Thursday, 12 December 2013

Digombalin Bule? Jangan Geer dulu!



iye! 


Di dunia maya, yang namanye penipuan ntu udeh biase terjadi. Mulai dari penipuan berupa perampasan uang, cinta, hingga keperawanan. Ade juge yang ketipu ame tampang temen dunia maya yang tadinye mau dipacarin dan akhirnye kagak jadi karena mukenye kagak sekece di foto. Oke, untuk poin terakhir ntu gue udeh pernah ngerasain. Soal penipuan cinta pun, gue dan temen-temen laen udeh banyak yang mengalami, untuk lebih jelasnye silakan beli buku KANCUT KEBLENGER: DIGITAL LOVE. Selaen mendapatkan kisah percintaan dunia maya yang dapat dijadikan pelajaran, kalian juge bakal dapet pahala karena royalti murni untuk kegiatan charity tahun depan.

*uhuk, maap promosi terselubung*


Gue udeh terlalu sering ngedenger berita orang-orang yang ketipu oleh temen yang dikenalnye melalui internet. Bahkan tetangge gue pernah ditipu temen pesbuknye. Pas ketemuan ame si temen, eh malah dihamilin, mending tanggung jawab, lah malah ditinggal pergi gitu. Serem abis. Plus ngenes pula.

Dan kini... ade modus penipuan baru yang dilakukan oleh bule-bule bejat. Sebenernye kagak baru-baru amat sih, cuman mungkin di sini ade temen-temen yang belom tau.

Coba deh cek inbox FB kalian ade kagak message dari bule kece? Yang cowo biasanye bakal dimessage bule seksi, yang cewe biasanye baka dimessage cowo bule kece dan ‘dewasa’ (baca : udeh tuir gitu).



Kalo potonye cuma 1 sih, udehlah fix ntu akun palsu

Pada September 2013, gue tiba-tiba dimessage cowo bule tuir, yang mengaku telah berumur 50 taon. Yassalam, seumuran ame emak gue, masa! Trus, tuh kakek-kakek bilang kayak gini (gue translate ye) :

“Hai cantik, saya adalah Richard, seorang anggota militer US. Kini saya berada di Timur Tengah untuk sejumlah visi. Oh iya, saya adalah seorang duda yang telah ditinggal mati istri. Sebenarnya saya ingin sekali memiliki istri kembali. Honey, bisa kah kita berkenalan lebih jauh? Saya rasa kamu adalah perempuan yang sesuai dengan saya...”

Jiah, cape deh, ente kira ane bakal ketipu?! Gile aje, masa gue musti berhubungan ame kakek-kakek!


Belom lagi ada 2 cowo bule laen yang kurang lebih sama kayak si Richard. Oh iye, sayangnye gue kagak keburu screenshoot, soalnye udeh dihapus ame pesbuk. Yang berhasil gue dapet sih ini :

PRET

messagenye udeh kagak ade

Gue dulu pernah nanye ke temen-temen followers Twitter, dan ternyate mereka juge pernah ngedapetin message yang same. Untung mereka kagak percaye, pegimane ame cewe-cewe laen?

Well, gue pernah ngebaca cerite temen di pesbuk kalo biasanye yang jadi korban adalah para TKW. Kalo menurut pengamatan gue malah biasanye yang jadi korban adalah :

1. Kebanyakan cewe, walau ade juge cowo yang pernah ketipu ntu bule.
2. Cewe-cewe lugu yang gampang kerayu cowo (mane cowonye bule kece!)
3. Cewe-cewe yang kebelet nikah tapi belom ade calonnye, mangkenye pas nemu ade yang ngegombalin, langsung girang dan percaye aje.
4. Cewe-cewe yang ngebet pengen punye cowo bule. Memperbaiki keturunan, keleuuus.

KENAPE GUE MENYEBUT SI BULE NTU PENIPU?
Karena gue tau kalo mereka pada pake foto palsu (silakan cek di Google Gambar!). Dan kalo kite terus-terusan ngeladenin atau memberikan harapan ke mereka, pasti deh ujung-ujungnye mereka bakal minta duit. Alesannye? BUANYAAAK! Buat usaha, lah. Biaya rumah sakit orangtuanye, lah. Apelah. Bullshit! Kenal juge kagak, udeh sok minjem duit. Lagian emang bakal dibalikin?

Pinjemin duit ke temen aje gue kadang agak berat hati, pegimane ke orang asing. Mending jumlah yang diminta cuman ceban (10 ribu), kalo sampe berjuta-juta? Aduh maaak, eyke nyari duit susah! Eyke kan nyari duitnye pake otak, bukan modal ngangkang!

