Sunday, 3 August 2014

‘Serem’ Amat Mau Ibadah Haji Doang!

Naek haji itu serem lho! Hiiih (Pic: daulahislam.com)

Mata jangan merem kalo mau pergi ke Kranji
Soalnye bisa-bisa lu bisa mati suri.
Ebuset serem kenape dah kalo mau naek haji?
Emang ade si Dajjal nampakin diri?

Pas perjalanan balik mudik kemaren pagi, salah seorang sodara cerite-cerite tentang pengalaman doi saat ibadah haji. Katanye sih, kalo mau berangkat haji, baek-baek perbaiki diri dulu lah di mari, daripade nanti dibales pas udeh di Tanah Suci. Hal-hal kayak gini emang udeh pernah gue denger sih dari dulu, dan rada ngeri juge. Lanjut bace aje deh untuk kisah lebih lengkapnye.

Sodara gue ntu, sebut aje Uwak Hana, kebetulan pas ibadah haji amat dipermudah. Karena pas masih di Indonesia juge orangnye kagak macem-macem gitu. Cuman ade dua kejadian nih yang sebenernye sih sepele, tapi ternyate dibales juge pas udeh di sono.

Pertama, saat Uwak Hana dan si suami mau melanjutkan ibadah. Lalu ketemu temen dan nanye gini, “Eh kalian mau kemane?” Suami Uwak Hana lalu menjawab sambil bercanda, “Biase dah, mau olahraga aje nih. Hahaha”

Saat di perjalanan, suami Uwak Hana nanye: “Tempat selanjutnye kite ibadah di mane sih? Kok dari tadi kagak sampe-sampe kite?” Lalu Uwak Hana nanye ke petugas di pinggir jalan, eh malah dijawab kalo mereka udeh ngelewatin TKP sampe 4 kilo meter! Mane jalan kaki pula!!!

“Lu sih pake bercanda ame temen kalo mau olahraga. Jadi beneran olahraga kan kite,” kate si Uwak Hana.
“Iye dah, ampun. Kagak lagi-lagi gue bertingkeh (bertingkah),” jawab si suami mesem-mesem.

Kedua, sebelom balik ke Tanah Air, si Uwak Hana dan suami belanja oleh-oleh dulu nih. Si suami ngeliat ade jam keren banget. Terus doi bilang, “Mah, pengen beli jam yang onoh deh, kagak mahal-mahal banget!”

Si Uwak Hana lalu bilang, “Jiah, jam tangan di rumah ade banyak noh, jangan boros dong ah!”
“Nambah satu lagi aje, masa kagak boleh?”
“Ah, terserah dah!”

Dan dibelilah si jam kece ntu...

Sesampainye mereka di Indonesia... suami Uwak Hana lalu nyesek hati karena si jam ternyate hilang. Padahal udeh kebungkus rapi di dalem koper. Ya nasipppp.

Kedua contoh kasus di atas mah kagak ade ape-apenye. Malah si Uwak Hana cerite lagi kalo ade beberapa jama’ah yang kena batunye pas lagi ibadah haji.

Sebut aje Mak Ijah, selepas solat di Masjid Nabawi, beliau kembali ke hotel. Entah kenape, diye kebelet pipis, jadi doi buru-buru deh ke toilet hotel di lantai bawah. Eh pas balik dari toilet, doi marah-marah ngemeng gini, “Kagak di Arab, kagak di Indonesia, orangnye sama-sama jorok! Tokay dimane-mane, bukannye disiram!!!”

Pasca diye ngomel-ngomel, entah kenape sepanjang ibadah si Mak Ijah nyium bau tokay mulu. Sampe kagak mau makan seharian. Ibadah juge jadi kagak konsen. Lalu doi nanye tuh ke si Uwak, “Eh, nape ye sepanjang hari gue nyium tokay mulu, sampe kagak napsu makan nih!”

“Lu sih kemaren pake teriak-teriak pas dari toilet hotel, mamam deh tuh. Buruan solat tobat!”

Setelah solat tobat, akhirnye penciuman Mak Ijah kembali normal. Subhanalloh.

