Tuesday, 19 November 2013

Kite Semua Hipokrit, Jenderal!



hipokrit hipokrit dimana-mana


Di dalem buku Manusia Indonesia yang ditulis Mochtar Lubis, salah satu ciri orang Indonesia itu adalah HIPOKRIT. Hipokrit sendiri persamaan katanye yaitu munafik. Hipokrit menurut KBBI artinye munafik atau suka berpura-pura. Atau menurut kamus Oxford, hipokrit adalah orang yang berpura-pura mempunyai standar/patokan moral atau opini yang sebenarnya tidak dimilikinya.

salah satu halaman MANUSIA INDONESIA yang diambil oleh mas @gembiraputra


Berdasarkan ape yang kite rasa, kite bisa mengartikan bahwa hipokrit merupakan suatu sikap di mane ape yang kritisi/sindiri merupakan ape yang sadar/kagak sadar kite lakukan. 

Contohnye gini. Pernah kagak lo ngedenger atau ngeliat di socmed orang : “KAGAK USAH NGURUSIN ORANG LAIN DEH, URUSIN AJE LO SENDIRI!”

Kalo kite ngedalemin kalimat ntu sih, kite mustinye mikir : “Hmmm, ape ade yak seseorang yang kagak bakalan ngurusin orang laen?”

Hipokrit? 


Yes. Dan sadar kagak sadar kite suka kayak gitu kan?

Sape di sini yang kagak pernah stalking orang laen?
Sape di sini yang kagak pernah baca atau nongton inpoTAInment?
Sape di sini yang kagak pernah gosipin temen?

Ups, padahal ketiga kelakuan di atas termasuk NGURUSIN ORANG LAEN~~~

Terus, mungkin ada segelintir dari kalian yang pernah ngomong gini : “KAGAK USEH DAH NGURUSIN TWIT GUE, EMANG PAKET INTERNET GUE, ELO YANG BAYAR?”

Bener juge sih ame kalimat di atas. Cuman sadar kagak, ada suatu waktu ketika kite mengeluh :

“IIIH, TWIT LO JOROK BANGET SIH!!! RISIH!!!”
“IIIH, GALAU MULU LO KAYAK KAGAK ADE KEHIDUPAN DI HARI ESOK AJE!”
Dan laen-laen.

Lah, ntu juge termasuk ngurusin twit orang laen, kan? Lah, emang situ yang ngebayarin internet pengguna Twitter yang kagak disukai? Hehehe.

masih mau jadi hipokrit?

Terus nih, kite suka ngaku paling kesel sama yang namanye kebohongan. Padahal kite juge pernah berbohong kan?

Mengaku takut Tuhan, tapi pernah atau sering meninggalkan ibadah.

Mengaku paling suka berpikiran positif, tapi ketika melihat twit sindiran temen, langsung merasa.

Berkata, “Plis deh, bisa kagak sih lo kagak nyindir-nyindir gitu?” padahal yang diomongin termasuk sebuah sindiran.

Bilangnye, “Ngaca dulu deh sebelom menilai orang!” tapi sadar kagak sadar suka menilai orang laen.

Nyindir, “Duh, twit lo kagak berbobot bener sih!” tapi masih ngefollow temen yang twitnye kayak begono, atas dasar “pertemanan” tentunye.

Koar-koar udeh move on, tapi sering stalking masa lalu.

Suka ngejudge politisi yang korup, tapi sendirinye suka korup waktu.

Bilang kalo cewe cakep ntu cukup dari inner beauty-nye. Tapi kalo dikasi cewe cantik blasteran yang tinggi putih juge demen.

Dan masih banyak contoh laennye.

JLEB banget ye? Iye banget! Sadar kagak sadar, kite bersikap seperti seorang hipokrit. Udeh, ngaku aje.

ngaku hipokrit yuk!

Ah, sayang sekali buku MANUSIA INDONESIA belom gue beli, kalo udeh gue beli pasti makin HOT deh nih tulisan~~~

Lalu, kenape sih banyak orang (termasuk kite) bersikap hipokrit?

Pertame, karena kite pengen diaku. Selalu terus pengen diaku. Diaku sebagai orang terhormat, soleh, tenar, pinter, dll.

Kedue, cari perhatian.

Ketige, udeh jadi budaya atau kebiasaan.

Tinggal pilih aje dah tuh.

Terus, biar kagak jadi hipokrit pegimane? Nah, ini rada susah. Di kala kite masih hidup dengan orang laen, kite pasti sadar kagak sadar bakal jadi hipokrit. Misal, ngaku sama temen kalo lo udeh move on, padahal boro-boro deh. Iye kagak? 

Yang penting sih, jangan berlebihan. Emang sih segala sesuatunye kalo berlebihan kagak baek. Mungkin dari sekarang kite minimalisir aje ape ye? Kalo dihilangin, kayaknye kagak berani jamin.

