Friday, 4 September 2015

Jangan Naif Kalo Mau Masuk Industri Kreatif!

Menurut lo, ape sih industri kreatif?


Udeh 2 taon gue bener-bener berkecimpung di industri kreatif. Namun sebenernye gue udeh mengenal industri kreatif sejak enam tahun yang lalu. Di saat gue tau bahwa bekerja kagak harus jadi Pegawai Negeri Sipil. Di saat gue tau bahwa keren ntu bukan saat berhasil jadi karyawan bank. Di saat gue tau bahwa bekerja ternyate kagak harus ke kantor!

KBBI daring mengatakan bahwa kate Naif memiliki makna sangat bersahaja, tidak banyak tingkah, lugu, sederhana, celaka, bodoh, dan tidak masuk akal.

Sedangkan kate Kreatif sendiri memiliki makna sebagai kemampuan untuk menciptakan.

Jadi, ape sih artinye, "Jangan Naif Kalo Mau Masuk Industri Kreatif!" ???

Gue berkesimpulan bahwa industri kreatif adalah tempat berkumpul orang-orang yang mampu menciptakan hal baru yang bisa menggebrak segala aturan yang ade (yang mungkin bagi sebagian orang, kok kagak bersahaja banget!). Tempat di mane orang-orang memiliki tingkah yang aneh-aneh. Kagak sederhana, dalem arti secara pemikiran, orang-orang kreatif memiliki pemikiran yang sangat rumit, alias di mane pun mereka berada, mereka bekerja. Teringat salah satu potongan kalimat dari buku Djenar Maesa Ayu (lupa judulnye sih), kurang lebih begini, "Gue tuh orang kreatif, gue berak pun gue tetep kerja, tetep mikir, buat ngempanin anak-anak!"

Halah, mungkin pembace blog ini, yang kebanyakan masih keliatan kayak adek-adek kecil baru gede, masih bingung. Ini si Mpok Pina ngemeng ape sih?

Gue ulas secara poin-per-poin, dah!

1. Industri kreatif memiliki peraturan yang kagak kaku

Hari gini ngantor pake seragam? Bitch ple


Saat lo bekerja di industri kreatif (agensi iklan, media, production house, dll), lo kagak bakal dibebanin dengan peraturan yang kaku. Ya sebenernye sih kalo menurut gue, peraturan yang ecek-ecek, lah.

Soalnye kebanyakan di industri kreatif tuh, pegawainye kagak diwajibkan pake seragam, malah mungkin kagak ade seragam, kayak di kantor gue.

Mau dateng ke kantor? Telat mah bodo amat, yang penting sih kagak ade kerjaan yang super maha penting aje yang kudu cepet-cepet dikerjain. Kerjanye pun kebanyakan mulai dari jam 9 pagi sampe 5 atau 6 sore. Namun untuk waktu-waktu tertentu, misalnye saat lagi pegang campaign yang mau berjalan, program penting, program live, dsb, ya siap-siap aje lembur sampe pagi, atau bahkan nginep di kantor. Huahaha.

2. Industri kreatif memiliki orang-orang yang bagi sebagian masyarakat mungkin kurang bersahaja

Maksudnye pegimane, nih? Maksudnye gini...

Lo kagak usah kaget saat melihat cewe-cewe di kantor kreatif lo ntu berisi 90% cewe perokok (kayak di kantor gue dan kantor kreatif laennye). Pun dengan cewe-cewe yang begitu berani berekspresi menggunakan baju aduhai alamakjang (ngerti kan?). Saat menang projek, jangan kaget kalo kantor lo ngajakin semua pegawai berpesta di kafe. Dimulai dengan makan cantik, berakhir dengan jejogetan sambil mabok. Lumrah bingits, sis!

Di beberape tempat malah ade yang pegawainye kerja sambil ngeganja. Yup, ngerokok sih biasaaaa, ngeganja dong biar gaul! (gaul menurut mereka sih, kagak menurut gue!).

Ngebir Bintang atau Heineken di saat lembur mah, biasa. Berwisata kuliner mencari bakmi atau bacang babi, meskipun mereka Muslim, yaelah, biasa banget!

Kagak dapetin ide nih? Ngebir aje, bos! Begitulah kalo kate banyak anak kreatif

Soal ibadah, yah... suka nemu aje sih yang aneh-aneh. Misalnye kayak percakapan temen cowo di kantor gue ini...

