Sunday, 5 October 2014

Hal-hal Tergengges dalam Perayaan Idul Adha

Sampai jumpa, Mbek. Semoga tenang di sisiNya (source)


Selamat Hari Raya Makan Sate Nasional!

Di Hari Idul Adha ini, gue malah ketinggalan buat solat Ied karena bangun kesiangan! Yang lebih ngenesnye lagi, jujur aje nih, gue kagak pernah sama sekali merayakan hari raya ini dengan makan daging, secara gue kagak doyan daging. Jadi, seumur-umur yang namanye makan sate ya gue kagak pernah. Ape lagi gulai, opor, semur, dsb.

Dan tepat hari ini, gue pengen sedikit menulis unek-unek tentang hal-hal menjelang dan tepat hari Idul Adha yang bikin kesel. Cekidots.

1. Ruang publik dibajak penjual hewan qurban
Dua minggu sebelom hari H, biasanye udeh banyak penjual hewan qurban yang berjejer di pinggir jalan. Pejalan kaki pun terpaksa mengalah karena trotoar dibajak ame para penjual. Jalanan jadi lebih macet karena banyak anak-anak yang suka mengerumuni tempat jualan. Hadeeeeh. Pulang kerja bukannye seneng, malah jadi ngomel-ngomel nih!

2. Polusi udara
Ini sih bener banget, bau hewan qurban yang dijual di pinggir jalan ntu gengges abis. Mau pake masker kayak pegimane pun, baunye tetep kecium. Berangkat kerja wangi parfum, nyampe kantor bau embek. Dan yang lebih ngenesnye, banyak penjual makanan yang lokasinye bersebelahan ame tempat penjual hewan qurban, hadeh kebersihannye ntu lho...

3. Upload foto hewan qurban yang lagi dipotong
Pas di Hari H, biasanye banyak orang-orang yang upload foto jenis ini ke social media. Menurut gue, hal ini kagak bakal bikin lo keren ape lagi dapet jaminan sorga. Yang ade yeee, GENGGES. Ngapain sih upload foto darah-darah gitu, cobalah upload yang bagus-bagus dan informatif. Kagak semua orang kuat liat darah. Jadi, hargailah.

"Hewan qurban tetap harus diberi rasa hormat" - Yugih Setyanto, salah 1 dosen gue dulu.

Begitulah unek-unek gue kali ini. Entahlah, ape tulisan ini juga turut dirasain ame pembaca. Walau bagaimana pun, Hari Raya Idul Adha tentu banyak mengajarkan kite untuk belajar RELA BERKORBAN. Rela berkorban demi orang tercinta. Rela berkorban untuk meluangkan waktu bersama yang tercinta di tengah kesibukan yang kian gak manusiawi, Ya, kan cuman di hari raya ini kite semua bisa kumpul bareng keluarga besar, iye kagak? :D

Sekian dan terima teraktiran!

21 comments:

  1. 4.Delivery hewan qurban-nya pake kolbak yang dipagerin bambu, itu annoy banget. Apa susahnya pake truk. Apalagi kalo pas liat itu hewannya lagi BAB huft :[
    *pengalaman*

    ReplyDelete
  2. Ya begitulah. Idul Fitri lebih baik ketimbang Idhul Adha. Meskipun kebahagiannya sama.

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mpok, tergengges itu bahasa baru ya mpok, kok gak ada di KBBI?

    ReplyDelete
  4. Yang paling parah itu sih baunya itu mpok ye, subhanallah

    ReplyDelete
  5. 5.Muncul keyword 'Cara mengolah daging kambing/sapi.' <- Eh, yakali.

    Wkwk benar loh harus dihormatin. Gue aja ga tega ngelihat sapinya nangis gitu. Sedih. :"

    ReplyDelete
  6. Sumpah demi apapun. Baru kali ini denger kosa kata "GENGGES". Buka2 gugel nggak dapet, apalagi KBBI.

    Ini bahasa asal mana sih mpok, dan artinya ape sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa gaul: ganggu

      ternyate banyak yg kaga tau... yah kalian gak gaul

      Delete
  7. 4. Selfie Bareng Hewan Qurban
    Kedengerannya aneh ya? tapi beneran ada.
    NB: Bukan pengalaman pribadi

    ReplyDelete
  8. 5. Sok nggak suka sama daging qurban, karena bau yang... uhhmm... bahasa jawanya prengus. Gengges bingits!

    Gue banget. -____-

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*