Saturday, 4 June 2011

MAMA RENCONG (Mari Mangkal Bareng Bencong)

Hai guys! What’s up dude! Pasti kalian udeh kangen sama tulisan gue. Iye kan? Iye dong #pede MySpace

Udah seminggu ini gue jadi anak terlantar di rumah. Selama seminggu, keluarga gue pada liburan di Jogja, TANPA GUE. Ngenes ye. Mau ikut, tapi tugas seabrek-abrek. Maklum, menjelang UAS pasti segerombolan dosen-dosen laknat ngasi tugas ini itu. Tugas yang harus dikerjain minggu ini aje ada banyak banget. Bikin produk cemilan, motret 3 tema sekaligus (horor, keceriaan anak Indonesia, dan photostory), bikin naskah TVC dan iklan radio, analisa SWOT, dan masih banyak lagi. Mumet gila. Parah, lama-lama overdosis tugas deh gue trus metong dan mejeng di headline koran Lampu Hijau...

”Cewek Abis Diho’oh Tugas Eh Mati Sampe Kancutnya Berdarah-darah”

Hih, ngeri ye... Lupain deh... *kenape gue jadi curcol  gini?* MySpace

Ngomong-ngomong soal tugas, kebetulan Kamis kemaren gue dan salah satu temen kelompok gue, Welson, membuat tugas photostory tentang pengamen bencong yang ada di pinggiran Jakarta. Kebetulan, gue punya temen yang punya kost-kost-an khusus bencong, jadi kita gak susah nyari bencong yang bisa diajak kerja sama. Sekitar jam 12 siang, kita telah berada di dalem kost-an si bencong. Kita pun kenalan satu sama laen...

Ini dia bencong-bencong yang jadi model gue :

Photobucket
Dilla dan Mona
Sebelom motret, gue sempet ngobrol-ngobrol gitu sama mereka untuk pendekatan, biar gak kaku. Toh selama seharian gue bakal bareng mereka, masa diem-dieman. Hehehe. Secara seksama, gue dengerin mereka cerita tentang kisah hidupnya....

Dimulai dari Mona, bencong satu ini baru berubah wujud sejak 2 tahun lalu, namun ia udeh lama jadi pengamen jalanan. Sejak menjadi bencong, dia udeh gak tinggal bareng orangtuanya karena kepengen jadi anak yang mandiri. Ortunya sih tinggal gak jauh dari kost-annya dan mereka mau menerima Mona untuk menjadi seorang bencong asalkan gak macem-macem... MySpace

Photobucket
dandan dulu cyiiin

Berbeda dengan Dilla. Mantan cowo yang punya 11 saudara kandung yang semuanya cewe itu, berubah menjadi bencong gara-gara keseringan maen sama sodara-sodaranya yang semuanya cewe. Sewaktu berumur 10 tahun, setiap malem dia selalu belajar dandan di kamarnya. Hingga suatu ketika, ortunya ngeliat dan langsung mengusir anaknya ketika Dilla mau mengaku bahwa dia ingin menjadi bencong. Dilla kecil pun frustasi karena ortunya udeh bener-bener gak mau punya anak seperti Dilla. Tak lama, Dilla pun kabur dari rumahnya di Bali menuju Jakarta dengan BERJALAN KAKI. Hidupnya hanya bersandar dari belas kasihan orang-orang sekitarnya. Makan pun sampe ngais-ngais tong sampah... MySpace

Memasuki hari ke 30, Dilla baru berada di Cikampek. Di jalan, ia bertemu dengan seorang kiai lalu sempat diasuh dan tinggal di salah 1 pesantren. Dilla yang dulu merasa tidak beragama lalu kembali memikirkan tentang status agama yang ingin ia ambil. Dia berpikir, kalo dia mati nanti dia bakal dikubur dengan cara ajaran mana? Pak Kiai pun menyarankan Dilla untuk memilih salah 1 agama agar hidupnya memiliki tujuan yang jelas. Alhamdulillah, Dilla menjadi seorang muslim, tanpa paksaan siapapun.