Sebenernye ade banyak banget kisah-kisah yang lebih ‘serem’ dari banyak orang yang abis naek haji. Barusan gue bace-bace di salah 1 forum, bahkan ade sepasang rentenir yang kagak nemu Ka’bah selama ibadah haji. Ade juge yang pernah keinjek pas lagi sujud di Masjid Nabawi karena diye dulunye suka jahatin orang. Hihhh serem amat! Padahal balesannye pas mereka masih di dunia, kagak kebayang banget kalo pas di akherat, balesannye lebih serem kali, ye?

Gue jadi rada takut mau pergi haji (jika mampu). Walau gue selama hidup kagak terlalu “rusak”, tapi keinget ame mulut & hati yang suka celoteh sendiri tiap ngeliat yang aneh-aneh. Misal, pas nyium kentut gue langsung reflek teriak, “Sape nih yang kentut? Etdah bau amat, kebanyakan dosa ye?”

Duh, perbaikin diri dulu deh ah sebelom naek haji nanti!

Punye cerite ‘serem’ laennye saat sodara atau temen kalian ke Tanah Suci? Cerita aje di kotak komentar :D

NB: Mohon maaf lahir batin semuanye, maap ye udeh liburin diri kagak ngeposting di mari satu bulan lebih. Moga besok bisa konsisten nulis lagi huhu :'(

37 comments:

  1. Emang gitu kapin, katanya kalo kita naik haji, kejelekan yang kita lakuin bakal cepet di bales saat itu juga. Bukan cuma kejelakan yang nyata sih, kita empet ngomong dalem hati aja, bakal di bales. Serem yak..

    Itu cerita yang gue tahu dari keluarga gue yang sudah ke sono gitu...

    Mohon maaf lahir batin ye :)

    ReplyDelete
  2. Itu bukan serem Kak. Itu cuma ngasih tau doang, kekuasaan Allah. Makanya, saat di mekkah sana, jangan suka bohong, dan asal nyeletuk. Bisa-bisa nanti kemakan ama omongannya sendiri.
    Sekedar tips, nanti saat di mekkah. Jangan celetuk "Gila cowok-cowok arab ganteng-ganteng. Ape gue putusina aja ya cowok gue ?"

    Nanti bisa-bisa sampe indonesia. Ehem...

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanye kata "serem" nye dijudul gue kasi tanda kutip :))

      selaen ganteng, GEDE jg tuh orang arab #eaaa

      Delete
  3. Iya mpok Pina minal Aidin Walfaidzin juga,
    ada nih cerita nih di ceritain paman ane,
    ada polisi pergi ketanah suci tapi pas sampe disana si polisi ini kerjaannya kentut mulu ibadahnya jadi ga khusyuk gitu, setelah sampe di indonesia polisinya nanya ke ustad,
    "Pak Ustad kenapa waktu saya ke tanah suci saya kentut mulu, waktu solat juga kentut"
    pak Ustadnya nanya, "Bapak pergi haji pake uang apa ?"
    "Pake Uang sendiri, gaji lah pak, tapi ada uang setelah ngepriiit ngepriiit orang juga (re: nilang orang)
    "Nah itu contohnya sering ngepriit ngepriit orang di Indonesia, eh di arab di bales deh, pantatnya yang ngeprit ngeprit.

    ReplyDelete
  4. Kalau orangtuaku alhamdulillah gak kenapa-kenapa sih. Kalo orangtuanya temenku ada yg punya cerita temennya nyasar setiap kali mau ibadah suka telat karena sukanya bohongin orang kalo waktu di Indonesia nya.

