Thursday, 4 April 2013

Hal-hal yang Seharusnye Kagak dilakukan di Media Sosial

Yah, namanye juga hidup...

Media sosial bagi sebagian orang merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki dan digunakan. Perkembangannye pun semakin lama semakin pesat dan beragam. Begitu pula dengan isi akun penggunanye yang semakin berwarna-warni dari masa ke masa. Misalnye, pas jaman Friendster, mana ada sih orang yang pamer foto makanan setiap ke restoran keren? Beda sama jaman-jamannye Facebook, Twitter, dan Instagram yang masih booming saat ini dan membuat penggunanye berlomba-lomba untuk memamerkan makanan. Dulu mah sebelom makan, kite berdoa dulu ye, bukannye fotoin makanan. Yah, namanye juga jaman...


tragis

Dan berikut ini adalah hal-hal yang seharusnye kagak dilakukan di media sosial menurut Prof. Dr. Ir. Irvina Lioni Yuniasari, S.Ikom, S.Pd, S.Krim, S.Batu, S.Cendol. Cekinyotsss!! Wan Wan Emoticons 19Wan Wan Emoticons 19Wan Wan Emoticons 19


Pertama, berdoa di media sosial. Hayo, disini siape sih yang kagak pernah berdoa di media sosial? Pasti pernah dong, termasuk juga gue. Tapi kadang setelah berdoa di media sosial, gue suka khilaf. Abisnye pegimane yak, berdoa kan urusan kite sama Tuhan, ngapain juga gitu musti diketahui sama orang banyak. Nanti yang ada dikira pencitraan dan pamer.




Kalopun lagi-lagi gue berdoa di media sosial, seringkali abis itu gue hapus status/twitnye. Itu juga kalo inget. Kadang juga guenye kelupaan, suka secara gak sadar tau-tau berdoa aje di media sosial. Dan kagak tau deh masalah haram atau nggaknye, banyak yang bilang sih haram. Ada juga yang bilang, “Ngapain sih berdoa di media sosial, emang Tuhan punya media sosial ape?” Nah masalahnye, Tuhan kan Maha Mengetahui. Jadi pasti selalu tau kalo hambanye punya permintaan.

Yah, begitu laaaaah!

Wallahualam, lah.. Wan Wan Emoticons 20Wan Wan Emoticons 20Wan Wan Emoticons 20

Kedua, curhat. Nah ini, sebenernye gue juga masih kagak bisa menghindari yang satu ini. Seringkali secara kagak sadar tau-tau curhat aje di Twitter. Apelagi curhatin soal mantan. Eyaaak!


EAAAAAAAAAAA

Cuma kalo gue lagi curhat sih, ya kayaknye kagak sampe menuhin timeline orang laen. Iye kagak sih? Gue juga masih agak waras, kaleeee. Wan Wan Emoticons 35Wan Wan Emoticons 35Wan Wan Emoticons 35


CIYEEEEEEEE

Gue pun sangat menghindari curhat soal keluarga. Ya pokonye soal aib gitu deh. Tau lah kalo temen-temen semuanye...

Ketiga, pamer. Hadeuuuh, dampak dari media sosial yang sangat berasa banget itu ya PAMER. Banyak dari kite yang secara sadar dan kagak sadar tau-tau PAMER aje ke media sosial. Ada yang pamer harta, dengan fotoin tas, sepatu, rumah, motor, dll. Pamer badan, dengan foto-foto yang berisi badan kite yang sensual (kite? Lo aje kale, ah!). Pamer makanan, sampe makan cuman sama telor ceplok aje pamer (yang ada bikin kite kesian yak hahaha, tapi kalo pamer makanan sih masih gue maklumi lah, kali aje bisa jadi referensi buat masak atau pergi ke restoran yang menyediakan makanan terkait). Pamer foto lagi jalan-jalan (oke, ini bikin iri. Tapi masih bisa dimaafkan karena bisa jadi sumber referensi juga). Atau pamer penyakit (sebenernye ini yang paling kagak penting, penyakit kok dipamerin? Ngenes, yak... tapi ya seringkali kan kite lakuin?).


Nemu di pesbuk, ada yang suka share macem beginian. Sebenernye mah kagak penting juga sih kalo lagi di rumah doang pake beginian segala -____- (pamer kah?)