Gue pernah dapet informasi dari temen kalo penipu-penipu bule ntu adalah komplotan orang berkulit hitam asal Afrika yang bermarkas di Malaysia dan sejumlah kota di Asia Tenggara. Entahlah... mau item atau putih bodo amat, kalo emang dasarnye penipu tetep aje gue males! Oh iye, aksi tipuan ini biasanye disebut dengan SCAMMER. Selaen menipu para pengguna socmed ‘kesepian’, mereka juge suka menipu orang laen via e-mail. Misalnye tiba-tiba ngasi tau kalo kite menang lotere, dapet duit warisan bapaknye (What? Kenal juge kagak!), minta dititipin duit sekian dollar, dll. Pokonye pasti ujung-ujungnye duit, dah! Hati-hati aje, kagak useh dipercaye, yak!

Untuk lebih jelasnye, kalian bisa bace-bace di mari :
1. Wikipedia : Nigerian Scam

Pokonye ye, plis kagak useh percaye ame ketampanan/kecantikan, rayuan gombal, dan segale hal berbau duit instan! Apelagi soal duit, tuh, yaelah kalo mau dapet banyak duit mah yang penting USAHA, brosis!


Temen-temen pembace ade yang pernah jadi korban kagak, nih?




36 comments:

  1. Nyokap gue pernah juga kena ginian, untung sih dia nggak percaya. Tapi gue pura" ladenin eh terus bule nya mau ngirim hadiah tapi pake duit gitulah terus suruh ngajak ke Amerika nya. Alah 2013 begini masih aja nonsense gitu hoek. -...-

    ReplyDelete
  2. Kapin gue mau cerita dikit, jadi tuh tetangga gue ada yg baru nikah sama bule turki yg udah 50tahun-an gituh, katanya mereka kenalan lewat skype, trus si bule itu bilang kalo bakal nikahin tetangga gue, jam 2malem si bule nyampe dirumah tetangga gue, jam 9 hari itu juga mereka langsung nikah. Katanya sih si bule itu udah punya istri orang jakarta, tapi sama istrinya disuruh nikah lagi, laah gimana tuh kapin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tetangga lu musti ketemu istrinye ntu, bener kaga tuh alesannye

      Delete
  3. aku jg perna ngalami gini di fb, biasanya sih langsung masuk ke spam n yes spontantly I delete/ block them

    ReplyDelete
  4. Gue juga pernah dapet pesan gitu dari cewek bule (diliat dari poto profilnya). Gue kacangin aja. Gue, kan, gak suka sama cewek bule. Gue sukanya sama tumbuh-tumbuhan.

    ReplyDelete
  5. aku sering banget tuh kak.. biasanya dari arab saudi or india.. kalau yang ini malah langsung pada intinya.. mereka langsung ngajak PS or CS .. ih,,,!!!! ampun dah

    ReplyDelete
  6. sumpah aku baru tau kapin :|
    nice info (y)

    ReplyDelete
  7. Wah, Jangan sampe dah..
    kalo ntu bule berani nipu gue bakal langsung gue tampolin di tempat ampe goblok segoblok gobloknya..
    asli ampe goblok segoblok gobloknya..
    ah elahh

    ReplyDelete
  8. hahaha persis sama dapet message-nya kayak gini, ngakunya juga tentara di amrik terus fotonya cuma satu. messagenya masuk kotak spam deh. ga dibales sih waktu itu abis aneh aja doi random gitu, tapi baru tau abis baca post ini kalo itu scammer, bang bule huhuhu. </3

    makasi kapin infonya. (y)

    ReplyDelete
  9. kalo aku sih pernah digombalinnya di email, masuknya jelas ke spam lah. haha
    temanku kayaknya ada yang pernah jadi korban deh. cuma begonya dia ga sadar. malah nikmatin aja pacaran sama bule fiktifnya. duitnya 7jt, hp, sama cincinnya ludes. tapi ludesnya sama temennya di bulenya ntu. entah deh gimana ceritanya aku juga bingung dengerinnya.

    ReplyDelete
  10. wah baru tau nih ada yang kayak gini. untung gua belum pernah kena mpok
    haha

    ReplyDelete
  11. aku ga pernah digituin, aku gak laku ya? :(
    atau aku masih dilindungin sama Tuhan dari orang-orang jahat? *plak*

    ReplyDelete
  12. sering banget dapet kayak ginian di email, entah itu menang lotere atau menang kuis. lah ikutan aja gak pernah, plisdeh :v

    ReplyDelete
  13. Iya tu di inbox fb sering bgt ngirim2 pesan gak jelas orang bule kurang kerjaan itu kapin, ada juga yang minta alamat email katanya si tertarik dg ane, nahlo maksute opo lo, ? Males kali nanggepinya, di bilang mirip ratu inggrislah inilah itulah :D , padahal kami gak berteman tapi ngirim pesan muluk