    ReplyDelete
  5. Duh, makhluk kayak gue gimana ya kalo udah sampe sana? Jadi makin semangat benerin diri wakak:))

    ReplyDelete
  6. Allahu'alam.
    Sejauh pengalaman waktu di sana, sih, Alhamdulillah nggak ada hal aneh-aneh. Maaf nih sebelumnya, tapi kebanyakan orang Indonesia suka menghubungkan suatu kejadian dengan kejadian lain yang sebenarnya nggak saling berhubungan. Cuma dikait-kaitkan aja gitu. :/

    Pas saya lagi di Mekkah, saya sempat sakit sehari. Lalu, mulailah dihubung-hubungkan kalau katanya berarti hatinya sempet sombong: merasa masih muda dan bakal sehat2 aja. Kenyataannya, saya sakit karena efek jetlag, kelelahan, dan sama sekali nggak minum vitamin sejak hari pertama (mengingat ini juga ibadah yang butuh kekuatan fisik). Saya lebih percaya pada hal-hal yang logis sih ketimbang menghubungkan sesuatu yang nggak nyambung, meski demikian Allah tetap Maha Mengetahui segalanya. Yang jelas, ketika saya sakit, yang saya percaya adalah: yah, ini mungkin karena maksiat, dan sakit adalah penghapus dosa-dosa, jadi disyukuri saja. :)

    Lalu, sepulang ke Indonesia, suara saya hilang (karena batuk). Seseorang yang suka bantu-bantu di rumah bilang ke saya kurang-lebih gini, "Kalau kamu tinggal di daerahku, wes pasti dibilang mulutnya suka nyakitin orang/ngomong kotor, makanya pas sampe di Indonesia nggak bisa ngomong." Saya dalam hati, "Eh, iya, ya, bener juga." Maksudnya, kelihatannya "benar" kalau kita menyambung-nyambungkan sesuatu kayak gitu..., sementara, dalam kehidupan nyata, saya jarang banget ngomong, kalau pun ngomong, insya Allah, berusaha keras untuk nggak mengucapkan yang nyakitin orang/kata kotor.

    Jadi, nggak usah takut ke sana, hehe. Omong-omong, lebih baik balasan di dunia daripada di akhirat. Dan, dibandingkan hal-hal "seram" yang disebutkan tadi, sesungguhnya lebih banyak, bahkan jauh lebih banyak, hal-hal yang menakjubkan ketika di sana.

    Mudah-mudahan fenomena "kait-mengaitkan" ini bisa berkurang, karena, sungguh, agak meresahkan memang. Bukan cuma masalah haji/umrah soalnya. :/

    ReplyDelete
  7. guru kakak gue pernah juga kapin, dia mau berangkat dari hotel ke masjid hari pertama, jadi mikir gini "wah belum tau jalan ni, kalo nyasar gimana ya, pa? (nanya ke suami) akhirnya mereka beneran nyasar. parah kan kak?? :3

    oh ya, nanti kita haji breng aja kak, kalo udah mantep luar dalem :D maaf lahir batin jg kapin :))

    ReplyDelete
  8. Berarti cerita2 yg di majalah hidayah tuh bener yaa ckckck
    Untung ortu pas kesana aman2 aja kak

    ReplyDelete
  9. wew.. belajar memperbaiki diri memang lebih penting yaaa..
    betewe kranji rumah ane tuh *apa coba* XD

    ReplyDelete
  10. buset dah, merinding mpok aye bace nye!

    ReplyDelete
  11. Soalnya tanah suci, kita harus suci dulu sebelum menginjakkan kaki ke tanah suci :D

    Pernah nih pengalaman temennya emak, waktu sebelum haji dia rajin sedekah gitu, waktu di tanah suci sono, katanya dia dapet berkah dikasih uang sama orang arab sono :'D

    buat yang ngehina para jomblo, nanti kalo kesono gimana ye, makanya jangan pada ngejek para jomblo! *ngancem muehehe

    www.handikoo.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. jadi teringat cerita2 "hidayah" berarti itu beneran yakk

    ReplyDelete
  13. Mohon maaf lahir dan batin juga, pin.
    Emang katanya kalo ke tanah suci jangan pernah nyepelein.
    Gue udah sering denger cerita kadang kalo ada orang yang nyepelein jarak bilang "dekat..." malah jadinya sesat sampe keliling-keliling gitu.