Bikin iri... Kelakuan temen gue nih tiap hari mamer beginian -______-

Nah, kalo pamer makanan, mendingan lah. Walaupun cuman pamer indomi hahahaha!!!
Masalah pamer ini, kayaknye sih terkait dengan hierarki teori kebutuhan Maslow yang pernah diajarin sama dosen gue di kampus. Pokonye, sebenernye kebutuhan manusia yang tertinggi itu adalah AKTUALISASI DIRI yang sayangnye belom semua orang berani dan bisa mewujudkannye. Makanye pada hierarki yang berwujud segitiga itu, AKTUALISASI DIRI dimasukin di tingkat teratas yang memiliki luas terkecil daripada tingkat dibawahnye.




Aktualisasi diri tuh kayak gimane? Ya intinye kayak pengen diakui dengan label tertentu oleh orang yang melihatnye. Contoh, gue pamerin dada gue yang bertato, artinye gue kepengen orang-orang melabeli gue sebagai anak gaul dan cewe seksi (Secara pamerin dada, hahaha! Tapi ini cuma contoh doang, kok!!!).

Sebenernye mah, silakan aje kalo mau pamer-pamer, tapi jangan keseringan ah, kesannye menyombongkan banget, gitu. Dan takutnye malah bikin orang laen iri terus mereka melakukan yang kagak-kagak demi ngedapetin barang yang dia liat dari si pamer. Pfffttt!

Keempat, marah-marah/menyindir seseorang. Yang ini juga masih belom bisa gue hindari. Mungkin kalian semua juga kayak gitu. Tapi kalo gue sih, marah-marahnye diusahakan kagak pake kata-kata yang jorok dan pake nama-nama hewan. Walaupun kalo di dalem hati mah, gue kalo marah selalu nyebutin kata-kata anonoh. Di hati doang, kalo untuk ditulis dan diucapkan masih berat banget, sih...

Soal nyindir.... yah kagak tau juga, deh. Sebenernye mah nyindir itu bentuk kalo kite kagak berani ngomong langsung ye ke orang yang disindiri. Tapi kayaknye udeh jadi kebiasan kite semua kalo ada masalah pasti sukanye nyindir, apelagi cewe. Muahahaha. Wan Wan Emoticons 46Wan Wan Emoticons 46Wan Wan Emoticons 46

Ya sebenernye mah kelakuan kayak gini kagak baek, lah. Bisa bikin ilfil penggemar kite gitu... Cahilah penggemar, gaye ah. Eits, sape tau kan ada penggemar rahasia gitu hahaha.

Kelima, ngomongin idola mulu. Sesekali silakan, tapi kalo diomongin everytime, siap-siap aje diunfriend or diunfollow rame-rame!

Jadi, hal-hal diatas yang mane aje sih yang masih kalian lakuin? Ya kalo kalian masih melakukan hal-hal diatas sih kagak nape-nape, yang penting jangan berlebihan dan bikin nyampah, ye! Hihihi. Ada tambahan kagak nih betewe? Hihihi. Wan Wan Emoticons 40Wan Wan Emoticons 40Wan Wan Emoticons 40

68 comments:

  1. yang kelima bener banget kapin, PEN BET SAYA UNFOL!
    tapi saya gaberani, soalnya itu kakak kelas -_-
    padahal nyepam banget! -______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeelah santey ajeeee, unfol aje drpd lu stress

      Delete
  2. nambahin ah, pacaran di timeline..
    itu juga bikin gue iri -__-

    atau mungkin saat kemana2 update foursquare < ini gue tapi jarang hahaha

    yah namanya juga idup~

    ReplyDelete
    Replies
    1. foskwer apa bgt lah kaga penting :))

      Delete
  3. mungkin yang ke-5 ane kapin *kadang-kadang sih* -___-

    ReplyDelete
  4. KELIMA >> Ngomongin idola mulu.... nah ini pernah ada langsung gue unfollow abis tiap hari pagi, siang, sore, malem itu aja yang di omongin gue kan boseeeeeeennnnnnn !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baguslah kalo udah diunfollow :)))

      Delete
  5. Keempat, mungkin ane kena. Mungkin juga tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena kok, kita samaan. mungkin kita jodoh :3

      Delete
  6. yang kelima temen gue banget kapin!!.. ngomongin boyband sama girlband mulu... sampe 1 detik bisa ngeretweet 3 twett .., beuhh

    ReplyDelete
  7. Yang nomor empat paling susah dihindari hehe XD

    ReplyDelete
  8. semuanya susah dihindarin deh kak -_- tapi seenggaknya frekuensinya ngga berlebihan gitu ya :D

    ReplyDelete
  9. Nomor 5 teman aku bgt nih, pernah aku sindir ditwitter, hasilnya aku dibully sama genk" dia (-____-")
    beneren deh, mereka itu egois bgt!

