Thursday, 20 February 2014

KEBOHONGAN PROGRAM TV YANG KUDU LO KETAHUI

KEBOHONGAN PROGRAM TV YANG KUDU LO KETAHUI - JADI PROGRAM TV APE AJE NIH YANG UDEH NGEBOHONGIN LO-LO PADE?


Kate sape kalo media ntu selalu jujur? Kagak juge, kok. Mau medianye udeh senior dan guede, pasti yang namanye duit ya mereka bakal maruk juge (baca: terima tulisan PESENAN). Jangan pernah percaye bahwa media kagak pernah ngebohongin kite semua. Jaman sekarang eni nih, kagak usahlah terlalu percaye ame apapun. Mending percaye ame diri sendiri dan Tuhan yang lo percayai.

Kebetulan waktu kuliah gue ngambil Fakultas Ilmu Komunikasi. Dan dosen yang mengajar tentunye kebanyakan dari para kalangan media. Mulai dari produser program TV, produser film, news anchor, penulis, presenter, banyak dah. Gue belajar banyak banget dah dari mereka. Dan gue selalu antusias ketika mereka cerite tentang daleman media, khususnye media tipi.

Sekarang, gue mau mengungkapkan program TV mane yang ternyate udeh ngebohongin kite semua. Cekidots:

1. MDL

MDL HOAX DAH
Tentunye lo semua tau dong ame acara uji nyali yang ade di tipi ntu. Nah, waktu gue mengenyam kelas produksi TV, kebetulan dosen gue cerite kalo ntu program bohongan. Cuman ya pegimane ye, orang Indonesia ini selalu antusias banget ame segale sesuatu yang berhubungan dengan misteri, dan ini sebenernye manusiawi. Kalo di dalem ilmu komunikasi yang gue inget sih ye, manusia ntu selalu antusias ame hal yang berbau dengan misteri, seks, kekerasan, dan laen-laen yang udeh gue lupa. Makanye coba aje lo liat, acara yang menyanangkan misteri, seks, dan kekerasan, pasti laku (berlaku juge ame pelem-pelem bioskop). Iye, kagak?

Dan minggu lalu, akhirnye si MDL bener-bener terbukti HOAX setelah ade video ini. Walau udeh diklarifikasi tapi tetep aje gue kagak percaye. Lagian kata temen gue yang bisa liat makhluk astral, MDL emang HOAX.


Beda banget ye ame DL waktu jaman dulu pas masih dipegang ame si Harry Pantja, kalo ntu sih emang beneran, dan bisa banyak penampakan karena kameranye dijampein terus. Halah. (Denger-denger)

2. HIPNOTIS ALA OOYA KOOYA
Dulu pernah ade acara hipnotis di mal-mal yang dipegang ame si Ooya Kooya. Nah, lagi-lagi ternyate hoax juge, bok. Ntu yang jadi korbannye dikasi skrip sebelom syuting ternyate. Korban? Bukan deh, pura-pura jadi korban, haha. Dapet duit sih emang, sekitar 300-500 ribuan. Temen gue pernah ditawarin, untung doi kagak mau. Hihi. Oh iye, kalian bisa cari di forum-forum tentang cerita mereka yang pernah ditawarin jadi talent si Ooya :p

OOYA KOOYA NIPU AH :'(

Oiye, si Ooya kan punye acara baru lagi ye, nah yang ntu sih kagak tau dah rekayasa ape kagak, belom ade laporannye hehehe.

3. TERKETEK-KETEK
Masih inget program Terketek-ketek kagak lo? Ntu lho yang pernah ade di tipi ntu. Ini juge ternyate bohongan, lho. Soalnye pernah tuh temen gue ikutan, namanye Debby, eh pas disono namanye jadi Dewi ape kalo kagak salah. Pokonye beda gitu. Pas di sekolah dan gue tanye langsung, doi bilang bener kalo doi dibayar ame ntu acara. Cape deh.

4. THIS IS IT....
Tentunye lo tau dong acara masak-memasak yang pernah nampilin chef seksi berdada bohay? Nah, gue kira ape yang diye masak ntu berdasarkan resep yang dibuat sendiri. Eh taunye kagak. Resepnye dibikinin ame salah 1 dosen pariwisata di salah 1 perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta. Hohoho.