    ReplyDelete
  14. wah ga pernah sih di-PM sama orang bule tukang tipu kayak begini.. kalo dari henpon banyak.. :|

    ReplyDelete
  15. kalau yang di FB sih bule yang SKSD ngomentari foto-foto gue mulu
    ngerasa punya fans sih tapi jadi kayak fans garis keras gitu -,-

    ReplyDelete
  16. Gue baru tau kalau ada modus kayak beginian di facebook.
    Mungkin karena iman gue kuat, terus di lindungi sama Allah s.w.t.
    Btw, maklum juga sih. Orang Indonesia suka yang instan-instan. Dan, jalan yang instan udah pasti gak ada yang bener. -_-

    ReplyDelete
  17. sering sih dapet yg kaya' ginian cuman gakpernah di respon.hhaa

    ReplyDelete
  18. di Fb dan email dapet pessan dari bule kagak di kenal, kadang nyuruh ngeadd dia. aku mooh gak mau kak pin. gak tak ladenin sama sekali.

    ReplyDelete
  19. gua baru aja kemaren dapet pesan gini, tapi sama cewek bule, dia minta gua share foto ke e-mail dia, ya jelas gua ogah lah, cewek bule nya juga gendut, paling pemain...:/

    ReplyDelete
  20. gue kapan ya dapet chat daei bule cewek yang masih muda dan seksi? *o*

    ReplyDelete
  21. pernah lah di message kek gitu. lumayan bahasa inggrisnya bisa buaat tambahan kosa kata kalo ketemu sama relasi yang butuh pake bahasa inggrisan haha yang jelas kaga aku respon lah. ketauan banget lagi nipunya

    ReplyDelete
  22. Gue sih belum pernah ><
    tapi temen-temen gue udah banyak yang kena tuh, bahayaa ><

    ReplyDelete
  23. untung gue belum prnh cyiin u,u ada juga cuma spam2 email gitu, isinya dapet sekian jt dollar

    ReplyDelete
  24. scam... palingn gue cuma di inbox email aja... dapet warisan ati apalah.. ga pernah gw respon, takut jugaa, takut itu semacam money laundry... -_-

    ReplyDelete
  25. ni gan salah satu wajah pelakunya, ngaku tentara amerika di afganistan, mau kirim uang dan emas dari bank dia di afrika (ecobank).

    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1379734122297002&set=pcb.1379734188963662&type=1&theater

    ReplyDelete
  26. iya saya juga pernah terkena 2 x, tapi beruntung saya belum sempat membayarnya.
    Yang pertama dengan nama mr Blair dari california sekitar awal tahun 2015. berkedok bisnis emas dan batu permata. dan saya harus dikenakan membayar bea cukai sebesar Rp. 17juta. untung saya tidak membayarnya dengan alasan saya tidak mempunyai uang. Jika mau ajak berbisnis saya berharap uang bea cukai dibayar sekalian.
    Yang kedua baru saja terjadi di bulan ini September 2015.
    Saya mau dikirimi barang 4 Parfum Gucci, 2 tas Gucci, Iphone Apple 6S, uang Poundsterling. Pengirim dari Mr. Chris Alexandru dari Yaman. Kemudian saya di telepon dari Malaysia dari atas nama Mira dengan no telp. +60143254518.
    Jasa pengiriman yang dipakai Fastlink Delivery Service Company, Nowakshot street, no 22, PO BOX 7117, Sana'a Republic Yemen, Phone +9671143320788
    Belum sempat meminta untuk membayar, tetapi saya di beritahu teman dengan modus seperti itu, dan saya browsing informasi mengenai penipuan bule semacam itu dan ternyata benar adanya sudah banyak terjadi.
    Saran saya, hati-hati dengan modus seperti itu. jika terjadi, layani saja komunikasinya seolah-olah kita tidak tahu. tetapi jangan sampai kita mengeluarkan uang serupiahpun.
    Yaaa syukur-2 jika benar2 barang itu ada dan sampai ke kita kan benar2 rejeki. Heee … yang pasti jangan sampai keluar uang serupiahpun untuk hal yang belum kita ketahui kebenarannya.
    Semoga bermanfaat dan tidak menjadikan korban lebih banyak.

    ReplyDelete
  27. Mama saya komunkasi sm bule yang mengaku sbg tentara di suriah dan sudah sy jelasin kl itu modus penipuan tetapi mama sy ngeyel tidak percaya sampe sy cari foto dan identitas melalui google images baru deh percaya modusny sm kirim paket yg nanti ujung2nya bayar bea cukai. Jadi pengalaman untuk tidak menanggapi PM dr siapapun yg tidak dikenal biar bule maupun lokal krn krg lebih modus yg sama pake foto polisi / TNI pernah sempat sy baca ada sharing.
    Semoga bs menjadi pelajaran buat kita semuaa. Jangan ada korban lainnya yah.