    ReplyDelete
  10. sebenernya, skr sudah jarang update ato main twitter karena sudah banyak bener jenis tweet dari para pengguna nya seperti yang disebutin itu pin ..

    tapi kagak tega kalo mau di unfriend atau di unfoll, takutnya ny mereka malah salah paham.

    baru-baru ini juga pernah juga ngalami menjadi salah satu pengguna akun socmed seperti diatas, lebih tepatnya tipe no. 4 sampe2 di unfoll seseorang yg sebenernya cukup akrab dgn saya juga.. :o

    mungkin si "dia" risih karena saya terlalu "vulgar" berkoar-koar nya di twitter. mungkin karena si dia juga baru pulang naik haji, jadi tingkat "kehajaan" atau tingkat "ceramah" nya lagi tinggi-tinggi nya sampe ngehakimi saya gitu bener. hahaha #curhat-kehilangan-follower

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gue juga mengalami nih, nancep abissss :))

      Delete
  11. Setuju ama yang nomor 5 ! jangan ngomongin idola lo terus !

    ReplyDelete
  12. yah kalo nomer empat mah aku masih kayak gitu XD

    ReplyDelete
  13. Nah loh, bener tuh.
    Mendingan besok pamer makanan aja dah, biar greget hahaha

    ReplyDelete
  14. Hmm... sebenernya ngga bisa ngomong apa yang boleh dan ngga boleh dilakukan di socmed. Kan itu sebenernya privasi masing2. Kalau ngga mau baca hal2 seperti itu, ya di unfollow saja ;) Apalagi twitter, twitter itu seperti buku cerita. Kita boleh membaca apa saja yang kita inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya hal2 diatas mungkin masih bisa dimaklumi jika dilakukan nggak secara berlebihan. Menurut saya loh ya.

      Kalau ada temen yang melakukan hal2 diatas dan terlalu berlebihan, nah itu yang sebenernya bikin risih. Untuk masalah unfollow, gak banyak orang yang berani memencetnya kalo yang bikin risih itu adalah temen deket kita sendiri.

      Dikembaliin lagi ke masing2 individu : masih mau menerima dan tahan ketika menghadapi orang seperti hal2 diatas yang dilakukan secara berlebihan? Dan menjadi suatu intropeksi diri aja bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu lebih baik dihindari lah, misalnya jangan terlalu mengumbar apa yang dimiliki krn itu bisa mengundang kleptop atau maling :D

      Delete
  15. setuju...kdg gue risih jg ngeliat pa yg trjadi di sosial media skrg ni. berdoa saja tidak dilakukan pd tmpatnya. bnyak bnget nemu yg kyak gtu. oya tmbahan satu lg dr gue yg bkin risih ni. org yg nge twit atau update status stiap 5dtik sekali. pusingliatnya dia2 ja trus yg nampak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tipe nyampah dong, unfollow aja x)

      Delete
  16. bentar bentar. itu berapa taun sekolahnya ampe kek gerbong kereta titlenye? -..-''

    setelah baca post yg ini. gue merasa kotor. hiksss
    *rinso mana rinso*

    ReplyDelete
  17. bener banget.. paling nggak suka dengan yang curhat hahaaha

    ReplyDelete
  18. Bukan tipe pengguna social network yg suka *ngomongin idola mulu*,, tapi kalo yg 1-4 nya itu,, kya'a kadang,, eh sering deh.. :3 (^.^)v
    ehm,, namanya juga dunia maya,, tempat nyari-nyari pratian yg g kedapetan didunia nyata.. mueheheh (apa coba)... xD

    ReplyDelete
  19. yang paling gue temuin di socmed itu tentang marah-marah dan berdo'a ! seakan mereka beranggapan dengan melakukan kegiatan begitu hajatnya bakal terpenuhi, padahal mah sama sekali enggak =="

    eh, kak Pin ? emang beneran dada kamu bertato ?
    kalo bertato, tatonya warna apa ?
    gambarnya apa ? XD

