Sunday, 23 February 2014

Pembohongan Citra di dalam Sebuah Pendekatan

 
Pembohongan Citra di dalam Sebuah Pendekatan

Berbicara soal pendekatan, kayaknye sih ini udeh gue lakuin lumayan sering dengan banyak cowo yang sempet pengen gue pacarin. Walau emang kebanyakan lebih banyak kegagalannye karena guenye sering ngerasa kagak cocok, atau yang paling ngenes malah diselingkuhin pas lagi dideketin. Huhu.

Setelah bersemedi lama sambil mengingat kisah asmara gue tempo dulu dan cerite-cerite temen, gue jadi bisa mengambil kesimpulan bahwa di setiap awal hubungan pasti selalu ade yang namanye pembohongan citra.

Pendekatan adalah salah 1 hubungan cinta paling awal yang riskan akan pembohongan citra. Kite kudu selalu memerlihatkan segala sikap positif agar terlihat menarik. Kite pun rela mengubah penampilan sekece mungkin walau ntu kagak kite banget. Atau berubah menjadi seseorang yang diinginkan oleh sang pujaan hati walau kite ngerasa rempong abis.

Ketika berbicara, kite selalu menjaga mulut agar terus berkata yang baik-baik dan super manis di depan si dia. Selalu memuja dan memuji, walau lubuk hati telah memperingatkan bahwa sebenernye lo udeh bohong, lo terpaksa, lo kagak suka-suka banget sama doi, lo cuma mau pelampiasan ke doi. Dsb.

Ketika dengan sahabat, kite selalu mengatakan kata-kata kagak senonoh yang udeh biasa banget di dunia pergaulan, kayak “Anjir” “Tai” “Bangsat” dan sebagainye. Misal, “Hahaha anjir lo, tai banget bangsaaaaat itu gebetan lo tua banget! Hahaha!”

Sama inceran yang dideketin? Sebisa mungkin menjaga perkataan ketika lagi bercanda. Jarang sih ade yang ngobrol sampe ngomong Tai ke inceran. Takut ilfil kan doi-nye? Hehehe.

Dari yang biasa kagak suka solat, jadi sok solat ketika lagi bareng doi... *pencitraan abis*
Dari yang biasa pake kaos butut, jadi suka pake kemeja pas ngedate...
Dsb...

Ketika pendekatan, ape yang terjadi? Kite dan doi jadi sok perhatian. Lebay. Ngucapin “Met pagi ya, semangat buat hari ini” “Jangan lupa makan (padahal setiap orang kagak bakalan lupa buat makan!)” “Jangan bobo malem-malem ntar sakit” dsb. Coba ke orangtua? Pernah kagak kayak gitu? Gue sih kagak pernah, jujur. Gengsi gitu deh mau ngomongnye. Hehehe. Ngenes -___- (Gue yakin kebanyakan dari kalian juge kayak gini).

Jijik kagak sih ketika kudu memerlihatkan perhatian dengan kasi greetings beberapa kali sehari? Gue kadang ngerasa jijik, kagak gue banget, tapi kalo kagak digituin gue suka takut dianggep cewe cuek. Padahal bukan maksud gue cuek. Huhuhu.

Jika cinta memang membutuhkan rasa menerima apa adenye... terus kenape suka ade inceran/gebetan yang selalu minta kite jadi ini itu? Terus kenape kite mau walau sebenernye kagak mau? Oh, karena cinta ntu kudu ade rela berkorban ye? Oke. Cinta emang bisa bikin orang berubah, ye.

Kalo berubahnye ke arah positif sih, kagak nape, kalo sebaliknye? Berabe!