Yah, beginilah hidup. Renungin aje.

Ada yang bisa kasi contoh hipokrit laen?

HIDUP HIPOKRIT!!!



Sumber Gambar (diedit di photoshop cs 4)



34 comments:

  1. Yang bagian cewek dari Inner Beauty-nya itu kena banget gue kak hahah, Kadang gue juga suka berpendapat kalo cewek cantik itu dari Inner Beauty-nya, tapi kadang kalo liat cewek cantik banget suka demen juga hahaha. Kalo gue sih selayak nya cowok normal aja, tetep cari cewek cantik, tapi kalo suatu saat nanti gue udah engga bisa cari cewek cantik yang baik, dan semua nya berubah jadi binal semua. gue akan mencari cewek yang apa ada nya. Jujur aja gak berusaha munafik, gue kalo cari cewek tetep yang cantik hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kita udah terlanjur kena propaganda kalo cewe cantik itu begini begitu, jadi begitu hipokritnya kalo kita liat cewe jelek itu cantik (walau sebenernya dia orang baik).

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. nah, tentang “KAGAK USAH NGURUSIN ORANG LAIN DEH, URUSIN AJE LO SENDIRI!” pernah terlintas dipikiran gue. pernah tweet juga-_- bagaimana yak? saat lo ngucapin atau semacamnya-lah seperti tulisan yang gue kutip tadi pasti lo dalam kondisi yang kurang mengenakkan. menurut gue sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, dan itu juga turut dirasakan dan dilakukan semua orang :p

      Delete
  4. iya betul banget itu contoh2nya. kena banget sama kesehariaan. ya namanya hidup. ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha "ya namanya juga hidup" #JargonMasaKini

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga khilaf, manusiawilah.. hahahaa

      Delete
    2. asal jangan keseringan khilafnye :p

      Delete
  6. dan makin berkembangnya teknologi, makin hipokrit aja kita ini lewat sosial media :p

    ReplyDelete
  7. iye aku hipokrit kokk *sambul ngepoin twit mantan gebetan :3

    ReplyDelete
  8. betul banget, sepertinya gue hipokrit:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang, hampir semua orang bersikap kayak gini kok

      Delete
  9. dan keseringan kesalahan sendiri dianggap sepele. kesalahan orang lain dibesar-besarkan. biasa. :))

    ReplyDelete
  10. kayaknya sih semua orang di dunia hipokrit deh ya.
    karena gak semua yang kita bilang itu berasal dari hati kita.
    dan itu hipokrit.
    bahkan komentar ini bisa saja hipokrit.
    haha

    ReplyDelete
  11. jadi selama ini aku hipokrit ya kak :'3

    ReplyDelete
  12. saya termasuk ._.v , bener banget semua pasti pernah stalking ya

    ReplyDelete
  13. TOP BANGET INI ARTIKEL HAHAHA.. HIDUP HIPOKRIT!! HIDUUUUUP!! :))

    ReplyDelete
  14. berarti gue juga hipokrit? tapi emang sih, namanya juga manusia. nggak bisa jauh jauh dari kemunafikan dan dusta. jadi, ya, pake prinsip Nike gue aja: just do it. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah lo mah dari dulu ujung2nya Nike mulu -_-

      Delete
  15. Mpok inspiratif banget blognya.. setiap gw berkunjung selalu dapet ilmu baru yang sangat baek buat UN nanti.. hahhaa
    klo menurut aku mpok, hipokrit itu argumentasi untuk memanipulasi...

    ReplyDelete
  16. tak kusangka aku ini hipotamus eh hipokrit, engkau telah membangunkan aku dari lamunanku mpok trima gaji dan saya undur diri, engkau menghipnotisku, kau begitu membuka cakrawalaku, kau selalu keren mpok.

    ReplyDelete
  17. pernah baca suatu tulisan di media massa dari salah seorang budayawan (lupa di media mana)..beliau bilang kalo pada dasarnya hipokrit atau sifat munafik itu sebenernya benihnya sudah ada di dalam diri setiap manusia (kecuali para nabi dan Rasul kali y)..
    cuma yang membedakan, ada yang ga sadar bahwa mereka sedang mempraktekkan "kemunafikan" dan ada yang secara sadar berperilaku munafik....dan mereka yang secara sadar melakukan kemunafikan itu adalah manusia2 yang paling berbahaya..
    just share ya pin :)

    ReplyDelete
  18. Dibukunya Koentjaraningrat "Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan" juga di jabarin panjang lebar tentang tulisannya si Mochtar Lubis "MANUSIA INDONESIA". Gue dulu pernah baca.. Baca dibukunya Eyang koentjaraningrat aja lebih gampang nyarinya. Kalo bukunya si Mochtar Lubis mah susah nyarinya..

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*