Karena merasa gak pantes berada di lingkungan pesantren, akhirnya dia kembali ngebolang menuju Jakarta. Disini, dia mulai ngamen di bis-bis ibukota. Namun karena banyak Satpol PP, dia memutuskan untuk ngamen di lingkungan perkampungan saja. Hingga kini, dilla masih menjadi pengamen kampung bersama sahabatnya, Mona.

Ternyata jadi pengamen itu  cape banget. Kemaren, seharian gue ikutan ngamen sama mereka. Awalnya, kita kongkow bareng bencong laennya nih di stasiun Pos Duri, sambil nunggu kereta jurusan Kampung Bandan. Ini dia potonya :

Photobucket
di stasiun

Di stasiun, gue dikenalin sama bencong-bencong laennya. Trus gue ngobrol sama salah satu dari mereka, bernama Alda. Sumpah orangnya bawel banget! Kalo ngomong pasti gak jauh-jauh dari lobang, pantat, batang, sama sarung pengaman. Cape deh  *orangnya yang pake baju ijo!*

Nyampe Kampung Bandan, kita pun jalan menyusuri perkampungan. Mulai dari Mangga Besar, Kartini, Pasar Baru, Sawah Besar, Gajah Mada, dan berakhir di Petojo. Cekibrots poto-potonye :

Photobucket
dari kereta hingga kampung-kampung

Selama di jalanan, banyak banget anak-anak kecil yang ngikutin kita ngamen...

Photobucket


Ketika kita sedang beristirahat, Dilla kembali menceritakan tentang suka dan duka menjadi seorang bencong...

“Aku gak marah kok kalo dikatain bencong, lah kan aku emang bencong. Aku cuma marah kalo ada orang yang ngatai aku SETAN atau SAMPAH MASYARAKAT. Aku juga manusia kan. Aku juga bukan sampah masyarakat, karena toh aku cuma ngamen, gak ‘mejeng’ (ngejablay) ataupun ngobat....”

Photobucket
joget dulu cyiiin. Sukabumi digoyaaaang~

“Untungnya, sekarang udah banyak masyarakat yang menerima aku dan temen-temen sejenisnya. Gak kayak waktu tahun sebelum 2009, duh rasa-rasanya gak tahan deh, ampe sering dipalak preman pasar. Kalo sekarang sih udah nggak. Sekarang udah pada toleran, premannya juga udah pada insap...”

“Sekarang udah banyak bencong-bencong baru... Saingan berat... Tapi ya mau gimana lagi... Aku cuma suka kerja dengan cara ngamen gini, penghasilan juga lumayan. Sehari bisa diatas 150 ribu...”

Btw, ini dia pidio mereka : 


Kita ngamen dari jam 3 hingga 9 malem loh. Capek banget! Keliling Jakarta jalan kaki tuh! Pulang-pulang berat badan berkurang 10 kilo. Lumayan. Muahahaaha *harapannya sih gitu tapi nyatanya gue tetep gendut* #sigh MySpace

Nih dia hasil ngamen kita hari ini, lumayan dapet 165 ribu hehehe MySpace

Photobucket

Gue jadi kepikiran pengen ikutan ngamen kalo lagi bokek....

