Film Bohemian Rhapsody Bikin Hati Tercuri Oleh Freddie Mercury

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA

Mau mengulas film Bohemian Rhapsody, ah! Soalnye film ini jadi salah satu yang gue favoritkan. Sebenernye sih udeh nonton dari awal-awal tayang, namun monmaap nih baru bisa diulas sekarang, hehe.

Woro-woro film Bohemian Rhapsody tuh udeh lama banget, mungkin dari awal tahun lalu. Pokonye gue udeh tau dari kapan tau kalo Queen bakal bikin film Bohemian Rhapsody, terlebih karena gue udeh follow akun Instagram @OfficialQueenMusic yang setiap hari selalu memberikan informasi yang berkaitan dengan Queen.

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA

Jujur, gue sangat menggemari lagu-lagu Queen. Namun memang gue kurang mengulik soal personaliti atau sejarah di balik kesuksesan lagu Queen. Satu-satunye yang gue tau adalah, Freddie Mercury ntu meninggal di tahun kelahiran gue, akibat penyakit AIDS.

Sebagai bentuk apresiasi band Queen, tentu harus banget ye khaaan gue nonton Bohemian Rhapsody. Pas banget 2 minggu lalu sempet ada Buy 1 Get 1, jadi gue nonton deh bareng suami tercinta.

Kalo menurut gue yak, film Bohemian Rhapsody tuh macem versi audio visual tentang Queen yang udeh diceritain di Wikipedia. Setidaknye persis 70% lah, tapi lebih enak aje ye khaaan.

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA
Rami Melek (Freddie Mercury/Vokalis), Gwilym Lee (Brian May/Gitaris), Ben Hardy (Roger Taylor/Drummer), Joe Mazello (John Deacon/Bassist). 

Kebetulan sejarah di balik kesuksesan lagu-lagu terhits tuh beberape di antaranye diceritain di film Bohemian Rhapsody, misalnye:

- Bohemian Rhapsody : lagu ini dibikin gegara si Freddie yang juge pecinta lagu-lagu opera, kepengen menggabungkan musik rock dengan genre opera, yang kemudian ditolak produser musik karena dianggap kagak sesuai market. Terlebih kagak layak banget buat diperdengarkan di media radio, yang biasanye cuman menerima lagu-lagu demo berdurasi 3 menitan doang, sedangkan lagu Bohemian Rhapsody tuh 6 menitan, mane lagunye aneh banget lagi. Misal, kenape harus ada Bismillah, sape ntu Beelzebub, kenape kudu ada nama Galileo, dll. Saat ditanya, ape sih makna lagu Bohemian Rhapsody, si Freddie menjelaskan : "Biar pendengar yang memaknainye sendiri, kalo gue kasi tau maknanye yang ada entar lagu gue kacau sendiri..."

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA
Rami Malek mirip banget ye kan ame Freddie Mercury!
- Love of My Life : nah gue baru tau kalo lagu ini sebenernye dibikin Freddie buat sang kekasih perempuannye, si Mary Austin. Aduh makin sedih banget gue pas tau sejarah di balik lagu ini.

- We Will Rock You : salah satu personel Queen kepengen enganging penonton dengan membuat irama bareng-bareng. Tau kan kalo lagu ini mengusung irama yang dibuat dari tepuk tangan dan injakan kaki? Pas rekaman, tangan dan kaki yang digunakan untuk meramaikan lagu ini pake punya bini dan personel Queen sendiri. Seru banget!

Dan lagu laennye.

Karena gue belom pernah ngulik soal Queen, cuma suka banget dengerin lagu-lagunye doang di Youtube, sampe gue bikin lagu parodinye di tahun 2015 (versi video menyusul), gue sangat bersyukur bisa tau lebih banyak soal Queen, terutama tentang Freddie Mercury, semisal:

- Pernah jadi Kang Koper di bandara.
- Doi percaya gigi tonggosnye yang bikin suaranye jadi kece.
- Biseks, dan pernah pacaran dengan cewe dan cowo.
- Susah move on, keliatan banget ye kan doi cinta banget ame Mary Austin, sampe dibikinin lagu segala, dan sebagian besar hartanye sampe sekarang tuh dikasi ke Austin.
- Penyuka kucing banget, sampe kucingnye dikasi kamar segede apaan tau dah di istananye.
- Dll

Buat yang udeh mengulik soal Freddie sampe ke dalem-dalemnye sih, mungkin poin-poin di atas receh banget ye, tapi gue janji tahun depan akan beli buku biografi Queen dan Freddie Mercury pas acara Big Bad Wolf, hehe. Biar gue makin menguasai segala informasi yang berkaitan dengan sosok vokalis band rock ini.