Terus kalo boleh jujur nih, resep makanan yang dipraktekin sebenernye kadang ade yang ngaco. Kagak ngaco banget sih, misalnye si Chefnye lupa kasi gula, garam, atau apapun ntu. Hehehe.

Oiye, pernah juge nih temen kampus gue yang magang di acara Metroktipik. Di acara ntu kan ade segmen masak nih dan LIVE. Nah ternyate, makanan yang dipraktekin ntu pas udeh jadi malah seringnye ntu dibuang, kagak dimakan. Soalnye KAGAK ENAK. Namanye juge dikejar durasi. Hihi.

Dunia emang kejam banget, ye... halah.

5. BR
Pernah kagak lo nongton acara yang formatnye gini: ade keluarga miskin banget, rumahnye jelek, terus dibetulin dah tuh rumahnye ampe bagus dalem 24 jam. Selama rumahnye dibetulin, ntu keluarga bakal diajak seneng-seneng. Pas diajak liat rumahnye yang baru, mereka nangis sesegukan. Dan kite pun terharu hingga takjub ngeliat mamang-mamang yang bikin rumah bisa betulin rumah cuman sehari doang.

MBAH :'(

Ternyate acara ini agak direkayasa juge sih. Pertame, waktu pengerjaan pembetulan rumah ternyate kagak sehari, tapi berhari-hari. Kedue, rumah yang dibetulin kebanyakan kagak dipakein tembok, pake triplek doang. Ketige, keluarga yang punye rumah selalu dipaksa buat nangis lebay. Kalo pas disuruh nangis tapi kagak nangis-nangis, yaudeh bakal re-take terus. Hihihi. Tapi setidaknye, lumayanlah karena program ini, si keluarga bisa dapet suasana rumah baru. Iye kagak?

Nah, ini baru beberape program yang gue kasi tau ke kalian. Sebenernye gue yakin di tipi-tipi masih banyak program rekayasa. Demi rating dan share gitu lho. Demi duit gitu lho. Kalo kagak bikin yang lebay-lebay, pendapatannye pegimane?

Gue harep sih, kalo emang program TV di Indonesia emang rekayasa, toh dibikin secara elegan gitu lho. Di luar negeri pun banyak kok program hoax tapi selalu dibikin elegan. Kagak kayak kite, apelah ntu setan dibikin hoax, curhat hoax, halah.

Semoga tulisan ini bisa bikin pikiran lo semuanye terbuka. Menurut lo, kira-kira nih ye, program TV apelagi yang direkayasa?

72 comments:

  1. Kapin tahu semua, aktor di balik layar kah? :D

    ReplyDelete
  2. Yampoon. Kalo yang MDL sih kemarin banyak kabar itu kan gara-gara ada tangan muncul. Ternyata yang lainnya juga ya. Nah lho, nanti bakalan muncul banyak lagi hoax hoax bertebaran di mana-mana.

    ReplyDelete
  3. Nah loh ini harus dimasukin ke OTS >.<
    Judul nyee "Kebohongan Program TV Indonesia" hahahaha

    ReplyDelete
  4. Hahaha kalo yg lain gue udah duga sih bo'ongan/rekayasa. Tapi waktu Terwemek-wemek masi heboh gue percaya loh. Hahahaha.. Haduuhh. Gue ditipu. Tapi lama kelamaan gue sadar juga. Ada beberapa adegan yg ganjil, trus kadang ada talent yg sama di episode yg beda. :))

    ReplyDelete
  5. Beuh, gue jadi pengin kuliah jurusan Ilmu Komunikasi nih. :D

    ReplyDelete
  6. banyak penonton yang sudah terbohongi

    ReplyDelete
  7. ternyata engga cuman pacar yah yang bisa bohong :(

    ReplyDelete
  8. Udah firasat emang kalo acara uya kuya itu hoax HAHAHAHA

    ReplyDelete
  9. Bocoran nih, Pin. Itu yang BR, seriusan, gw pernah dikasih tahu sama temen gw pas SMA. Itu katanya bahan2nya juga bukan yang kualitas bagus punya.