Teringat dulu gue pernah punye sahabat. Cowo lucu. Gue sempet ade hati sih ame doi, tapi atas nama persahabatan ya gue tahan-tahanin aje. Ketika doi pacaran ame salah satu temen gue yang cantik, doi pun berubah drastis. Doi kagak mau maen ame gue dan temen-temen cewe laen. Doi udeh jarang chatting ame gue. Gue yang selalu nebeng motornye pun jadi kagak pernah lagi nebeng karena saban hari doi selalu jadi tukang ojek cewenye ntu. Doi jadi pendiem. Gue dan temen-temen laen bingung. Ternyate oh ternyate, itu atas dasar perintah cewenye ntu. Malesin abis.

Beruntung, cuman sebulan doang jadiannye. Dan doi akhirnye kembali menjadi seseorang yang gue kenal dulu.

Gue jadi mikir, bisa kagak ye kalo gue pedekate lagi, gue jadi diri sendiri? Bisa kagak ye orang yang gue incer nanti bisa jadi diri sendiri? Bisa kagak ye doi menerima gue apa adanye biar gue kagak banyak melakukan pembohongan citra? Mau kagak ye doi menerima gue yang kebanyakan bertemen ame cowo-cowo kampret, bisa kagak doi nahan cemburu? Bisa kagak doi kagak panas ketika gue nyebut temen cowo gue “beb” “sayang”, walau cuman becanda?

Gue kagak mau nanti lagi-lagi berantem karena doi mikir aneh-aneh terhadap hubungan gue dengan temen-temen cowo gue lagi. Gue kagak mau lagi berantem karena ade temen cowo gue yang ngasi gue kado. Ngasi doang gitu, masa iye gue tolak. Yekeleus gue selingkuh, kagak mungkin banget, lah. Gue udeh pernah diselingkuhin gini, jadi ngerti pegimane rasa sakitnye. Huhu.

Gue cuek, gue kagak suka ngucapin greetings. Ape doi bakal mau nerima gue kalo gue kagak kasi perhatian di dalem poin ini? Ayolah, perhatian gue bisa gue kasi dengan aksi langsung. Daripade gue ngucapin “Jangan lupa makan” mending langsung aje gue ke rumahnye ngasi makanan, gue suapin langsung. Khusus weekend, sih. Kalo weekdays kan gue kerja, nyet.

Gue kagak bisa ngomong manis. Jangan kaget kalo pas ngobrol gue masih ngomong Kampret, Anjrit, Ngehek, Tokay, whatever. Gue bukan hijaber soswit ala Aisyah di Ayat-Ayat Cinta. Namun walau begitu, gue masih jaga mulut buat kagak ngomong terlalu vulgar, misal dengan mudahnye nyebut berbagai macem nama alat kelamin kalo lagi kesel. Kagak segini juge hehe.

Gue mau tetep bergaul dengan temen-temen cowo gue, jalan ame mereka, atas dasar sebuah pertemanan. Bukan karena gue centil atau mau selingkuh. Gue kagak mau dilarang-larang, lagian cinta itu kan PERCAYA, masa doi kagak percaya ame gue? Katanye cinta?

Gue mau doi kagak cemburu kalo gue masih kontakan sama mantan. Malah salah 1 mantan udeh gue jadiin sebagai sahabat....

dsb.

Gue pengen sebuah kebebasan tanpa sedikit pun pembohongan. Titik.

Kenape sih gue nulis ini? Tau kenape? Karena gue resah ngeliat temen-temen gue berubah drastis tiap lagi pendekatan dengan incerannye. Gue kangen mereka ketika mereka jadi diri sendiri. Huhuhu. Semoga mereka bace. Semoga inceran mereka juge bace. Dan semoge kalo ade cowo yang mau deketin gue bisa mikir-mikir ulang kalo mau ngejadiin gue seperti yang diye idam-idamkan.

Ayolah, jangan bohongi diri kalian sendiri, please. 

Kalo emang jatuh cinta mengharuskan seseorang harus berubah drastis, kalo gitu gue kagak mau jatuh cinta lagi, deh. #EKSTRIM

Oh iye, beberape minggu lalu sempet ade yang nanye, “Kalo mau pedekate ame lo, susah ye, Pin?” Nah semoge aje yang nanye kayak gitu bace tulisan ini, biar kalo emang diye niat mau deketin gue, diye tau ape yang gue mau #azeg.