Dan gak lupa, gue mendapatkan berbagai pelajaran dari mereka...
  1. Selalu tetep bersukur sama kondisi kita sesusah apapun. 
  2. Cari duit harus yang halal meski harus dikata-katain orang. Daripada ngemis-ngemis, nyuri, or jual diri. Hih najong!
  3. Gak semua bencong itu jahat dan sampah masyarakat. Masih banyak bencong yang merupakan orang baek-baek, kayak Dilla dan Mona.
  4. Harus saling menghormati dengan sesama manusia. Bencong juga manusia. Jangan benci mereka, namun bimbinglah mereka ke jalan yang bener *halah*.
  5. Jangan melakukan diskriminasi terhadap kaum mereka. Soalnya ternyata banyak bencong-bencong yang ditabrak lari sama pengendara, mereka asal nabrak dan nganggep bencong itu bukan manusia.
Trus gue juga dikit-dikit belajar bahasa bencong gitu deh :
  1. Lekong = laki-laki
  2. Pewong = perempuan
  3. Sutra = sudah
  4. Kesindang = kesini
  5. Eyke/akika =aku
  6. Yey = kamu
  7. Endang = enak
dan masih banyak lainnya! LUPA! hehehe MySpace

Oh iya satu lagi! Ternyata BANCI dan BENCONG beda loh! Kalo banci, itu cowo yang ngondek gitu tapi gak 100% ngubah penampilan jadi cewe. Kalo bencong, ya itu si waria, yang suka pake baju cewe. Hehehe.

Yah begitulah cerita gue kali ini. Menurut kalian gimana?


47 comments:

  1. Pertamax dulu ah! Hahhahah... :))

    ReplyDelete
  2. Wiw..temen lo ikutan bencong gak? :))
    Serem ya gayanya, aish..jadi geli sendiri gue lihatnya :))
    Disini juga ada tuh tempat mangkalnya para bencong.
    Jangan harap deh lo berani ganggu, yang ada lo marah dilempar pake batu.
    Serius! Sadis amat merekanya :))

    ReplyDelete
  3. Keren kak! kasih jempol kaki dulu yaa ! :p

    ReplyDelete
  4. kok gue kalo mendengar sesuatu yang berhubungan sama benci ngerasa gimana ya. brrrr #trauma

    hahaha. kacau.

    ReplyDelete
  5. gara-gara kebanyakan tugas larinya ke pangkalan bencong ... sabar ya kak ...

    ReplyDelete
  6. hahaha eike suka sami tulisan yey. #Bohong
    Banyak tuh kalo gua ke pasar atau pusat kota di lampung. Banci sama bencong berjejer. Biasanya banci siang ngumpul sama 4L@y . Kalo bencong malem nunggu lekong gitu.

    ReplyDelete
  7. hmm, postingan di malam minggu ~

    ReplyDelete
  8. Yughi Sugiannoor said: keren lo vin, berani seharian diantara bencong2. Tpi lo bruntung sih, dapet yang baek2. Gue parnoan ama mreka, pernah ampe digrepein... Tapi salut juga ama mreka bdua..

    ReplyDelete
  9. bencong yg poto pertama ganteng bgt kyk om saman...buahahaha XD

    ReplyDelete
  10. YEY ┒('o'┒) , (┌','┐) EIKE , ( • )( • )εˇ) ENDANG...

    ReplyDelete
  11. Baru tau kalo banci ma bencong tu beda xD..

    ReplyDelete
  12. yahh, ga jadi pertamax deh gara-gara mati lampu *nangis di pojok kamar*
    ngmg2, gue paling geli loh ma bencong. *ngucek2 mata pake sambel*

    ReplyDelete
  13. oh iya, kalo beda poconggg ma benconggg apa kak? HUAHUAHAUHAA

    anonim aja biar cari aman -,-

    ReplyDelete
  14. pasti jadi hari yang berkesan & bikin capek banget. great job :)

    ReplyDelete
  15. agak risih bacanya soalnya banyak kata ganti bencong. meskipun mereka ngatain bencong sama dirinya sendiri tapi kata bencong masih punya nilai rasa yang kasar. n kayaknya mereka ngomong gitu sbagai tindakan untuk menunjukkan diri kalau mereka bisa bertahan. padahal mereka juga kepingin juga dianggap baik contohnya dengan memanggil mereka dengan waria yg menurut saya lebih sopan. tapi ini masalah selera sih. artikel ini masih punya ciri khas mama pina. pesannya juga okey buat para teenager ^_^

    ReplyDelete
  16. geli sih ama mereka,tapi di sisi lain kasian banget juga..
    nice journey kak!^^

    ReplyDelete
  17. waw, gini ya kerjaan anak komunikasi.. tpi seru loh kita bisa ngalamin banyak hal.

    bencong juga manusia

    ReplyDelete
  18. ati ati pin. ntar kalo ikutan jadi kyk gtu gawat pin..
    apa kate emak..