    ReplyDelete
  10. yang DL sm Uya Kuya alhamdulillah udh tau lama, ga dibohongin deh cyin :(

    ReplyDelete
  11. pulang dari ngantor, nemu postingan ini, malah jadi males nonton tipi. Mending nonton pilem downlodan :|

    ReplyDelete
  12. selama media dalam hal ini stasiun tipi dikuasai oleh penguasa (atau calon penguasa), pasti selalu ada kemunafuckan setiap acaranya. mulai dari pemberitaan yang tidak berimbang, kurang kredibel, sampai2 banyak acara hiburannya yang bisa dibilang "junk" karna minim edukasi malah ngajarin yang kurang baik bagi generasi bangsa.

    padahal bocah bocah bangsa ini sangat perlu tontonan yang edukatif macam Nat Geo, kalo mau pelem maunya fox movies dll (yg ga pake sensor dan tanpa iklan tentunya), trus kalo bola maunya ben sport (pecinta EPL). tapi masalahnya itu tipi berbayar :|

    at last, "kualitas individu seseorang dapat dilihat dari tontonanya di tipi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. "kualitas individu seseorang dapat dilihat dari tontonanya di tipi" >> TERGANTUNG :p

      karena kaga semua orang masih nonton tipik :p

      karena masih ada segelintir orang yang bisa memfilter yg ada di tipi :)

      Delete
  13. Gila, tega bener bohongi masyarakat demi rating yang tinggi. Eh, tapi di dunia pertelevisian Indonesia kalau gak lebay kayaknya gak laku yee. Btw, thanks pin udah sharing hal ini, gue jadi tahu banyak sekarang. Heee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI TEMPAT KU (LAMPUNG) ADA ACARA TRANS7 "PANJI" SI PENAKLUK ULAR LIAR ITU LHO.... MUNGKIN UDAH PADA NONTOH... HEBAT KAN WAKTU KITA TONTON???? KLO ENTE-ENTE LIAT WAKTU SHOOTING TU ACARA KITA JUGA BISA BUAT, CUMA KITA GAK PUNYA MODAL HEHEHHE.... TAU GAK TU ULAR SEMUA BAWAAN MEREKA YG UDAH JINAK TRUS DILEPEAS... SI PANJI PURA2 KESULITAN NAGKEPNYA... YA BEGITULAH.... POKOK NYA BOHOOOOOONG HONH HONGGGGGGG... ANE UDAH LIAT SENDIRI TU PROSES SHOTINGNYE DI UKE AYEEEEE...

      Delete
  14. waaah banyak tau ya ternyata kebohongan di dalem tipi... :D
    gara2 setannya gak nongol2 tim MDL putus asa akhirnya bikin2 suara sendiri biar keliatan greget dan masih terkesan mistis

    ReplyDelete
  15. wahh makin gak bener pertipian indonesia. sayangnya meski udah tau gitu, tetep nongol terus ya, ratingnya tetep tinggi kali yak.
    kapin yang bikin ane penasaran abes tuh, acara "dua dunia" itu bener apa hoax sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah, gue yakin bohongan hehe :p

      semua orang udah pada pinter akting :))

      Delete
  16. Kalo yang lainnya sih gue udah ngira dan males nontonnya, tapi kalo BR gue baru tau kalo harus dipaksa sedih gitu. Tapi gak papa sih, BR gitu-gitu ngebantu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, masih ada positipnya gitu xp

      Delete
  17. HIPNOTIS ALA OOYA KOOYA acara paling aneh yang pernah tercipta di bumi. klo emang uya bisa hipnotis kayak gitu mending dia kerja di KPK atau Kepolisian, kan gampang tuh klo mo introgasi ga perlu cara kekerasan, cukup di suruh tidur tinggal di tanya deh sesuka kita

    ReplyDelete
  18. Kompor Gas! Cuma acara-acara Pencari bakatlah yang asli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagaklah, ntu juge rekayasa kok -_-

      Delete
  19. Gak masalah Program TV banyak berbohong, asalkan kamu gak membohongi hatiku.. eeeaa.. :D #LangsungDiKeplakYangPunyaBlog

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoswaaaaaaaaaaaaa, akuuuu padamu!

      Delete
  20. Mau komentar soal bedah rumah aah. Yang lebih dari sehari, ya jelas lah. Itu mah di otak juga pasti lebih dari sehari. 'pake tripek' ya itu juga keliatan kok pas di tv kalo itu bukan tembok. Justru kalo tembok dan dikerjain cuman sehari bahaya gile. Gimana cara ngerjainnya, dan bisa-bisa malah langsung jebol.