BYE.

26 comments:

  1. Setuju pin.. Yang namanya PDKT gak harus berubah menjadi orang lain, tetap seperti apa adanya. Berubah seperti apa yang gebetan lo mau itu ibarat membodohi diri sendiri (IMHO).

    *uhuk* saya seperti melihat ada kode - kode terselubung yang terselip di beberapa paragraf terakhir. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaahaha kode, yang ngomong ntu polower gue sih, guenye juge kaga kenal :p

      Delete
    2. Aish.. hebat kali tuh follower kamu.. hehehe.. *salut*

      Awas kejebak cinta online lagi.. hehehe..

      Delete
    3. kayanye emang hidup gue ga jauh2 dari cowo2 online deh man :))

      Delete
  2. Jadi, sebelum terjadinya pembohongan pasti ada pendekatan ya, kak pina?
    Kalau dalam pacaran agak mirip2 ya, pdkt dulu baru bohongnya nyusul :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembohongannye udeh terjadi sejak pedekate kok, lalu berlanjut ke dalam tahap pacaran. kagetnye pas udeh nikah aje palingan, ketahuan belangnye :">

      makanye, be urself aje, ga usah signifikan berubah hehe

      Delete
  3. menurut aku suatu hal yang sulit dalam hal perCINTAan itu adalah menjadikan si doi itu jadi "pacar serta sahabat kita". kalo CUMA jadi pacar mah gampang, tinggal gombal gambil sambil tatap tajam mata si doi pasti itu doi (cewe) klepek-klepek deh (menurut pengalaman pribadi, *alhamdulillah di anugerahi wajah bagus* *maap pamer* hihihi). biasanya sih klo cuma dijadiin pacar AJA paling itu cuma pelampiasan atau buat dijadikan batu asahan si 'keris' aja biar ga berkarat.

    kalo udah jadi pacar, apakah kita bisa menjadikannya juga jadi sahabat bagi kita ? belum tentu. karena menurut aku arti sahabat itu mampu menerima kita apa adanya yang ada pada diri kita dan tidak menyuruh kita untuk berubah sesuai dengan keinginan si doi (perubahan yang menjadikan kita seperti kehilangan jadi diri dan ciri khas kita). kalo ternyata si pacar ga bisa jadi sahabat bagi kita, pasti banyak masalah yang seharusnya gampang untuk dipecahkan malah memilih ego masing-masing, dan akhirnya pisah.

    nah kalo kita ternyata berhasil menjadikan si doi itu jadi pacar serta sahabat kita, itu yang namanya CINTA SEJATI. biar berantem mulu tapi klo udah sreg di hati dan bisa meredam EGO masing2, ujung-ujungnya pasti kembali berpelukan.

    klo masalah kapin pengen jalan ama temen cowo ato bilang "say". menurut ku sebagai laki-laki yang bukan tipe posesif sih sebenarnya itu juga salah kapin. soalnya iya betul pacar kapin itu memaklumi kelakuan kapin, tapi gimana reaksi teman-teman atau keluarga pacar kapin meliat kelakuan kapin gitu. kan kasian pacar kapin pasti di bully masal *pengalaman pribadi punya pacar yang sahabatan ama cowo tapi cowonya agak kemayu*. dan lagi ini masalah hati kapin, iya si pacar bisa senyum dan memaklumi kelakuan kapin, tapi kan hatinya juga tersayat. hiks

    maaf ya kapin bukan bermaksud menggurui, cuman saling sharing aja :)
    btw, kapin itu termasuk tipe cewe kesukaan aku lo, suka blak-blakan dan asik. pasti PECAH deh klo ngomong bareng.soalnya akunya juga blak-blakan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang bener :))

      paling enak kayanye pacarin sahabat sendiri ye... etapi sahabat gue yg cowo udeh pada punya cewe semua sih :(

      sekarang mah gue nyarinye yang bisa dijadiin sahabat sekaligus pendamping hidup hehe gamau main-main lagi :">

      makasi ya komennye <3

      Delete
    2. smakin panjang kan semakin puas tuh, komennya :p

      bikin sahabat baru donk kapin, ntar kan klo udah sahabatan bisa dimodusin tuh. tapi masih ada resikonya kapin, kalo ga tegas kita bisa terjebak didalam best friend-zone.