    ReplyDelete
  19. eh pin gue gk ngerti itu kalimat yg ini ”Cewek Abis Diho’oh Tugas Eh Mati Sampe Kancutnya Berdarah-darah”

    di ho'oh apaan sih kok berdara?

    hah, sudah lah, mungkin ini bahasa gaul baru. jd gue gk ngerti.

    ReplyDelete
  20. wah wah.. baru tau kalo ada kost-kostan khusus bencong. Pasti heboh banget yak dsana.

    Gak coba mesen kamar 1 pin? hehe *piss

    ReplyDelete
  21. keren kak :)
    kita jadi tau sisi lain kehidupan kita yg luas ini *halah* -.-

    keren banget deh kak pokoknya jadi pengen ikutan deh, lumayan bisa semacem observasi gitu muahahahahha

    ReplyDelete
  22. wuaduh untung artikelnya ga panjang2 amat. bisa berubah orientasi ni gw vin . hehehehe.... :D

    Btw gw suka sama kata2 lo yang 'Pak Kiai pun menyarankan Dilla untuk memilih salah 1 agama agar hidupnya memiliki tujuan yang jelas.' Keliatan banget kalo si kiai ini toleransinya tinggi. dia ga mojokin agama2 laen. kereeeen... plus juga ga maksaain si bencong milih islam juga. salut...


    taapi kalo soal bencong sih gw rada eneg sih sama mereka. apalagi sama kaum homo. hiiiyyy...

    ReplyDelete
  23. @ zippy : buset, belom jinak ye berarti :p

    @ jehan : makasih nak (˘⌣˘)ε˘`)

    @ rizal : wakakaka ati2 ye kalo di metromini :p

    @ dini : nyahahaha makasih

    @ rinaldy : wah banyak juga yaaaa ternyata bencong/banci ada dimana mana

    @ nelva : yoi

    @ yughi : wah ampe digrepe LOL

    @ madz : CAKEPAN OM SAMAN KEMANE MANE!!!!

    @ ferdi : apa bgt lo om bawa2 nama bokap gue!

    @ hilyah : yup!

    @ anonim : wah ngucek2 pake sambel, awas hamil!

    @ anonim : bedanya yg 1 punya tangan yg 1 kagak

    @ yul : yup!

    @ saman : makasih ya kritiknya cinta (˘⌣˘)ε˘`)

    @ y2h : yup!

    @ bizwud : iya nih kerjaan anak komunikasi :D

    @ christ : yey kira eike cewe apakah!

    @ yono : sok lugu lu!

    @ vivi : hahaha sialan

    @ dian : coba ikut, pasti lgsg langsing :D

    @ nuel : iya, salut sama pak kiainya. lagian di ajaran Muslim, kt gak pernah maksa org masuk ke agama kita, ya gak? Rasulullah kan ngajarin kt utk berdemokrasi :D

    ReplyDelete
  24. wah hebat juga ya..
    emang banyak kok bencong yang baek gitu...
    tapi kalo aku jalan bareng cowok² terus ketemu bencong pasti mereka pada lari duluan.. haha takut di godain bo'..

    ReplyDelete
  25. bencong juga manusia (o.o)p
    wah ka pina jalan jalan muter jakarta sama bencong nya sendirian atau sama siapa ka?
    seru :O

    ReplyDelete
  26. good job pin.. semoga dengan adanya postingan ini pandangan masyarakat terhadap kaum mereka bisa berubah. amin.

