Thursday, 7 March 2013

Firasat Kematian di Era Digital


Berbicara soal kematian itu emang serem, ye.  Dan mumpung sekarang malem Jumat, gue mau ngomongin soal kematian, ah. Maap-maap aje nih kalo abis baca tulisan ini, kalian kagak bisa bobo semaleman . Hihihi.

Suatu saat nanti, kita akan menjadi pengisi keranda dan kuburan itu
Udeh berapa kali gue ngeliat twit atau status FB seseorang yang bisa dikatakan sebagai sebuah “kode” bahwa mereka mau meninggalkan dunia ini. Awalnye sih gue anggap sebagai pernyataan biasa. Tapi pas mereka udeh meninggal eh gue jadi mikir lagi...

Kemaren di timeline Twitter gue, lagi pada rame soal akun @hadie34 yang pemiliknye meninggal dunia karena kecelakaan. Gue sih kagak kenal almarhum itu siape, makanye gue stalking aje tuh. Dan ternyate, almarhum adalah seorang anak vespa dan fotografer. Mana ganteng pula. Kalo gue pikir-pikir lagi, almarhum tuh gue banget, lah. Soalnye dari dulu gue pengen banget punya cowo ganteng, anak vespa, dan fotografer. Tapi nyatanye, gue kagak pernah punya cowo yang sekaligus punya ketiga hal itu. 

*tisu mana tisu*


Akun @hadie34 cukup dibilang sebagai RT abuser lah. Sedikit susah untuk melihat sebuah twit pernyataan almarhum yang bukan merupakan hasil retweet atau mention. Dan kalo gue telaah lagi, ternyate ada satu twit pernyataan terakhir almarhum yang mungkin bisa dibilang merupakan kode.

“Pejamkan mata untuk terlelap

 Deg! Apa bener itu kode dan firasat doi? 


Masih inget dengan korban kecelakaan Xenia di Tugu Tani beberapa bulan lalu? Nah ternyate, sebelom beberapa korban meninggal, mereka sempet bikin status FB yang menurut gue sih, sebuah kode...


udeh dimaapin, kok :D


iye kak, udeh dimaapin juga kok :D

Dan status orang laennye...

status teratas dibikin sama suaminye. status yang nomer 2 itu sebelom almarhumah mengembuskan nafas terakhir. sekarang doi udeh bener-bener nyenyak :)

status terakhir sebelom ia meninggal karena kecelakaan pada lebaran 2012 lalu.

Seiring berkembangnye zaman dan teknologi, kayanye sekarang kite bisa merasakan firasat kematian seseorang dari sebuah pernyataan mereka di jejaring sosial (cuman berlaku untuk anak socmed). Ya sebenernye kagak absolut juga sih, kali aje mereka cuman iseng. Tapi beberapa dari mereka ada yang langsung kejadian. Hm, apa mungkin ini yang dinamakan UCAPAN ITU DOA?

“Aduh, gue jadi ngeri kalo mau ngomongin kematian. Nanti tau-tau gue mati atau langsung dicap mau mati sama temen-temen, hih!”

Ya kagak gitu juga, kale! Ya santai aje, sih. Lagian kite semua bakal mati ini, siap kagak siap ya kite semua bakal dicabut nyawanye, ye kagak?

Terlintas di benak gue, apakah seseorang akan mengetahui bahwa dia akan meninggal dalam waktu deket? Apakah keluarga dan temen deketnye bakal ikut ngerasa juga?

duh, kagak kebayang kalo yang dikubur itu gue :'(((

Kata banyak ustad, sih, sebenernye orang yang mau meninggal itu bakal dikasi kode kalo mereka mau dicabut nyawanye. Cuman, kagak semuanye yang menyadari dan banyak yang mengabaikannye. Mungkin yang sadar cuman mereka yang bener-bener mau disayangi sama Allah dan damai di alam sana. Mungkin loh, ye.

Sedangkan soal keluarga dan temen deket yang ditinggalkan itu pun sebenernye kagak semuanye juga yang sadar atau ngeh. Kebanyakan sih yang sadar kalo misalnye yang mau ditinggalin itu emang lagi sakit. Atau yang punya indera keenam gitu. Kurang ngerti juga, deh.

Soal kematian ini emang masih menjadi misteri dan kontroversi. Sebagai manusia yang punya keterbatasan untuk mengetahui soal kematian, kite cuman bisa menyerap informasi soal tanda-tanda kematian sebagai pengetahuan dan berjaga-jaga aje.  Yang terpenting adalah, udeh siap kagak kite menghadap kepada Yang Maha Kuasa? 