    ReplyDelete
  20. tetep paling parah ngomongin idola, bosen liatnye -____-

    ReplyDelete
  21. Yang kelima bener banget. Aku pernah nge-unfoll 2 org yg dulu pernah sekelas sama aku gegara tiap hari mentionin idolanya. Kagak berhenti kalo mentionnya belum di bales/RT. Dih penting banget gitu ya -.-

    ReplyDelete
  22. gimana yah, tweet asik pun kalo nge tweet nya terlalu dibuat buat semacam quote blabla aja juga ngebosenin -_- ohiya, tweet berdoa rasanya sih nggak apa deh, soalnya kan bisa mengajak teman teman lain yang baca juga berdoa :D seperti tweet bersyukur dll.
    nge share itu asik kok, gimana kalo orang bilang kak pina sering nge post blog eh dibilang pamer kemampuan menulis, nah hayo:p
    tentang idola, hmm..kata deddy corbuzier sih "setiap orang pasti punya kegilaan pada suatu hal, dan itu normal. " jadi ya..gitu.
    menurut ku kak, diluar atau didalam kriteria yg kakak tulis diatas sebenarnya nggak ngaruh, asal nggak berlebihan dan tergantung orang yang baca.
    kalau orang yang kita benci ngetweet, apapun yang dia tweet pasti kita kesel :))

    hehe untuk pertama kali kurang setuju niih sama post kak pina, jadi takut ngungkapinnya tapi peringatannya gak boleh anonim XD jangan diskak ya kak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha diatas kan gue tulis, jangan berlebihan. di twitter kemaren juga share soal ini. pokonya segala sesuatunye jangan berlebihan :)))

      anyway menurut gue mendingan pamer karya daripada pamer harta benda, setidaknye dengan karya :

      1. Bisa menghibur
      2. Menambah pengetahuan
      3. Dapet pahala
      4. Dapet bonus (duit, bisa kenal dg org yg lebih sm kita)

      Delete
  23. ye emang nyindir orang gak bisa dihindarin. kalo gak ada temen cerita pasti larinya ke nyindir orang. masalah kerasa makin gede kalo dipendem sendiri. tapi ada lho, twitt kita yg gak bermaksud nyindir terus malah dikira nyindir. heuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener, gue sering kok kayak gini :)))

      Delete
  24. kelima! gue udah diunfollow pina gara gara ini kayaknya ehehe :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha maap yak abisnya gue kaga ngerti twit lu sih. tapi bukan maksud gue buat memusuhi lo sih :D

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. bukan mau ikut - ikutan yang di atas. yang kelima tuh kak, pernah bikin mata pedes. yang akhirnya gue block deh. eh pas gue block, dianya tau. gue di omelin.. :D

    nice post. :D

    ReplyDelete
  27. yang keempat aku sering, hahaha :D
    biasanya kalo aku sebel sama kelakuan seseorang tapi nggak berani ngeremove, jatohnya aku mute atau unsubscribt(gimana ya nulisnya?)

    ReplyDelete
  28. informatif banget nih. udah aku follow. follow balik ya :) http://cuilakorai.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. hadeh, yang nomer dua ama lima tuh paling bikin repot... sindrom sejuta umat... -_- mau unfolllow kalo temen deket juga ga enak, mending ngomong langsung sama orangnya kalo yg dia lakuin itu gengges banget... haha

    ReplyDelete
  30. Jadi kebutuhan kita itu aktualisasi diri? Pengen diakuin berarti berbuat demi manusia dong Kak? Jangan marah ya Kak, aku kan nggak tau... Makanya aku nanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah munafik, kita semua butuh aktualisasi diri. Wujudnya gak cuma berupa pamer. Bisa mengungkapkan pendapat pun salah 1 bentuk aktualisasi diri kok. Dengan mengungkapkan pendapat, akan terjadi suatu makna terhadap komunikan bahwa kita ini, misal : "gak gaptek" "gak bego2 banget" dll.

      Ngerti gak ya kira2 hahahahaa

      Pengen diakuin pun gak cuma terhadap manusia doang. Kita kan juga mau diakui sama Tuhan sbg hambanya yg baik biar masuk surga. Caranya gimana? Melakukan komunikasi dengan Tuhan berupa berdoa secara intens.

