Terima Kasih dan Sampai Jumpa NAIF

naif bubar kawanaif

 "NAIF BUBAR!"

Akhir tahun 2020 isu itu udeh nyampe di telinga gue. Gue pun berspekulasi demikian karena di Instagram NAIF kagak ada ucapan selamat ultah personil maupun band. Itu akun diem aje, kagak biasa banget, dah. Ya, wajar dong gue nganggep, "Jangan-jangan bubar nih!"

Alasan utama kenape NAIF bubar sih, gue rasa cuma internal yang tau. Meskipun para personil sama-sama bikin klarifikasi, namun entahlah, gue merasa itu bukan yang bener-bener utama. Namun mereka berhak menyembunyikan itu. Gue pun sebagai penggemar, harus menghargai, mau kagak mau.

Jujur sih, gue cuman kesel dengan klarifikasi mereka yang terasa kontras banget. Ketara banget kagak ada brief satu sama lain supaya ada kesepakatan saat ngomong ke publik.

Oiya lupa, kan mereka pun udah gak pernah duduk bareng, ya~

Sorry NAIF, sorry banget. Menurut gue terlalu banyak hal yang bikin kesel dari segala permasalahan yang ada (yang gue pantengin dari berbagai media dan suatu hal yang gue tau). Sampe saat ini, entahlah siapa yang salah dan bener. Menurut gue yang paling penting silakan saling membuktikan dan speak up. Kalo cuma diem aja, ya bakal banyak spekulasi dan bola liar. Hal itulah yang akan susah dikontrol.


Terus selanjutnye NAIF kudu ape, nih? Nah berdasarkan berbagai masalah yang gue tau, maka:

1. Duduk bareng untuk berdiskusi, kagak usah ada rasa gengsi. Dan harus ada mediator yang disegani.

2. Buat konferensi pers berisi satu suara. NAIF itu band besar, bukan band baru dibikin kemaren. Ya pasti butuh media. Lagian NAIF itu udeh jadi bagian dari banyak masyarakat Indonesia. Tiap konser kagak pernah gagal, kagak pernah cuma ditonton hanya 100 orang doang, tapi bisa sampe puluhan ribu!

3. Apapun hasilnye, entah FIX BUBAR atau TETEP JALAN (bersama 1-2 personil), maka harus ada sistem yang jelas dan sesuai kesepakatan bersama untuk mengatur harta gono-gini (masalah rumah yang dijadiin base camp, royalti, HaKI, juga ngurusin digitalisasi karyanye. Soalnye kagak semua lagu NAIF bisa ditemuin secara legal di platform streaming musik). Haloooo, mau bubar sekalipun, mau penggemar tetep punya bentuk fisik karya NAIF, tentu versi digital pun penting dan harus ada untuk konsumsi sehari-hari karena lebih simple dan fleksibel. Lagian kan lumayan ada pemasukan royalti masuk.

BAGAIMANA JIKA ITU SEMUA KAGAK TERJADI? Ya wassalam, bola liar akan terus berlari ke sono ke sini. Kuncinye itu yang penting ketemuan sih, asli. Kok kayak anak kecil ye pade kagak mau ketemuan? Kagak usah pake alesan pandemi ya, bullshit, hari gini lho.

Lanjut deh ngomongin yang lebih santuy...

Anyway, gue tau lagu NAIF dari jaman SD kali ye. Cuman emang gue mulai jatuh cinta pas NAIF manggung di kampus gue di tahun 2009. Waktu ntu David sang vokalis udeh berubah jadi cowo macho dan aslinye ganteng banget. Stage act dan lagu-lagunye juge catchy abis, sampe gue bersumpah bakal menggemari band NAIF! Kalo kagak percaye, kalian sabi baca tulisan gue 11 tahun lalu di sini.

David pun menjadi crush gue saat itu. Sampe gue ngayal-ngayal bikin tulisan "KHAYALANKU"  dan "KHAYALANKU PART 2" 😁😁😁😁 (sori yeee itu tulisan dibikin saking jomblonye gue wakakakak).

Di tahun 2011, gue ikutan Naifunclub dan di situlah gue ketemu seseorang yang kini jadi suami. Di tahun 2013, pertama kalinye gue ikut buka puasa bareng di markas NAIF dan pernah gue posting di tulisan "SENANG BERSAMAMU"



____

KENAPE SIH MPOK, KOK DEMEN AMAT AME NAIF?

Oh tentu aje suka, mengingat masa remaja gue diisi oleh lagu-lagu kece NAIF. Gue merasa satu frekuensi dengan lagu-lagu mereka, yang unik, lucu, dan sekalinye galau ya galau tapi tetep artsy.

Personil NAIF pun gue kenal sebagai orang-orang yang murni seniman. Kagak terlalu mau mengekspos kehidupan, hanya ingin ekspos karya demi karya.

Gue belajar dari mereka untuk tetep berkarya dan kagak terlalu ekspos kehidupan pribadi di ruang publik.

Fanbase NAIF yang kini bernama KawaNAIF pun diisi oleh anak-anak yang kagak terlalu barbar. Masih ada rasa sopan santun, lucu-lucu, dan kagak ada yang namanye drama-drama kagak jelas (ya ada lah tapi kaga berkaitan sama gue yang penting HAHA). Hal itulah yang bikin gue lebih nyaman berada di KawaNAIF ketimbang fanbase musisi lain.

Well, NAIF boleh bubar, namun karyanye emang bakal selalu abadi di setiap hati manusia di dunia....

Terima kasih NAIF sudah mempertemukan gue dan suami melalui fanbase...

Sampai jumpa NAIF dan panjang umur untuk semua personel serta semua karyanya! 

naif bubar kawanaif

naif bubar kawanaif

naif bubar kawanaif


Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.