Temen Cowo Non Muslim : "Bro, ente kagak solat Jumat?"
Temen Cowo Muslim : "Ah berdoa kan bisa di mane aje, bro!"
TCNM : "Kok bisa gitu, bro?"
TCM : "Yaelah bro, udeh sih, kayak kagak tau aje lo, agama gue kan setiap hari beda-beda! (sambil ketawa)"

Gue mah senyum-senyum goblok aje, wakakakak.

Selaen ntu, jangan kaget kalo nanti di kantor kreatif nemuin orang-orang yang ngemengnye seenak jidat. Becandaan ngemeng ginian mah biasa terjadi: anjing, babi, kontol, dan sederet kate-kate lain yang menurut sebagian orang kagak sopan. 

"Bitch please, Mpok, lu nape sih kagak nyensor ntu kate-kate di atas?"

Udehlah... kalopun disensor juge, lo ngerti, kan? Menurut gue sih, kate-kate tersebut layak untuk kagak disensor saat penempatannye cocok. Silakan omelin gue saat gue ngomong begonoan buat maki-maki orang :p

"Ahelah Mpok, lu mah parah frontalnye kagak ilang-ilang, dah! Ketularan ame temen-temen kantor ye?"

Sebelom gue ngantor di industri kreatif pun, gue udeh begini. Penampilan boleh manis, kelakuan tetep kagak mau munafuck :p

Udeh ah, lanjoooottt....

3. Anak kreatif dibayar mahal buat maen dan menyicipi hal-hal yang aneh!

Nyajal makan serangga pun, hayukkk!

Yup, kalimat di atas terlontar dari mbak sekreatis di belakang meja gue. Doi bilang gini, "Kamu tau kaga sih, head creative digajinye berape? Puluhan juta! Padahal keliatannye kerja mereka santai. Tapi dibayar mahal!"

Gue nanye, "Kok mereka dibayar mahal, ye? Emang karena ide ntu mahal banget ye, Mbak?"

"Yup, ide tuh mahal banget, dihargai banget di industri kreatif. Dan mereka dibayar mahal biar bisa merasakan ape yang mereka mau. Meski yang mereka mau tuh menggebrak, alias out of the box, kagak keliatan etis bagi kite.... Ya udeh tuntutan mereka, sih...."

Keliatannye aje sih enak, tapi... wah... emang sih nyari ide tuh rumit!

4. Orang kreatif bekerja di mane aje!

Kerja di kafe? CUS!

Berak pun mereka bekerja! Mikirin ide... mikirin konsep... mikirin pitching nanti mau pegimane... Begitulah...

Bahkan sebagian anak kreatif bekerja tanpa harus ngantor... kayak salah satu iklan rokok (yang sebenernye dibikinan ame kantor gue sih haha), "Kerja Gak Harus Ngantor! Kerja Bisa Pake Kolor!"

5. Kebebasan adalah keimanan orang kreatif sesungguhnye

Bebas sebebas-bebasnye!!!

Bebas berekspresi... Bebas ngomong ape aje... Bebas mau ngapain... ya begitu dah! Kalo kagak bebas, mereka kagak bakalan bisa berkarya!

JADI, KALIAN MINAT KAGAK NIH KERJA DI INDUSTRI KREATIF?

SIAP BERGABUNG DENGAN ANAK-ANAK KREATIF YANG KAGAK NAIF?



25 comments:

  1. halo baru pertama kali komen sih seinget gue disini. btw gue setuju banget kalo ngantor gak harus dikantor. itu emang penting banget dan sebenarnya masih dianggap sebelah mata sama orang-orang lain. doain semoga gue abis kuliah bisa kerja ga pake ngantor ye soalnya skrg masih sibuk kuliah hehehe. salam scaleonetoinfinite (blogspot com).

    ReplyDelete
  2. Mantap..
    Kreatif ya kreatif. Fleksibel. Unik. Beda.

    ReplyDelete
  3. wuwuwu...
    Di kota gue, industri kreatif masih belum berkembang. Ya masih daerah sih..

    ReplyDelete
  4. Wah gila. Gue setujuh banget dah mpok. Hahaha.