      Delete
    2. Ngerti Kak, ngerti dikit, hehe... Oke deh Kak, thanks. Kayaknya seru ya belajar di jurusan Kakak.

      Delete
  31. kalo dipikir-pikir jaman sekarang teori Maslow sudah agak dipatahkan...kalo dulu untuk mencapai puncak piramid mesti dari bawah dulu itu kbutuhan terpenuhi...tapi sekarang mungkin karena efek gencaran media, walopun kebutuhan2 pada level bawah belum terpenuhi, rame2 dah pada meng "aktualisasikan diri" #haissshh..komengnya berat dah ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya bisa jadi tp tetep aje belom semua orang mampu kok, kan gak semua orang menggunakan media, inget di Indonesia masih banyak yg miskin loh...

      Delete
  32. Hampir dari semua pernah aku lakuin di socmed. Mungkin yg ngomongin idola nggak pernah. Tapi berdoa juga sesekali khilap, hehehe. Nyindir org kalau nggak beneran marah atau bener bener nggak enak ati baru mungkin sempat khilap, ya gitu ngetwit ngetwit nomention

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomensyen memang mengasyikkan :D

      Delete
  33. Kakpin ilove ur posting :D aaak jadi suka nyecroll blog kamu :D

    ReplyDelete
  34. Bagi mereka SocMed tempat buat pamer yang paling pas, tipe-tipe pamernya : pamer pacaran, pamer makanan, pamer doa, pamer kesedihan, pokoknya segala macem bentuk pamer deh, kalo gue sih menganggep kalo cuman sesekali gapapa tapi kalo sering? muntah juga gue ngliatnya....

    ReplyDelete
  35. pamer harta sama ngomongin idola, paling bete banget deh kalo liat begituan di Timelineku kak . Masih untung kalo kita dikasih (itung2 sedekah hehe) tapi ini orangnya pelitt buangett

    Kalo yg pamer makanan aku masih sering sih, soalnya kan jurusanku tataboga, hehe.. tapi ga sering-sering banget, paling kalo ada pulsa atau wifi doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang pelit kuburannye sempit :))

      Delete
  36. kalo gue sih,, yang bikin ngenes itu,, kalo masalah pamer gitu.. terutama pamer poto ama pacar..
    nyeselin... secara gue jomblo gitu.. (kayax gue pamer juga deh,, Jomblo kok d pamerin) hehehe...

    n kalo gue sih,, seringnya yg ke empat,, marah-marah di media sosial... meskipun itu marah nggak jelas...
    hehehe

    tambahan ni,, timeline gue sering di penuhi ama ucapan hari-hari spesial,, kaya hari ibu..
    hampir semua orang statusnya ngasih ucapan,, termasuk gue (dulu) padahal ngapain coba,, ngomong langsung ke Ibu ngapa,, itu pun kalo ibu kita punya FB tw twitter,, kalo kagak kan percuma,, kagak ke baca juga sama beliaunya...
    hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ngucapin "hari ibu" di media sosial mungkin tujuannya jg buat mengingatkan yang lain hehe

      Delete
  37. masih ada ka pin. yang suka pake twitterfeed dan free followers buat banyakin followers. ga penting banget haishhh-_-

    ReplyDelete
  38. kalo gue update status random karena teman/pengikut di media sosial juga random, gue pengertian sama mereka meskipun mereka ga pengertian sama gua *halah

    ReplyDelete
  39. yang kaya gini nih yang musti dibaca orang-orang yg suka berdo'a di fb..hahahahhaa

    salam #kawancutKK

    ReplyDelete
  40. Iya bener banget nih,, jangankan ber do'a mengungkapkan Aib sendiri aja ada yang melalui media sosial gimana nggk repot tuh udah kayak gitu ??

    ReplyDelete
  41. Doa apa aja boleh, misal doa minta azab ke seseorang itu sah-sah aja. Nah celakanya kalo doa itu dikabulin berarti yg mendoakan tersebut berdosa & yg terkena 'sumpah', 'azab', atau apalah itu dosanya akan terampuni (berkuranglah) <- kata guru spiritual gue (bukan eyang subur ye)

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Salam kenal mpok.. :-D
    Wah, dgn terpaksa kudu ngaku kl itu benar.
    *namanya jg sosmed
    Btw, itu nasi/mi warna-warni, bikin laper.. Hehe
    Lanjutkan!

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*