    ReplyDelete
  14. Wiihh serem yak! Eh tapi biar gimanapun semua pengen naik haji. Haha.. Kalo gw mah siap2 aja. Ya mungkin bahan introspeksi aja, diingetin gitu.. :D

    Gue juga pernah lihat tuh, orang yang dulunya suka jahatin orang, pas turun dari pesawat nginjek tanah suci, penglihatannya ilang. Jadi selama disana dia gak bisa lihat ka'bah. Gak bisa lihat tanah suci. Wuihh serem.. Untung itu cuma di sinetron yg gue nonton dulu di MNCTV. Kalo beneran serem juga ya.. :D

    Mohon maaf lahir batin vin... Kapan nikah?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Dulu guru agamaku cerita, ada salah satu rombongannya yang pas makan nyeletuk, "makanan sini gak enak." Daaan selama di sana setiap makan selalu ngerasa gak enak. Ya intinya bersyukur aja, sih. Kalo pun masih gak bisa bersyukur lebih baik diem.

    ReplyDelete
  17. jadi kapan kapin mau naik haji.......???? timbang ngemengin orang yang udah haji,,, wkwkwkwkwkwkwk mendigan naik haji sekalian kak,, wkwkw

    ReplyDelete
  18. Hmm mungkin pas naik haji kali yak, belom kejadian pas gue umroh. Emak gue tuh sering banget komenin gigi orang pas haji, ketemu pengemis giginya serem semua ngikutin. Emak gue pun istigfar

    ReplyDelete
  19. kalo sodara saya sih malah jadi ketagihan pengen tinggal di mekkah aja, katanya disana ngejalanin ibadah ngerasa tenang dan tentram banget, gak ada beban sama sekali.

    ReplyDelete
  20. Ini baru opini, jadi jangan takut pergi haji...

    ReplyDelete
  21. Bersyukur gue nggak gtu2 gaul orgnya. jd nggak tau mitos begituan.
    tapi gara2 mpuh nya kancut posting, jd kepikiran dah mitos nya skrg.
    buru-buru tobah ah. :)

    ReplyDelete
  22. widih, serem juga yak...
    kudu banyak instropeksi diri dan nggak asal nyeletuk nih kayaknya :))

    ReplyDelete
  23. emang gitu kak pin kalo pergi haji hati belum dilurusin. Mesti jaga hati, mulut dan pikiran kitanya :))

    ReplyDelete
  24. niatkan dalam hati, jangan meleng...

    ReplyDelete
  25. emang harus hati2 yaaa. bukan saat kita naik haji aja sih, dimanapun harus hati2. jadi serem juga sih, apalagi nih mulut susah banget diubahnya. kalau nyeletuk suka asal.

    ReplyDelete
  26. kakaknya mbah gue kak!! ngebatin gitu disana tapi lupa ngebatin apa trus abis itu ke toilet eh gabalik2 ampe mutermuter.... untung masih balik-_-

    ReplyDelete
  27. aih,takut..
    entar malem aku ditemenin tidur siapa :O

    ReplyDelete
  28. kala naik haji itu katanya perbuatan yang kita lakukan di masa lalu itu akan kembali pada diri kita sendiri,misalnya orang yang jail ngumpetin sandal orang mereka mendapat hal serupa ketika naik haji,sandalnya hilang terus,,jadikan kejadian tersebut sebagai motivasi menuju lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Hahaha kalau dibayangin emang ngeri sih, ya. Bayar sekarang, naik hajinya beberapa tahun lagi. Atau uangnya dimakan pejabat, kayak..... ah sudahlah.

    ReplyDelete
  30. Emang kalo di sana harus jaga mulut ya, hmm... Tapi wajarlah rumah Allah gitu. Semoga postingan ini bisa ngasih pencerahan buat yg mau naik haji.

    ReplyDelete
  31. waktu umroh kemaren alhamdulillah nggak ada. Tapi ada tuh jamaah satu grup yang mau nyium hajar aswad pake jasa calo, eh besokannya pas pulang tasnya ilang tanpa jejak. Wallahu alam deh. Mudah-mudahan kalo ada rezeki ke sana ibadah kita dimudahin yaaa

    ReplyDelete
  32. maaf ya, saya seneng line ini "Walau gue selama hidup kagak terlalu “rusak” ". ngebuktiin dirimu sesungguhnya. hehehehe. salam damai

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*