    ReplyDelete
  5. Iya siap-siapin dah mpok, pernah juga ikut kelas inspirasi dari kakak tingkat yang udah kerja di media besar ibukota, emang bener sih kata-kata kotor tu udah biasa keluar dari semua lobang katanya.
    Do'ain ya mpok, aku bisa kerja di industri kreatif yang nggak naif, hehe

    ReplyDelete
  6. Pengen banget kerja di industri kreatif tapi kalau lingkungannya terlalu bebas jadi agak risih juga mpok,. hehe

    ReplyDelete
  7. kayaknya seru yaa kerja di industri kreatif. tapi klo lingkungannya tidak senaif itu, kayaknya gak cocok deh. takut terpengaruh soalnyaa.

    ReplyDelete
  8. Gue juga kalo ngomong asal aja, kata orang sih keterlaluan padahal buat becanda mah hal yang lumrah aja sih. Liat cewek ngerokok juga bukan hal yang aneh, tapi gue sendiri emang gak ngerokok.
    banyak orang bilang kalo gue berkerudug tapi kata kata gue asal nguap padahal selagi gak pernah emosi maki maki orang mah sah sah aja sih. apa perasaan gue doang? halaa

    ReplyDelete
  9. Akoh mau dong nyemplung ke industri kreatif *nyebur

    ReplyDelete
  10. Industri kreatif tu kudu ke jakarta ya, mpok?
    Anak daerah kudu kesono dong. Nambahin macet dong. Lagian ngerasa skill blm cihuy2 amat. Ntar nambahin pengangguran disana.. gimana tuh

    ReplyDelete
  11. jadi kepengen banget mpok! seperti yang diomongin mas Tomi tuh, skill gue masih standar. Enakkan kerja di industri kreatif dripda harus nyemplung sebagai Pegawai Negeri. tapi kurangnya kalau pensiun dapat komisi ngak mpok kaya PNS ?

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Gue minat banget kerja di dunia kreatif tapi kadang bingung krna gak sesuai sama kuliah dan kemauan orgtua gue kak pin.
    Dan gue baru tau kalau kehidupannya kayak gitu, berasa serem jugz sih ya...

    ReplyDelete
  13. memang nguras otaknya gak kira-kira, yang ngegaji mah mikir ngegaji doang~ ide lo cari sana~ haha
    makanya perlu juga jasa kuras otak, masak septictank ada, kuras otak gak ada. wkwk
    kalo gak dasarnya punya passion ataupun bakat disitu, kayaknya bakal susah y?

    ReplyDelete
  14. tertarik ama point yg no. 3 mpok!! Idenya dibayar mahal dan diapresiasi dengan baik walaupun isinya gak jelas bagi sebagian orang.

    ReplyDelete
  15. kalo gue sih mba pengen banget kerja d perusahaan kreatif semacam google

    ReplyDelete
  16. Nggggggggg beda2 sie, kita bisa kok kreatif dan naif, tinggal kebiasaan dan tujuan masing2 pencipta aja.. mau dibawa kemana karyanya

    ReplyDelete
  17. Kembali ke individu lagi sih, kreatif dan karakter dalam bekerja memang berhubungan.

    ReplyDelete
  18. Salam kenal mpok. Salam sesama anak industri kreatif dari betawi! Selama gue kuliah di bidang industri kreatif sih seru banget emang mpok. Apalagi kalau udah bahas film scoring, dan foley. Sampe isian suara film biru dibahas. Gaenaknya, kampus isinya cowok terus :"

    fakhranheit.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Yang makan serangga absurd sekali :v

    ReplyDelete
  20. eike baru merintis usaha kereatif nih, tapi masi solo player. jadi bingung juga selanjutnya gimana. *ugh*

    ReplyDelete
  21. Tertarik buat nyobain industri kreatif. Karena bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Tidak seperti pegawai yang dituntut harus bekerja di kantor dan berseragam lengkap -__-

    ReplyDelete
  22. orang kreatif kerjanya dimana saja tapi kapan sajaaaaa.. gak ada berhentinya mpok. saat semua udah tidur terlelap dan dibuai mimpi kita masih ajah berkutat dengan ide gila yang muncul di otak dan ingin segera di wujudkan heheheheh...


    PROMO BONUS DEPOSIT AWAL 10%

    ReplyDelete
  23. Industri kreatif kayanya gua banget deh, tpi blum dapat wadahnya buat disalurin

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*