    ReplyDelete
  27. waduhh... sehari bisa di sampai 150ribe.. mantep juga.. cukup menjanjikan... hahaha :)

    ReplyDelete
  28. agak ngeri gue denger kalimat "dosen laknat" pin >.<"

    ReplyDelete
  29. Mantaap..
    ini baru namanya Anak Jakarta, pernah gaulan sama bencong

    ReplyDelete
  30. @ anonim : haha iya dongg :D

    @ m riki : hahaha kenape?

    @ merliza : yoiiih :D

    @ nonni : amiiiiiin

    @ akane : hahaha itu juga banyak cowo yg kabur ampe lompat pager gara2 liat tuh bencong wkwk

    ReplyDelete
  31. kasian juga ya mereka....
    tp tetep takud klo ketemu benc*ng di jalan.. takud dicipok aaaaaaaaaaaaaaaa seyemmmmmmmmmmm

    ReplyDelete
  32. gajinya lumayan tuh.sampai ratusan ribu perhari.kalau sebulan bisa sampai jutaan dong

    ReplyDelete
  33. wah nice posting... ada kosan khusus bencong ta? di tempatku jarang ada bencong... asyi jg tugas kayak gitu, nambah pengalaman :D

    ReplyDelete
  34. sumpah gw geli bacanya.. bukan apa-apa sih, karena kebanyakan tau bencong kelakuannya sama aja, towel-towel gak jelas bikin merinding. mending gw ngabur deeeh kalo ketemu.

    ReplyDelete
  35. @ gaphe : ebuset dah si om penakut juga sama kayak om john wakaka :))

    @ dynarsist : iya ada, wah disini mah malah banyak buaaaangeeett!

    @ mari : yup! betul sekaleeee!

    @ sichandra : wey parah diskriminasi lo!

    @ nino : mereka juga pilih2 kale kaloo mau cipok orang hahaha :p

    ReplyDelete
  36. gk kuat liat pidionya.. koment aja deh langsung.. gue TAKUT!!

    ReplyDelete
  37. Hahaha.. Kayak syahrini kalo dandan. Ada2 aja dah.

    ReplyDelete
  38. wah
    keluarga Pina lagi di Jogja ya
    siap2 nyari keluarga Pina

    p.s:Fridi anak Jogja

    ReplyDelete
  39. @ anonim : udeh pulaaaanggg

    @ feby : kalo itu mah syahroni :p

    @ ucup : halah cemen! punya lu berape senti sih? :p

    ReplyDelete
  40. bencong indonesia beda banget sama bencong luar negri yang bohay seksi tiada tara yang kecantikannya melebihi wanita normal #alaymasakini

    ebuset dari bali jalan ke jakarta
    betis udah segede badak kali =="

    ReplyDelete
  41. Siapa sih penemu nama Bencong dan Banci? Berasal dari bahasa apa?

    ReplyDelete
  42. bencongnya badannya langsing banget :O

    ReplyDelete
  43. mnurut Prof.Dr.Ir.H.Dude Herlino Sihombing,S.Pd.,M.Kom., bencong adalah banci.. dan banci adalah bencong.

    ReplyDelete
  44. widiih, bencong nya kuat yah jalan dari bali smpe jakarta... *jempol*

    ReplyDelete
  45. ternyata kehidupan diluar seperti itu :) mereka juga manusia dan mereka bukan sampah. mereka sama kaya kita, warga negara Indonesia :)

    ReplyDelete
  46. trimaksih gan thank bgt infonya ya :D

    sekedar info ajja bagi informasi buat agan" yang laagi bingung atau mengalami kesulitan dalam mengurus surat" penting seprti sim,stnk,dan sebagainya ane ada tempatnya nih mudah bgt tinggal pilih dibawah
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan
    biro jasa stnk

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*