Kalo gue sih, kayaknye belom siap dan semoga nyawa gue kagak dicabut pada waktu yang tepat #halah. Tapi semuanye diserahin lagi sama Allah, deh *pasrah mode on*

Ya Allah, aye belom siap :'(((

*brb solat dan ngaji*




50 comments:

  1. bener nih, suka kepo kalau ada akun orang yang udah ditinggal sama pemiliknya...suka nemu ada status/tweet yang menyiratkan hal-hal terakhir atau perpisahan buat temen2nya gitu :|
    tapi kagak ada teori konkretnya sih, mungkin kebetulan, hehe

    awal baca postingan udah curiga aja, eh bener endingnya gambar begituan. bagus beneeerrrrr x)))

    ReplyDelete
  2. Izza : bagus ye hihihi, iya mungkin kebetulan ya hehehe. makasi udah baca :D

    ReplyDelete
  3. Gambar terakhirnyaaa...AAAAAA...untung gua lagi di China, di sini aman dari pocong2an...kalo gua di Indo, gua pasti udah ketakutan di kamar sendiri >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu aja kehadirannya setelah kamu sampe ke Indo :))

      Delete
  4. Merinding....

    harus mawas diri lebih mendekatkan diri pada Allah.

    ReplyDelete
  5. aaaaa kak pinaaaaa :'(kok ada foto poci segala, 3 biji pula huweeee.. ini kan malam jumat kaaaak *buruburu sembunyi di balik selimut*

    ReplyDelete
  6. *deggg*

    postingan kak pina semakin bikin gue yakin kalo nggak ada yang kebetulan.

    manusia cuma wayang. Tuhan jadi dalangnya.

    Dan manusia bukan wayang OVJ yang hobi bikin pusing dalangnya.

    Okay. A li'l bit pointless.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wohooo beneran yak kalo di dunia ini gak ada yang kebetulan?

      Delete
  7. ai mama pina..
    stlh ane bc ni postingan, ane keinget adik ane yg punya kk kelas di SMAnye.
    sblmnya dia jg nulis code kyk gitu dfb, eh bbrp hari kmudian dia meninggal dunia tp tragis bgt (naudubillah..)
    smpai2 om ane yg ngurus sisa2 kclkaan itu lgsg tlp, jgn kluar kmn2 ada ank SMA yg mati ketabrak truk tangki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem bener kecelakaannya kayak gitu :'(

      moga diterima diSISINYA...

      Delete
  8. semua yang bernyawa pasti kan kembali pada NYA.

    ReplyDelete
  9. nice... keep posting... :)

    ReplyDelete
  10. temenku kapin..anak kedokteran umum, sebelum dia meninggal karena kecelakaan dia nulis tentang praktikumnya yang berhubungan dengan kadaver dan membahas tentang kematian gitu. eh selang beberapa hari, dia kecelakaan bus dan meninggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya tuh gue udah baca dari si ega :o

      Delete
  11. Maka dari itu, untuk orang yg beriman dgn kehidupan sesudah mati haruslah "menabung" yg banyak

    ReplyDelete
  12. @destiniplestari pasti itu yg anak UNDIP

    ReplyDelete
  13. ka pinah, gambar yang terakhirnya itu.. 0_0
    iya sama kapin, belum siap juga :'(

    ReplyDelete
  14. brb sujud maaf sama ortu, mertua dan laki

    ReplyDelete
  15. kak apakah kalau aku ngetweet "ini malam terakhir aku sendirian tanpa pasangan" juga pertanda aku bakal punyak pacar? .___. #salahfokus #mengalihkanperhatian

    ReplyDelete
  16. kak apakah kalau aku ngetweet "ini malam terakhir aku sendirian tanpa pasangan" juga pertanda aku bakal punyak pacar? .___. #salahfokus #mengalihkanperhatian

    ReplyDelete
  17. Duh.... Emang bikin speechless kak pin :''/
    Semua orang mungkin takut akan kematian, tapi kita memang harus menerimanya.

    ReplyDelete
  18. duh, ada pocongannya segala -_-

    iya Kapin, aku juga belom siap, sangu nya belom cukuuuup :/

    ReplyDelete
  19. "semoga nyawa GAK dicabut pada waktu yang tepat"

    Kak, ku pikir yg bener "semoga nyawa GAK dicabut pada waktu yang GAK tepat :0"
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAH iyeee maksudnye begono, makasi ye :p

      Delete
  20. wah ngeri juga ya ngebacanya...cuman sampai sekarang aku belum nemu semacam itu sih...
    dan yah, semoga kita dikasih umur yang barokah, dan bisa pergi dengan khusnul khotimah..aamiin...

    gambar yang mau dikubur itu serem amat yak..@.@

    ReplyDelete
  21. astaghfirullah ..... serem..
    kaget saya pas liat foto yg pling bwah...

    ReplyDelete
  22. sering sih liat posting mau 'pergi' gitu deh. tapi biasalah abg labil habis diputusin pacar.. ya Allah kapina, gambar terakhirnya itu lhoooo-_____-

    ReplyDelete
  23. Gue jadi khawatir sm tmn skelas gue yg baru kemarin ngetweet, yg intinya, dia berharap Tuhan segera membawanya pergi. Hiii... moga aja cuma kelabilan pd umumnya. Masih muda bgt, belum juga fighting for Senampeteen

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh serem, moga cuma iseng aja tuh anak!

      Delete
  24. Aku sekarang akhir2 ini sering ngerasa nggak tau terutama malem2 kayak mau meninggal. Cuma nggak enak badan sih tapi mikirnya sampai ke situ.