Yang paling penting dari film Bohemian Rhapsody, yaitu sederet motivasi yang diberikan oleh Freddie! Misal:

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA

- Tau sendiri dong kalo lagu Queen tuh semacem unik banget di jamannye (bahkan hingga sekarang). Ntu semua berkat Freddie yang selalu berpikir keluar dari jalurnye. Ini orang soal karya, sumpeh ye gila banget, dan totalitas parah! Kalo menurut doi pas rekaman baru 90% oke, ya doi bakal ngulang rekamannye lagi sampe 100% sempurna! Parah! Bayangin studio rekaman jaman dulu, yang prosesnye ribet setengah mampus!

- Kekurangan fisik bisa jadi kelebihan! Jadi, buat di luar sono yang punye kekurangan fisik, bisa jadi ntu bakal jadi kelebihan lo buat mendapatkan kehidupan yang lebih sempurna!

- Kagak ada yang kagak mungkin di dalem hidup ini, coy! Freddie yang dari tempat entah berantah, yang cuman dari keluarga biasa aje, yang sempet dinyinyirin terus ame bapaknye karena anaknye party terus dan dianggep kagak bakal bisa sukses, BISA JUGA JADI ORANG SUKSES COYYYY!

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA
Freddie Ori VS Freddie KW Super (Sumber)

Lalu, ape yang gue suka dari film Bohemian Rhapsody?

- Produksinye apik bener, segala properti sesuai dengan jamannye banget lah, totalitas!

- Sinematografinye kereeeen! Gue sampe takjub pas tim produksi bisa bikin scene ala-ala konser.

- Karena film ini termasuk genre drama musical, jadi kite tuh semacem bisa nonton sembari nyanyi, macem lagi nonton konser beneran!

- Akting pemeran Freddie Mercury, Rami Malek, asli keren banget, segala gaya Freddie bisa mirip parah! Haduh pusing!!! Semua cast juge bagus tuh aktingnye. Dan yang memerankan Brian May, asli ye mirip banget gelaaaa!

ULASAN REVIEW FILM BOHEMIAN RHAPSODY INDONESIA

- Super detail! Semisal pas Queen manggung di Live Aid 1985 versi asli dan film, asli yee mirip banget!!! Bisa dicek di tautan ini (klik sini, semoga belom dihapus wkwk).

- Memperlihatkan banget tentang arti pertemanan sebenernye. Meski Freddie kemudian mengaku biseks dan AIDS, temen-temen se-bandnye tetep ngemong. Di jaman sekarang, belom tentu ada banyak temen yang kayak gini.

KENAPE LO KUDU NONTON FILM BOHEMIAN RHAPSODY?

- Biar tau bahwa produksi lagu ntu ribet banget, terutama pada jaman dulu, sekitar tahun 70-80an.
- Baik pecinta lagu rock maupun penggemar Queen, tentu kudu liat, lah! Anggep aje sebagai apresiasi diri ke band keren ini. Kagak bakal nyesel kok, suer!
- Biar lo makin termotivasi untuk berkarya!
- Film ini mengajarkan soal menembus batas untuk berkarya, kesetiaan, jalinan pertemanan, pembuktian diri ke orangtua, dsb.

Yang kurang gue sukai dari film ini sih cuman satu : adegan gay si Freddie wkwk. Adegannye sih kagak lebay, kagak dieksploitasi banget, cuman jijik aje gitu liat keromantisan pasangan gay (monmaap mentemen gue kagak terbiasa soalnye liat begituan wkwk).

Eh ada lagi deh, banyak adegan yang kepotong karena keterbatasan durasi. Semoga nanti ada versi DVD yang kagak banyak dipotong deh!

Saran buat yang mau nonton Bohemian Rhapsody :

- Carilah bioskop yang bagusan dikit di kota lo, untuk meminimalisir penonton alay. Soalnye sempet ada followers gue yang bilang, gegara penonton alay jadi kurang fokus nonton.
- Manfaatkan promo-promo di aplikasi tiket yang masih Buy 1 Get 1.
- Beli makanan dan minuman, karena nih film lumayan lama.

Cuzzz buruan nonton Bohemian Rhapsody mumpung masih ada di bioskop!

Ponten Film Bohemian Rhapsody : 8,5 / 10
Rekomen? : REKOMEN PARAH SEEEH KAGAK BAKAL NYESEL!

JANGAN LUPA LIAT TRAILER-NYE DULUUUU



BONUS : PENGISI SUARA LAGU-LAGU YANG DIBAWAKAN DI FILM BOHEMIAN RHAPSODY



3 comments:

  1. Setuju, mungkin ini jadi salah satu film terbaik tahun ini. Dan scene konser live aid itu parang banget detailnya. Mulai dari minuman di atas piano sampe dua orang yang duduk di atas panggung. Gila!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiii banget!!! kaga nyangka sampe sedetail ntu ye kan!!!

      Delete
  2. Kira2 masih diputer dibioskop kagak ya mpok, pengen bet nonton ane mpom

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.