    Soal dipaksa nangis, itu juga bukan berarti pembohongan sih, cuman kasihan aja sama yang punya rumah. IMHO. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Numpang komen nih... tu acara Bedah Rumah (BR) ade tetngge gue pemborong rumah dia cerita wktu asih dijakarta sering dipake ntuk beneri tu rumah... katanya rumah itu tripleks doang yg di cet, trus ada sih adegan pasang bata nya tapi cuma 1m meter doang nanti gak dilanjutin... tus bener banget apa yg sisampein posting diatas, disuruh tu nangis se-seru serunya... klo gak bisa ulangi lagi... Abang yg tetangga itu dulu lama kerja di stasiun TV tapi bagian yg kasar2nya (diesel lampu, peasangan bata dll) tu acara jangan dipecaya katanya klo saya mau nnton cuma berita sama sepak bola... ehhehe...

      Delete
  21. hahahhaha ternyata ketahuan
    Sip lha kak
    Untuk Pengetahuan :)

    ReplyDelete
  22. MASIH BANYAAK BANGET KAK KALO DICONGKEL SATU2 MAAH :)) #GANYANTE

    ReplyDelete
  23. geleng geleng dah sama acara tv sekarang.. hadeehh

    ReplyDelete
  24. Oh itu yg MDL ketauan hoax-nya, baru tau kemarin, lagi rame banget di youtube soalnya :D

    ReplyDelete
  25. kereen, postnya mbak Vina bikin nambah wawasan :)

    ReplyDelete
  26. terketek-teket itu emang boongan banget, nampak banget dah kak pin.
    kalau yang BR itu satu kata aja "KE~TER~LALU~AN"

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapape yang penting bisa dapet suasana rumah baru dengan gratis :D

      Delete
  27. Acara setan diajak ngobrol itu yang aneh, antara acara mistis atau interview kerja.

    ReplyDelete
  28. denger-denger terketek-ketek itu ada casting ny buat jadi talentny katanya tuh...

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. iyalah uya kuya mah, orang semua tiba-tiba logatnya sama begitu, logat betawi-betawi ambegan diselingkuhin.

    ReplyDelete
  31. Kalo YKS yang bagi2 duit itu pegimane mpok? Pernah liat pas segmen adu panco.

    ReplyDelete
  32. ada lagi mpok, tuh kuis kebangsaan yang ada kampanye terselubungnya.yang rame gara2 istana maimun :D
    biasalah cari dukungan

    ReplyDelete
  33. itu dia yang bikin gue jadi males nonton tv. gak mutu.

    ReplyDelete
  34. haaaah? serius itu bedah rumah pake triplek doang kacoooo kalo rusak lagi kasian bangeeet -_-

    ReplyDelete
  35. aje gilak lu mpok, banyak tau yee tentang nyang beginian :D

    ReplyDelete
  36. untung di kontrakan nggak punya tipi... ~eeh ;D

    ReplyDelete
  37. Yang paling eneg tuh kuis kebangsaan sama wujudkan mimpi Indonesia.. Hoeekk...

    ReplyDelete
  38. Yang gak bohong itu cuman berita

    ReplyDelete
  39. Sekarang semua tayangan tipi pada ngejar rating kak pin.. kalo dari Kompas sama Net sepertinya belum ngejar rating

    ReplyDelete
  40. lama2 kayanya orang bakal males liat TV dan prefer ke internet
    quotenya tompi: "sudah jarang banget masuk televisi, malas. Kalau lihat isi acara tv lebih kayak buat pembantu kayaknya. Makanya saya malas masuk tv"

    ReplyDelete
  41. Kalau emang acara m.d.L Bo.ong coba atuh tante irvina jdi peserta ujinyali. .
    Berani kagak tante. ???

    ReplyDelete
  42. dan ada acara ya g sangat konyol sampe skrg ...
    "KATAKN PUTUS" kliatan dri sisi kameranya.....dan aktingnya...
    hallah taik...bulsit banget dah Program nya .
    mending sinetron skalian....sdh jelas...hanya sekedar Drama...! drpda kisah nyta tapi..Hoax....hahha

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*