      good luck ya kapin semoga mendapatkan sosok yang diinginkan dlm pencarian pendamping hidupnya :)

      masama <3

      Delete
  4. iya ka pin emang rata2 kalo pendekatan pada manis2 ya namanya kan biar bisa menarik perhatian doi....
    tapi entar juga kalo udah pacaran apa lagi kalo udah lama keliatan aslinya, tinggal liat yang tulus sama yang engga, kalo tulus, ya bertahan, walapun kita ga nuntut A B C, dia akan berubah sendiri kok, tanpa diminta ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara liat tulusnye pegimane ye? :p

      Delete
  5. Iya bener banget tuh, banyak temen2 gue pada berubah setelah punya pacar. Temen2 yang deket sama gue sampe2 jadi jauh, sampe-sampe semua kontak di apus,, emng aneh ya.. #eh kalo gue pacaran gitu juga gak ya,,hahahaha

    ReplyDelete
  6. Cowok selalu melakukan perubahan yang drastis, ya itu sebagai salah satu perjuangan demi mendapatkan cewek yang di idam-idamkan. Kan, si cowok nggak tahu kalau dia bisa menerima orang dengan apa adanya atau, nggak. Tapi sebaiknya, untuk cari aman. Jaga imej dulu kapin... Nanti kalo udah menjadi kandidat orang spesial, baru terbuka sepenuhnya. Hehe. Jadi, intinya adalah bukan pencitraan tapi cari aman. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh, jaga imej, jaga iman juga keles :D

      Delete
  7. kadang emang gitu, giliran udah bener-bener nyaman malahan jadi orang yang beda. hehe

    ReplyDelete
  8. kudu jadi diri sendiri , donat bukan kue bantal, kue bantal juga bukan donat , meski kadang tepungnye dibeli di tempat yang sama dan merek yang sama :) #pakediskon

    ReplyDelete
  9. pembohongan citra, ini bener banget. klo dalaem masa PDKT kita selalu berusaha (memaksa) untuk menjadi orang paling sempurna di mata gebetan kita. kita berusaha manjadi orang lain, ini kesalahan fatal dalam menjalin hubungan karena sampe kapan kita mampu menjadi orang lain, sampe kapan kita berusahan menjadi orang yang sempurna. yang bener kita dan pasangan saling melengkapi agar menjadi sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah, gue setuju banget sama Yandhi :D

      Delete
  10. keknya gua pernah berusaha menjadi diri sendiri, hasilnya kurang memuaskan... hehehehe..

    ReplyDelete

  11. Kepedulian Kepada Sesama

    Sudah Banyak Kita Melihat
    Tapi Semua Terasa Sirna
    Sudah Banyak Kita Mengerti
    Tapi Sedikit Yang Kita Pahami

    Kemilau Harta Melimpah Ruah
    Justru Hati Kian Gelisah
    Hanya Orang Suka Bersedekah
    Hidup Jadi Makin Barokah

    Harta Hanyalah Titipan
    Pada Saatnya Pasti Dikembalikan
    Mengapa Tidak Dikeluarkan
    Agar Hidup Terselamatkan


    <<=0=>>

    Bank DKI => Kode : 111
    No Rek : 50323030085
    a/n : Setiawan Budiarto

    ReplyDelete
  12. yaa kapin, terkadang orang emang suka begitu. aku pernah dideketin ama cowok, eh sekarang pas udah agak jauh berubah sifatnya =))

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*