    ReplyDelete
  25. Aku sekarang akhir2 ini sering ngerasa nggak tau terutama malem2 kayak mau meninggal. Cuma nggak enak badan sih tapi mikirnya sampai ke situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomongnya gak diayak nih, istikpar hoooyyy

      Delete
    2. Maaf ada yang salah ya Kak sama omonganku?

      Delete
  26. Kemaren abang gue pasang depe di bb nye dengan pose seperti mayat sambil tiduran di atas makan orang.. Semoga bukan tanda amiinnnnnn..

    Gara2 diskusi di KK kemaren jadi kepikiran abang gue hahaha

    ReplyDelete
  27. wah, diarynya keren banget mbak

    ReplyDelete
  28. serem lah poto terkahirnyaaa.
    tapi selain disocmed juga kadang ada orang yg ngasih tanda kalo dia mau meninggal kaya yg gue ceritain digroup tentang ibu guru gue yang udah almarhum dia sebelum meninggal nulis surat dulu buat anak satu-satunya.
    semoga aja nanti gue kalo mau meninggal bisa dikasih tanda dulu ya setidaknya gue bisa berbuat lebih baik lebih baik dari sekarang.

    ReplyDelete
  29. Apakah itu gara" doa mereka si social media, doa mereka dibaca oleh banyak orang. Dan itu artinya secara tidak langsung banyak orang yang mendoakan almarhum untuk menemui ajalnya :o

    atau

    Apakah memang sebelum meninggal kita semua akan diberi pertanda, sehingga mereka benar-benar meminta maaf ke semua orang karena ia merasa bahwa sebentar lagi ajalnya akan tiba :o

    Okee, saatnya menebarkan banyak kebaikan. Selagi masih diberi kesempatan

    ReplyDelete
  30. @Irvina, tulisan yg keren tentang kematian.....
    menurut aku, apapun yg hidup didunia ini pasti akan mengalami mati....karena mati adalah "bagian dari kehidupan".....

    aku suka banget dengan kata2 dari sang BUDDHA tentang kematian =>

    Ketika seseorang tua dan mati, yang lain lahir dan mengambil alih tempatnya.
    Pergantian hidup dan mati memang diperlukan.
    Kematian akan menyebabkan kehidupan terus berlanjut.
    Dan kematian adalah bagian penting dari kehidupan.
    Jangan bersedih, semua orang pasti mati, juga aku.
    Kematian memang tak mungkin terelakkan.

    Semua kehidupan mirip proses ulat menjadi kupu- kupu
    Manusia mengira mereka bakal hidup sangat lama.
    Kenyataannya hidup kita sangat pendek sekali.
    Bayangkan, kematian itu sebagai saat ketika jiwa kita
    Merangkak keluar dari kepompong raga kita dan terbang bebas.

    Karena itu tak ada alasan untuk takut mati.
    Kematian cuma saat kita keluar dari dunia ini
    Dan masuk ke dunia lain (dunia yang lebih indah).
    Karena semua yang hidup pasti mati, itu sudah takdir.

    Sumber : http://danikaizen.blogspot.com/2009/05/kematian-bagian-dari-kehidupan.html#.UT9Bu5gxqW4

    ReplyDelete
  31. Tutornya sangat bermanfaat gan.
    Saya newbie,jika berkenan kunjungan baliknya saya tunggu.

    ReplyDelete
  32. jadi makin ati ati nih kalo ngetwit, gue mau ngetwit yg seneng seneng aje deh :|

    ReplyDelete
  33. emang bener ya kata banyak makhluk, yg kematian nggak bakal tau kapan mampirnya, tp kalo yg namanya "firasat" kematian selalu bisa dirasain. Ditambah dgn maraknya pembunuhan sbagai salah satu tanda kiamat. *mendadak aku bergidik* =,,="

    #brr, dingin beuds

    ReplyDelete
  34. Maaf ada yang salah ya Kak sama omonganku?

    ReplyDelete
  35. jadi kak, ada seseorang yang pernah bilang bahwa setiap orang emang punya indra keenam, dan cuma gatau gimana cara ngegunainnya aja. Indra keenam, a.k.a. telepeti/firasat, bisa juga nunjukin pertanda kaya gini.

    diakuin apa enggak, sadar gak sadar, semua orang pasti pernah ngerasain perasaan "duh, gue takut bla bla bla nih" dan yang bla-bla-bla nya itu kejadian, keesokan harinya, gitu. Itu emang beneran namanya firasat, dan beneran ada.

    Ada yang udah nonton rectoverso? Nah, di film itu dijelasin kan, gimana sebenernya semua alam ini berhubungan, dan alam punya bahasanya sendiri buat menyampaikan 'sesuatu' ke kita, lewat telepati/firasat itu?

    :)

    ReplyDelete
  36. segala hal yang memuakkan dlm kelakuan anak muda sehari-hari udah disebutin semuaa~

    ReplyDelete
  37. Hii.. ngeri kapin klo bicarain tentang kematian.. Emang sih beda-beda cara kita di ambilya.. Firasat kematian biasa juga kadang ngaco loh kapin.. Langsung ngomong atau lewat tulisan :(

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*