tw bakal tumbuh dsitu.

    Semoga tu tumor dan anak cucunya sdh angkat kaki dan gk kembali lg.
    Semoga sllu sehat :p

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*