    ReplyDelete
  28. saya punya temen bule di skype, kita udah lumayan lama si berteman, dia ga pernah minta apa" dari saya dan ga bikin iming" ke saya, tapi untuk kali ini dia minta ketemu sama saya, kalau dia udah tiba di indonesia, pertanyaan saya " kalau bule yang kaya gitu gimana tuh ka ?"

    ReplyDelete
  29. hampir sama kayak dinah, tp saya biasa ngobrol via whatsapp. gak pernah macem2 sih ni bule cuma suka sharing and caring aja . kadang suka GR sendiri hahaha walaupun kayak nya it's too impossible. hahaha
    dia ada rencana tour ke asia salah satunya indonesia, doi minta ketemu dan aku pun galau . hahhaa ada yg punya saran ????

    ReplyDelete
  30. terima kasih semua atas infonya, sekarang saya lagi ngikutin perkembang kasus penipuan terhadap email saya, doi ngaku dokter di us army dan sekarang tugas di afganistan nama nya beatty sina moor ada yg kenal gak??

    ReplyDelete
  31. Lah.. Terus gimana kalo di fb,twitter,wa sm line nya orangnya sama..
    Trus pernah video callan lagi..
    Kalo dia cuma minta foto kita aja tiap hari gimana?
    Adek gua lagi gila2 gua pengen punya cow bule.. Tapi dapatnya bule india yang tinggal di arap..
    Tolong tips n pendapatnya ya..

    ReplyDelete
  32. lebih baik hati2x bule pandai merangkai kata, yang manis2x. saya kenal lewat email dengan bule bilang nya tinggal dilondon, duda punya anak 1 cwe ,anak cewenya umur 9thn tinggal sama nyokapnya, bokapnya dah meninggal 2 tahun lalu, terus selang berapa hari dia bilang mau ke kamboja klaim duit bapaknya, saya sih awalnya percaya2x aja , pikir positif saya , setelah beberapa hari dia tiba di kamboja,dan distu dia mulai kena masalah ,dan dia mau kirim sejumlah uang bbrpa triyun gitu gille bnget deh!! dan bodoh saya sudah kirim alamt bank dan no,atm selang bbrpa hari, dia email saya katanya dia membunuh temanya saya dan skr dia di rumah sakit ,dokter bilang sama dia 1bulan dia harus dirawat, padahal dia janji mau ke indonesia mau beli rumah dan tanah untuk usaha katanya dia lelah pajak di negaranya,dan dibilang juga nanti kalau pengecaranya tanya bilang saya adalah istrinya,terus dia email saya katanya pengecaranya dia mau kirim uang minta data saya, dan untungnya saya sudah baca blog tentang penipuan lewat email,jadi saya ga kirim data seprti ktp dll, yang dia minta,dan sekarang aku dapat email dari kementrian kamboja katanya mr,sonny meninggal dirumah sakit kamboja, dan saya bilang jika dia memng meninggal tolong kirim foto sebanyak mungkin dan saya gak butuh kiriman uang dari beliau saya hanya butuh foto anaknya dan nyokapnya, dan email pun dijawab dengan email yang berbeda, selama 1bulan saya buang waktu deh balasin email kaga jelas, dan disini saya hanya shering aja jngan sampe teman2x ketipu dalam bentuk apa pun, biasa sibule ngakunya duda dan bapaknya meninggal
    ,email yang masuk kesaya hampir ceritanya sama , ujung2x nya urusin warisan kirim ke kita orang indonesia dan untuk terima uang itu kita harus kirim sejumlah uang dan warisan itu pun hanya tipuan ,pesan saya hati2x aja kenal bule lewat online cinta membawa petaka ,

    ReplyDelete
  33. Waaah.. Bermanfaat sekali .. Itu terjadi pada saya skrg . Untung yah ada diary yg mau bahas begini begini .. Aku sudah bilang k dia juga , kamu mau nipu aku atau memang lagi butuh pertolongan, dia ngakunya bule UK yg lagi ngurusin warisannya d Malaysia , dia telfonin aku terus , trus skrg lagi ada masalah sama tax , untungnya aku kaga ada duit segitu banyak kaya yg dia Minta ,hahahah. Lebih hati-hati lagi deh.. Makasih semuanya.

    ReplyDelete
  34. apes banget. gue nih yang sampe ngejual cincin emak gue buat itu bule. gue sekarang 99% yakin dia penipu. runtutannya pas seperti yang diceritakan di atas + dia selalu meminta foto-foto syur gue. buat ape ye kira2

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*